HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal WhatsApp Business yang Penting Untuk UMKM

WhatsApp adalah platform perpesanan berlian populer dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia. Para pengguna ini menggunakan layanan WhatsApp untuk berbagai keperluan pribadi dan bisnis. WhatsApp memiliki beberapa kategori produk yang dapat digunakan pengguna tergantung kebutuhannya. Setiap produk mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, usaha kecil bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk berkomunikasi dengan pelanggan di WhatsApp secara gratis. Di era digitalisasi, WhatsApp Business merupakan alat yang sangat efektif bagi bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan berinteraksi dengan mereka secara real-time.

WhatsApp Business merupakan aplikasi khusus untuk bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka dengan lebih efisien melalui platform WhatsApp. Selain sebagai aplikasi chat, WhatsApp Business memiliki beberapa fitur tambahan yang dirancang untuk memudahkan bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan. WhatsApp Business juga memungkinkan bisnis untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan cara yang lebih efektif.

Pengertian WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi bisnis khusus yang memungkinkan bisnis berkomunikasi dengan pelanggan mereka menggunakan platform WhatsApp. WhatsApp Business dirancang untuk memberikan solusi komunikasi yang lebih sederhana dan efisien kepada bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka. WhatsApp Business memungkinkan bisnis mengirim pesan, membuat daftar kontak, dan memperluas jangkauan bisnis mereka dengan lebih efektif.

Ada dua jenis WhatsApp Bisnis. Yang pertama adalah WhatsApp Business standar, tersedia dari Play Store atau App Store. Yang kedua adalah WhatsApp Business API. Hal ini hanya bisa Anda dapatkan jika bekerja sama dengan partner WhatsApp resmi terpercaya.Untuk mendukung bisnis Anda dengan lebih baik, Anda sebaiknya menggunakan WhatsApp Business API. Ini memungkinkan Anda mengakses fitur tambahan yang tidak tersedia di aplikasi WhatsApp lainnya.

Keunggulan WhatsApp Business

  1. Balas Pesan Otomatis

Perpesanan otomatis memungkinkan bisnis  mengirim pesan yang telah disiapkan sebelumnya sebagai respons terhadap pesan  masuk. Pesan otomatis ini dapat digunakan untuk menyapa, menjawab pertanyaan umum, memberikan informasi tentang produk dan layanan, atau merespons Anda di luar jam kerja.

Dengan fitur ini, pemilik bisnis tidak perlu lagi harus terus-menerus menunggu untuk membalas pesan dari konsumen secara manual. Cukup aktifkan fitur  auto reply WhatsApp untuk mengirimkan pesan balasan secara otomatis kepada konsumen dalam waktu yang ditentukan dan disepakati. Aplikasi ini memiliki tiga fitur pesan otomatis yaitu:

  • Away Message: Anda dapat membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun sedang sibuk.
  • Greeting Message: Anda dapat menggunakan untuk menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis.
  • Quick Replies: Anda dapat membalas pesan dari pelanggan dengan pertanyaan yang sama.
  1. Verifikasi Akun 2 Langkah

Untuk meningkatkan keamanan akun WhatsApp Business Anda dan mencegah orang asing masuk ke akun Anda, Anda dapat memverifikasi akun bisnis Anda. Dengan fitur ini, akun WhatsApp Business Anda dilindungi dengan registrasi  PIN 6 digit yang diperlukan untuk masuk ke akun Anda. Saat Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda juga dapat menambahkan alamat email Anda untuk memulihkan PIN Anda yang terlupa dan  menjaga keamanan akun Anda.

  1. Dapat Mengelola Profil Bisnis

Fitur ini memungkinkan bisnis  membuat profil perusahaan resmi yang mencakup informasi kontak, alamat, jam kerja, deskripsi singkat perusahaan, dan foto profil perusahaan. Fitur ini memberikan pelanggan Anda akses mudah terhadap informasi bisnis yang mereka butuhkan. Misalnya nomor telepon, alamat,  jam kerja, dan lain-lain. Selain itu, fitur profil bisnis ini memberikan tampilan profesional dan resmi pada perusahaan Anda,  meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan meningkatkan branding perusahaan Anda.

  1. Tersedia Katalog Produk

Fitur Katalog Produk memungkinkan pelaku bisnis melihat produk dan layanan yang mereka tawarkan secara detail di  aplikasi WhatsApp. Katalog produk ini dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan  melalui pesan WhatsApp sehingga memudahkan pelanggan dalam membeli produk dan layanan perusahaan Anda.

  1. Analitik Pesan

Kemampuan analisis pesan memungkinkan bisnis  melihat statistik tentang pesan yang dikirim dan diterima, seperti jumlah pesan yang diterima, dibaca, dan tidak terkirim. Analisis pesan ini membantu perusahaan mengukur efektivitas kampanye pemasaran dan mengevaluasi kinerja karyawan yang bertanggung jawab mengelola pesan pelanggan.

  1. Tersedia Fitur Broadcast

Fitur ini memungkinkan bisnis  mengirim pesan massal ke banyak pelanggan secara bersamaan. Namun,  hanya  pelanggan yang telah menyimpan nomor bisnis Anda di kontaknya yang dapat menerima pesan yang Anda kirimkan. Fitur ini memungkinkan bisnis  memperluas jangkauan dan  berkomunikasi lebih efisien dengan pelanggan, sekaligus menghemat waktu dan tenaga saat mengirim pesan yang dipersonalisasi. Fungsi broadcast juga  membantu bisnis  menjalankan kampanye periklanan dan  pemasaran dengan lebih efektif.

  1. Dapat Upgrade ke Versi Lanjutan

Salah satu keunggulan WhatsApp Business adalah dapat diupdate ke versi lanjutan yaitu WhatsApp Business API. Dengan meningkatkan ke WhatsApp Business API, bisnis dapat mengintegrasikan WhatsApp ke dalam sistem CRM atau platform bisnis mereka untuk mengotomatisasi proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Untuk meningkatkan standar WhatsApp Business  ke WhatsApp Business API, Anda harus bekerja sama dengan BSP Anda atau mitra resmi WhatsApp yang tepercaya.

Jalur menuju peningkatan WhatsApp Business, yaitu WhatsApp Business API, hanya dapat dilakukan melalui kerja sama dengan BSP atau mitra resmi WhatsApp. Namun perlu diketahui bahwa WhatsApp Business API hanya ditujukan untuk akun bisnis dan bukan akun pribadi atau personal. Oleh karena itu, untuk mendapatkannya harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh meta.

Fitur Dalam WhatsApp Business API

  1. Centang Hijau WhatsApp: Centang hijau atau verified badge merupakan tanda verifikasi yang mampu meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap merek bisnis Anda.
  2. Chatbot Autoresponder: Balas pesan otomatis tiap pesan pelanggan yang masuk sekali pun di luar jam kerja.
  3. WhatsApp Multi-User: Satu nomor WhatsApp Bisnis API bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui banyak perangkat, sehingga respons untuk pelanggan jadi lebih cepat.
  4. Alokasi Agent: Alokasikan pesan masuk secara merata kepada seluruh agen yang tersedia secara otomatis.
  5. Personalisasi Pesan: Tambah kedekatan dengan pelanggan menggunakan personalisasi pesan ke tiap pelanggan secara otomatis.
  6. Broadcast (Blast WhatsApp): Mengirimkan ribuan pesan ke pelanggan secara serentak.
  7. Terintegrasi CRM: Membantu bisnis berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan mengelola semua informasi untuk mendorong kesetiaan pelanggan.
  8. Laporan Analitik: Menampilkan pencapaian kerja tim, dan data konsumen yang dipakai oleh agen customer service agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Selain fitur diatas, jika Anda menggunakan sistem ini, Anda dapat menggunakan fitur Broadcast Scheduler untuk menjadwalkan siaran sesuai kebutuhan Anda. Fitur Office Hours juga memungkinkan Anda mengatur jam kerja dan memberi tahu pelanggan yang mengirim pesan di luar jam kerja. Bagi bisnis yang ingin memperluas fungsionalitas WhatsApp Business, WhatsApp Business API bisa menjadi solusi yang tepat. WhatsApp Business API memungkinkan bisnis mengotomatiskan proses bisnis, meningkatkan efisiensi, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Kenali Canva Sebagai Web Tools Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Cara Membuat Desain Gratis dengan Web Canva untuk Pemula – Saat ini, konten visual menjadi…

4 hours ago

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas…

23 hours ago

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet.…

1 day ago

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

3 days ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

3 days ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

4 days ago