HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Fungsi, dan Cara Menulis Slug

Link adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menambahkan trafik terhadap website. Akan tetapi, link yang terlalu panjang akan membuat pengunjung mengingat link tersebut bahkan cenderung tidak dipercayai oleh pengunjung website. Karena itu harus bisa membuat link yang relevan dan mampu menujang SEO. Link ini dalam istilah SEO disebut juga dengan slug.

Ia merupakan komponen yang terkandung dalam sebuah link. Dalam melakukan optimalisasi SEO yang lebih professional, ini adalah komponen penting yang perlu dipertimbangkan.

Pengertian Slug

Slug adalah bagian dari URL yang mengidentifikasi halaman tertentu pada website. Elemen ini biasanya ditempatkan pada bagian akhir dari URL setelah nama domain. Lebih lanjut, hal yang unik darinya adalah penulisannya yang dipisahkan dengan tanda dash (-) dan menggunakan huruf kecil.

Pada kenyataannya, banyak website yang tidak memperhatikan elemen ini sebagai hal professional. Ini dapat diidentifikasi dengan slug yang terlalu panjang bahkan mengandung karakter-karakter seperti ^,*%, dan sebagainya. Dengan demikian dalam membuatnya, berikut adalah komponen yang perlu diperhatikan :

  • Menjelaskan konten tersebut.
  • Mengandung keywords.
  • Tidak terlalu panjang.
  • Tidak menggunakan angka-angka yang mempersulit.
  • Setiap kata dipisahkan oleh tanda (-).
  • Hanya menggunakan huruf kecil.

Fungsi Slug dalam Pengembangan Website

Tadi telah disebutkan sedikit jika slug membantu pengunjung memahami isi halaman sebelum ia membaca keseluruhan informasi. Ternyata, di sisi lain slug juga menunjang performa website agar lebih SEO-friendly. Untuk lebih jelasnya, fungsi slug adalah :

1. Membuat URL lebih user-friendly

Ibaratnya tugas kuliah yang disimpan di dalam laptop. Namun, nama masing-masing dokumennya tidak tersusun dengan benar seperti “Doc1zbsdk546”. Sebelum membukanya tentu akan bingung menebak tugas apakah yang ada di dalam dokumen tersebut.

Lain halnya dengan dokumen “tugas-biografi-pahlawan”, bisa langsung mengetahui bahwa dokumen tersebut berisi tugas biografi pahlawan.

Begitu pula dengan slug, penulisan slug yang jelas, singkat, padat dan deskriptif dapat membantu pengunjung internet memperkirakan informasi yang ada di dalam halaman website bahkan sebelum ia membukanya.

2. Memaksimalkan sisi SEO

Dengan memasukkan kata kunci ini, bisa membantu pengunjung untuk menemukan website. Cara ini tentunya secara tidak langsung akan sangat membantu SEO agar lebih maksimal. Jika SEO maksimal, maka konten pun memiliki kemungkinan besar untuk berada di pencarian teratas Google. Atau dengan kata lain traffic website akan semakin berkembang kedepannya.

Cara Menulis Slug yang Baik

Dalam menulis slug, perlu diperhatikan beberapa pertimbangan sehingga mendapatkan hasil yang berkualitas. Adanya slug yang baik maka akan meningkatkan traffik dan mempengaruhi kualitas SEO. Dengan demikian, berikut hal yang perlu diperhatikan dalam menulisnya adalah sebagai berikut :

  • Memulai dengan URL HTTPS

Https adalah sebuah protokol yang yang menggunakan SSL dan mendukung enkripsi serta autentikasi sehingga website memiliki koneksi yang aman. Lebih lanjut, sebuah website yang tidak terintegrasi dengan https akan tidak akan muncul dalam pencarian mesin pencari dan keamanan yang lebih rentan.

Tanpa https maka browser akan mengingatkan bahwa halaman yang dikunjungi adalah halaman yang tidak aman. Dengan demikian, menggunakan https akan menambahkan kepercayaan pengguna terhadap link atau yang dibagikan.

  • Konsisten dengan karakteristik slug

Adanya konsistensi dalam menggunakan karakteristik slug akan menunjukkan profesionalitas kepada pengguna. Berikut adalah karakteristik yang penting tersebut :

    • Hindari karakter yang susah dibaca atau diingat

Karakter seperti %,*,^ dan sebagainya adalah karakter yang harus dihindari dalam menulis slug. Hal tersebut akan membuat slug sulit untuk dibaca.

    • Tambahkan garis miring

Pada setiap sebuah URL maka diakhiri dengan garis miring. Meskipun hal ini merupakan sebuah opsional, namun garis miring tersebut akan membuat sebuah slug terlihat lebih baik, professional, dan lengkap.

    • Gunakan huruf kecil

Menggunakan huruf kecil merupakan bagian konsisten dari URL. Huruf kecil juga dapat menghindari adanya kemungkinan typo atau broken link yang mungkin terjadi.

  • Jadikan slug relevan dengan konten

Slug adalah komponen penting yang terdapat dalam link sehingga menjadikannya alamat dalam sebuah halaman website. Hal tersebut membuat URL yang digunakan menggunakan kata kunci yang dikandung dalam sebuah konten. Hal tersebut juga akan membantu pengunjung untuk memahami konten yang sedang dikunjungi atau dibaca.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengintegrasikan slug dengan konten seperti penggunaan URL dari Header 1 sebuah konten, kategori konten, judul konten, dan sebagainya. 

  • Jadikan slug pendek dan efisien

Adapun komponen selanjutnya dalam menulis slug adalah memastikan URL tersebut pendek dan efisien. URL yang mengandung kata-kata yang panjang akan membuatnya susah diingat pengguna dan terlihat tidak professional.

Namun sebaliknya, slug yang menggunakan kata-kata yang lebih pendek bahkan mengandung kata kunci akan memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi navigasi sebuah halaman. Lebih lanjut, hal tersebut juga akan memudahkan dalam membagi sebuah link misalnya pada sosial media. 

  • Buatlah slug yang tak lekang oleh waktu

Salah satu cara untuk membuat URL tetap relevan adalah dengan menghindari penggunaan angka tertentu yang mengindikasi waktu tertentu. Adapun membuat slug yang terlalu panjang dapat menghilangkan tingkat relevansi. Dengan demikian, untuk menjaga kualitas pada sebuah URL, maka pastikan slug yang dibuat merupakan SEO-Friendly.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

10 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

13 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago