HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kelebihan Kekurangan Google Bisnisku

Pada era digital saat ini,menjangkau pelanggan lewat internet merupakan prioritas utama bagi para pebisnis.Salah satu tool yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai hal tersebut adalah menggunakan Google My Business atau Google bisnisku.

Dengan fitur ini,pebisnis dapat memikat pelanggan dengan jumlah yang banyak lewat informasi-informasi bisnis yang mereka berikan.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai kelebihan kekurangan Google Bisnisku :

Penggunaan Google Bisnisku Untuk Promosi Usaha

Memang ada banyak manfaat yang didapatkan dengan menggunakan Google Bisnisku,sebagai informasi,berikut ini ulasannya :

  • Bisnis akan Dipromosikan di Google Maps

Dengan adanya Google bisnisku maka kalian mendapatkan kesempatan untuk dipromosikan di Google Maps.Berdasarkan data yang pernah ditayangkan The Telegraph,ada lebih dari satu miliar populasi di dunia yang sudah menggunakan Google Maps.Kebanyakan dari mereka mengakses Google Map dengan frekuensi yang cukup tinggi setiap bulan.Fakta ini juga yang melatarbelakangi Google Maps berhasil dinobatkan sebagai aplikasi pemetaan digital paling populer saat ini.

Untuk itu, jika kalian berhasil mendaftarkan perusahaan di Google Bisnisku,maka Google Maps juga akan mempromosikan tempat usaha kalian secara global.Dengan kata lain,calon pelanggan dari berbagai tempat semakin mudah menemukan kalian melalui data toko fisik bisnis yang ada di Google Bisnisku.

  • Mendapatkan Review Tentang Bisnis

Dengan menggunakan Google Bisnisku,kalian juga berkesempatan mendapatkan review mengenai usaha yang sedang dikembangkan dari pelanggan yang sudah melakukan transaksi atau mencoba sendiri produk dan jasa yang ditawarkan.

Tentu saja review dari para pelanggan sangat berguna,baik untuk meningkatkan brand awareness maupun untuk meningkatkan kredibilitas bisnis.Menariknya lagi,kalian bisa berinteraksi langsung dengan para pelanggan.Caranya,sangat mudah dengan membalas ulasan yang mereka berikan.

Sekarang ini,kekuatan WOM maupun e-WOW tetap menjadi strategi marketing yang efektif dan menyumbangkan kekuatan besar untuk mempengaruhi calon pelanggan.Dalam ilmu marketing,komunikasi sangat berperan dalam menentukan kesuksesan sebuah strategi pemasaran.

  • Meningkatkan Pengunjung Toko

Kalian dapat meningkatkan pengunjung toko atau store offline.Dengan Fitur Google Maps sudah pasti bisa menampilkan lokasi usaha dalam radius tertentu dan kata kunci yang sudah ditentukan. Hal ini memudahkan untuk meningkatkan kunjungan langsung ke toko kalian sekaligus membangun brand.Google Bisnisku juga menyediakan layanan membuat website gratis dengan prosedur yang mudah.Ini berguna untuk kalian yang belum memiliki website bisnis.

Cara Membuat Akun Google My Business

  • Sign in Google My Business

Langkah awal membuat akun Google My Business yakni melakukan sign in melalui situs resminya.Kalian bisa menggunakan akun Google yang sudah dimiliki atau membuat akun Google baru.

  • Masukkan nama bisnismu

Jika sudah masuk kemudian tulis nama bisnis kalian yang ingin ditampilkan di halaman pencarian Google nantinya.Kemudian,pilih kategori bisnis yang kalian jalankan,apakah toko makanan,toko mainan,toko furniture atau toko pakaian.

  • Menentukan lokasi

Jangan lupa untuk menulis alamat lengkap untuk lokasi bisnis kalian.Karena alamat yang kalian isi tersebut nanti akan muncul langsung di Google Maps sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukan lokasi bisnis kalian.

  • Mengisi informasi kontak

Isi informasi kontak,seperti nomor telepon dan website.Kalian juga bisa menggunakan halaman Facebook jika tidak ada website.

  • Mengelola bisnismu

Klik “Finish” jika semuanya sudah selesai.Kemudian kalian tinggal mengelola bisnis dengan memasukkan informasi-informasi.

Kelebihan Dan Kekurangan Google BIsnisku

  1. Kelebihan Google Bisnisku

Berikut ini diantaranya kelebihan dari google bisnisku,yakni :

  • Memudahkan sebuah tempat bisnis ditemukan oleh customer.
  • Membantu kita dalam bersaing dengan kompetitor yang sudah go-online.
  • Membuat kita selangkah ke depan daripada mereka yang belum go online.
  • Meluaskan jangkauan pemasaran dari toko.
  • Membantu maksimalkan website toko online.
  • Memberi kesempatan kepada customer untuk memberikan testimoni (ulasan) secara langsung.

Dari banyaknya kelebihan ini,masih ada kelebihan lain yang mungkin dirasakan oleh para penggunanya.Meski begitu,kalian wajib tahu apa saja kekurangannya agar dapat menutupi kekurangan tersebut.Simak daftar di bawah ini :

  1. Kekurangan Google Bisnisku

  • Mudah mendapatkan ulasan negative (kampanye negatif).
  • Rentan terhadap penutupan bisnis oleh pihak kompetitor.
  • Verifikasi yang cukup lama dan tidak ada kepastian.
  • Gampang tergeser oleh kompetitor karena cukup ketat.
  • Sulit untuk membuat presisi titik koordinat yang tepat.

Itulah poin-poin yang dapat disimpulkan dari kelebihan dan kekurangan google bisnis yang dirasakan para pengguna.Mungkin memang dari semua kelebihan dan kekurangan tersebut kalian bisa semakin mengoptimalkannya untuk kemajuan bisnis.Ingat untuk mengambil kelebihannya dan atasi kekurangannya.Jadi bisnis kalian tetap bisa berjalan lancar.

Seberapa Penting Google Bisnisku bagi Usaha di Era Digital ?

Membuat google bisnisku bagi usaha saat ini adalah pilihan yang cerdas dan bijaksana,Selain memiliki beragam fitur dan manfaat yang dapat mendongkrak keberhasilan usaha,yang paling penting semua itu bisa didapatkan secara gratis.

Kalian bahkan tidak dipaksa untuk mempelajari bahasa pemograman apapun,yang pastinya menyulitkan ketika ingin mulai menggunakan platform ini.Bisa dikatakan,Google My Busines memang dirancang untuk membantu pebisnis kecil menengah yang tentunya memiliki banyak keterbatasan,seperti biaya untuk promosi.Karena,mau tidak mau harus menggunakan fitur berbayar seperti beriklan,terdapat budget yang dapat dikatakan masih terjangkau,tergantung seperti apa jangkauan iklan yang ingin diluncurkan melalui Google Ads.

 

Memang Google bisnisku merupakan tool gratis yang memudahkan pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya melalui internet.Demikianlah pembahasan artikel tentang Google bisnisku,semoga bermanfaat 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago