HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Screaming Frog Dan Cara Menemukan Tautan Rusak Menggunakan Screaming Frog Spider SEO

Artikel kali ini kita akan membuat materi tentang screaming frog.Lalu apa si yang dimaksud dengan Screaming frog?Buat kalian yang belum tahu apa itu Screaming Frog ,mari langsung saja kita bahas bersama.

Pengertian Screaming Frog

Ini merupakan sebuah aplikasi desktop yang kecil yang mana kalian dapat menginstal secara lokal di komputer PC, Mac, atau Linux.Screaming frog menjelajahi link, gambar, CSS,dan lain-lain situs web dari sudut pandang SEO. Yang pada dasarnya memberitahu kalian apa yang akan search spider lihat ketika dia menjelajahi situs web.Perangkat lunak Screaming Frog SEO Spider terkemuka di industri ,dipercaya oleh ribuan SEO dan agensi SEO di seluruh dunia untuk audit teknis SEO.Mengunduh gratis atau beli lisensi untuk fitur tambahan.Informasi ini juga memungkinkan kalian untuk dengan cepat menganalisa,audit dan meninjau situs dari perspektif SEO onsite.Hal ini dapat menghemat banyak  pekerjaan, karena secara manual menganalisis setiap halaman website besar bisa sangat menantang.

Sejarah singkat Screaming Frog

Pada tahun 1998,Graeme mendirikan salah satu agensi pemasaran penelusuran asli Inggris Raya dan mempekerjakan Jason sebagai anggota pertama tim. Perusahaan ini berkembang pesat, bekerja dengan beberapa merek terbesar di Inggris dan di seluruh dunia.Dan bergabung dengan tim pada tahun 2005 dan setelah banyak sukses, agensi tersebut akhirnya dijual ke grup pemasaran pan Eropa.

Tahun 2010 Dan Sharp,melanjutkan mencari tantangan baru yang menarik dan mulai bekerja penuh waktu sebagai konsultan SEO, dengan nama Screaming Frog. Nama Screaming Frog terinspirasi dari seekor katak yang berdiri sendiri setelah dipojokkan oleh dua ekor kucing di taman belakang Dan Sharp.Masih ditahun yang sama 2010: Pengembangan Spider SEO, dimulai dengan alat perayapan canggih yang dijuluki ‘Spider SEO’. Alat itu sendiri dirancang untuk digunakan oleh SEO berpengalaman untuk membantu mengumpulkan data, mengidentifikasi masalah teknis, dan memberikan dasar untuk rekomendasi SEO di tempat.Tahun 2010 Screaming Frog Didirikan,Graeme, Jason, dan Dan Sharp membuat keputusan untuk bekerja sama lagi. Lalu Matt Hopson bergabung sebagai anggota asli tim. Integritas, pengalaman, dan pengetahuan Matt adalah dasar penting untuk membantu membentuk budaya perusahaan di masa depan.Tim pindah ke kantor pertamanya, di pusat Henley-on-Thames, dengan ruang yang cukup untuk banyak ekspansi dan cukup dekat untuk berjalan ke pub.

Tahun 2011,tim ini bertambah menjadi sekitar 8, seiring dengan kedatangan klien baru yang luar biasa.Tren yang terus berlanjut sepanjang tahun,lalu versi Mac Spider SEO dirilis, yang secara signifikan meningkatkan basis pelanggan.

Tahun 2012,Screaming frog dinominasikan untuk UK Search Award untuk perangkat lunak SEO terbaik.Tak lama setelah itu,Screaming frog Spider SEO berusia satu tahun (setidaknya versi publik),Dengan 8 pembaruan baru dirilis, semuanya dengan berbagai fitur baru.

Tahun 2014,Screaming frog dengan lebih dari 20 anggota tim. Semuanya tanpa satupun salesman.Screaming Frog juga memenangkan UK Search Award karena membantu menginspirasi dan merevolusi industri pencarian Inggris.

Tahun 2015,Screaming Frog terus tumbuh secara organik, Pindah ke kantor baru di Henley-on-Thames dan sekarang hanya dengan kurang dari 30 anggota tim. The Screaming Frog SEO Spider juga masuk dalam 5 alat SEO berbayar teratas dalam survei industri terbesar yang dilakukan oleh Moz, setelah setahun pengembangan dan rilis yang signifikan.

Tahun 2016,Screaming Frog Log File Analyzer baru yang inovatif diluncurkan untuk membantu SEO dengan cepat mendapatkan wawasan tentang perilaku bot penelusuran. Alat ini dengan cepat menjadi favorit SEO untuk membantu proses menganalisis file log.

Tahun 2017,Tim berkembang menjadi hampir 40 orang,Tim SEO dinominasikan untuk kampanye pemasaran konten terbaik di UK Search Awards, sementara dua pembaruan dari Log File Analyzer dan empat dari SEO Spider dirilis.

Tahun 2018,Mesin penyimpanan hybrid yang inovatif diluncurkan di SEO Spider, memungkinkan pengguna menyimpan data ke disk dan merayapi pada skala yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya untuk aplikasi desktop apa pun.

Tahun 2019,Tim Screaming Frog SEO meraih penghargaan ganda di UK Search Awards untuk kampanye Penggunaan Terbaik SEO Keuangan dan SEO Anggaran Rendah Terbaik.Ada dua pembaruan besar pada Spider SEO,termasuk tiga kali lipat validator data terstruktur pertama di dunia.

Screaming Frog memiliki banyak rencana untuk masa depan, bekerja dengan klien hebat dan melanjutkan pengembangan perangkat lunak.Jika kalian ingin bekerja dengan mereka, hubungi mereka.

Fitur Screaming Frog

  • Temukan Tautan Rusak, Kesalahan & Pengalihan
  • Analisis Judul Halaman & Data Meta
  • Tinjau Robot & Direktif Meta
  • Atribut hreflang audit
  • Temukan Halaman Duplikat yang Tepat
  • Hasilkan Peta Situs XML
  • Visualisasi Situs
  • Batas Perayapan
  • Penjadwalan
  • Konfigurasi Perayapan
  • Simpan Perayapan & Unggah Ulang
  • Rendering JavaScript
  • Dekat Duplikat Konten
  • Robots.txt khusus
  • Perayapan & Validasi AMP
  • Data & Validasi Terstruktur
  • Pemeriksaan Ejaan & Tata Bahasa
  • Pencarian Kode Sumber Kustom
  • Ekstraksi Kustom
  • Integrasi Google Analytics
  • Integrasi Search Console
  • Integrasi PageSpeed ​​Insights
  • Integrasi Metrik Tautan
  • Otentikasi Berbasis Formulir
  • Simpan & Lihat HTML Mentah & Render
  • Dukungan Teknis Gratis

Untuk versi gratis hanya sampai pada batas perayapan yang dibatas 500 URL ,sedangkan yang berbayar semua fitur mendukung penuh,dan batas penawarannya tidak terbatas.

Untuk harga yang berbayar £ 149.00 Per Tahun, Setelah itu kalian akan diminta untuk memperbarui lisensi kalian.

Bagaimana Cara Unduh Screaming Frog

Cara mendownload Screaming Frog SEO Spider ,jadi mulai dengan men-download berikut alamatnya: http://www.screamingfrog.co.uk/seo-spider/.

Tersedia untuk Windows,Mac,Ubuntu dan  hal ini benar-benar gratis, meskipun terbatas untuk menjelajahi 500 URI di bawah lisensi gratis. Membeli lisensi akan memungkinkan URI lebih yang dapat dijelajahi (berguna jika kalian sedang berhadapan dengan situs besar), serta memberi kalian beberapa fitur lagi.

Cara Memeriksa Tautan Rusak Menggunakan Screaming Frog Spider SEO

Berikut ini adalah tutorial yang sangat cepat dan mudah tentang cara menggunakan alat ini sebagai pemeriksa tautan rusak.Pertama-tama,kalian harus mengunduh Screaming Frog SEO Spider yang gratis untuk merayapi hingga 500 URL.Kalian tinggal masuk saja ke halaman screaming frog,yang sudah tertera di bagian cara unduh screaming frog diatas.

Kalian dapat merayapi lebih dari 500 URL dengan versi yang berbayar.Langkah selanjutnya untuk menemukan tautan rusak dalam situs web kalian dapat melihat tutorial di bawah ini :

Merayapi situs web

  • Buka Spider SEO, ketik atau salin di situs web yang ingin kalian rayapi di kotak ‘Enter URL to spider’ dan tekan ‘Mulai’.

Klik tab ‘Kode Respons’ & Filter ‘Kesalahan Klien (4XX)’ Untuk Melihat Tautan yang Rusak

  • Kalian bisa menunggu hingga perayapan selesai dan mencapai 100%, atau dapat melihat 404 tautan rusak saat merayapi dengan menavigasi ke tab ‘Kode Respons’ dan menggunakan filter untuk ‘Kesalahan Klien 4XX’.Ada 2 cara untuk melakukan ini,cukup dengan mengklik ‘tab’ di bagian atas dan menggunakan filter drop-down.

  • Sebagai alternatif,dapat menggunakan panel ikhtisar perayapan jendela kanan dan cukup klik langsung pada tampilan pohon ‘Kesalahan Klien (4xx)’ di bawah folder ‘Kode Respons’. Keduanya menunjukkan hasil yang sama, apa pun cara kalian menavigasi.

  • Panel ikhtisar perayapan ini diperbarui saat merayapi, sehingga kalian dapat melihat sekilas jumlah tautan kesalahan klien 4XX yang kalian miliki. Pada contoh di atas, ada 9 kesalahan klien yaitu 0,18% dari tautan yang ditemukan dalam perayapan.

 Lihat Sumber Tautan Rusak Dengan Mengklik Tab ‘Inlinks’

  • Tentunya kalian ingin mengetahui sumber dari tautan rusak yang ditemukan (URL mana di situs web yang memiliki tautan ke tautan rusak ini), sehingga dapat diperbaiki. Untuk melakukan ini, cukup klik URL di panel jendela atas dan kemudian klik tab ‘Inlinks’ di bagian bawah untuk mengisi panel jendela bawah.

  • Kalian dapat mengklik di atas untuk melihat gambar yang lebih besar. Seperti yang kalian lihat dalam contoh ini, ada tautan rusak ke situs web BrightonSEO (https://www.brightonseo.com/people/oliver-brett/), yang ditautkan dari halaman ini – https: // www. screamingfrog.co.uk/2018-a-year-in-review/.

Berikut tampilan lebih dekat dari panel jendela bawah yang merinci data ‘inlinks’.

‘Dari’ adalah sumber di mana 404 tautan yang rusak dapat ditemukan, sedangkan ‘Ke’ adalah tautan yang rusak.Kalian juga dapat melihat teks tautan,teks alt (jika itu adalah gambar yang memiliki hyperlink) dan apakah tautan tersebut diikuti (benar) atau nofollow (salah).

Sepertinya satu-satunya tautan rusak di situs web ini adalah tautan eksternal (situs yang kami tautkan),tetapi jelas screaming frog SEO Spider akan menemukan tautan rusak internal jika kalian memilikinya.

Gunakan ‘Ekspor Massal> Kode Respons> Ekspor Inlink Kesalahan Klien (4XX)’

Jika kalian lebih suka melihat data dalam spreadsheet,kalian dapat mengekspor URL ‘sumber’ dan ‘tautan rusak’ dengan menggunakan opsi ‘Ekspor Massal’, ‘Kode Respons’, dan ‘Tautan Kesalahan Klien (4XX)’ di bagian atas menu level.

Ini harus mencakup sebagian besar kasus untuk menemukan tautan rusak di situs web.Namun, URL ‘sumber’ adalah halaman terakhir yang ditautkan ke halaman kesalahan 404. Jadi mungkin ada kalanya ‘sumber’ adalah pengalihan (dan mungkin dalam rangkaian pengalihan).Kalian dapat melihat apakah ‘source’ adalah redirect karena kolom ‘Type’ akan mengatakan ‘HTTP Redirect’ misalnya : Untuk segera menemukan halaman sumber asli dari kesalahan ini,kita merekomendasikan penggunaan ekspor ‘ semua pengalihan’ di bawah ‘Laporan> Pengalihan>Semua Pengalihan’. Buka laporan dan filter kolom ‘kode status akhir’ menjadi ‘404’. ‘Sumber’ adalah halaman sumber asli, ‘alamat’ adalah sumber terakhir, dan ‘alamat akhir’ adalah URL 404.

Merayapi Daftar URL Untuk Tautan Rusak

Terakhir, jika kalian memiliki daftar URL yang ingin kalian periksa untuk tautan rusak alih-alih merayapi situs web,kalian dapat mengunggahnya dalam mode daftar.Untuk beralih ke mode ‘daftar’, cukup klik ‘mode> daftar’ di navigasi tingkat atas dan kalian kemudian dapat memilih untuk menempelkan URL atau mengunggah melalui file.

Nah itulah panduan untuk membantu menggambarkan cara menggunakan alat screaming frog SEO Spider untuk memeriksa tautan yang rusaksecara efisien.

Sekian artikel kali ini semoga bisa membantu menambah info untuk kalian semua.

3/5 - (2 votes)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago