HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Begini Caranya! Promosi Mudah Di Instagram Business

Cara Promosi di Instagram

Salah satu media yang dapat digunakan sebagai media periklanan digital adalah penggunaan media sosial. Jika Anda berkecimpung dalam bisnis jual beli produk, Instagram adalah aplikasi yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda.

Di bawah ini kami akan memperkenalkan Anda pada berbagai opsi promosi yang tersedia di instagram. Pastikan Anda memahaminya dan mengikutinya dengan baik agar bisnis Anda cepat berkembang.

1. Ubah Akun Menjadi Instagram Business

Bagaimana cara membedakan Instagram Business dan Instagram Personal? Instagram Business biasanya memiliki satu tampilan, kontak. Yang berupa alamat toko, alamat email, dan nomor telepon kontak. Hal ini bertujuan agar pengguna lain bisa langsung mengkliknya. Menjalankan iklan jenis ini di Instagram akan memudahkan pelanggan menghubungi Anda.

Lalu bagaimana cara mengubah akun Instagram Anda menjadi Instagram bisnis, cukup sambungkan ke akun Facebook Anda. Dengan cara ini Anda dapat mengubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis. Cara beriklan di instagram yang pertama ini sangat berguna karena memungkinkan Anda memasarkan produk Anda dengan mudah di platform ini.

2. Buat dan Lengkapi Profil Instagram

Hal ini akan membuat calon pelanggan Anda semakin mempercayai toko online Anda dan promosi Anda di Instagram akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, Anda juga harus memastikan bahwa profil akun Anda jelas dan lengkap.

Anda dapat menggunakan beberapa teknik untuk membuat bio Instagram Anda lebih autentik. Berikut tekniknya:

  • Gunakan nama pengguna yang jelas, singkat dan mudah diingat orang lain. Jadi jika mereka mencarinya, mereka tidak akan kesulitan.
  • Menambahkan kata kunci spesifik.
  • Gunakan gambar profil terbaik, terutama yang dapat menarik perhatian pengguna lain.
  • Tulis deskripsi singkat di bio Anda.
  • Tambahkan emoji agar lebih menarik.
  • Anda juga dapat menulis Call to Action.
  • Jangan lupa sertakan link website toko anda.

Jika profil Instagram Anda terlihat biasa saja, berarti cara Anda berpromosi di instagram belum lengkap. Jadi jangan lupa memikirkan dan menambahkan kalimat-kalimat unik. Oleh karena itu, pengguna lain mungkin tertarik untuk mengakses akun Anda.

3. Posting Feed dengan Topik Menarik

Aplikasi Instagram tidak pernah lepas dari feed. Yang dimaksud dengan feed adalah unggahan berulang kali berupa foto atau video dari halaman beranda akun Instagram Anda. Banyak pebisnis yang menggunakan Cool Feed sebagai media periklanan di Instagram. Oleh karena itu, Anda akan lebih memperhatikan postingan yang diunggah.

Jika Anda melihat beberapa akun Instagram merek besar, Anda pasti melihat sesuatu yang bermanfaat bagi pengikut akun tersebut. Jika dicermati, selalu sesuai dengan topik postingan yang diunggah. Metode periklanan ini tersedia di IG sebagai fitur akun bisnis Instagram Anda. Oleh karena itu, pengguna lain akan tertarik untuk mengklik tombol “follow” di akun Anda.

Agar metode periklanan ini berhasil di Instagram, ingatlah untuk meluangkan waktu Anda. Anda dapat berinteraksi dengan follower akun Anda. Berikan konten yang bermanfaat dan mendidik kepada pengikut Anda. Anda sebaiknya membuat feed yang menarik dengan tema yang konsisten. Perhatikan foto, warna, corak, dan konsisten saat mengupload.

Misalnya, jika Anda memilih warna hijau untuk branding Anda, Anda harus konsisten saat membuat feed. Pastikan warna dan coraknya selalu sama. Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan layanan pemasaran media sosial seperti Sribu.com untuk mengoptimalkan feed Anda dan topik Instagram yang menarik.

4. Membuat Konten Berupa Foto Atau Video

Jika memikirkan aplikasi yang memungkinkan Anda berbagi video dan gambar, Instagram adalah aplikasi yang layak untuk didiskusikan. Memiliki kekuatan visual yang unik dan cocok sebagai media periklanan. Oleh karena itu, ketahui dan pahami cara berpromosi di Instagram.

Anda harus mencoba untuk mempromosikan bisnis di instagram. Oleh karena itu, ambillah foto dan video yang sesuai dengan produk yang ingin Anda promosikan. Tambahkan juga judul untuk posting Anda. Cara promosi ini mudah dilakukan di IG.

Misalnya, jika Anda menjual produk kecantikan, jangan hanya menjelaskan bahan yang digunakan, ukurannya, dan harganya. Namun, harap sertakan juga kalimat-kalimat yang menarik. Contoh: “Rasakan perawatan terbaik untuk kulit Anda dengan krim ini. VK Skin dengan bahan-bahan berkualitas tinggi yang dipilih dengan cermat, hanya 187K.”

5. Memposting Konten dengan Rutin dan Konsisten

Cara berpromosi di Instagram selanjutnya adalah dengan mengunggah konten secara rutin dan konsisten. Ini membantu mempermudah melihat dan berinteraksi dengan pengikut Anda. Interaksi ini diharapkan dapat membuat aktivitas jual beli menjadi lebih lancar. Selain itu, sering menerbitkan konten juga dapat meningkatkan branding perusahaan Anda. Dengan cara ini, produk Anda akan semakin dikenal masyarakat.

Namun, Anda juga harus mengetahui waktu terbaik untuk mempublikasikannya. Mengunggah konten secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan pengikut akun Anda. Anda bisa mempromosikan diri Anda di IG dengan membagikan foto dan video setiap hari. Dengan cara ini, pengikut Anda tidak akan pernah meninggalkan bisnis Anda. Selain itu, pengikut baru akan muncul dan mulai mengikuti akun Instagram bisnis Anda.

Jika nanti stok foto atau video sudah habis, Anda juga bisa menggunakan foto produk yang dikirimkan atau yang pelanggan Anda mention. Anda juga bisa membuat konten berupa kata-kata mutiara atau quotes, namun harus menggambarkan produk Anda. Tentu saja menggunakan metode periklanan IG akan membuat akun Instagram bisnis Anda semakin terlihat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika jumlah pelanggan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

6. Tambahkan dan Gunakan Hashtag Khusus

Menggunakan hashtag di postingan Anda memudahkan promosi di Instagram. Pasalnya, hashtag memudahkan pencarian sesuatu di media sosial, khususnya di aplikasi Instagram. Namun, Anda juga harus berhati-hati dengan hashtag. Usahakan untuk tidak menggunakannya terlalu sering. Jika tidak digunakan, itu menjadi spam.

Pastikan juga apa yang Anda gunakan relevan dengan konten yang Anda unggah. Namun, jika ternyata akun Anda tidak memiliki banyak follower, Anda bisa menggunakan hashtag yang sedang trending di Instagram.

Saat menggunakan hashtag yang sedang trending. Maka akan membuat produk yang Anda miliki menjadi lebih terkenal dengan peningkatan konten yang dipromosikan melalui intsgram. Jadi mulai sekarang silahkan coba tambahkan hashtag (#) pada judul postingan Anda. Misalnya jika Anda menjalankan bisnis fashion, Anda bisa menambahkan hashtag seperti #fashionindonesia, #fashionjakarta, dll.

7. Jalin Relasi dengan akun Instagram Sejenis

Cara berpromosi di Instagram selanjutnya adalah dengan menjalin relasi. Mulailah dengan mengikuti akun Instagram yang mirip dengan Anda. Kemudian tinggalkan komentar di postingan tersebut. Namun, lebih baik melakukan softselling daripada mengirim spam komentar penjualan.

Jika Anda beriklan seperti ini di IG, pastikan Anda mengikuti akun influencer tersebut. Tujuannya adalah untuk menambah daftar rekomendasi pengikut Anda. Selain itu, Anda dapat mengikuti akun pesaing Anda tergantung pada produk yang mereka jual. Tentunya hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah feed dan bio akun Instagram bisnis Anda akan terlihat lebih menarik.

Gimana? Cukup mudah kan promosi melalui media sosial instagram ini. Sekarang waktunya untuk mencoba ya!

4.7/5 - (3 votes)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

1 hour ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

4 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

1 day ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

1 day ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago