HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Peran Penting Mockup Dalam Desain Produk

Apa Itu mockup ? Pentingkah mockup dalam desain suatu produk ? Mockup design merupakan istilah yang tidak asing lagi dalam dunia desain grafis.Rasanya kurang lengkap jika saat mendesain suatu produk terlebih kemasan dari produk yang akan diluncurkan.Berikut ini artikel terkait mockup dalam desain produk (brand).

Pengertian Mockup

Mockup merupakan salah satu media untuk mempresentasikan dan memvisualisasikan gambar desain suatu produk atau kemasan sehingga gambar yang telah dirancang dapat berbentuk dan diaplikasikan ke benda yang nyata.Mockup membantu para desainer grafis untuk menunjukkan rancangan desainnya secara visual melalui variasi 2 dimensi atau 3 dimensi.Dengan bantuan mockup akan memudahkan para desainer grafis saat presentasi kepada klien,karena dengan menggunakan mockup klien akan lebih mudah memahami maksud dan konsep yang disampaikan oleh desainer grafis.

Cara Pembuatan Mockup

Sebagai seorang desain grafis tentu kalian harus mengetahui cara pembuatan atau mendesain suatu mockup.Desain mockup sebenarnya bisa dilakukan melalui digital ataupun manual,tergantung pada produk yang ingin dipresentasikan.Sebagian besar di era digital ini mockup lebih banyak didesain melalui digital.

Beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat mockup dari desain produk yakni Adobe Photoshop,Adobe Illustrator,CorelDraw dan Canva.Desain produk dan ciri khas suatu produk akan sangat mempengaruhi desain mockup itu sendiri.Terdapat berbagai jenis produk yang dapat didesain bentuk mockupnya secara digital seperti mockup untuk alat-alat tulis.Mockup design untuk produk alat-alat tulis biasanya mengedepankan kesan profesional sehingga klien dapat menangkap ciri khas dan kesan yang ingin ditonjolkan dari produk tersebut.

Selain itu, mockup untuk alat tulis ini juga digunakan untuk menunjukkan gambaran secara nyata bagaimana saat produk sudah dicetak dan dipasarkan.Produk lainnya yang seringkali dibuatkan mockup yakni produk fashion.Mockup pada desain produk fashion dibuat untuk menunjukkan bagaimana desain baik cuttingan pakaian atau detail gambar beserta tulisan yang akan diproduksi.

Mockup design yang sering dibuat yakni mockup untuk desain produk billboard,ukuran produk billboard yang lebar sehingga memerlukan adanya mockup yang dapat menunjukkan bagaimana tampilan secara nyata dari sebuah billboard apabila sudah tercetak dan terpasang.Mockup produk digital,proses pembuatan aplikasi ataupun website sangat memerlukan bantuan desain mockup dalam menjelaskan gambaran dan cara kerja dari suatu aplikasi digital atau website yang akan dirancang.Desain mockup membantu klien kalian mengerti dan memahami desain produk yang ditawarkan.

Hal Yang Diperhatikan Saat Membuat Mockup

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatannya mockup.Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat mockup dari desain suatu produk.

1.Menentukan Sketsa Desain

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan mockup yakni menentukan sketsa dari desain mockup yang ingin dibuat.Sketsa desain akan membantu mengarahkan kalian di dalam proses pembuatan mockup dan meminimalisir kesalahan dari mockup yang akan dibuat.Sketsa desain ini dapat dibuat dengan menyantumkan logo,header,subheader,konten,foto dan sedikit penjelasan terkait detail-detail yang sudah ditambahkan tersebut.

2.Tools Yang Digunakan

Seperti yang sering dijumpai,kini mockup lebih banyak didesain dan dibuat secara digital.Pembuatan mockup secara digital ini tentunya menuntut kalian untuk memanfaatkan suatu software yang dapat memudahkan pekerjaan kalian.Pilih software yang familiar dan mudah digunakan.Dengan memilih software yang sesuai,hasil desain mockup akan terjaga kualitasnya dan mempermudah pekerjaan.

3.Mockup Jika Merancang Produk Digital

Saat merancang produk digital,banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan mockup design seperti memperhatikan layout konten atau tampilan antarmuka dari desain yang ingin ditampilkan,kontras tampilan antarmuka dari suatu aplikasi atau website yang dirancang sangat penting untuk mendukung kenyamanan para pengguna.Warna yang dipilih juga memengaruhi perasaan pengguna atau klien yang melihatnya.Karena itu,pemilihan warna yang sesuai sangat membantu kalian dalam menciptakan dan mempresentasikan suasana yang diinginkan.

Tipografi merupakan elemen penting dalam suatu desain mockup untuk menciptakan harmoni berdasarkan pilihan font,ukuran,style hingga spacing.Pemanfaatan dan pemberian ruang kosong atau spacing juga diperlukan dalam sebuah desain.

Navigasi juga merupakan elemen lain yang harus ada dalam desain mockup untuk produk aplikasi atau website yang sedang dirancang. Rancangan navigasi memudahkan kalian untuk membuat para klien atau orang lain memahami perpaduan warna,tipografi dan ruang kosong yang disediakan dalam desain mockup kalian.

Seberapa Penting Desain Mockup Pada Desain Produk

Peran mockup pada suatu produk sangatlah penting,karena dengan adanya mockup kalian dapat membantu para desainer grafis untuk menampilkan dan memvisualisasikan suatu produk.Mockup design juga membantu para pebisnis untuk membuat gambaran awal secara nyata untuk memasarkan produk atau branding yang dimiliki.

Peran penting mockup desain membantu untuk memudahkan para desainer grafis melakukan perbaikan dalam proses desain produk.Ketika mockup design telah dibuat,apabila terjadi perubahan atau permintaan klien untuk melakukan perbaikan,maka dapat dengan mudah dilakukan dan lebih detail.Apabila saat mendesain suatu produk yang akan kalian luncurkan tanpa membuat desain mockup,maka kalian akan mengalami kesulitan apabila terjadi revisi di bagian detail-detail tertentu.

Mockup design memang berguna sebagai media presentasi,hal ini disebabkan karena mockup dapat membantu menunjukkan kepada klien atau calon pengguna produk tampilan nyata dari produk yang akan digunakan atau diluncurkan.Sehingga para klien bisa mendapatkan gambaran yang lebih realistis.

Sangat aneh bukan membayangkan saat seorang pelaku bisnis atau desainer grafis yang ingin meluncurkan suatu produk,namun tidak melewati tahap perancangan desain mockup.Perancangan desain mockup merupakan tahap penting dan juga memiliki peran yang besar dalam proses pengembangan suatu produk hingga ke proses menjelaskan maksud dari produk yang dibuat kepada klien.

Pemilik bisnis yang baru memulai untuk mengembangkan bisnisnya juga memerlukan desain mockup sebagai media untuk memberikan contoh visualisasi seperti apa ciri khas,tampilan,kemasan,bentuk dan kesan yang ingin disampaikan produk yang dihasilkan kepada para calon customernya.Lalu setelah mengetahui peran mockup yang sangat penting,tentunya kalian akan memasukkan desain mockup sebagai tahapan penting dalam proses desain produk atau branding bisnis kalian.

Nah itulah artikel tentang mockup,semoga dapat memberi wawasan baru bagi seorang desainer grafis atau para pelaku bisnis pemula.Sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago