HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Yuk Simak! Penjelasan Jelas Mengenai Proxy

Apakah Anda memahami apa itu proxy? Perangkat ini sangat penting dan berdampak besar terhadap keamanan data dan pencurian identitas di Internet. Jadi apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda menjelajah Internet menggunakan proxy?

Saat Anda mengunjungi suatu situs web, alat ini bertindak sebagai pintu gerbang antara pengguna Internet dan Internet itu sendiri, jadi tergantung pada kasus, kebutuhan, dan implementasi Anda, alat ini memiliki tingkat fungsionalitas yang berbeda-beda dan terkadang disebut sebagai penyedia keamanan dan privasi.

Apa itu Proxy ?

Bagi yang belum tahu, proxy umumnya adalah sistem yang bertindak sebagai perantara antara pengguna dan jaringan Internet. Tujuan utamanya adalah untuk menyamarkan identitas asli pengguna sehingga data yang dibaca adalah alamat IP server proxy, bukan alamat IP sebenarnya.

Misalnya, ketika Anda melihat halaman website tertentu, proxy menerima permintaan serta informasi dari website ke perangkat yang Anda gunakan. Sementara itu, data alamat IP yang Anda gunakan tetap aman dan tidak diketahui oleh server yang menghosting website Anda.

4 Tipe Proxy

Transparent Proxy

Tipe proxy yang pertama ini sering disebut dengan Transparent Proxy atau Inline Proxy. Fungsi utama proxy transparan adalah sebagai perantara pertukaran data tanpa adanya perubahan di sisi server atau klien.

Transparent Proxy biasanya dipasang di jaringan Internet tanpa sepengetahuan pengguna. Institusi yang sering menggunakan proxy jenis ini antara lain perpustakaan, perusahaan, sekolah, atau lingkungan yang ingin menciptakan kondisi internet yang sehat dengan mengarahkan konten atau pesan berbahaya ke halaman tertentu.

Selain itu, Transparent Proxy pada dasarnya bekerja sendiri dengan mengalihkan ke konten lain yang sesuai atau mendistribusikan konten yang sudah ada dalam data cache. Implementasinya kini dapat dilakukan oleh operator jaringan atau politisi dengan hak istimewa yang sesuai.

Distorting Proxy

Distorting Proxy adalah jenis proxy yang, tidak seperti jenis proxy sebelumnya, memiliki kemampuan untuk menyamarkan alamat IP pengguna saat memulai proxy.

Mekanisme Distorting proxy relatif rumit. Pasalnya, Anda tidak hanya perlu menyamarkan identitas alamat IP yang digunakan, namun juga mengirimkan alamat IP palsu yang berbeda dengan lokasi aslinya. Tujuan penggunaan Distorting proxy biasanya untuk mengakses konten tertentu yang sengaja diblokir atau dibatasi aksesnya oleh operator jaringan atau pembuat kebijakan pemerintah.

High Anonymity Proxy

Seperti namanya, High Anonymity Proxy merupakan jenis proxy yang memiliki kemampuan stealth paling tinggi dibandingkan jenis proxy lainnya. Alasannya adalah teknologi yang digunakan dalam High Anonymity Proxy memungkinkan Anda mengubah alamat IP sekaligus memberikan kesan bahwa Anda sebenarnya menggunakan proxy tersebut untuk mengakses situs web terkait.

Karena sistem keamanannya yang sangat canggih, High Anonymity Proxyi terkadang disebut sebagai proxy elit. Alasan mengapa sebagian besar proxy elit saat ini hanya tersedia dalam versi berbayar adalah karena kurang lebih kombinasi teknologi yang digunakan antara anonymous proxy dan transparent proxy.

Jika saat ini Anda sedang mencari proxy untuk mengakses konten di Internet, kami sangat merekomendasikan High Anonymity Proxy sebagai pilihan. Anda dapat menggunakan produk High Anonymity Proxy dari beberapa perusahaan terpercaya, seperti Oxylabs, Smartproxy, RSocks, Bright Data, dll. Tipsnya hindari menggunakan versi gratis dari High Anonymity Proxy, karena produk proxy Elite yang tersedia untuk umum sering kali memiliki masalah kelebihan beban yang mengurangi pengalaman pengguna.

Anonymous Proxy

Jenis proxy lain yang juga sama populernya di kalangan pengguna adalah Anonymous Proxy. Dilihat dari fitur dan perilakunya, Anonymous Proxy adalah jenis proxy yang dapat menyamarkan alamat IP pengguna dan identitas aslinya, sehingga situs target tidak diketahui.

Cara kerja Anonymous Proxy adalah dengan mengubah data yang dikirim dan diterima. Misalnya, ketika Anda mengakses situs web melalui Anonymous Proxy, alamat IP perangkat Anda secara otomatis diganti dengan alamat IP baru yang berbeda dengan alamat IP asli Anda.

Anonymous Proxy dapat menyembunyikan identitas pengguna dan alamat IP sebenarnya, namun ia memberi tahu server situs web target bahwa pengguna menggunakan proksi untuk mengakses kontennya. Tujuan utama penggunaan Anonymous Proxy ialah untuk mengakses konten yang diblokir oleh operator jaringan, menghindari iklan bertarget, dan melindungi dari pemantauan pihak ketiga.

Manfaat Proxy

Bagi sebagian orang, proxy banyak dimanfaatkan untuk membuka akses website yang diblokir oleh institusi tertentu. Selain itu, banyak juga perusahaan atau pebisnis yang menggunakan proxy sebagai bagian dari jaringan internal yang tertutup dari koneksi luar.

Berikut merupakan beberapa contoh manfaat proxy yang perlu kamu ketahui:

Bagi sebagian orang, proxy sering digunakan untuk memberikan akses ke website yang diblokir oleh institusi tertentu. Selain itu, banyak perusahaan dan pebisnis menggunakan proxy sebagai bagian dari jaringan internal mereka, yang tertutup untuk koneksi eksternal. Di bawah ini adalah beberapa contoh manfaat proxy yang perlu Anda ketahui:

1.Meningkatkan Keamanan

Seperti yang Anda ketahui, proxy adalah sebuah konsep atau metode kerja yang dapat melindungi identitas asli pengguna. Oleh karena itu, proxy juga dapat membantu secara tidak langsung, seperti meningkatkan keamanan saat melakukan transaksi keuangan atau mencegah serangan malware.

2.Membuka Situs yang Diblokir

Apakah Anda ingin membuka situs yang diblokir pemerintah menggunakan proxy? Sistem proxy memungkinkan Anda memberikan kesan bahwa Anda mengakses Internet dari lokasi lain, padahal sebenarnya Anda masih berada di Indonesia.

3.Penghematan Bandwidth

Manfaat proxy berikutnya adalah menghemat bandwidth dan penggunaan kuota Internet. Pasalnya, server proxy menyimpan cache data website yang dikunjungi sebelumnya sehingga ketika Anda membuka kembali website tersebut, proxy tidak perlu mengakses konten tersebut lagi. Hal ini tidak hanya menghemat bandwidth Internet Anda, tetapi juga secara tidak langsung memberikan kesan bahwa akses Internet Anda memuat lebih cepat.

4.Memberikan Kontrol Konten

Selain kemampuan proxy untuk melindungi website, proxy juga dapat digunakan untuk membuka website yang diblokir. Anda juga dapat menggunakan proxy untuk membatasi konten. Strategi ini sering digunakan oleh perusahaan yang tidak ingin karyawannya membuka website tertentu pada jam kerja. Bisa juga digunakan oleh para orang tua yang ingin mengontrol internet anaknya di rumah.

Proxy biasanya digunakan untuk apa?

Mayoritas pengguna proxy adalah profesional IT yang memerlukan lapisan keamanan ekstra untuk melindungi data pribadi mereka. Meskipun demikian, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan proxy, seperti membuat jaringan perusahaan di mana hanya karyawan dengan hak akses yang dapat masuk dan mengakses file.

Kelemahan proxy

Meskipun proxy menyediakan sistem keamanan untuk melindungi identitas Anda, mereka juga memiliki kelemahan dan risiko yang harus Anda waspadai. Kelemahan dari proxy adalah:

1.Simpan Riwayat Penelusuran

Proxy sebenarnya dapat menyamarkan informasi pribadi Anda untuk mencegah data Anda disalahgunakan oleh orang lain. Namun, penyedia proxy biasanya menyimpan identitas asli Anda beserta riwayat pencarian yang dilakukan.

2.Beberapa Server Proxy Tidak Menyediakan Enkripsi

Semua server mengenkripsi data pengguna, sehingga identitas asli Anda tidak terlihat jelas oleh pihak ketiga. Kondisi ini biasanya terjadi ketika menggunakan proxy gratis yang banyak tersedia di Internet.

Kelebihan proxy

Bagi yang tertarik menggunakan proxy, ada beberapa kelebihan menggunakan proxy yang bisa Anda jadikan referensi. Keuntungan dari proxy meliputi:

1.Pemeliharaan ID pengguna

Beberapa pengguna yang tidak ingin lokasi dan identitasnya diketahui dapat menggunakan proxy saat mengakses Internet.

2.Akses terbuka ke konten yang diblokir

Proxy membantu memberikan akses terbuka ke situs web yang diblokir oleh pemerintah karena alasan tertentu.

3.Meningkatkan kinerja browsing

Perhatikan bahwa proxy meningkatkan pengalaman browsing Anda dengan menyimpan cache situs web yang Anda kunjungi sehingga memuat lebih cepat saat Anda mengunjunginya lagi.

Cara Kerja Server Proxy

Setiap komputer harus memiliki alamat Internet Protocol (IP) yang unik. Alamat IP ini dapat dibandingkan dengan alamat komputer Anda. Seperti halnya kantor pos yang perlu mengetahui alamat tujuan untuk mengirimkan surat. Internet juga perlu mengetahui alamat IP Anda sehingga dapat mengirimkan data yang benar ke komputer yang sesuai dengannya.

Proxy adalah komputer di Internet yang memiliki alamat IP sendiri yang diketahui oleh komputer itu sendiri. Saat Anda mengirim permintaan ke Internet, permintaan tersebut pertama kali dikirim ke server. Server proxy kemudian membuat permintaan web atas nama Anda, mengumpulkan tanggapan dari server web, dan meneruskan data halaman web sehingga Anda dapat melihat halaman tersebut melalui browser Anda.

Anda dapat mengubah informasi yang dikirim ketika server meneruskan permintaan web. Satu-satunya informasi yang pada akhirnya dikirimkan oleh server ke situs web tujuan adalah informasi yang diizinkan untuk dilihat atau dibaca. Server mengubah alamat IP Anda, sehingga server web tidak lagi mengetahui secara pasti di mana Anda berada. Hal ini dimungkinkan karena data dienkripsi dan tidak dapat dibaca selama transmisi. Alat ini juga dapat memblokir akses ke situs web tertentu berdasarkan alamat IP.

Mengapa harus menggunakan proxy?

Baik kantor maupun individu menggunakan alat ini karena berbagai alasan, termasuk:

– Untuk mengontrol penggunaan internet oleh karyawan dan anak-anak

Baik kantor maupun orang tua memasang firewall untuk mengontrol dan memantau cara karyawan dan anak-anak menggunakan Internet. Beberapa kantor mungkin melarang karyawan melihat situs web tertentu selama jam kerja. Anda dapat mengonfigurasi proxy Anda untuk menolak akses ke situs web tertentu. Dengan konfigurasi ini, Internet akan memperingatkan Anda untuk tidak menjelajahi situs web di jaringan kantor Anda.

– Hemat bandwidth dan meningkatkan kecepatan

Alat ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja jaringan secara keseluruhan. Proxy adalah server yang juga dapat menyimpan cache situs web yang sering dikunjungi. Oleh karena itu, jika banyak orang di kantor Anda mengunjungi situs web tertentu secara bersamaan, server proxy hanya akan mengirimkan satu permintaan ke situs web tersebut. Ini menghemat bandwidth perusahaan Anda dan meningkatkan kinerja jaringan.

– Manfaat privasi

Baik individu maupun bisnis menggunakan server proxy untuk menjadikan Internet lebih pribadi. Beberapa server proxy mengubah alamat IP dan informasi pengenal lainnya dalam permintaan web. Artinya server target tidak mengetahui siapa sebenarnya yang membuat permintaan awal. Ini melindungi informasi pribadi Anda dan membantu Anda menggunakan Internet dengan lebih pribadi.

– Peningkatan keamanan

Selain menjaga privasi, manfaat alat ini adalah peningkatan keamanan. Anda dapat mengkonfigurasi permintaan web untuk dienkripsi sehingga transaksi tidak dapat dibaca. Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk mencegah situs web malware. Selain itu, Anda dapat memasangkan server proxy Anda denganVirtual Private Network atau VPN. VPN memungkinkan kantor melindungi data perusahaan sekaligus menyediakan koneksi aman bagi pengguna.

– Mendapatkan akses ke sumber daya yang diblokir

Server memungkinkan Anda melewati batasan konten yang diberlakukan oleh bisnis dan pemerintah dengan mengakses sumber daya yang diblokir. Server proxy membuat Anda seolah-olah berada di Amerika Serikat, namun sebenarnya Anda berada di Kanada. Di beberapa belahan dunia, beberapa pemerintahan secara ketat memantau dan membatasi akses ke Internet, dan alat ini memudahkan semua orang untuk mengakses Internet.

Risiko Menggunakan Server Proxy

Meskipun banyak manfaat menggunakan server proxy, namun bukan berarti tanpa risiko. Berhati-hatilah saat memilih server proxy. Risiko yang Anda ambil mungkin sebenarnya meniadakan manfaat penting yang disebutkan di atas.

– Resiko server proxy gratis

Server proxy gratis biasanya tidak perlu berinvestasi banyak pada perangkat keras atau enkripsi. Anda mungkin melihat masalah kinerja atau potensi masalah keamanan data. Jika Anda menemukan alat ini gratis, Anda harus berhati-hati. Faktanya, beberapa di antaranya hanya mencoba mencuri data penting Anda.

– Log riwayat penelusuran

Server proxy menyimpan alamat IP asli Anda dan terkadang informasi permintaan web yang tidak terenkripsi secara lokal. Pastikan untuk memeriksa apakah server proxy Anda mencatat dan menyimpan data ini dan pedoman kerja sama penegakan hukum apa yang diikuti.

– Tanpa enkripsi

Menggunakan alat ini tanpa enkripsi sama dengan tidak menggunakan proxy, karena tanpa enkripsi Anda mengirimkan permintaan sebagai teks biasa. Siapapun yang dapat melihat data Anda dapat dengan mudah mendapatkan nama pengguna, kata sandi, dan informasi lainnya. Oleh karena itu, pastikan server yang Anda gunakan menawarkan layanan enkripsi lengkap.

Tidak semua proxy bekerja dengan cara yang sama. Jadi ingatlah untuk memahami dengan tepat fitur apa yang Anda dapatkan dari server Anda dan pastikan fitur tersebut benar-benar memenuhi kebutuhan Anda.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

6 hours ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

7 hours ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

8 hours ago

Masih Bimbang Dengan JSON? Yuk Simak Kelebihan Dan Kekurangannya!

Ingin menggunakan JSON tetapi masih bimbang? Yuk lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari programming…

1 day ago

Backup Data: Solusi Cerdas Melindungi Data

Backup data adalah proses menyalin file penting dan menyimpannya di lokasi lain. Hal ini merupakan…

1 day ago

Reboot: Solusi Praktis untuk Menyegarkan Perangkat

Beberapa orang mungkin sering mendengar istilah "reboot". Reboot biasanya diperlukan ketika perangkat elektronik mengalami kerusakan,…

1 day ago