HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Sistem Informasi Eksekutif Serta Komponennya

Banyak produk perangkat lunak yang dikembangkan untuk membantu pengambilan keputusan terutama dalam pertimbangan yang besar agar tepat sasaran,salah satunya yakni Sistem Informasi Eksekutif.

Sistem Informasi Eksekutif merupakan produk pengembangan dari sistem informasi yang ditujukan untuk berbagai macam kebutuhan mulai dari manajemen,teknis hingga pengelolaan secara sistematis.

Pada artikel kali ini,kita akan membahas mengenai sistem informasi eksekutif secara lengkap mulai dari pengertian komponen serta kelebihan kekurangannya.

Pengertian Sistem Informasi Eksekutif

Sistem Informasi Eksekutif (SIE) dalam bahasa Inggris disebut dengan Executive Information System (EIS) yakni salah satu produk dari sistem informasi manajemen yang memiliki fungsi dan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam mempertimbangkan dan membuat keputusan yang nantinya digunakan oleh pihak eksekutif.

Ssistem informasi eksekutif juga menyajikan berbagai macam kemudahan untuk mengakses informasi baik yang masih dalam lingkup perusahaan maupun eksternal yang berhubungan dengan tujuan hingga objektif sebuah perusahaan.Dalam proses mempertimbangkan keputusan,biasanya dilakukan dalam berbagai macam bentuk representatif yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan.

Pengertian Sistem Informasi Eksekutif Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pengertian Sistem Informasi Eksekutif menurut para ahli :

  • Menurut Mc Leod

Sistem informasi eksekutif merupakan salah satu sistem informasi yang khusus ditujukan untuk berbagai kepentingan eksekutif saja.Informasi yang ada di dalamnya merupakan informasi yang menyajikan tentang berbagai kinerja perusahaan dan harus dibuat rinci dan selengkap mungkin pada masing-masing tingkatan yang tersedia.

  • Menurut Turban dan Aronson

Sistem Informasi Eksekutif merupakan suatu perangkat lunak,software maupun aplikasi yang ada pada komputer yang di dalamnya tersaji informasi penting untuk berbagai macam kebutuhan terutama bagi golongan eksekutif.

Karena itu,sistem informasi sendiri harus dapat diakses dengan mudah dan cepat agar siapapun yang membutuhkan dapat mendapatkannya dengan cepat.Terutama untuk mengakses berbagai macam data manajemen yang ada.

  • Menurut O’Brien

Sistem informasi eksekutif pada dasarnya hanya gabungan dari beberapa sistem informasi baik manajemen maupun keuangan yang memiliki tujuan khusus yakni memberikan kemudahan bagi para pemimpin eksekutif untuk melakukan akses terhadap seluruh informasi yang sedang dibutuhkan dengan cepat.

Dengan begitu,para pihak tersebut dapat memberikan kesimpulan atas persoalan yang sedang diselesaikan berkaitan dengan perusahaan dengan menggunakan informasi tersebut.Karenanya,keputusan dapat diambil dengan cepat dan tepat berdasarkan informasi valid yang diterima itu.

Sejarah Sistem Informasi Eksekutif

Sistem Informasi Eksekutif merupakan sebuah program dasar yang berjalan di dalam sebuah kerangka utama komputer.Tujuan dibuatnya sistem informasi ekseutif ini yakni untuk menggabungkan/memaketkan data dan informasi dari perusahaan yang nantinya akan disediakan dalam bentuk data statistik berdasarkan dari riset pasar yang berfungsi untuk menghasilkan keputusan yang tepat dalam waktu yang cepat.

Umumnya,sistem informasi eksekutif biasanya hanya fokus memberikan maupun menyediakan sebuah data informasi yang dapat mendukung tingkat pengambilan keputusan oleh pihak eksekutif.Kemudian data tersebut diinput ke sebuah sistem untuk diotentikasi supaya disaring dan menghasilkan informasi perusahaan yang valid.

Komponen Sistem Informasi Eksekutif

Pada dasarnya,ada 4 komponen utama penyusun sistem informasi eksekutif antara lain perangkat keras,perangkat lunak,antarmuka pengguana, dan telekomunikasi.Berikut 4 komponen SIE :

  • Perangkat Keras / Hardware

Di dalam perangkat keras itu sendiri terdapat 4 komponen penyusun yang diperlukan antara lain perangkat untuk input dan output,unit untuk memproses secara sentral dan penyimpanan data.

Tidak hanya itu,perangkat keras ini biasanya didukung oleh Local Area Network secara penuh terutama pada sebagian produk sistem informasi eksekutif yang ada pada jaringan workstation yang ada.

  • Perangkat Lunak / Software

Selain perangka keras,perangkat lunak juga tersusun atas empat komponen utama antara lain teks,basis data,grafis visual maupun basis model yang berasal dari sistem informasi eksekutif itu sendiri.Artinya,perangkat lunak ini memiliki peran penting dalam melakukan integrasi data di dalam sebuah sistem.

  • Antarmuka Pengguna / User Interface

Antarmuka pengguna memiliki tugas penting dalam sistem informasi eksekutif ini terutama dalam mendapatkan data yang bersifat relevan yang nantinya dapat digunakan untuk memperoleh keputusan yang efektif.Karena itu,biasanya komponen ini menjadi inti bagi para pengembang untuk tahap pengembangan sebuah perangkat lunak.

  • Telekomunikasi

Komponen ini memiliki tugas untuk mengatur dan mengelola sistem informasi yang berbasis jaringan dalam menciptakan sebuah struktur jaringan yang kuat dan bisa diandalkan.

Karakteristik Sistem Informasi Eksekutif

Sistem Informasi Eksekutif memiliki 8 karakteristik yang khas dan menjadi pembeda dari sistem informasi yang lainnya.Setiap karakteristik sistem informasi eksekutif memiliki keunikannya masing-masing yakni :

  • Drill Down

Drill down merupakan gabungan dari beberapa poin yang mana pada masing-masing poinnya menyajikan penjelasan yang sangat detail mengenai deskripsi dengan sangat lengkap.

  • Faktor Pendukung Keberhasilan

Berbagai macam bentuk informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan secara khusus dengan tujuan untuk tercapainya segala tujuan,visi dan misi dari sebuah perusahaan.

Pertimbangan yang ada di dalamnya mulai dari pertimbangan strategi operasional yang ada di dalam perusahaan yang mencakup berbagai aspek seperti lingkungan,industri maupun organisasi.

  • Akses Status

Akses status merupakan segala jenis informasi yang ada harus dapat diakses dengan mudah serta harus ada notifikasi secara khusus.Karena itu, pihak pimpinan eksekutif akan dapat bekerja dengan optimal karena SIE ini baik dalam internal perusahaan maupun lingkungan eksternal sekalipun.

  • Analisa Personal

Sebuah sistem informasi diwajibkan untk dapat melakukan analisa terhadap berbagai macam faktor khususnya yang memiliki hubungan dengan kreativitas.Dengan begitu,para pemimpin eksekutif diharuskan mengerti dan menentukan mana prioritas kebutuhan yang memiliki kaitan erat dengan mengelola basis data maupun aplikasi pemrograman yang lain yang hendak dikembangkan menjadi berbagai macam bentuk produk perangkat lunak.

  • Komunikasi

Seluruh anggota tim yang berasal dari berbagai macam divisi,mulai dari divisi manajemen,operasional hingga teknis sekalipus harus dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan baik terutama dengan pemimpin eksekutif.

Adanya komunikasi,diharapkan lingkungan kerja yang terbentuk menjadi lebih kondusif.Dengan begitu,akan berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas kerja terutama bagi departemen manajemen yang ada di perusahaan itu sendiri.

  • Navigasi Informasi

Dalam navigasi informasi yang dimaksud di sini adalah suatu sistem informasi harus dapat melakukan pengelolaan serta akses terhadap berbagai macam data mulai dari data yang ukurannya kecil hingga yang besar sekalipun.

  • Penggunaan Variasi Media

Memiliki peran yang tidak kalah penting yakni memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk melakukan akses sistem informasi eksekutif.Selain itu,karakteristik yang satu ini dapat membantu memudahkan akses kontrol para pengguna dengan tersedianya tampilan yang lebih dinamis dan bersifat interaktif.

  • Laporan Pengecualian

Laporan pengecualian menjadi karakteristik yang terakhir dari sistem informasi eksekutif.Hal ini berhubungan dengan konsep manajemen standar penyimpanan.Hal ini dapat diasumsikan berdasarkan pada faktor perbandingan maupun komparasi di antara kondisi nyata yang terjadi di lapangan dengan target kinerja yang diinginkan.

Nantinya,memudahkan para pemimpin eksekutif dalam memilih atau menentukan pilihan performa yang paling baik untuk melakukan pengembangan bisnis di masa depan.

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Informasi Eksekutif

Berikut beberapa kelebihan dari sistem informasi eksekutif antara lain :

  • Informasi yang didapatkan dalam penerapan SIE ini akan lebih mudah dipahami oleh semua pihak yang terkait.
  • Dengan sistem informasi eksekutif,informasi akan menjadi mudah diketahui pada sistem pelacakan.
  • Sistem informasi eksekutif menyajikan pengiriman informai yang tepat waktu.Karena itu,seluruh tim manajemen yang terkait dapat mengambil keputusan dengan tepat.

Berikut beberapa kekurangan sistem informasi eksekutif antara lain :

  • Biaya operasional yang cukup tinggi.
  • Sistem informasi eksekutif sangat bergantung oleh adanya dukungan dari sistem.
  • Informasi yang didapat berlebihan terutama bagi sebagian pemimpin eksekutif.
  • Sistem yang lambat karena penambahan fitur yang cukup kompleks sehingga menyebabkan perangkat lunak sulit untuk dikelola.

Jadi,Sistem informasi eksekutif merupakan salah satu sistem yang memiliki peran penting dalam berbagai macam kegiatan dan aktivitas manusia agar menjadi lebih fleksibel serta membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat oleh eksekutif.Komponen utama penyusun sistem informasi esksekutif antara lain : hardware,software,user interface dan telekomunikasi.Sistem informasi eksekutifmemiliki peran penting dalam banyak bidang antara lain manufaktur dan pemasaran.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

7 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

9 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago