HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian,Tujuan Dan Contoh Dari Pemasaran Internasional

Ada banyak masyarakat umum yang belum memahami seperti apa pemasaran sesungguhnya.Kebanyakan dari masyarakat awam mengira hanya ada satu jenis pemasaran,yakni : pemasaran biasa yang dilakukan sehari-hari oleh para pelaku bisnis di lingkungan sekitar mereka.Padahal,menurut ilmu atau teori ekonomi dan bisnis,pemasaran dikenal dalam 2 jenis yaitu pemasaran domestic (dalam negeri) dan pemasaran internasional.

Di artikel ini,kita akan membahas tentang pemasaran internasional.Mengingat saat ini era globalisasi dan teknologi semakin berkembang pesat,maka hal ini dapat menjadi kesempatan bagi kalian untuk memulai memajukan bisnis ke internasional.

Definisi Tentang Pemasaran Internasional

Pemasaran internasional merupakan kinerja kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mengarahkan aliran barang dan jasa perusahaan kepada konsumen atau pengguna di lebih dari satu negara untuk mendapatkan keuntungan.

Satu-satunya perbedaan definisi pemasaran domestik dan pemasaran internasional yakni kegiatan pemasaran internasional berlangsung di lebih dari satu negara.Sedangkan pemasaran domestik dilakukan para pelaku bisnis yang masih berada dalam satu wilayah negara.Contoh pemasaran dilakukan dari perusahaan di Jakarta ke perusahaan di Surabaya.Meski berbeda domisili,pemasaran yang dilakukan masih berada dalam satu kawasan negara Indonesia.Jadi,pemasaran ini dinamakan dengan pemasaran domestik atau pemasaran dalam negeri.Contoh untuk pemasaran internasional yakni pemasaran dilakukan dari negara Australia ke negara Indonesia.Pemasaran yang berlangsung di sini melibatkan 2 negara berbeda yaitu Australia dan Indonesia.

Bukan menjadi masalah apakah perusahaan melakukan pemasaran domestik ataupun pemasaran internasional atau bahkan keduanya.Hal ini karena tujuan dari aktivitas pemasaran itu tetap sama,yakni untuk memasarkan produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan pasar target(masyarakat).

Tantangan Yang Ada Pada Pemasaran Internasional

Muncul aneka macam tantangan pemasaran internasional merupakan salah satu efek dari pemasaran internasional yang melibatkan aneka ragam karakteristik pasar konsumen dan persaingan di dalamnya.Meski tantangan ini selalu mengintai setiap perusahaan,Namun masih banyak pebisnis yang tidak menyadari bagaimana kondisi asing dalam proses pemasaran internasional.

Mayoritas para pebisnis masih terlalu terfokus pada cara berpromosi dan mendapatkan keuntungan dari pemasaran internasional sehingga tidak sedikit yang lupa menjelajahi situasi pasar asing yang sesungguhnya.Apalagi,menyadari aneka tantangan yang tengah menghadang.Padahal,jika tantangan pemasaran internasional ini tidak diantisipasi,maka keberlangsungan perusahaan akan terancam.

Adapun beberapa tantangan yang sering dihadapi dalam kegiatan pemasaran internasional,yakni :

1.Kompetisi

Kompetisi bisnis berskala internasional menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi.Misal kalian melakukan ekspansi pemasaran ke Australia.Sebagai seorang pendatang baru,kalian tentu dihadapkan dengan masalah kompetitor yang lumayan berat,mengingat di Australia sendiri sudah banyak bisnis yang berkembang ditambah lagi kompetitor-kompetitor dari negara lain yang mengembangkan usahanya di negara tersebut.Bayangkan saja betapa banyaknya kompetitor yang harus dihadapi ketika melaksanakan pemasaran berskala internasional.Apabila tidak mampu tampil dan berkompetisi secara inovatif,maka dapat dipastikan bahwa usaha kalian akan tenggelam dikalahkan oleh perusahaan-perusahaan lokal atau perusahaan internasional yang lebih unggul.

2.Hambatan Hukum

Setiap negara tentu memiliki regulasi hukum yang berbeda-beda,termasuk aturan-aturan hukum tentang berbisnis.Jangan sampai kalian mempersiapkan segala kebutuhan untuk ekspansi pemasaran internasional,namun usaha kalian seketika gagal lantaran  tidak memahami aturan-aturan hukum tentang bisnis yang berlaku di negara tujuan.

Semisal sistem perizinan untuk melakukan pemasaran internasional yang rumit serta memakan banyak biaya.Jika situasinya seperti ini,seharusnya kalian akan mempertimbangkan dahulu sebelum melakukan ekspansi pemasaran.Sebaiknya,melakukan ekspansi bisnis ke negara yang lebih mudah untuk dijangkau terlebih dahulu.Jangan memaksakan diri untuk mengembangkan bisnis di negara yang aturan hukumnya mempersulit perkembangan perusahaan.Kalian dapat memilih untuk berbisnis di negara-negara yang terkenal baik dari hubungan politik dan kerjasama bisnisnya.

3.Perilaku Konsumen yang Beragam

Sebelum melakukan pemasaran internasional,harus benar-benar memastikan apakah produk sudah sesuai dengan kebutuhan, minat serta tren yang yang berlangsung di kalangan masyarakat.Tidak hanya masyarakat domestik,masyarakat internasional tentu mempunyai perilaku konsumsi yang bervariasi.Hal ini turut menjadi sebuah tantangan yang harus disiasati dengan baik oleh perusahaan ketika melakukan pemasaran internasional.

Beban riset juga menjadi berlipat ganda mengingat kalian adalah pendatang yang masih memerlukan waktu untuk memahami gaya hidup dan budaya yang dianut oleh masyarakat negara tujuan.Mungkin kalian perlu menyisihkan waktu dan usaha lebih banyak agar bisa melakukan riset pasar internasional yang tepat.

4.Faktor Ekologis

Faktor ekologis yang mencakup faktor cuaca,lingkungan,demografis dan seterusnya.Aspek lingkungan juga menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum melakukan pemasaran internasional.Jika kondisi ekologis negara tujuan tidak sesuai dengan kondisi perusahaan atau perusahaan gagal beradaptasi dengan faktor ekologis,maka besar kemungkinan perusahaan kalian juga akan menemui kebangkrutan alih-alih sukses.

Setiap negara juga mempunyai kondisi cuaca yang berbeda-beda.Semisal di indonesia yang terkenal hanya memiliki musim panas dan musim hujan.Sedangkan di negara-negara eropa ada 4 jenis musim : panas,salju/dingin,musim gugur dan musim semi.

Semua faktor di atas bermanfaat untuk dicermati guna menciptakan pasar pemasaran internasional yang menguntungkan. Dengan memahami tantangan-tantangan pemasaran internasional,maka kecil kemungkinan bagi perusahaan untuk gagal ketika berkompetisi di internasional.

Contoh Pemasaran Internasional

Berikut ini adalah contoh-contoh pemasaran internasional yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan dan brand ternama :

Coca-Cola

Perusahaan minuman Coca-Cola memiliki pendekatan dan strategi pemasaran internasional yang unik dan lebih terfokus pada kontribusi sosial.Meski Coca-Cola merupakan perusahaan besar, Coca-Cola juga berkonsentrasi pada program-program di komunitas kecil dan menanamkan banyak dana serta waktu untuk membantu badan amal kecil.

Contoh : Coco-Cola membangun 650 instalasi air bersih di Beni,Suef di Mesir dan mensponsori makanan (Ramadhan) untuk anak-anak di Timur Tengah.Selain itu,branding dari perusahaan Coca-Cola ini seringkali mengusung tema dan konsep bernuansa kebahagiaan serta keceriaan masyarakat.

Trik promosi dan pemasaran internasional ini,seringkali disambut baik oleh masyarakat internasional.Sebab,masyarakat seluruh dunia cenderung lebih menghargai perusahaan besar yang mau turun berkontribusi membantu rakyat kecil dibandingkan dengan perusahaan yang terfokus untuk menjual produk ke masyarakat saja.

Dengan ini kalian dapat mencoba strategi menunjukkan empati dan kepedulian kepada masyarakat di negara tujuan agar brand produk kalian bisa diterima dengan baik.

McDonald’s

Saat perusahaan McDonald’s masuk di India,mereka lantas melakukan penelitian ekstensif sebelum memusatkan perhatian pada menu yang ditawarkan untuk konsumen India.Seluruh menu McDonald’s India akhirnya dibuat khusus sesuai selera konsumen India agar perusahaan ini dapat bertahan dan eksis di negara tersebut.

McDonald’s memastikan untuk menghormati budaya India dengan tidak menyajikan resep daging sapi atau babi yang di sisi lain merupakan bahan populer di pasar lain seperti Amerika Serikat,Eropa,Asia Tenggara dan seterusnya.Perusahaan McDonald’s selalu memastikan untuk membuat resep dengan rempah-rempah khas India agar rasa makanan yang dijual sesuai selera lokal.

McDonald’s mencoba untuk membawa beberapa rasa lokal ke item menu tertentu milik mereka.Seperti McDonald’s memiliki McArabia di Timur Tengah dengan menu khas adalah roti lapis.Ada juga memperkenalkan Prancis makaroni dan termasuk McSpaghetti di Filipina.

Di Korea Selatan,mereka memiliki burger bulgogi.Kemudian di Indonesia sendiri menyediakan seperti nasi putih yang terkenal sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia,menu nasi uduk dan bubur ayam hingga sambal ulek khas buatan rumah di tanah air.

Dengan ini kalian dapat mencoba strategi menunjukkan rasa hormat terhadap budaya konsumsi mereka sehari-hari di negara tujuan agar brand produk kalian bisa diterima dengan baik.

Domino Pizza

Perusahaan Domino Pizza selalu melakukan inovasi menu di garis depan untuk meningkatkan kesadaran dan minat branding internasional.Domino Pizza memiliki item konsisten untuk bahan dasar pizza di semua pasarnya,seperti saus,roti, dan keju mereka.Jadi,setiap cabang Domino Pizza di seluruh dunia pasti memiliki kualitas roti saus dan keju yang sama.

Domino Pizza hanya memperbaharui topping untuk setiap negara.Misal di kawasan negara Asia,Domino Pizza menawarkan topping berupa ikan laut.Varian ini mungkin tidak terdapat di negara lain selain Asia.Di negara Eropa atau Amerika,topping pizza lebih dipersonalisasikan dengan makanan kesukaan masyarakat setempat,yakni seperti daging sapi.

H&M

H&M merupakan perusahaan ritel fashion terbaik seluruh dunia.Perusahaan H&M hampir selalu meningkatkan pembukaan toko sebesar 10-15 % setiap tahunnya.Salah satu rahasia ekspansi global mereka yakni memaksimalkan pengalaman online para konsumen.

Jadi,setiap konsumen bisa melakukan perbelanjaan pakaian secara online ataupun offline.Selain itu,produk-produk baju rilisan dari H&M seringkali di desain sesuai dengan gaya atau tren berbusana di masyarakat negara tujuan.Misal di perusahaan H&M Indonesia,kalian akan sulit menemukan pakaian yang bersifat terbuka,sebab masyarakat Indonesia memiliki adat budaya ketimuran dan mengedepankan tata cara berbusana sopan.

Kentucky Fried Chicken

Strategi pemasaran internasional Kentucky Fried Chicken cukup menarik.Di Jepang,pihak Kentucky Fried Chicken menyediakan produk dan penawaran khusus setiap momen Natal.Jadi,setiap Natal masyarakat Jepang berbaris di KFC terdekat untuk mendapatkan ayam harga spesial.

Sedangkan di Indonesia,perusahaan Kentucky Fried Chicken menghadirkan menu-menu khusus pada momen-momen hari raya besar seperti hari raya Idul Fitri.Selama 1 bulan,Kentucky Fried Chicken Indonesia menghadirkan menu paket spesial untuk berbuka puasa dan dengan harga murah meriah.Jadi,seluruh masyarakat dapat membeli paket makanan dari Kentucky Fried Chicken.

Starbucks

Starbucks merupakan perusahaan minuman kopi yang telah mendunia,cabang dari Starbucks ada di berbagai belahan dunia.Salah satu tips sukses dari perusahaan Starbucks dalam memasarkan produknya secara global yakni dengan menyesuaikan menu-menu minumannya dengan selera lokal.

Misal di Hong Kong,perusahaan Starbucks menyediakan menu Dragon Dumplings atau di Amerika Serikat menyediakan menu khas musim gugur bernama Pumpkins Spice Latte.Di Indonesia sendiri,varian kopi Starbucks lebih dipersonalisasi sehingga lebih sesuai dengan lidah masyarakat lokal.Starbucks telah dikenal memiliki reputasi baik untuk keterlibatan budaya lokal di setiap cabang usahanya.

Tujuan Pemasaran Internasional

  • Manajemen merchandising di pasar internasional.
  • Meningkatkan metode,teknik produk komersial.
  • Ruang lingkup kontrol internasional atas penjualan barang dan jasa.
  • Memenuhi alasan untuk produksi suatu produk (barang dan jasa) dengan mengidentifikasi permintaan asing yang ada atau potensial.
  • Penciptaan barang (jasa) yang memenuhi persyaratan pasar internasional dibandingkan dengan barang yang diproduksi oleh pesaing.
  • Informasi yang handal dan tepat waktu tentang pasar internasional,struktur dan dinamika permintaan konsumen,selera, preferensi konsumen asing.
  • Koordinasi dan perencanaan produksi,penjualan dan kinerja keuangan,dengan mempertimbangkan kepentingan pasar internasional.

Itulah pembahasan artikel tentang pengertian,tujuan dan contoh pemasaran Internasional.Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Jika ingin membaca artikel lain dari kami bisa kunjungi hosteko.com

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

6 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

8 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago