HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Gopher Dan Cara Kerjanya

Pengertian Gopher

Ghoper merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang mana tersusun atas  menu–menu sistem pencarian informasi.Situs yang memakai layanan atau protokol gopher sebenarnya berupa menu yang mewakili informasi dan data yang ada. Dalam  sistem gopher,  menu disini merupakan  daftar isi untuk mengolah dan juga menunjukan informasi – informasi tertentu.Layanan gopher ini memakai  FTP sebagai cara dalam pertukaran file dan  Telnet ( Tele Networking ) pada koneksi-koneksi server tertentu.Saat ini layanan gopher sudah jarang sekali dipakai,namun masih terdapat  beberapa pengguna yang masih menjadi server aktif.Pada protokol gopher ini menawarkan beragam macam fitur terbaik akan tetapi tidak didukung dengan Native Web. Namun  gopher memakai  hirarki lebih kuat di dalam informasi yang terdapat  di dalamnya.Gopher mempunyai sistem dengan basis menu paling dasar dengan  menyediakan konektivitas.Basis menu tersebut akan saling menghubungkan antara file – file yang terdapat  di dalam komputer – komputer di internet. File–file tersebut akan tampak seperti direktori berseri yang berada di sekitar menu Gopher, padahal file – file tersebut sebenarnya berada di komputer yang  lainnya.

Tidak hanya itu saja, gopher juga menyediakan akses menuju dokumen teks,untuk suara digital serta  grafik. Akses tersebut hanya dapat  di maksukkan ke dalam kumpulan dokumen yang di download terlebih dahulu di komputer lokal. Sesudah  itu barulah anda bisa  melihatnya sama seperti program yang  lainnya. Gopher juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses fasilitas lain nya di internet, misalnya saja Telnet yang bisa  memudahkan dalam komunikasi jarak jauh.

Sejarah Gopher

Diciptakan oleh tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di University of Minnesota.Gopher lebih disukai oleh banyak administrator jaringan karena menggunakan lebih sedikit sumber daya jaringan daripada layanan Web. Struktur hierarki Gopher menyediakan platform untuk koneksi perpustakaan elektronik skala besar pertama.Protokol Gopher masih digunakan oleh para penggemar dan meskipun hampir seluruhnya digantikan oleh Web, sejumlah kecil server yang dikelola secara aktif tetap ada.

Teknologi Gopher ditemukan di University of Minnesota,maskotnya adalah Golden Gopher. Sistem gopher memungkinkan orang untuk mencari dan mengambil informasi menggunakan antarmuka teks. Teknologi ini didasarkan pada struktur client-server, dimana program klien gopher digunakan untuk mencari server gopher. Server ini dapat menyimpan dokumen, artikel, program dan informasi lainnya. Alih-alih hyperlink, antarmuka gopher menggunakan menu tautan ke dokumen dan program lain.University of Minnesota memulai program lisensi untuk teknologi gopher pada tahun 1993 ketika penggunaan gopher menyebar dengan cepat melalui Internet. Namun,ketika World Wide Web diperkenalkan,karena Web menggunakan hiperteks dan gambar,ini akhirnya menjadi cara yang disukai untuk mencari dan menelusuri informasi. Meskipun masih ada server dan program klien yang menggunakan teknologi gopher, penggunaannya hampir tidak seluas Web.

Dibawah ini akan diuraikan kelebihan dan kekurangan dari Gopher sebagai berikut :

Kelebihan Gopher

  • Pengguna ini tidak perlu untuk mengetahui alamat khusus di dalam komputer yang digunakan.
  • Dapat ini mudah mengakses informasi dengan hirarki.
  • Sistem menu yang terdapat di dalam gopher sangat simple namun interaktif.
  • Bekerja sama dengan pihak gopher Indonesia, akan membuat traffic menjadi meningkat di dalam situs yang dipergunakan untuk bisnis online.Serta tentu ini akan memberikan dampak yang baik atau positif bagi kelancaran bisnis usaha.
  • Target iklan yang terpasang akan jauh lebih terarah.
  • Bisa memperluas pemasaran bagi tiap-tiap perusaahan atau pelaku bisnis.

Kekurangan Gopher

  • Fasilitas di dalam gopher ini hanya mampu untuk mengakses informasi berbentuk teks saja,sehingga tidak bisa menampilkan di dalam bentuk multimedia.
  • Tampilan juga tidak begitu menarik,tidak seperti yang terdapat pada www.
  • Hanya orang-orang tertentu yang cukup mahir yang bisa mengaksesnya.

Jenis Item Gopher

Jenis informasi yang diuraikan dalam menu gopher oleh satu nomor atau dalam kasus tertentu huruf dan bertindak sebagai petunjuk untuk client untuk menceritakannya bagaimana untuk menangani jenis media tertentu dalam menu,analog dengan tipe MIME.Setiap client tentu harus memahami jenis item 0 dan 1.Semua client yang dikenal memahami jenis item 0 sampai 9, g dan s dan semua tapi sangat tertua juga memahami jenis file h dan i.

Berikut ini adalah jenis item dari layanan Gopher :

  • 0 = teks biasa File.
  • 1 = direktori daftar menu.
  • 2 = pencarian CSO permintaan.
  • 3 = pesan kesalahan.
  • 4 = BinHex dikodekan file teks.
  • 5 = biner arsip berkas.
  • 6 = uuencode file teks.
  • 7 = mesin pencari permintaan.
  • 8 = telnet sesi pointer.
  • 9 = file biner.
  • g = GIF image.
  • h = HTML File.
  • i = informasi pesan.
  • I = Gambar format file yang tidak ditentukan.Klien memutuskan bagaimana menampilkan. Sering digunakan untuk gambar JPEG.
  • s = format file audio, terutama WAV berkas.
  • T = TN3270 sesi pointer

Ada beberapa client mendukung mereka dan yang lain tidak mendukung tentunya daftar file tambahan definisi jenis ini terus berkembang dari waktu ke waktu.Dengan demikian,banyak server menetapkan generik 9 untuk setiap file biner,berharap bahwa komputer pengguna yang bersangkutan akan dapat memproses dengan benar file yang ada.

Fungsi Gopher

Pengguna tidak perlu untuk mengetahui alamat khusus di komputer yang digunakan.Aplikasi gopher sendiri merupakan  suatu sistem yang dapat memungkinkan pengguna untuk dapat  mengakses segala situs – situs yang ada.Tidak hanya itu saja, gopher juga merupakan suatu  sistem yang mempunyai  otomatisasi sehingga pengguna bisa mengakses beragam informasi yang ada dengan menggunakan hirarki.

Fitur Gopher

Menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Menu teks antarmuka yang mudah digunakan dan cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi terminal komputer yang masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991 dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien.Revisi gopher yang baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.

Dengan struktur hierarki,Gopher memberikan platform berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama.Pengguna Gopher ingat bahwa sistem lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir dari layanan Web saat ini.Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web pada tahun berikutnya,protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif dipertahankan.

Cara Kerja Gopher

Berikut ini merupakan cara kerja Gopher :

Mencari dokumen ataupun data yang berdasar pada teks atau text base.Sebelumnya,komputer harus dihubungkan terlebih dahulu dengan koneksi internet yang ada di gopher server dan kemudian menyimpan informasi dan data tersebut.Jenis protokol gopher lama yang terlalu rumit yang terkadang menyebabkan orang-orang mulai meninggalkan layanan ini.Pengembangan protokol gopher dilakukan beberapa mahasiswa Universitas Minnesota, Amerika Serikat.Arti dari protokol gopher sendiri adalah protokol publikasi informasi dengan basis karakter, yang mana untuk bisa mengakses teks pengguna harus menggunakan hirarki menu.Tampilan dalam sistem gopher hampir sama dengan Telnet.

Contoh protokol gopher dapat ditemukan pada sejumlah perangkat, semisal modem dan router. Perbedaan dari gopher dengan web adalah pada penggunaan port nya.Pada web biasanya menggunakan port 80 serta dapat menampilkan gambar. Sedangkan pada gopher, menggunakan port 70 serta hanya dapat menampilkan teks saja.

 

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago