HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) dan Manfaatnya

Bentuk sistem pembayaran ritel Indonesia saat ini masih kurang sesuai untuk menjawab tantangan era digital. Dimana prasarana perbankan masih dikembangkan dengan tujuan untuk mendukung ketersediaan layanan pembayaran yang tepat waktu, transparan dan tersedia tanpa henti dalam waktu yang lama, dengan tingkat keamanan dan efisiensi yang tinggi. Ada beberapa fasilitas transaksi, salah satunya GPN yang merupakan infrastruktur back-end ritel yang menjadi tulang punggung switching, kliring, dan settlement bagi transaksi ritel dalam negeri.

Dimana GPN merupakan sebuah sistem jaringan antar bank di Indonesia yang diprakarsai oleh Bank Indonesia.  GPN memberikan kemudahan bertransaksi bagi pengguna kartu debit. Dengan GPN, Anda tidak perlu lagi mencari ATM atau EDC bank yang sama untuk bertransaksi. Program ini pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 2017, merupakan langkah maju yang besar dalam menyatukan proses transaksi antar bank. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Pengertian GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 Gerbang Pembayaran Nasional (National Payment Gateway) atau GPN (NPG) adalah sistem yang terdiri atas standar, switching, dan services yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme (arrangement) untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.

Ruang lingkup dari GPN meliputi transaksi pembayaran dalam negeri yang meliputi:

  • Interkoneksi Switching;
  • Interkoneksi dan interoperabilitas kanal pembayaran berupa kanal ATM (anjungan tunai mandiri), electronic data captured (EDC), agen, payment gateway, dan kanal pembayaran lainnya; dan
  • Interoperabilitas instrumen pembayaran berupa kartu ATM yakni kartu debet, kartu kredit, uang elektronik, dan instrumen pembayaran lainnya.

Pada prinsipnya, interface pembayaran terintegrasi adalah platform yang dapat menggabungkan seluruh saluran pembayaran dengan menggunakan teknologi API (Application Programming Interface) sehingga memungkinkan terjadinya transfer uang, baik antar bank maupun non-bank, secara real time.
Menghubungkan interface ke GPN membuat penerapan berbagai layanan seluler menjadi lebih mudah dan murah.

Lembaga penyelenggara GPN meliputi:

  • Lembaga Standar;
  • Lembaga Switching; dan
  • Lembaga Services.

Bank Indonesia melakukan pemantauan terhadap penyelenggara GPN baik secara langsung maupun tidak langsung atau melalui laporan dan informasi lainnya. Penerapan GPN disesuaikan dengan organisasi penggelaran dan mencakup fungsi standar, switching, dan services yang dibangun melalui serangkaian aturan dan mekanisme struktural untuk mengintegrasikan alat dan saluran pembayaran yang berbeda secara nasional.

Fungsi ini juga menjadi tugas utama penyelenggara GPN, yang bekerja berkoordinasi dengan golongan yang terhubung dengan GPN untuk mencapai konektivitas dan interoperabilitas dalam ekosistem pembayaran nasional.Kapasitas Lembaga Services GPN juga akan diperluas dengan tambahan cakupan kliring dan settlement instrumen Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) dan Uang Elektronik (UE). Hingga Inovasi Platform Sistem Pembayaran dan BI FAST siap memproses transaksi seluler, metode transaksi kartu dan seluler akan dilakukan melalui GPN.

Sasaran Utama GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

GPN dapat menjadi basis metode pembayaran massal melalui integrasi seluruh jalur pembayaran dan metode nasional, yang hingga saat ini belum dapat diterapkan secara efektif. Karena GPN dibangun dengan tujuan mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien dan andal. Oleh karena itu, GPN diciptakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transaksi non-tunai dengan menggunakan alat pembayaran ritel. GPN juga diciptakan untuk memfasilitasi dan memperluas penerimaan masyarakat terhadap gerakan non-tunai secara nasional.

Terdapat tiga tujuan utama penerapan GPN, yaitu:

  1. Menciptakan ekosistem sistem pembayaran yang saling interkoneksi, interoperabilitas, dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi yang mencakup otorisasi, kliring, dan setelmen secara domestik;
  2. Meningkatkan perlindungan konsumen antara lain melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi; dan
  3. Meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi sistem pembayaran nasional untuk mendukung efektivitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi, dan resiliensi sistem keuangan.

Perluasan layanan GPN akan fokus pada pengembangan standar layanan pembayaran kartu selain kartu debit dan kredit dengan tonggak sejarah yang disepakati oleh para pihak industri. Selain itu GPN juga terhubung dengan saluran pembayaran berupa ATM, mesin EDC (Electronic Data Captured), agen pembayaran, gateway pembayaran dan saluran pembayaran lainnya.

Manfaat GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) Bagi Merchant

  1. Interoperasibilitas Bagi Merchant

Interoperabilitas berarti kondisi dimana instrumen pembayaran dapat digunakan pada infrastruktur  selain milik penerbit yang bersangkutan. Dengan kata lain, merchant tidak perlu menyediakan banyak  EDC, karena GPN memiliki keunggulan karena dapat diterima oleh berbagai jenis pengumpul data elektronik.

  1. Bebas Tarif

Tingkat diskon perdagangan yang diterapkan pada cryptocurrency chip relatif rendah untuk transaksi melalui GPN, berkisar antara 0% hingga 0,7% untuk tujuan komersial atau nirlaba. Tingkat diskon merchant adalah tingkat yang dibebankan kepada merchant oleh bank.

  1. Eskalasi Pendapatan

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia baik  dari sudut pandang pembeli maupun penjual, manfaat yang dirasakan merchant umumnya berupa peningkatan potensi pendapatan melalui sistem pembayaran yang nyaman.

Manfaat GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) Bagi Konsumen

  1. Aksesibilitas Pelanggan

Kartu berlogo GPN diterima di seluruh mesin EDC di toko atau tempat penjualan di seluruh Indonesia dengan andal dan terpercaya. Oleh karena itu, pelanggan tidak perlu khawatir harus membawa kartu saat bepergian ke luar negeri.

  1. Efektif dan Efisien

Transaksi pembayaran non tunai melalui GPN dapat dilakukan dengan mudah, nyaman dan aman dimana saja tanpa harus membawa uang tunai ke seluruh Indonesia. Sehingga lebih efisien dan efektif  bagi pelanggan, baik dari segi biaya maupun waktu.

  1. Bebas Biaya

Pembelian melalui GPN tidak dikenakan biaya apa pun di semua titik penjualan nasional. Selain itu, pembayaran dapat dilakukan tanpa batasan minimum transaksi.

  1. Keamanan

Kartu berlogo GPN ini dilengkapi dengan teknologi chip yang berisi informasi pribadi pemegang kartu dan menggunakan kode PIN 6 digit untuk keamanan. Oleh karena itu, pemilik kartu berlogo GPN  lebih terlindungi dari risiko pencurian data nasabah.

Cara Mendapatkan Kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)

Setelah mengetahui banyaknya manfaat GPN, Anda pasti akan senang menggunakannya. Keunggulan kartu GPN OCBC NISP yaitu terdaftar di Gerbang Pembayaran Nasional, dapat diakses kapan saja, dimana saja tanpa perlu tarik tunai dan terjamin keamanan transaksinya.Berikut cara mendapatkan kartu GPN OCBC NISP.

  1. Anda harus membuka rekening OCBC NISP terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan secara offline dengan mengunjungi bank OCBC NISP terdekat di tempat Anda. Kemudian Anda akan dipandu untuk mengisi sejumlah formulir pembukaan rekening.
  2. Cara kedua dapat dilakukan secara online melalui aplikasi OCBC NISP. Silakan install aplikasi OCBC NISP di ponsel Anda. Kemudian daftar, login dan masukkan jumlah deposit awal. Setelah berhasil membuka rekening melalui ponsel, Anda dapat mendatangi kantor bank OCBC NISP terdekat untuk menerima rekening tabungan dan kartu GPN OCBC NISP Anda.

Demikian pembahasan mengenai GPN. GPN saat ini menjadi salah satu kartu terbaik untuk Anda, terutama jika Anda lebih aktif dalam pembayaran dalam negeri. Jadi pastikan Anda memiliki kartu GPN di dompet Anda.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

8 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

11 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

1 day ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago