HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian E-Wallet (Dompet Digital) Serta Keuntungan Menggunakannya

Saat ini penggunaan E-wallet dinilai lebih praktis dan menguntungkan.Praktis karena cukup melakukan semua transaksi hanya dari telepon genggam.Menguntungkan karena biasanya akan ditawari banyak diskon dan potongan harga dari merchant yang bekerjasama dengan penyedia e-wallet.Disini kita akan membahas mengenai apa itu E-wallet ? dan apakah saja kekurangan serta kelebihannya.

Pengertian E-Wallet

Merupakan sebuah sistem yang dikembangkan guna memudahkan pengguna dalam mengelola transaksi.E-Wallet sendiri dinilai mampu memberikan efek positif bagi kehidupan sehari-hari.E-Wallet pun bisa berwujud suatu program software/aplikasi bahkan suatu layanan jasa yang dibuat guna menyimpan uang digital dan juga melakukan kegiatan transaksi secara online antara setiap penggunanya.Seperti namanya,E-wallet atau dompet elektronik berguna untuk menyimpan uang yang digunakan untuk transaksi secara online maupun offline dengan menggunakan QR code.E-wallet ini berbasis aplikasi di smartphone.Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa penyedia layanan E-wallet,seperti Go-Pay,OVO, Dana dan LinkAja.

Sejarah Perkembangan E-Wallet

Sejarah kelahiran e-wallet atau dompet elektronik,yakni merupakan hasil evolusi sistem pembayaran tradisional.Kecerdasan manusia melahirkan sistem pembayaran non-tunai (E-wallet).Berkat pembayaran non-tunai,semuanya menjadi praktis.Kita tidak perlu repot harus membawa uang tunai dalam dompet dengan jumlah yang banyak.Saat bepergian pun kita tak perlu susah menebali dompet kita dengan uang tunai.Uang elektronik (e-wallet) yang melekat di smartphone membuat orang tak perlu lagi menjejali dompetnya dengan kartu ATM.BCA melahirkan Flazz dan Sakuku, Mandiri dengan Indomaret Card, GazCard, E-Toll dan E-Cash, Bank DKI JakCard, Telkomsel Cash dengan T-Cash, BNI dengan TapCash, Indosat dengan I-Pay, Bank Permata dengan BBM Money. Muncul juga, GoPay, CIMB dengan Rekening Ponsel, Bank National Nobu dengan Nobu E-Money, Indosat Ooredoo dengan Dompetku, XL dengan Tunaiku, Doku Wallet, Skye Card, dan masih banyak lagi. Jumlahnya kini mencapai ratusan.Kalau kita jeli, pemain di e-wallet ini mayoritas bank dengan teknologi contact-less module. Hanya dengan mendekatkan kartu e-wallet mereka dengan module tersebut, transaksi pembayaran pun beres. Tak cuma mengubah uang kartal menjadi “kartu”, teknologi E-wallet mampu mengubah dompet kulit menjadi dompet digital yang dibenamkan di sebuah ponsel pintar.

Keuntungan Menggunakan E-Wallet

Ada beberapa kelebihan penggunaan E-wallet,berikut penjelasannya :

  • Terhindar Uang Palsu : Mampu mengurangi peredaran uang palsu,karena teknologi uang digital yang disimpan pada E-Wallet sangat susah ditembus dari sisi keamanan.Setiap transaksi digital,baik pembeli maupun penjual tidak perlu memikirkan kembalian karena E-wallet bisa memotong saldo hingga jumlah desimal sesuai jumlah pembayaran.
  • Transaksi Lebih Cepat : Proses transaksi menggunakan E-Wallet relatif lebih cepat.Untuk membayar,pembeli tinggal melakukan scanbarcode yang disediakan oleh penjual,tanpa perlu mengeluarkan dompet atau menghitung uang sesuai nominal yang dibutuhkan.
  • Menghidari Penyebaran Virus/Bakteri : Di tengah kondisi pandemi virus seperti sekarang ini,penggunaan E-Wallet bisa meminimalisir kontak dengan orang lain.
  • Praktis : Dengan adanya E-Wallet tidak harus khawatir ketika lupa membawa dompet atau uang tunai saat berbelanja,karena pembayaran bisa dilakukan dengan aplikasi E-Wallet yang sudah terinstal di smartphone.
  • Pencatatan Riwayat Transaksi : Merupakan fitur menarik dari E-Wallet.Dengan adanya riwayat transaksi yang jelas,bisa lebih mudah dalam melacak setiap pengeluaran maupun pemasukan.

Kekurangan Menggunakan E-Wallet

Meskipun memiliki beberapa kelebihan,penggunaan E-wallet juga memiliki kekurangannya,berikut ini penjelasannya :

  • Masih Terbatas : Masih minim pedagang yang menerima transaksi digital,hal ini disebabkan karena masih minimnya infrastruktur internet di Indonesia.Namun,seiring perkembangan waktu,bisa dipastikan akan semakin banyak pedagang yang menerima pembayaran via E-Wallet.
  • Ada Biaya Transaksi : Beberapa E-wallet masih membebankan biaya administrasi untuk setiap transaksi yang ada.Biaya transaksi ini besarnya berbeda-beda setiap aplikasi E-Wallet.
  • Menjadi Lebih Konsumtif : Penggunaan uang digital seperti E-Wallet cenderung tidak terasa setelah digunakan,ini otomatis mendorong pengguna untuk berbelanja lebih banyak dan lebih boros dari biasanya.

Perbedaan E-Wallet Dengan E-Money

  • Chip Based VS Server Based : E-Money dan E-Wallet memiliki teknologi berbeda.Untuk E-Money layanan ini memanfaatkan sistem berbasis chip yang tertanam di dalam sebuah kartu seukuran ATM.Sementara untuk E-Wallet menggunakan teknologi digital berbasis server yang dieksekusi menggunakan aplikasi.Berbeda dengan E-Money, pengguna E-Wallet wajib terkoneksi dengan internet dan penyedia layanan agar bisa digunakan.
  • Jumlah Saldo Maksimal : Perbedaan lain dari E-Money dan E-Wallet terletak pada jumlah saldo maksimal yang bisa dimasukkan.E-Money maksimal hanya bisa diisi saldo sebesar Rp1.000.000,sedangkan E-Wallet saldo maksimalnya bisa mencapai Rp10.000.000.
  • Fleksibilitas : Dari segi ini,E-Money saat ini lebih unggul dibandingkan E-Wallet,karena E-Money sudah banyak diterima sebagai alat pembayaran sehari-hari.Mulai dari mengisi BBM,belanja di minimarket,membayar tol,hingga pembelian tiket hiburan.

Cara Membuat E-Wallet

Berikut ini akan dijelaskan cara membuat E-Wallet.Pada dasarnya,alur pendaftaran akun E-Wallet setiap aplikasi berbeda-beda. Namun,secara umum proses pendaftaran bisa dilakukan seperti langkah-langkah berikut ini :

  • Tentukan aplikasi E-Wallet sesuai kebutuhan/selera pribadi.
  • Menyiapkan nomor handphone dan Email aktif.
  • Membuka aplikasi E-Wallet.
  • Masukkan nomor handphone.
  • Isi data-data pribadi yang diperlukan.
    • Nama lengkap
    • Alamat
    • Password
  • Klik Daftar.

Aplikasi E-Wallet Yang Populer Di Indonesia

Berikut daftar aplikasi dompet digital yang populer dengan pengguna terbanyak di Indonesia :

  • OVO

Merupakan sebuah aplikasi smart yang memberikan kalian layanan pembayaran dan transaksi secara online (OVO Cash) dan kalian bisa berkesempatan untuk mengumpulkan poin setiap kali melakukan transaksi pembayaran melalui OVO.Aplikasi ini juga menawarkan kemudahan transaksi tanpa mengharuskan nasabahnya membawa cash terlalu banyak.Tidak hanya untuk transaksi online,OVO juga bisa digunakan sebagai pembayaran offline,salah satunya yakni melalui Matahari mall.

  • Gopay

Merupakan sebuah dompet digital yang ada dalam aplikasi Gojek yang digunakan untuk melakukan pembayaran layanan dalam aplikasi Gojek.

  • DANA

Merupakan sebuah dompet digital yang bisa dibilang baru namun Dana memiliki pengguna yang cukup banyak.DANA langsung memiliki pengguna stabil.Dengan DANA,kalian bisa melakukan transaksi apapun dengan praktis mulai dari pembayaran tagihan,transaksi barcode scan,hingga e-commerce.

  • LinkAja

Merupakan sebuah layanan uang elektronik berbasis aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi nontunai dengan mudah dan praktis,layanan dompet digital ini tadinya diberi nama TCASH tapi kini telah berubah nama menjadi LinkAja.Pengguna layanan TCASH tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk menikmati layanan ini.LinkAja adalah sebuah dompet digital hasil dari merger dari BUMN seperti T-Cash, Unikqu, Mandiri e-cash, T-Bank, dan T-Money.

  • iSaku

Merupakan uang elektronik yang sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.Dengan penggunaan aplikasi ini kalian bisa belanja di Indomaret dengan lebih mudah dan hemat karena adanya promo yang hanya berlaku jika melakukan pembayaran menggunakan iSaku.Aplikasi ini merupakan E-wallet dari Grup Salim yang berada dibawah naungan Indoritel/pengelola Indomaret.

  • Jenius

Merupakan sebuah aplikasi perbankan digital yang mana aplikasi ini membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung,bertransaksi atau mengatur keuangan serta memungkinkan nasabah untuk memiliki rekening bank.Semua dilakukan dari satu tempat dari smartphone kalian,baik yang berbasis Android ataupun iOS.Jadi aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk melakukan transaksi saja.

  • Go Mobile CIMB

Aplikasi ini merupakan aplikasi dompet digital yang diciptakan oleh PT Bank CIMB Naiaga TBK.Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya,yakni seperti : pembayaran listrik,membeli pulsa top up ke E-wallet dan melakukan transfer uang ke pengguna lain.

Demikian artikel tentang E-Wallet,bisa disimpulkan bahwa E-Wallet merupakan suatu layanan elektronik,berfungsi untuk menyimpan data dan instrumen pembayaran yang antara lainnya adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan juga uang elektronik,menampung dana dan juga melakukan pembayaran 🙂

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

9 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago