HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal TYPO3:Sebuah CMS Yang Fleksibel

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai TYPO3,Lalu apa si TYPO3 ini?mari kita bahas satu per satu,mulai dari pengertian hingga kelebihan kekurangannya.

Pengertian TYPO3

TYPO3 merupakan sebuah perangkat lunak open source untuk Content Management System dalam bahasa pemrograman PHP,Ditulis oleh Kasper Skårhøj,TYPO3 sekarang dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Michael Stucki dan Robert Lemke.TYPO3 mempermudah penambahan dan pengelolaan modul situs web.TYPO3 dianggap sangat fleksibel, karena kode dan konten dioperasikan secara terpisah.Dengan fungsi baru tanpa menulis kode program apa pun.Selain itu, perangkat lunak tersebut tersedia dalam lebih dari 50 bahasa dan memiliki sistem pelokalan internal,oleh karena itu mendukung penerbitan konten dalam berbagai bahasa.Karena fiturnya seperti tempat kerja editorial dan alur kerja,pengeditan front end tingkat lanjut, skalabilitas dan kematangan,TYPO3 digunakan untuk membangun dan mengelola situs web dari berbagai jenis dan rentang ukuran dari situs kecil untuk individu atau organisasi nirlaba hingga solusi perusahaan multibahasa untuk perusahaan besar.

Sejarah Penggunaan TYPO3

TYPO3 awalnya ditulis oleh Dane Kasper Skårhøj pada tahun 1997.Sekarang dikembangkan oleh lebih dari 300 kontributor di bawah pimpinan Benjamin Mack (pemimpin tim inti) dan Mathias Schreiber (Pemilik Produk).Perhitungan dari Asosiasi TYPO3 menunjukkan saat ini digunakan di lebih dari 500.000 instalasi. Jumlah penginstalan yang terdeteksi oleh situs publik CMS Crawler adalah sekitar 384.000 pada Februari 2017.

Kelebihan TYPO3

Menurut website resmi milik TYPO3 ada beberapa kelebihan yang dimiliki.Berikut daftar kelebihan menggunakan TYPO3 :

  • Tanpa Biaya Lisensi

TYPO3 merupakan perangkat lunak sumber terbuka di bawah General Public License GNU.Ini berarti TYPO3 menyediakan perangkat lunak untuk pengguna secara gratis dan legal secara hukum.

  • Bertahan Lama

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang pengelolaan konten,TYPO3 mengklaim bahwa TYPO3 telah melihat semuanya,TYPO3 juga mengklaim mampu mengatasi setiap tantangan untuk menjadi pengelola konten dimasa mendatang.

  • Komunitas Yang Luas

Memiliki komunitas yang sangat aktif dan terorganisir ke dalam tim dan komite yang berbeda untuk memastikan pengembangan dan peningkatan TYPO3 yang berkelanjutan.Bergantung pada keterampilan yang dibutuhkan,berbagai tugas ditangani oleh tim yang berbeda untuk seluruh rangkaian produk TYPO3.

Tim Inti,pilihan spesialis, bertanggung jawab untuk mengembangkan fungsi inti TYPO3 dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan pengguna dan pengembang bekerja sama dengan tim lain.Tindakan untuk jaminan kualitas yang berkelanjutan,seperti pengujian unit,pembuatan versi kode,tinjauan kode dan tim manajemen proyek yang komprehensif merupakan bagian integral dari komunitas.

Kekurangan TYPO3

  • Versi PHP minimal yang memungkinkan Typo3 adalah versi PHP diatas versi PHP4. Misal : Typo3 menggunakan PHP4 atau 5, mulai Typo3 versi 4.2.0 membutuhkan setidaknya PHP 5.2.
  • Database yang mendapat dukungan TYPO3 cukup terbatas antara lain : MySQL, Oracle, dan PostgreSQL.
  • Front-endnya bisa ditampilkan dengan browser seperti Mozilla Firefox dan berbagai OS tetapi yang sudah diinstal JavaScript.
  • Typo3 bukan sistem yang mudah dipahami,kurva belajar sangat curam dan membutuhkan lebih banyak pekerjaan yang cukup agar dapat berfungsi sama dengan CMS yang lain.

Fitur TYPO3

Dengan seperangkat dasar antarmuka,fungsi dan modul, spektrum fungsionalitas TYPO3 diimplementasikan oleh ekstensi.Lebih dari 5000 ekstensi saat ini tersedia untuk TYPO3 untuk diunduh di bawah lisensi publik umum GNU dari gudang disebut TYPO3 Extension Repository atau TER.

TYPO3 dapat dijalankan di sebagian besar server HTTP seperti Apache,Nginx atau IIS di atas Linux,Microsoft Windows atau macOS.Ini menggunakan PHP 5.3 atau yang lebih baru dan database relasional apa pun yang didukung oleh TYPO3 DBAL termasuk MySQL,Oracle,PostgreSQL dan lainnya. Beberapa ekstensi pihak ketiga tidak menggunakan API database  mendukung MySQL sebagai satu-satunya mesin database.Sistem dapat dijalankan di server web mana pun dengan CPU modern dan setidaknya 256 MB RAM.Backend dapat ditampilkan di browser modern apa pun dengan Javascript.Tidak ada batasan browser untuk menampilkan konten berorientasi pengguna yang dihasilkan oleh TYPO3.

Sejak versi 4.5, TYPO3 diterbitkan dengan situs demo yang disebut Paket Pengenalan,memungkinkan pengguna mendapatkan situs web contoh yang berfungsi dengan cepat dan bereksperimen dengan fitur bawaan.Paket ini dapat diaktifkan dari alat instal.

Untuk menjadi terbiasa dengan TYPO3,pengembang biasanya membutuhkan beberapa minggu hingga beberapa bulan.Untuk penulis atau editor yang mengoperasikan situs web berbasis TYPO3,persyaratan ini dapat berkisar dari beberapa menit hingga beberapa jam.Pengembang menyiapkan situs web dengan TYPO3 perlu bekerja secara intensif dengan TypoScript bahasa meta.

Kebutuhan sistem TYPO3

Berjalan pada web server Apache & IIS  dengan sistem operasi windows ataupun linux dan MySQL sebagai databasenya.

TYPO3 cocok untuk website perusahaan dan intranet.Ada instalasi dasar TYPO3 yang fleksibel,dapat dikembangkan melalui modul dan interface tambahan siap pakai. Desain TYPO3 adalah berbasis template dapat dibuat template sendiri menggunakan bahasa konfigurasi Typo Script.

Berikut ini elemen inti TYPO3,memiliki 2 yaitu :

  • Front End

Merupakan tampilan interface yang dilihat oleh pengunjung website.Sehingga pengguna akan sangat tertarik untuk menggunakannya.Di Typo3,pengguna dituntut untuk lebih sabar dalam urusan Front End atau Interface,Karena sebenarnya, inti dari design yang luar biasa ada pada Back End.

  • Back End

Merupakan pusat dari segala aktivitas Typo3.Semua design,coding dan pengaturan lainnya dikerjakan.Pada pengaksesan Back End, pengguna cukup hanya menambahkan folder Typo pada URL Front End.

Cara Install TYPO3 pada cPanel

Berikut ini Cara Instalasi TYPO3 menggunakan fitur Softaculous Apps Installer di cPanel.

  • Silahkan login ke cPanel kalian.

  • Pilih menu Softaculous Apps Installer pada bagian SOFTWARE.

  • Pilih Portal/CMS > TYPO3 Lalu klik Install Now.

  • Muncul halaman untuk mengatur instalasi TYPO3.Ada beberapa bagian untuk mengatur instalasi TYPO3 yaitu Software SetupSite Settings,Admin Account dan Advanced Options. Silahkan isi bagian-bagian instalasi berikut :

Softwrae Setup

  • Choose the version you want to install : Pilih versi TYPO yang ingin diinstall,disarankan pilih versi terbaru.
  • Choose Installation URL : Pilih protokol yang diinginkan pada kolom Choose Protocol, disarankan pilih protoKol https://.Pilih nama domain atau subdomain yang ingin diinstal TYPO3 pada kolom Choose Domain.Masukan nama file directory dari data website TYPO3 kalian pada kolom In Directory (Pada bagian ini kosongkan saja).

Site Settings

  • Site Name : Diisi dengan nama website kalian.

Admin Account

  • Admin Username : Diisi dengan nama username yang digunakan untuk login dashboard TYPO3.
  • Admin Password : Diisi dengan password yang digunakan untuk login dashboard TYPO3.
  • Admin Email : Diisi dengan email yang digunakan untuk menerima informasi seputar website TYPO3 kalian, termasuk untuk reset password dashboard TYPO3.
  • Kemudian klik + Advanced Options

Advanced Options

  • Database Name : Diisi dengan nama database yang digunakan sebagai basis data dari website TYPO3 kalian.Sistem akan dengan otomatis membuat nama database ini saat instalasi.
  • Disable Update Notifications Emails : Jika dicentang maka akan menerima email pemberitahuan setiap kali ada update versi terbaru.
  • Backup Location : Pilih lokasi backup data website TYPO3 kalian.
  • Automated Backups : Pilih periode backup yang diinginkan.
  • Backup Rotation: Pilih jumlah proses backup yang diinginkan selama satu periode.Di bagian Advance Options disarankan gunakan settingan default dari sistem,jadi tidak perlu mengisi secara manual.
  • Jika settingan instalasi sudah diisi semua, silahkan klik tombol Install. Lalu tunggu proses instalasi hingga selesai.

  • Proses instalasi selesai, sudah bisa mengatur website TYPO3 kalian.

Jika ada pesan error :

The following errors were found : – Installation cannot proceed because the following files already exist in the target folder :

Centang overwrite directory and file, lalu di coba untuk klik install lagi.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago