HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

PhoneGap Build : Software Untuk Membuat Aplikasi Di Berbagai OS

Software yang serba guna saat ini dibutuhkan untuk menciptakan berbagai aplikasi untuk dapat dijalankan di berbagai perangkat.Nah,karena itu,PhoneGap hadir.Lalu apa Itu PhoneGap dan apa saja manfaatnya ?

Pengertian PhoneGap

PhoneGap merupakan sebuah framework yang digunakan untuk menciptakan aplikasi mobile lintas platform yang bersifat open-source atau sumber terbuka yang memungkinkan developer membangun aplikasi menggunakan web API standar.PhoneGap Build yakni sebuah revolusi di bidang rekayasa perangkat lunak yang dimulai serta dijalankan dari ponsel atau smartphone kalian sehingga lebih efisien dalam pembangunan maupun pengembangan aplikasi.PhoneGap Build dapat menjalankan aplikasi yang dirancang melalui berbagai bahasa pemrograman seperti HTML,CSS dan JavaScript.Framework ini dikembangkan oleh Nitobe Software yang dikenal pula dengan Adobe.

Dalam mengembangkan suatu aplikasi lintas platform,sebelum menggunakan PhoneGap akan lebih baik apabila developer mengetahui dasar-dasar pengembangan web menggunakan HTML,CSS dan JavaScript.Sementara untuk pekerjaan lainnya seperti nuansa aplikasi,portabilitas hingga tampilan aplikasi merupakan tugas PhoneGap.

Dengan menggunakan PhoneGap,kalian dapat mengembangkan aplikasi dengan sistem operasi  paling populer seperti Android, iOS maupun Windows.Developer pun tidak perlu memiliki keahlian di salah satu platform sistem operasi tersebut. Konten data yang diunggah di situs web dapat diubah menjadi berbagai file Aplikasi secara otomatis dengan menggunakan PhoneGap.

PhoneGap Build Cocok Digunakan Untuk Pengembangan Aplikasi

Biasanya membangun aplikasi untuk setiap perangkat yang berbeda iPhone,Android,Windows Mobile dan perangkat lainnya, membutuhkan framework dan bahasa pemrograman yang berbeda.Namun,sejak adanya PhoneGap,kalian tidak perlu lagi menggunakan framework maupun bahasa pemrograman berbeda.

Aplikasi PhoneGap sudah sesuai dengan standar,karena itu,aplikasi tersebut tahan masa depan untuk bekerja dengan browser seiring perkembangannya.

Berikut alasan PhoneGap penting digunakan oleh developer :

  • Tidak ada waktu tambahan untuk belajar pengembangan aplikasi

Kalian tidak harus mempelajari bahasa pemrograman yang baru.PhoneGap menggunakan bahasa dan teknologi standar seperti HTML,CSS dan JavaScript yang memang saat ini banyak digunakan oleh para developer.Hal ini membuat kalian dapat memanfaatkan anggota tim yang sudah ahli dalam teknologi tersebut.Hadirnya PhoneGap ini sebenarnya menghemat waktu kalian dalam memahami penggunaan PhoneGap.

  • Pengembangan untuk beberapa perangkat

PhoneGap menggunakan teknologi standar yang bekerja dengan banyak perangkat.Dalam kebanyakan kasus,JavaScript API konsisten di berbagai platform dan dapat menghemat waktu pengembangan.Tetapi plugin pihak ketiga yang digunakan untuk fitur yang tidak tersedia untuk semua platform.

  • Dapat fokus pada fungsionalitas aplikasi

PhoneGap membuat developer dapat bekerja dengan versi terbaru dari SDK asli tanpa mengikuti platform satu per satu.Hal ini  membantu developer untuk fokus pada fungsionalitas aplikasi yang akan mereka kembangkan dan menghemat banyak waktu yang mungkin dihabiskan untuk melakukan perubahan di berbagai platform.Dengan PhoneGap,kalian dapat mengirimkan Javascript,CSS dan HTML ke cloud dan menerima aplikasi yang sudah siap.

  • Meningkatkan efektivitas kolaborasi dengan rekan tim

Seringkali mengerjakan proyek aplikasi kalian bersama tim ? Maka PhoneGap bisa menjadi framework aplikasi yang cocok untuk kalian dan rekan tim.Anggota tim yang berbeda dapat menggunakan kekuatan mereka secara kolaboratif untuk mencapai hasil akhir dengan cara yang lebih cepat.Lingkungan pengembangan yang disediakan oleh PhoneGap memastikan bahwa setiap pengembang dapat memanfaatkannya secara optimal,untuk bekerja sama demi solusi akhir.

  • Penerapan mudah dan cepat

Aplikasi yang dikembangkan akan disebarkan ke pengguna dalam waktu yang lebih cepat,karena kalian sudah menghemat waktu untuk mengembangkan aplikasi menggunakan PhoneGap.Pengembang aplikasi seluler dapat memanfaatkan keterampilan yang ada dan SDK yang tersedia dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hasil akhir dalam waktu yang lebih singkat.PhoneGap juga digunakan sebagai alat praktis yang berguna pada tahap pengujian dan debugging.

  • Berbagi aplikasi dengan mudah

PhoneGap Build memungkinkan untuk membagikan aplikasi setelah aplikasi tersebut selesai.Kalian mengirimkan tautan aplikasi yang sudah selesai ke teman dan keluarga.Penerima dapat mengunduh aplikasi langsung ke perangkat seluler mereka bahkan tanpa mengakses komputer atau PC.

Kelebihan PhoneGap

PhoneGap pun tentu memiliki kekurangan dan kelebihan,sebagai software pengembangan sama seperti yang lainnya,beriku tini rinciannya :

  • Berguna untuk pengembangan sekaligus bisnis

Kalian dapat merancang satu aplikasi dengan menggunakan PhoneGap,kalian juga dapat langsung mengirimkannya ke semua platform seluler.Dalam hal ini,PhoneGap memainkan peran penting baik dalam bisnis maupun pengembangan.Dengan menggunakan PhoneGap,bisnis dan produk pengembang berjalan dalam waktu sesingkat mungkin untuk memasarkan usaha dan dengan biaya yang jauh lebih sedikit.

  • Item yang seragam di semua platform

Biasanya para developer pemula atau developer yang telah ahli seringkali terkendala masalah konsistensi pada tahap awal pengembangan produk aplikasinya.Dengan masalah konsistensi ini,penggunaan fungsi yang seragam di semua platform seluler tidak mungkin dilakukan.Aplikasi yang dirancang untuk Android mungkin terlihat berbeda di iOS dan sebaliknya.Namun, PhoneGap membantu para developer untuk menghadirkan keseragaman melalui sistem pengembangan aplikasi lintas platform.

  • Tidak dibutuhkan desainer ahli

Developer dapat membuat aplikasi lintas platform dengan menggunakan HTML,CSS dan JavaScript.Hal ini yang menjadi kabar baik bagi para pengembang karena mereka tidak perlu belajar bahasa baru untuk menggunakan PhoneGap.Tidak seperti platform lain yang membutuhkan desainer untuk merancang desain-desain aplikasi yang dibuat untuk menyesuaikan dengan bahasa pemrograman yang digunakan pada software tertentu.

  • Setiap aplikasi dapat bertindak seperti aplikasi asli

Saat aplikasi PhoneGap memanfaatkan properti yang digunakan dan peralatan ponsel,aplikasi tersebut berfungsi sebagai aplikasi asli.Properti pemanfaatan termasuk geolokasi,akselerometer,kamera dan lainnya.

Sistem ini memberikan UX yang luar biasa sepanjang waktu.Faktanya,pelanggan hampir tidak menyadari bahwa aplikasi tersebut adalah lintas platform.

  • Backend Kuat

Ketika suatu framework adalah framework backend yang kuat,maka hal tersebut dapat mengurangi upaya pengembangan dan membantu developer dalam pengembangan produk yang cepat. Backend yang kuat terlihat seperti root yang kokoh karena sebenarnya memengaruhi kinerja aplikasi kita.

  • Open-Source (Sumber terbuka)

Framework PhoneGap merupakan framework open-source.Developer tidak perlu mengeluarkan uang lebih karena PhoneGap tersedia secara gratis.PhoneGap menyediakan jaringan yang berkembang untuk mengunggah detail modul dan kode baru.

  • Didukung oleh Apache Cordova

Pengembang PhoneGap dikendalikan oleh Apache Cordova.PhoneGap adalah distribusi Apache Cordova.Beberapa instrumen tambahan yang terikat ke berbagai layanan Adobe terkandung di dalamnya.

  • Plugin sederhana

Plugin PhoneGap dan Cordova membantu memperluas fungsionalitas asli sambil mengembangkan aplikasi. StatusBar Social Sharing Barcode Scanner GAPlugin Pushwoosh PushPlugin, dan Facebook Connect adalah beberapa plugin di repositori.

Kekurangan PhoneGap

  • Developer membutuhkan Mac untuk membuat aplikasi berbasis iOS

Developer membutuhkan perangkat Mac untuk menciptakan aplikasi berbasis iOS dengan PhoneGap.Hal ini karena developer tidak dapat mendesain aplikasi iOS tanpa mengunduh SDK-nya.Namun,PhoneGap dapat bersaing dengan batasan tersebut dengan bantuan PhoneGap Build karena dapat mengatur pembuatan dan mengembalikan file terakhir.

  • Tidak mendukung Plugin dengan hook

Plugin dengan hook tidak didukung oleh PhoneGap,sehingga dapat menyebabkan pemblokiran dengan fungsionalitas. Misalnya,WordPress memiliki kait yang mendorong pengembang untuk mengikat kode mereka ke WP dengan basis kode pusat, plugin dan tema.Selain itu,PhoneGap tidak mendukung Cordova Snares.

  • Tidak sesuai untuk aplikasi intensif perangkat keras

PhoneGap gagal menghadirkan aplikasi game dengan semua API-nya dan kompleksitas plugin.Pengembang game mungkin akan menghadapi masalah ‘drop’ dan ‘stop’ setelah pesan muncul dari aplikasi mereka.

  • Performa Plugin yang tersedia kurang 

Plugin PhoneGap dapat menjadi usang setelah menggunakannya.Hal ini dapat mempengaruhi fungsionalitas aplikasi.PhoneGap tidak memiliki plugin untuk fitur tertentu seperti geolokasi,kamera dan lainnya.

Itulah penjelasan tentang PhoneGap Build.Terlepas dari beberapa kekurangan yang dimilikinya,PhoneGap dapat menjadi pilihan software guna mengembangkan aplikasi lintas platform yang cocok untuk berbagai sistem operasi.Sekian artikel ini semoga bermanfaat 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago