HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
internet

Begini Caranya Mengoptimasi SEO YouTube

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Ini adalah cara agar konten Anda lebih mudah ditemukan saat mencari di mesin pencari.  Termasuk pembuatan konten YouTube. SEO YouTube juga merupakan cara untuk membuat video Anda lebih mudah ditemukan.

Bagaimana cara belajar SEO YouTube?

Apa Itu SEO YouTube?

Jika Anda familiar dengan website, Anda mungkin sudah familiar dengan istilah SEO. Teknik ini membuat website yang Anda buat menjadi mudah ditemukan pada mesin pencari.

Termasuk pembuatan konten YouTube. Yang perlu Anda ketahui adalah YouTube bukan hanya platform berbagi video, tetapi juga salah satu mesin pencari terbesar yang ada saat ini. Oleh karena itu mempelajari SEO YouTube juga merupakan salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak penonton untuk video Anda.

Apa sebenarnya SEO YouTube itu? Mirip dengan situs web, SEO YouTube adalah cara untuk mengoptimalkan video Anda agar mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Tujuannya adalah membantu orang menemukan video Anda dan membantu video YouTube Anda menjangkau lebih banyak pemirsa.

Saat belajar SEO YouTube, hal pertama yang Anda pelajari adalah bagaimana melakukan riset kata kunci atau keywords. Sama seperti website, SEO YouTube juga mengandalkan kata kunci dan elemen meta tergantung kebutuhan SEO Anda.

Langkah Optimasi SEO YouTube

Anda bisa mempelajari banyak hal saat memulai belajar SEO YouTube. Ini semua adalah langkah yang harus diambil untuk mengoptimalkan video Anda. Jadi langkah apa yang harus Anda ambil untuk mengoptimalkan SEO YouTube?

1. Riset Kata Kunci

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengoptimalkan SEO YouTube adalah menemukan kata kunci yang tepat. Kata kunci atau keyword memainkan peran yang sangat penting dalam teknik SEO.

Kehati-hatian harus diberikan dalam penggunaan kata kunci utama, turunan, dan sinonim. Anda juga harus memperhatikan kepadatan atau masalah persebaran pada kata kunci tersebut.

Ada beberapa cara untuk melakukan riset kata kunci. Cara-cara tersebut antara lain:

Cari Kata Kunci Sesuai Niche

Jika Anda memutuskan untuk membuat saluran YouTube, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan niche video Anda. Ada banyak niche yang bisa Anda pilih dan manfaatkan. Nantinya niche ini juga akan membantu Anda memilih kata kunci yang tepat.

Anda kemudian dapat menggunakan alat seperti Google Trends untuk menargetkan kata kunci yang sesuai dengan niche Anda. Alat ini akan membantu Anda memahami seberapa kompetitif kata kunci tersebut. Selain itu, alat ini juga memungkinkan Anda melihat kata kunci yang memiliki volume tinggi tetapi persaingannya lebih sedikit.

Menganalisis Tren

Mungkin saja pada waktu tertentu, apabila ada salah satu jenis video menarik maka akan ada pula banyak orang yang membuat video serpua. Itulah yang membentuk sebuah tren. Dalam dunia YouTube, salah satu langkah optimasi SEO YouTube adalah dengan memperhatikan tren tersebut.

Langkah mempelajari SEO YouTube dan mengidentifikasi tren ini adalah dengan masuk ke tab Trends di aplikasi YouTube. Tab ini menunjukkan jenis video yang disukai kebanyakan orang.

2. Kualitas Video

Hal penting lainnya yang perlu diingat saat mengoptimalkan SEO YouTube adalah kualitas video. Sejatinya, kualitas video ini berhubungan dengan kenyamanan penonton saat menonton video tersebut.

Jika video Anda berkualitas bagus, ini juga merupakan cara untuk mengoptimalkan SEO YouTube. Saat mempelajari SEO YouTube, Anda akan mengerjakan berbagai tugas terkait kualitas video, termasuk:

Kualitas Pengeditan

Secara umum, kualitas video bergantung pada kualitas pengeditan. Semakin baik kualitas editingnya, maka kemungkinan besar kualitas videonya juga akan semakin baik. Sangat sulit untuk mengoptimalkan SEO YouTube dengan kualitas editorial yang buruk kecuali konten Anda benar-benar menarik.

Originalitas 

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat membuat konten video di YouTube adalah originalitas-nya. Membuat konten original memang sulit, namun bisa sangat membantu upaya optimasi SEO YouTube Anda.

Jika Anda membuat konten yang mengandung unsur plagiarisme, terutama konten yang melanggar hak cipta, video Anda akan dihapus begitu saja dari YouTube. Dalam hal ini, Anda akan mengalami kerugian karena Anda mungkin tidak dapat memonetisasi saluran yang Anda buat.

Perhatikan Masalah Durasi

Saat Anda membaca tentang SEO YouTube, Anda juga akan memahami bahwa salah satu faktor penting lainnya saat mengoptimalkan SEO YouTube adalah masalah durasi. Sebenarnya, YouTube sendiri memiliki aturan minimal mengenai durasi video yang bisa dimonetisasi. Namun, Anda juga harus memperhatikan berapa lama durasi video yang Anda buat.

3. Pengoptimalan Metadata

Salah satu langkah penting yang perlu diingat saat mengoptimalkan SEO YouTube adalah pengoptimalan metadata.

Sama seperti SEO website, semuanya tentang penggunaan kata kunci pada judul, penggunaan meta deskripsi yang baik, penggunaan tag yang tepat, pemberian hashtag, dan pembuatan yang menarik. Juga berkaitan dengan hal-hal seperti penggunaan thumbnail menarik.

4. Promosi Video

Setelah mempelajari SEO YouTube, langkah lain yang dapat membantu Anda mengoptimalkan video Anda adalah beriklan. Iklan ini umumnya penting untuk membuat lebih banyak orang melihat video Anda.

Ada berbagai cara untuk melakukan tindakan ini. Mulai dari menggunakan media sosial hingga menjalankan promosi dengan cara konvensional. Jelas bahwa melakukan tindakan ini bertujuan untuk menampilkan konten yang Anda miliki

5. Pengoptimalan YouTube Analytics

Melakukan evaluasi merupakan langkah penting yang perlu diingat selama optimasi SEO YouTube. Tujuan evaluasi disini adalah untuk mengetahui apakah prosedur optimasi yang digunakan sudah benar.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan alat YouTube Analytics. Nantinya, Anda akan mengetahui berapa banyak orang yang menonton video Anda, berapa lama mereka menontonnya, apakah mereka menontonnya sampai selesai, dan banyak lagi.

Langkah evaluasi ini juga sangat penting, apalagi jika menurut Anda optimasi yang Anda lakukan kurang maksimal.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Caddy: Web Server Modern dengan Konfigurasi Sederhana

Caddy Web Server merupakan platform server web andal yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan situs web.…

7 hours ago

Gunakan DNS Tercepat Dan Terbaik Untuk Websitemu

Halo Sobat Teko! Jika Anda familiar dengan dunia website, pastinya Anda sudah familiar dengan istilah…

7 hours ago

Perbandingan NGINX dan Lighttpd: Mana yang Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Ketika berbicara tentang web server yang efisien dan andal, NGINX dan Lighttpd sering dibicarakan. Kedua…

2 days ago

Lakukan Optimasi SEO YouTube Dengan Menggunakan Tools Ini

Sebenarnya ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO YouTube Anda dengan lebih…

2 days ago

Apa itu Telnet? Yuk, Kenali Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya

Telnet itu apa? Istilah ini lebih dikenal sebagai protokol komunikasi Internet yang memungkinkan pengguna mengakses…

3 days ago

Sudah Tahu Perbedaan Apache vs Caddy? Yuk Pelajari Bersama

Dalam dunia web server, Apache vs Caddy sering menjadi topik diskusi utama karena menawarkan banyak…

3 days ago