HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Perbedaan Username dan Password serta Manfaatnya

Selama berselancar di internet seperti membuat sosial media, blog, email, pastinya kita diwajibkan untuk membuat username beserta password. Pada saat ini username maupun password bukan merupakan hal baru lagi dan merupakan pengetahuan umum. Tetapi ternyata tidak semua orang memahami dan mengerti kedua hal ini terlebih lagi bagi para pemula dan orang tua yang baru saja melancari dan mengenal dunia internet yang luas ini.

Secara basic, untuk dapat mendapatkan akun dasar seperti Google dan email, maka setiap pengguna di haruskan menentukan nama guna atau username beserta kata sandinya atau password. Tentu saja ini akan menyulitkan bagi Anda yang baru saja ingin membuat dan mendaftarkan akun. Tetapi jangan kuatir, karena seperti sifatnya yang dasar, ini adalah pengetahuan yang bisa dipelajari setiap orang dengan cepat dan praktis.

Jika Anda adalah salah satu pemula yang juga ingin turut memasuki dunia dinamis tanpa batas internet, maka sebagai langkah awal marilah kita mempelajari apa itu username dan password. Berikut semua yang Anda perlukan untuk memulai langkah dasar Anda dalam memasuki dunia maya, mari mengetahui perbedaan username dan password serta manfaatnya bagi setiap pengguna internet.

Pengertian Perbedaan Username dan Password

Apakah pengertian dari perbedaan username dan password itu? Kita akan membahas pengertiannya satu persatu. Dimulai dari username, username merupakan nama identitas seseorang yang dipakai di dunia maya. Username hanya satu bagi setiap pengguna yang terdaftar, jadi tidak ada orang yang menggunakan username sama antara satu dengan lainnya.

Contohnya seperti Anda sudah mendaftarkan username di twitter dengan nama @safira maka, username @safira tidak akan bisa digunakan lagi oleh orang lain. Seperti, apabila ada pihak lain memohon kepada Twitter menggunakan username sama, Twitter akan menolak permohonan tersebut. Twitter dapat memberikan pernyataan bahwa username telah dipakai atau tidak tersedia. Nama username yang berbeda juga berlaku pada media sosial lainnya, misalnya pada Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya.

Hanya saja ada sedikit perbedaan username pada Facebook, jika Anda membuat username di Facebook sebaiknya pikirkan dengan baik. Tujuannya agar Anda tidak kecewa dengan username yang telah dibuat. Facebook menyediakan batas minimal mengganti username, jadi pikirkan username yang bagus. Pada sosial media Instagram dan Twitter yang tidak menyediakan batas minimal penggantian username, Anda bisa mengganti username seberapa banyak sesuai keinginan. Asalkan username yang dipakai tidak sama dengan akun lain.

Sedangkan password adalah pasangan dari username karena dimana ada username maka disitulah terdapat password. Pengertian password sendiri adalah merupakan serangkaian kombinasi angka dan huruf yang dipakai untuk mengamankan akses ke akun sosial media. Password memiliki sifat rahasia, sehingga tidak boleh diberitahukan kepada siapapun. Resiko jika password diberikan kepada orang lain adalah kemungkinan semua data dan informasi yang Anda punya dapat dicuri.

Maka dari itu sebelum Anda ingin membuat password lebih baik pikirkan secara matang. Seiring dengan perkembangan teknologi yang super canggih, peretas password mampu meningkatkan kemampuannya untuk melihat password Anda meskipun sudah disimpan dan dikonfigurasikan dengan baik. Jadi demikianlah pengertian perbedaan username dan password. Jadi langkah selanjutnya adalah memahami lebih dalam lagi mengenai pentingnya username dan password.

Pentingnya Memahami Perbedaan Username dan Password

Meski merupakan persyaratan dasar, masih banyak yang menyepelekan membuat username serta password. Sebagian besar orang membuat username secara asal, begitupun juga dengan pembuatan passwordnya. Mereka tidak memikirkan bahwa membuat kombinasi secara serampangan dapat berakibat membahayakan keamanan akun media sosial Anda. Hacker dapat dengan mudah membobol akun media sosial dan menggunakannya untuk berbuat kejahatan.

Selalu perhatikan semu kombinasi username dan password Anda, jika Anda media sosial meminta Anda untuk menggabungkan semisal; perpaduan huruf besar, kecil dan angka, maka patuhi saja perintah tersebut. Karena pada dasarnya username dibuat untuk memberikan Anda identitas di dunia maya yang mempunyai jutaan identitas dan agar Anda sendiri dapat menemukan identitas Anda sendiri dengan mudah.

Sedangkan password atau kata sandi bertujuan untuk mengamankan identitas Anda dari pencurian dan membedakannya dari identitas username yang mungkin hampir serupa seperti punya Anda. Jadi tentu saja kedua hal ini menjadi perpaduan sempurna untuk menentukan tempat Anda di dunia maya. Selain juga dapat membantu mengamankan semua informasi Anda dari peretasan yang berkemungkinan terjadi.

Perbedaan Username dan Password serta Cara Membuatnya

Jika Anda sudah memahami pengertian beserta pentingnya username dan password di atas dengan baik, sekarang saatnya mempelajari bagaimana caranya membuat username yang tepat. Mengingat kita sebaiknya tidak membuat perpaduan username dan password dengan sembarangan, maka untuk mendapatkan username dan password maka perhatikan cara berikut di bawah ini :

1. Cara membuat username

Username adalah langkah dan ketentuan awal bagi setiap pengguna yang ingin mendapatkan akun karena ini adalah alat yang berfungsi sebagai identitas sang pengguna.

  • Buat nama username yang menarik

Username merupakan salah satu hal pertama yang dilihat oleh semua yang mengikuti media sosial Anda. Apabila Anda membuat nama yang menarik, tentu saja teman dan orang lain dapat menemukan Anda dengan mudah. Ini juga menambah kemungkinan bertambahnya orang yang mengikuti atau follow akun Anda. Anda dapat menggunakan unsur nama pribadi yang datang dengan keuntungan tersendiri seperti branding yang unik dan personal. Jika Anda ingin menampilkan image tertentu, maka hindari menggunakan username yang tidak sesuai.

  • Pastikan tidak ada yang sama

Sudah digaris bawahi kalau username hanya satu, tidak ada yang sama meskipun pengguna sosialnya berbeda. Walaupun keinginan Anda tetap kokoh menggunakan nama yang sama, tetapi akan ini ditolak oleh pihak media sosial nantinya. Biasanya namanya ada yang sama antara satu sama lain, hal tersebut tidak jadi masalah karena Anda dapat mengubah username dengan memberikan sedikit perbedaan. Misalkan username yang ingin dipakai adalah @anggun, namun ada yang menyamainya Anda dapat menambahkan @anggun23 saja maka username bisa ini dapat disetujui.

  • Buat username yang mudah diingat

Selanjutnya yaitu buatlah username yang mudah diingat dan mudah diketahui jika seseorang ingin mencarinya. Selain itu tentu username tersebut akan digunakan setiap Anda login ke sosial media. Username ini juga mudah untuk Anda selaku pemiliknya, untuk mengingatnya dengan mudah dan tidak mudah terlupakan karena terlalu rumit atau malah sangat sederhana. Kalau Anda sebagai pemiliknya lupa, akses masuk Anda akan ditolak dan Anda akan diminta untuk mengikuti rangkaian verifikasi.

2. Cara membuat password

Itulah tadi cara membuat username yang baik dan tepat. Langkah berikutnya adalah membuat pasangannya yaitu password atau kata sandi yang juga harus dibuat dan ditentukan secara cermat lagi teliti. Perhatikan cara membuat password yang kuat dan tidak mudah diretas seperti ini :

  • Buat password kombinasi

Semua akun sosial media menyarankan untuk membuat password kombinasi, tujuannya agar sulit ditebak oleh hacker. Meskipun Anda membuat password kombinasi, usahakan Anda sendiri dapat mengingat kombinasi tersebut. Jika lupa maka, Anda tidak bisa masuk ke akun dan harus membuat password lagi. Betapa repotnya jika membuat password lagi, sehingga membuat Anda mengulang dari awal. Salah satu tips membuat password kombinasi adalah dengan mengkombinasikan angka, nama hewan peliharaan, nama Anda, kesukaan dan masih banyak lainnya.

  • Hindari memakai password yang sering digunakan

Banyak sekali yang membuat password secara asal, misalkan password asal yaitu “123456” urutan angka dari satu sampai enam. Kita tahu bahwa password tersebut mudah ditebak oleh para hacker, bahkan semua orang pun hampir juga dapat menebaknya. Buatlah password baru yang menurut Anda tidak mudah disamai apalagi diretas.

  • Gunakan simbol unik

Password juga dapat dibuat menggunakan simbol yang unik. Pasti Anda belum tahu kalau password bisa dibuat dengan simbol seperti 8*-_-*8, >,<17, ^-^1818 dan masih banyak simbol lainnya. Gabungkan semua simbol, angka, serta huruf besar dan kecil hingga menjadi kombinasi yang bagus.

Sebagai pemberi identitas dan pengamannya, berilah perhatian lebih baik pada perpaduan username dan password Anda. Jangan menggunakan kombinasi yang terlalu rumit atau membuat Anda sendiri justru kebingungan nantinya.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

20 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

23 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

3 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

4 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago