HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Ukuran, hingga Cara Membuat Instastory

Selain feed dan Reels, Instastory adalah salah satu fitur Instagram yang juga sangat digemari oleh penggunanya. Tidak hanya untuk upload foto atau video saja, Instastory juga menjadi wadah bagi para pengguna untuk berkreasi.

Dengan beragam fitur menarik yang bisa digunakan, tentu sangat disayangkan jika Anda lewatkan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Hosteko akan mengulas tentang apa itu Instastory, mulai dari ukuran, cara membuat hingga cara download-nya. Simak yuk!

Apa Itu Instastory?

Seperti yang disinggung sebelumnya, Instastory adalah salah satu fitur yang ada di platform Instagram. Instastory adalah singkatan dari instagram story. Fitur yang hadir sejak 2016 lalu tersebut awalnya lebih dikenal dengan instagram stories.

Di awal kehadirannya, Instastory juga sering disebut sebagai snapgram. Hal ini karena Instastory dianggap meniru fitur yang ada di aplikasi Snapchat. Jadi sebenarnya, Snapgram atau Instastory merujuk pada fitur yang sama.

Setelah lebih dari lima tahun hadir, fitur Instastory semakin berevolusi dan menawarkan berbagai hal menarik bagi para penggunanya. Misalnya, durasi Instastory yang dulunya 15 detik kini sudah bisa dibuat hingga 60 detik. Tidak hanya itu, Anda kini juga bisa menyematkan link, musik, pertanyaan, dan lain sebagainya.

Instastory adalah fitur yang hanya tampil selama 24 jam saja. Namun, pihak Instagram sudah menyediakan fitur highlight, di mana Anda bisa menyimpan Instastory yang diunggah di profil akun Instagram. Keren, kan?

Tentunya masih banyak fitur Instastory lainnya yang bisa Anda eksplor lebih jauh lagi. Sebelum masuk dalam ulasan tersebut, Anda perlu mengetahui ukuran Instastory yang pas untuk diunggah.

Ukuran Instastory

Ukuran Instastory perlu Anda perhatikan guna menghindari tampilan yang terpotong atau rusaknya kualitas konten yang diunggah. Rekomendasi ukuran gambar di Instastory adalah 1080×1920 pixel, atau setara dengan rasio 9:16.

Format gambar yang bisa Anda unggah untuk Instastory adalah PNG dan JPG, dengan ukuran di bawah 30 MB.

Ukuran yang dibutuhkan untuk video Instastory adalah 1080×1920 pixel, sama dengan ukuran gambar. Pada video, Anda bisa menggunakan format MP4 atau MOV dengan ukuran di bawah 4 GB. Biasanya, jika video Anda tidak memenuhi ukuran yang diminta, tampilan video di Instastory akan terlihat kurang bagus.

Seperti yang sudah dijelaskan, rasio yang direkomendasikan untuk Instastory adalah 9:16. Jadi jika Anda ingin mengunggah konten lebih cepat, Anda bisa menggunakan resolusi di bawah 1080×1920 pixel. Misalnya, 720×1280 pixel atau 450×800 pixel.

Namun karena resolusinya dikurangi, tentu tampilan Instastory Anda tidak sebaik jika menggunakan ukuran idealnya.

Cara Membuat Instastory Aesthetic

Apakah Anda ingin Instastory menarik perhatian? Tentu konten yang diunggah tak boleh asal-asalan atau biasa saja. Jika biasanya Anda hanya mengunggah video random atau kalimat dengan background polos, maka Anda perlu mengupgrade konten tersebut!

Membuat konten aesthetic tidaklah sulit, karena Instastory adalah fitur dengan beragam tools yang akan membantu Anda. Mulai dari musik, polling, kuis, avatar, gif, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengkreasikan tools tersebut untuk menciptakan Instastory yang ciamik.

Bahkan, sekarang Anda tidak perlu membuatnya dari nol. Saat ini tersedia berbagai aplikasi hingga situs yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat Instastory yang aesthetic.

Berikut salah satu cara membuat Instastory aesthetic menggunakan Canva :

  • Kunjungi situs Canva atau download aplikasi Canva di HP.
  • Pilih template Instagram Story.
  • Pilih template yang sudah tersedia.
  • Klik bagian yang ingin Anda ganti dengan foto, misalnya bagian background lalu klik Replace.
  • Klik pada bagian teks jika Anda ingin mengubah atau menambahkan tulisan. Anda juga bisa mengatur jenis, warna, dan ukuran font.
  • Jika sudah selesai, klik tanda panah di bagian pojok kanan atas, dan Anda bisa langsung mengunggah di Instastory atau mengunduhnya terlebih dahulu.
  • Pada fitur Instastory, Anda bisa menambahkan tools lain untuk membuat konten Anda lebih aesthetic, misalnya menambahkan musik atau gif.
  • Instastory aesthetic pun siap diunggah.

Cara Download Instastory

Instastory adalah salah satu cara Anda untuk mengabadikan momen. Namun seperti yang diketahui, Instastory hanya tampil selama 24 jam usai diunggah. Bagi Anda yang ingin menyimpan momennya, ada banyak cara yang dilakukan.

Salah satu cara menyimpan Instastory adalah dengan screenshot unggahan tersebut. Namun, jika Instastory masih tersedia, Anda bisa klik titik tiga di kanan bawah » klik Save/Simpan.

Jika Instastory sudah tidak tersedia, maka Anda bisa mengakses bagian Profil, kemudian klik garis tiga di bagian kanan atas dan klik menu Archive untuk mencari Instastory yang dimaksud.

Lantas bagaimana jika Anda ingin menyimpan Instastory milik orang lain? Jangan khawatir, Anda tak perlu menggunakan aplikasi untuk bisa menyimpan momen tersebut. Beberapa cara download Instastory adalah sebagai berikut :

1. Instadp.io

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk download Instastory adalah melalui situs instadp.io. Menariknya, tidak hanya Instastory, Anda juga bisa download highlight, feed, hingga reels.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Instastory yang ingin Anda download.
  • Klik titik tiga di kanan atas, lalu copy link.
  • Buka situs instadp.io.
  • Pilih Instagram Stories Downloader.
  • Masukkan link yang telah Anda copy » klik GET.
  • Klik Download.

2. Snapinsta.app

Cara selanjutnya untuk download Instastory adalah melalui situs snapinsta.app. Sama seperti sebelumnya, situs ini juga bisa mengunduh reels, foto, IGTV, dan juga Instastory. Langkah-langkah untuk download Instastory adalah :

  • Buka Instastory yang ingin Anda download.
  • Klik titik tiga di kanan atas, lalu Copy Link.
  • Buka situs Snapinsta.app
  • Pilih Stories.
  • Masukkan link yang telah Anda copy » klik Download.
  • Pilih Instastory yang ingin Anda simpan dengan klik tombol Download.
Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

38 mins ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

5 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago