HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Pengertian, Tujuan, dan Jenis Promosi

Promosi adalah suatu kegiatan wajib yang dilakukan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk agar lebih dikenal oleh banyak orang. Maka dari itu, promosi adalah hal yang sangat vital dalam melakukan pemasaran produk dalam berbisnis. Sayangnya, banyak orang yang belum paham mengenai pengertian promosi hingga jenis-jenis promosi yang bisa dipilih.

Pengertian Promosi

Promosi adalah salah satu aktivitas pemasaran yang dilaksanakan untuk penyebaran informasi dan juga mempengaruhi banyak orang untuk menggunakan atau membeli sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Bisa dibilang bahwa promosi adalah kegiatan untuk memasarkan dan mengenalkan produk kepada banyak orang sebagai sasarannya.

Promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan konten di media cetak, baliho, selebaran, konten video, konten audio, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, kegiatan promosi semakin berkembang dengan menggandeng artis dan influencer untuk menjadi talent bahkan dijadikan sebagai brand ambassador.

Selain itu juga bisa memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi seperti Instagram, YouTube, dan Facebook. Kegiatan ini biasa dikenal dengan sosial media marketing. Jenis marketing ini cukup efektif dan tidak mengeluarkan banyak dana jika dibandingkan dengan promosi yang lain. Selain menggunakan sosial media juga bisa memanfaatkan website dan blog. Promosi ini biasanya disebut dengan digital marketing karena beberapa alasan seperti :

  • Banyaknya pengguna internet, bahkan di Indonesia pengguna internet aktif hingga di angka 204.7 juta pengguna.
  • Mudah dalam menjangkau audience yang lebih luas dan menentukan target pasar yang akan dituju.
  • Lebih mudah untuk melakukan komunikasi dan juga interaksi dengan audience.
  • Dapat menentukan waktu dan durasi panjangnya promosi.

Semua bisnis bisa memanfaatkan promosi dalam memperkenalkan produknya. Baik dari penjual online, UMKM, hingga raksasa bisnis sekalipun.

Tujuan Promosi

Dari pengertian promosi di atas, sudah bisa disimpulkan bersama bahwa tujuan promosi adalah memikat calon konsumen menggunakan produk yang ditawarkan dengan memunculkan kesadaran secara alami mengenai kebutuhan mereka yang bisa diselesaikan dengan produk yang ditawarkan.

  • Meningkatkan angka penjualan

Untuk meningkatkan angka penjualan. Hal itu bisa terjadi karena dengan promosi akan memperkenalkan dan menawarkan sejumlah kelebihan yang dimiliki produk. Selain itu  juga bisa menawarkan solusi dari permasalahan calon pelanggan dengan inovasi dari produk yang ditawarkan. Dengan begitu, calon pelanggan akan merasa tertarik dan mendapatkan hasil yang maksimal di dalam penjualan.

  • Membentuk identitas suatu produk

Membentuk identitas dari suatu produk atau branding menjadi tujuan promosi berikutnya. Artinya, promosi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk membentuk sebuah identitas, kesan, atau citra dari produk yang ditawarkan. Untuk melakukan branding ini harus menciptakan promosi yang menarik dan lain daripada yang lain agar pelanggan mendapatkan kesan yang berbeda.

  • Meningkatkan loyalitas dari konsumen

Dalam dunia bisnis, persaingan kompetitor semakin ketat dan berusaha untuk mengambil pelanggan. Maka dari itu harus melakukan penawaran menarik agar pelanggan tetap setia menggunakan produk. Lakukan promosi secara rutin agar pelanggan mengetahui setiap penawaran yang diberikan.

  • Memperketat persaingan dengan kompetitor

Persaingan dengan kompetitor merupakan hal yang wajar dalam bisnis. Untuk itu harus pandai-pandai dalam memilih solusi dan cara yang tepat agar produk tetap terjual di pasaran dan menghasilkan penghasilan yang stabil. Maka dari itu, promosi adalah solusi untuk memperketat persaingan di dalam bisnis. Promosi yang dilakukan terus menerus dan rutin maka pelanggan dan calon pelanggan akan tertarik kepada tawaran.

Fungsi Promosi

Promosi adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk membangun dan memperkuat bisnis. Agar promosi bisa berjalan secara optimal maka semua pelaku bisnis harus paham apa fungsi dari promosi. Ada beberapa fungsi dari promosi yang dapat membantu pelaku bisnis untuk mengepakkan sayapnya lebih besar lagi.

  • Mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada semua orang yang menjadi target pasarnya.
  • Menggandeng calon pelanggan potensial.
  • Mempermudah proses bisnis yang lain seperti penjualan dan pemasaran produk.
  • Membangun brand awareness dari sebuah produk.
  • Menjalin hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Jenis-Jenis Promosi

Promosi merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan popularitas produk atau jasa yang ditawarkan. Masing-masing jenis promosi memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan dalam menentukan strategi promosi yang tepat.

1. Promosi tradisional

Jenis promosi tradisional adalah promosi yang sudah dilakukan dari zaman dahulu hingga saat ini tetap dilakukan. Cara promosi ini yaitu dengan menyebarkan brosur, pamflet, menempelkan stiker, papan reklame, memanfaatkan media cetak seperti koran dan majalah, serta memanfaatkan media digital seperti radio dan televisi. Jenis promosi ini memang sangat efektif dan dapat menjangkau pasar lebih luas. Namun kekurangannya yaitu membutuhkan dana yang cukup besar, apalagi jika ingin melakukan promosi melalui televisi dan papan reklame.

2. Promosi digital

Era yang serba digital saat ini membuat semua orang menggunakan media sosial dalam segala kegiatan. Tidak heran lagi bahwa banyak pelaku bisnis saat ini memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi. Baik melalui Instagram, YouTube, Twitter, Facebook, dan Twitter. Promosi digital ini bisa dipilih untuk mempromosikan produk dengan target pasar yang spesifik namun tetap dengan jangkauan yang tetap luas. Dengan memanfaatkan jenis promosi ini tidak memerlukan biaya yang besar, bahkan bisa melakukannya secara gratis.

3. Promosi langsung

Promosi langsung atau direct marketing adalah kegiatan promosi yang dilakukan secara bertatapan muka dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan. Jenis promosi ini cukup efektif karena dapat membujuk dan mengajak calon pelanggan untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan. Namun, perlu diingat perlu membutuhkan biaya tambahan untuk sales yang nanti akan menawarkan produk melalui stand atau toko.

4. Endorsement

Endorsement mirip dengan digital marketing yaitu dengan memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk. Namun, yang menjadi pembeda yaitu jenis promosi ini menggandeng influencer atau artis untuk melakukan promosi produk melalui sosial media pribadinya. Kita tahu bahwa influencer dan artis memiliki jumlah followers yang tinggi, maka dari itu berpeluang untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat yang lebih luas. Biaya untuk endorsement biasanya tergantung oleh berapa followers dari influencer dan bisanya juga sudah ditentukan price list nya.

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

55 mins ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago