HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penasaran Apa itu Cache ? Yuk Pelajari Manfaat dan Cara Menghapus Cache

Cache adalah tempat penyimpanan di hardware, software, atau browser yang menyimpan data sementara dan digunakan untuk mempercepat pemuatan sistem, aplikasi, atau website. Jadi, saat pertama kali Anda membuka aplikasi atau website, cache akan mengunduh dan menyimpan datanya. Kemudian, ketika Anda membuka kembali aplikasi atau website tersebut, informasi yang diunduh sebelumnya akan muncul di cache, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama. Jika Anda menyukai teknologi, Anda mungkin akrab dengan istilah cache. Anda mungkin ingin mengetahui lebih banyak tentang apa itu cache, apa saja fitur cache, dan manfaat yang diberikannya. Oleh karena itu, kali ini kami akan menjelaskan lebih dalam dan memberikan cara bagaimana menghapus cache dengan mudah.

Pengertian dan Fungsi Cache

Definisi cache adalah proses yang dilakukan oleh sistem atau browser untuk menyimpan data atau informasi secara sementara guna mempercepat proses loading.
Contohnya adalah: Anda mencari “cara membuat website” di Google. Selanjutnya, buka website yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.Tentu saja browser memerlukan waktu yang cukup lama untuk memuat halaman tersebut pada awalnya. Namun ketika Anda membuka kembali sebuah website, prosesnya lebih cepat karena datanya sudah di-cache saat pertama kali Anda membuka website tersebut. Oleh karena itu, fungsi cache adalah agar pengguna dapat mengakses informasi lebih cepat dengan data yang tersimpan. Dalam jangka panjang, proses ini pasti akan sangat berguna karena akan menghemat waktu dan mengefektifkan segala sesuatunya jika harus membuka informasi yang sama berulang kali.

Manfaat Cache

Tentu saja, manfaat cache yang paling penting adalah efisiensi waktu. Akses ke sistem dan website lebih cepat sehingga Anda dapat menghemat bandwidth karena tidak perlu lagi mengunduh data dari awal. Selain sistem dan browser, cache juga digunakan oleh berbagai aplikasi di smartphone, seperti platform aplikasi musik.
Contohnya adalah Spotify. Spotify menggunakan metode serupa, memungkinkan Anda mengunduh lagu dan menambahkannya ke daftar favorit, sehingga Anda dapat mendengarkannya bahkan saat Anda sedang offline atau tidak ada sinyal.
Namun, lagu yang diunduh biasanya otomatis terhapus setelah beberapa minggu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cache merupakan tempat penyimpanan yang menyimpan data hanya dalam waktu singkat. Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari cache ketika mengunduh file yang terlalu besar dan membutuhkan waktu lama untuk dimuat, seperti file gambar yang relatif besar. Saat Anda mengakses kembali file tersebut, cache sudah berisi semua data sehingga prosesnya lebih cepat. Setelah membahas manfaat dari cache, selanjutnya akan dibahas klasifikasi cache.

Klasifikasi Cache

Cache dapat dibagi menjadi dua jenis tergantung pada lingkungan penggunaannya: cache hardware dan cache software. Jika dirinci lebih lanjut, ada beberapa jenis software cache, salah satunya adalah web cache. Pada dasarnya, semua fungsi cache adalah sama. Artinya, ia mengunduh data dan menyimpannya di penyimpanan sementara untuk mengurangi waktu pemuatan. Mengetahui jenis-jenisnya akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang area mana yang perlu Anda tingkatkan untuk mengoptimalkan perangkat Anda di kemudian hari. Berikut ini penjelasan tentang tipe cache yang umum.

1. Cache Hardware

Cache hardware yaitu memori yang terdapat dalam mikroprosesor dan merupakan komponen fisik dari prosesor itu sendiri.
Ada berbagai jenis cache hardware:

  • CPU cache. Jenis ini digunakan oleh CPU komputer untuk menghemat waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mengakses data dari memori utama.
  • GPU cache. Sama seperti cache CPU, cache GPU dikhususkan untuk menyimpan file cache yang berhubungan dengan grafik/gambar.
  • DSP cache. Cache ini menyimpan hal-hal yang berkaitan dengan DSP, singkatan dari Digital Signal Processor, yang menangkap sinyal seperti suara, audio, video, dan suhu.

2. Cache Software

Software cache adalah tempat penyimpanan yang ada di dalam aplikasi atau program komputer untuk mempercepat fungsi tertentu dari program tersebut.
Jenis cache perangkat lunak berikut:

  • Cache disk. Disk caching diperlukan untuk mempercepat penulisan dan pembacaan data oleh program.
  • Web cache. Jenis ini dibagi menjadi dua jenis: server-side cache dan client-side cache. Selain itu, server-side memiliki beberapa jenis: Full-page cache, DNS cache, CDN cache, Object cache, Opcode cache, dan Fragment cache.
  • Memoization.  Dalam ilmu komputer, memoisasi adalah teknik pengoptimalan yang digunakan untuk mempercepat program komputer dengan mempertahankan hasil pemanggilan fungsi yang besar.

3. Cache Browser

Jenis ini sebenarnya termasuk dalam software cache. Cache browser ini merupakan jenis browser cache yang paling sering kita jumpai, sehingga butuh penjelasan tersendiri. Jika Anda sering menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau aplikasi lain untuk browsing, semua aplikasi tersebut sebenarnya menyimpan cache. Fungsinya untuk mempercepat loading website dan memungkinkan aplikasi menampilkan halaman web lebih cepat, ketika Anda mengunjungi kembali website tersebut menggunakan browser yang sama. Item yang disimpan di cache browser Anda mencakup file HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan banyak lagi. File cache ini memperbesar ukuran aplikasi browser yang Anda gunakan, sehingga Anda mungkin perlu menghapusnya secara berkala

Cara Menghapus Cache di Google Chrome

1. Buka halaman google chrome, klik tanda titik tiga di pojok kanan atas

 

2.Pilih opsi Clear Browsing Data (Hapus data penjelajahan)

 

3. Pilih rentang waktu penghapusan data. Memilih All Time (Semua) akan menghapus data browsing dari awal.

 

4. Pilih jenis data yang akan dihapus. Kalau hanya ingin menghapus cache, centang Cached images and files (Gambar dan file dalam cache). Klik Clear data (hapus data).

Cara Menghapus Cache di Mozilla Firefox

1. Buka Mozilla firefox, lalu klik ikon tigas garis dipojok kanan atas

 

2. Pilih settings

 

3. Kemudian klik privacy & Security, selanjutnya klik clear data

 

4. Pilih kotak cookies and site data dan cache temporary cached and pages untuk menghapus keduanya, atau pilih salah satu untuk menghapus cache atau cookie saja, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Terakhir anda bisa klik tombol clear untuk menghapus chache yang ada di mozilla firefox.

Mengapa Cache Harus Dihapus?

Cache pada perangkat memang bermanfaat bagi pengguna, namun dapat menimbulkan masalah jika tidak dikelola dengan baik. Kelebihan cache adalah menghemat waktu Anda karena tidak perlu menunggu lama saat membuka program atau website tertentu. Kerugiannya adalah data cache ini disimpan di memori internal perangkat, sehingga memakan ruang dan memengaruhi kecepatan perangkat, yang kemudian akan mengurangi kinerja. Cache harus dikelola secara teratur untuk memastikan stabilitas. Anda dapat menghapus cache browser atau aplikasi secara rutin (misalnya seminggu sekali). Hal ini diperlukan agar perangkat dapat bekerja kembali secara maksimal. Membersihkan data cache yang tidak perlu dapat menjadi solusi untuk menghindari penggunaan memori yang berlebihan.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, pasti anda sudah mengetahui apa itu cache, fungsi cache dan jenis-jenisnya. Dapat disimpulkan bahwa, cache merupakan suatu ruang penyimpanan data atau file yang disimpan sementara yang dapat dikelola oleh pengguna untuk mempercepat proses melihat data. Cache ini digunakan untuk meningkatkan efisiensi waktu saat mengoperasikan sistem, aplikasi, atau browser Anda. Untuk mengoptimalkan perangkat, kelola cache dengan membersihkannya secara rutin. Hal ini dikarenakan cache yang bertambah akan memakan ruang di memori perangkat dan dapat menurunkan kinerja perangkat.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

18 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

23 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago