HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian GPRS Serta Kelebihan Kekurangannya

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Apa itu GPRS?serta juga kelebihan kekurangannya.Saat ini tentu tersambung ke internet, dibutuhkan koneksi,baik dari paket data maupun Wi-Fi.Jaringan atau sinyalnya harus baik supaya sambungan lancar.Sinyal sendiri ada bermacam-macam,di antaranya GPRS,EDGE,3G,HSDPA,EVDO serta 4G. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.Namun,yang  dibahas kali ini hanya tentang GPRS dalam memudahkan pengguna mendapatkan akses internet.

Pengertian GPRS

General Packet Radio Service(GPRS) merupakan suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G.Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail,data gambar (MMS),Wireless Application Protocol (WAP) dan World Wide Web (WWW).

Perkembangan GPRS

Kemunculan GPRS diawali dengan penemuan telepon genggam generasi 1G dan 2G yang kemudian mencetuskan ide akan penemuan GPRS. Penemuan GPRS berkembang hingga kemunculan generasi 3G, 3,5G, dan 4G. Perkembangan teknologi ini disebabkan oleh keinginan untuk selalu memperbaiki kinerja,kemampuan dan efisiensi dari teknologi generasi sebelumnya.

General Packet Radio Service menjadi sinyal generasi kedua yang hadir setelah GSM pada Tahun 1997.GPRS merupakan suatu teknologi yang melayani pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibanding CSD (Circuit Switch Data).Layanan jasa seluler tersebut berbasis pada paket data untuk jaringan telekomunikasi 2G dan 3G dalam sistem GSM (Global System for Mobile Communications).Dengan sinyal itu,pengguna bisa terhubung ke internet kapan dan dimanapun serta menghemat pulsa pemakaian.

GPRS awalnya distandarisasi oleh ETSI (European Telecommunications Standards Institute),namun kini dikelola oleh 3GPP (3 Generation Partnership Project),yang memiliki tiga komponen,yakni :

  • GGSN (Gateway GPRS Support Node) : sistem penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet.Komponen tersebut berguna sebagai antarmuka ke PDN (Public Data Network),information routing,screening pengguna, screening pada jaringan serta pemetaan alamat antarmuka jaringan.
  • PCU (Packet Control Unit) : komponen pengendali di level BSS (Base Station Subsystem) yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS.
  • SGSN (Serving GPRS Support Node) : Berfungsi sebagai gerbang antara jaringan BSS/BTS dan GPRS nan dapat diakses oleh users melalui ponsel mereka. SGSN juga berperan dalam mengantarkan paket data ke MS,melakukan registrasi pelanggan baru dan update pelanggan ke HLR.

GPRS memanfaatkan sistem komunikasi packet switch dalam mentransmisikan datanya.Jadi,data tersebut dibagi menjadi bagian-bagian kecil atau paket,lalu dikirim dan diubah kembali ke data awal.Sistem itu dapat mentransfer ribuan hingga jutaan paket per detik. Pengirimannya dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan IP backbone.Karena pemakaian channel transmisi dapat dilakukan secara bersamaan oleh pengguna lain,tarif akses GPRS secara teori lebih rendah dibanding CSD.Biayanya dihitung berdasarkan volume data. Kecepatan dan latensi GPRS juga bisa berubah, tergantung jumlah pengguna yang mengaksesnya di waktu yang sama.

Fungsi GPRS

General Packet Radio Service(GPRS) memungkinkan ponsel dengan sinyal 2G,3G dan WCDMA bisa mengirimkan paket data ke jaringan data eksternal,seperti internet.Karena merupakan bagian dari GSM,menawarkan berbagai layanan yang tidak dimiliki oleh CSD,yakni pengiriman dan broadcast pesan,MMS (Multimedia Messaging Service) atau pesan multimedia,PoC (Push-to-talk over Cellular),P2P (Point-to-Point), P2M (Point-to-Multipoint),akses internet setiap saat dan untuk smartphone dapat terhubung melalui WAP ( Wireless Application Protocol ).

GPRS dipasang diponsel bertipe GSM dan IS-136,meski jaringannya terpisah dari GSM.Secara teoritis,GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56-115 kbps,sehingga bisa dipakai untuk mengirim data serta mengakses internet lewat komputer,notebook serta handheld computer.Tapi dalam praktiknya tergantung pada beberapa faktor,meliputi konfigurasi dan alokasi time slot di level BTS (Base Transceiver Station) dan perangkat lunak, dukungan fitur serta aplikasi smartphone yang digunakan.

Kelebihan GPRS

  • Jika GSM standar hanya mencapai 6-10 pesan/menit,kecepatan SMS dengan jaringan GPRS lebih baik,yakni 30 pesan/menit.
  • Support terhadap IPv4 atau alamat Internet Protocol versi ke 4.Awal muncul IPv6 belum banyakdiketahui,sehingga tidak didukung oleh GPRS.
  • Mendukung protokol Point-to-Point Protocol (PPP) yang digunakan untuk menambah fungsi ponsel sebagai modem.
  • User dapat memakai jaringan GPRS untuk mengakses rangkaian LAN (Local Area Network) yang tersambung dengan internet.
  • Kecepatan transfer data melebihi dial up biasa,yakni hingga 171,2 kbps.
  • Dapat digunakan untuk mengakses e-mail.
  • Dipakai untuk mengunggah dan mengunduh file,seperti musik,gambar,dokumen terenkripsi serta banyak lagi.Namun,waktu yang dibutuhkan relatif lama,tergantung ukuran file dan keadaan jaringan.
  • Jangkauan jaringan GPRS cukup luas.Di Indonesia,sebagian besar operator masih menggunakan jaringan tersebut untuk lokasi-lokasi yang jauh dari pusat kota.
  • Tarif GPRS biasanya lebih murah daripada jaringan lainnya.

Kekurangan GPRS

  • Rata-rata device menyediakan jaringan GPRS tidak memiliki fitur canggih.
  • Kecepatan maksimal GPRS lebih rendah dari yang dijanjikan.
  • Modulasi GPRS tidak stabil.
  • Koneksi jaringan tersebut kadang dapat terputus dengan sendirinya.
  • User experience yang diberikan kurang baik jika pengguna ingin mengakses internet dengan cepat,stabil serta murah.
  • Tidak mendukung layanan video call (VC).
  • Tidak sesuai untuk streaming video/bermain game online karena network latency yang besar dan kecepatan terbatas.
  • Kecepatan transfer termasuk paling rendah di antara jaringan lainnya,seperti 3G,HSDPA dan 4G.
  • Tidak mendukung VoLTE (voice over LTE) yang mempunyai kualitas suara jernih ketika digunakan untuk melakukan panggilan melalui jaringan LTE.

Cara Dalam Pemasangan GPRS

Cara setting GPRS terdapat di masing-masing operator.Setting GPRS di handphone dapat dilakukan dengan otomatis dan manual.Setting GPRS secara otomatis dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS ke provider yang dimiliki,tarifnya bervariasi antar provider dan format pesan yang dikirimkan juga berbeda tergantung dari setiap provider.Sementara,untuk setting GPRS secara manual handphone cukup mengikuti petunjuk setting default yang terdapat di handphone,tanpa perlu mengubah-ubahnya lagi.Jika ingin memakai Handphone untuk koneksi Internet dari PC, kalian hanya perlu untuk mensetting GPRS saja,tidak perlu set WAP ataupun MMS.Tiga hal yang harus diketahui adalah access point name, username dan password.Selanjutnya,untuk menggunakan GPRS di komputer,dapat menyambungkan handphone yang telah tersetting GPRS itu dengan komputer yang sudah tersetting.Cukup memasukkan angka dialling,misalnya 08076570 dan klik tombol dial,maka permintaan kalian akan segara disambungkan.Saat ini,GPRS di Indonesia kalah bersaing dengan teknologi 2,75G,3G,3,5G, dan 4G yang merupakan pengembangan lanjutan dari GPRS.

Cara Kerja GPRS

SGSN bertugas :

  1. Mengirim paket ke Mobile Station (MS) dalam satu area.
  2. Mengirim sejumlah pertanyaan ke HLR untuk memperoleh profile data pelanggan GPRS (management mobility).
  3. Mendeteksi MS-GPRS yang baru dalam suatu area servis yang menjadi tanggung jawabnya (location management).
  4. SGSN dihubungkan ke BSS pada GSM dengan koneksi frame relay melalui PCU (Packet Control Unit) di dalam BSC.

GGSN bertugas :

  1. Sebagai interface ke jaringan IP external seperti : public internet atau mobile service provider.
  2. Memutakhirkan informasi routing dari PDU ( Protokol Data Units ) ke SGSN.

GPRS menggunakan sistem komunikasi packet switch sebagai cara mentransmisikan data.Packet switch merupakan sebuah sistem di mana data yang ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket) lalu ditransmisi dan diubah kembali menjadi data semula.Sistem ini mentransmisikan ribuan bahkan jutaan paket per detik.Transmisi dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP seperti 08073454xxx.Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya akses GPRS,secara teori,lebih murah daripada biaya akses CSD.GPRS didesain guna menyediakan layanan transfer paket data pada jaringan GSM dengan kecepatan lebih baik dari GSM.Kecepatan yang lebih baik ini didapat dengan menggunakan coding scheme (CS) yang berbeda dari GSM.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago