HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian,Cara Kerja dan Cara Menemukan Merchant Yang Tepat Di Internet

Pengertian Merchant

Merchant merupakan individu atau kelompok yang berperan sebagai penjual suatu barang atau jasa dengan suatu bentuk usaha tertentu,memiliki toko fisik (physical store) maupun toko online dan bekerja sama dengan bank dalam hal penyediaan layanan pembayaran melalui e-money dari bank bersangkutan.

Sedangkan e-money yakni salah satu bentuk digital money,dimana fungsinya adalah memindahkan data saldo uang yang dimiliki oleh e-money kalian ke komputer atau sistem informasi penjualan sehingga barang yang dibutuhkan dapat dibeli tanpa perlu mengeluarkan uang cash.

Dapat disimpulkan bahwa, sistem pembayaran dengan merchant merupakan sistem pembayaran non tunai atau cashless untuk suatu produk tertentu.Bahkan bisa ada diskon atau potongan tertentu.Contoh dalam program Indomaret Card.

Apa yang membedakan merchant dengan toko lain, atau bahkan supplier sekalipun?Yaitu terletak pada sistem pembayaran yang digunakan. Merchant adalah toko fisik maupun online, yang bekerja sama dengan bank, dalam hal penyediaan layanan pembayaran melalui e-money bank yang bersangkutan.

Contoh,program e-Toll yang merupakan program e-Money milik Bank Mandiri dalam hal pembayaran di jalan tol atau yang paling sering ditemukan sekarang ini yakni OVO,digital payment milik Lippo Group yang sudah menggandeng banyak merchant dari beragam jenis bisnis,mulai dari food & beverages,fashion and beauty,transportation hingga entertaintment.

Merchant dapat dibedakan menjadi 2 : merchant perorangan dan merchant berbadan hukum.

  • Merchant perorangan : jenis merchant yang dimiliki oleh perseorangan tanpa adanya tata cara sekaligus sistematika lain terkait pendirian usaha dengan badan hukum tertentu.
  • Merchant berbadan hukum : merchant yang didirikan berdasarkan tata cara dan sistematika pendirian usaha dengan badan hukum tertentu.

Cara Kerja Merchant

Mengetahui cara kerja suatu merchant bagi kalian yang tertarik untuk menjadi merchant di salah satu penyedia layanan pembayaran e-money tidak ada salahnya,berikut ini cara kerjanya :

  • Pendaftaran

Sebagai pemilik toko wajib mendaftarkan toko kalian terlebih dahulu pada penyedia layanan pembayaran e-money yang kalian pilih.Biasanya terdapat data-data diri yang diperlukan dan jangan lupa untuk melakukan pengisian data dengan benar.Data ini secara otomatis tersimpan di database perusahaan dan berfungsi sebagai ID pengenal dan toko kalian pun secara otomatis menjadi merchant.

  • Kepemilikan Data Virtual Office

Kalian sebagai merchant telah memiliki data virtual office yang berfungsi sebagai media dalam menerima transaksi diskon virtual dan mata uang virtual.Diskon sekaligus mata uang virtual ini didapatkan dari customer yang melakukan pembelian di toko milik merchant.

Dengan adanya sistem pembayaran cashless,tentunya akan memudahkan pembeli untuk melakukan pembelian produk tertentu.Pembeli tidak perlu repot membawa uang untuk membeli suatu barang.Apabila pembeli sudah menjadi mitra dari suatu merchant,pembeli bisa langsung melakukan scan kode mitra-nya untuk memudahkan segala transaksi.

  • Pengiriman Produk

Setelah proses scan barcode merchant dilakukan,maka pihak merchant akan langsung mengirimkan produk yang telah disepakati.Pembeli hanya perlu menunggu beberapa saat untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Tentunya sistem merchant adalah salah satu bentuk kemudahan yang harus siapapun miliki saat ini.Mulai dari kemudahan transaksi non-tunai,seperti yang ditunjukkan dalam program GazCard dan e-Toll hingga diskon dan potongan harga.Oleh karena manfaatnya yang sangat berharga,tidak mengherankan bila merchant acquisition banyak dicari.Merchant acquisition merupakan profesi yang berhubungan dengan pencarian kesempatan pengembangan bisnis sekaligus untuk mendapatkan brand atau merchant yang menjadi kunci keberhasilan untuk berpartner dengan suatu penyedia layanan e-money ataupun toko.

Suatu brand atau merchant menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan berjalannya kerja sama oleh ke dua belah pihak, yaitu pihak brand atau merchant dan penyedia layanan e-money,tentunya cara menemukan merchant yang tepat sangat dibutuhkan.

Cara Menemukan Merchant Yang Tepat Di Internet

Seorang merchant umumnya akan bergabung dengan Affiliate Network yang sesuai dengan jenis produknya.Contoh : apabila seorang merchant bergerak di bidang produksi produk informasi,seperti software, e-book, mp3 dan lainnya,maka biasanya mereka akan bergabung dengan Affiliate Network khusus produk informasi.

Begitu juga jika seorang merchant memiliki produk fisik,seperti buku,alat-alat keperluan rumah tangga,maka mereka akan bergabung dengan Affiliate Network khusus produk fisik,seperti Amazon. com, e-Bay dan lainnya.Ada beberapa cara yang dapat kalian coba demi mendapatkan merchant andalan,seperti :

  • Bergabung Dengan Affiliate Network

Affiliate Network adalah jaringan penghubung antara affiliate,yaitu yang mempromosikan produk, dengan program affiliasi merchant alias pemilik produk.Tentu jaringan ini memudahkan para pemilik website menemukan program affiliate yang sesuai dengan website mereka.

Apabila kalian memutuskan menggunakan cara ini,kalian harus mendaftarkan diri ke Affiliate Network,seperti : Google Affiliate Network,Commission Junction dan Affiliate Network seperti ClickBank yang merupakan Affiliate Network terbesar dan terpopuler.

  • Melalui Search Engine

Banyak juga affiliate merchant yang tidak bergabung dengan Affiliate Network,hal ini bisa saja dikarenakan oleh beberapa faktor,seperti biaya komisi mahal atau keinginan untuk mengontrol penjualan sendiri atau mempunyai software affiliate sendiri.

Menemukan merchant jenis ini dapat dilakukan melalui search engine.Pencarian merchant adalah hal yang mudah melalui search engine,dikarenakan kalian cukup mengetikkan keyword tertentu dan kalian pun mendapat banyak pilihan yang ditawarkan.

  • Melalui Website Directory

Direktori website atau web directory merupakan sebuah buku alamat yang berada dalam dunia maya World Wide Web. Kumpulan data di dalamnya tersusun dalam beberapa kategori.Tujuannya yaitu untuk memuat situs yang tersusun rapi ke dalam kategori tertentu sesuai deskripsi,kemudian diberi tautan balik atau backlink.Direktori web sangat berbeda dengan situs pencari alias search engine,keduanya sangat berbedaAda banyak sekali direktori di internet,tetapi beberapa yang penting yang patut untuk kalian pertimbangkan untuk pencarian merchant yakni DMOZ dan Yahoo Directory.

  • Melalui Affiliate Directory

Affiliate Directory merupakan tempat yang tepat untuk menemukan merchant.Banyak Affiliate Directory yang memberikan penilaian terhadap merchant yang terdaftar.Dengan begitu,kalian bisa menemukan merchant yang tepat dengan cara yang lebih mudah dengan berpatokan pada penilaian tersebut.Contoh Affiliate Directory yang dapat dijadikan tempat untuk mencari merchant : Associate Program dan Affiliate Match.

  • Perhatikan Situs milik Pesaing

Coba lihat produk-produk affiliate yang ada dalam situs pesaing.Tentu hal ini dapat menarik perhatian kalian untuk menemukan merchant yang sesuai.Tentunya berjualan online melalui marketplace maupun sebagai merchant lebih menguntungkan jika dibandingkan berjualan offline di toko fisik biasa dan studi sudah menunjukkan hal tersebut.Ramainya merchant dan sistem jual-beli online dengan menggunakan e-money juga menunjukkan sistem jual beli di Indonesia yang semakin modern.

Demikianlah pembahasan mengenai merchant yang tentunya dapat mengembangkan pemikiran kalian dalam berbisnis.Kalian dapat menggunakan strategi bisnis merchant demi mengembangkan bisnis kalian.Semoga artikel ini bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

14 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

20 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago