HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Remote PC Terpopuler

Aplikasi remote adalah software yang digunakan untuk bisa mengakses server secara remote atau dari jarak jauh. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. AeroAdmin

AeroAdmin mungkin merupakan aplikasi remote desktop termudah saat ini. Hampir ada tidak pengaturan dan semuanya cepat dan langsung ke tujuan untuk digunakan sebagai support dadakan.

Sisi Host

  • AeroAdmin terlihat seperti TeamViewer. Hanya perlu menjalankan program portabel dan berbagi alamat IP atau share ID dengan orang lain. Hal ini yang menjadikan komputer klien akan tahu bagaimana terhubung ke host.

Sisi klien

  • PC klien hanya perlu menjalankan program AeroAdmin yang sama dan masukkan ID atau alamat IP.
  • Dapat memilih View only atau Remote Control sebelum menghubungkan PC dengan komputer host, dan kemudian hanya pilih Connect untuk memulai remote control.
  • Ketika komputer host menerima sambungan, dapat mulai mengendalikan komputer, berbagi clipboard teks, dan mentransfer file.

Sangat menyenangkan bahwa AeroAdmin benar-benar gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial, tapi tidak ada fitur chatting yang disertakan. AeroAdmin dapat di install pada Windows 10, 8, 7, XP 32-bit dan 64-bit.

2. Dekstop Now

DesktopNow merupakan aplikasi remote desktop dari NCH Software. Setelah melakukan konfigurasi port forwarding yang sifatnya opsional pada router harus mendaftar untuk mendapatkan akun gratis untuk dapat mengakses PC dari mana saja melalui web browser.

Sisi Host

  • Komputer yang akan diakses dari jauh perlu di install aplikasi DesktopNow. Ketika aplikasi ini pertama kali dijalankan, harus memasukkan email dan password sehingga dapat menggunakan kredensial yang sama dengan klien untuk membuat koneksi.
  • Komputer host dapat dikonfigurasi menggunakan port forwarding pada router untuk atau memilih akses cloud untuk membuat koneksi langsung ke klien dimana ini sangat bagus apabila menganggap konfigurasi port forwarding itu rumit.

Sisi klien

  • Klien hanya perlu mengakses host melalui web browser. Jika router dikonfigurasi menggunakan port forwarding, klien dapat menggunakan alamat IP PC Host untuk terhubung. Jika akses cloud yang dipilih, sebuah link akan diberikan ke host dimana link ini akan digunakan untuk koneksi.
  • DesktopNow memiliki fitur file sharing yang bagus yang memungkinkan download file secara remote menggunakan browser. Tidak ada aplikasi khusus untuk terhubung ke DesktopNow dari perangkat mobile. Namun jangan khawatir, situs ini dioptimalkan untuk pengguna ponsel.

3. Windows Remote Desktop

Windows Remote Desktop merupakan aplikasi remote desktop yang terintegrasi dengan sistem operasi Windows. Tidak perlu mendownload Windows Remote Desktop untuk menggunakan aplikasi ini.

Sisi Host

  • Tidak ada aplikasi yang harus di install untuk menggunakan Windows Remote Desktop.
  • Untuk mengaktifkan koneksi ke komputer dengan Windows Remote Desktop, harus membuka pengaturan System Properties dan mengaktifkan pengaturan allow remote connections. Harus mengatur port forwarding pada router agar PC lain dari luar jaringan bisa terhubung.

Sisi klien

  • Komputer lain yang ingin terhubung ke komputer host hanya perlu membuka software Remote Desktop Connection yang sudah terpasang dan tinggal masukkan alamat IP dari host tersebut.
  • Sebagian besar aplikasi pada daftar ini memiliki fitur Windows Remote Desktop tidak, tetapi metode akses remote ini tampaknya menjadi cara yang paling alami dan paling mudah untuk mengontrol mouse dan keyboard dari remote PC.
  • Setelah mengkonfigurasi semuanya, dapat mentransfer file, print ke printer lokal, mendengarkan audio dari PC remote, dan mentransfer clipboard konten.

4. Chrome Remote Desktop

Chrome remote desktop merupakan ekstensi untuk browser Google Chrome yang memungkinkan untuk akses remote dari browser chrome lainnya.

Sisi Host

  • Pada saat pertama kali menjalankan exstensi ini akan diarahkan untuk memberikan otentikasi untuk akses remote PC menggunakan PIN yang dibuat sendiri. Proses ini mengharuskan untuk login ke akun Google.

Sisi klien

  • Untuk menyambung ke browser host, masuk ke browser Chrome dengan kredensial Google yang sama dan menginstall ekstensi yang sama.
  • Setelah login dapat melihat nama PC lainnya yang dapat memilih dan memulai untuk melakukan remote. Chrome Remote Desktop mendukung copy atau paste file sharing sederhana tapi tidak terdapat pengaturan lanjutan.
  • Dikarenakan Chrome Remote Desktop bekerja sepenuhnya dari dalam browser Google Chrome, berarti dapat digunakan pada semua sistem operasi yang menggunakan Chrome, termasuk Windows, Mac, Linux dan tentu saja Chromebook.

5. TeamViewer

TeamViewer adalah aplikasi remote desktop gratis paling mudah yang pernah digunakan. Walaupun ada banyak fitur besar pada aplikasi ini, tetapi tidak sulit untuk untuk menginstall TeamViewer karena tidak memerlukan perubahan pada konfigurasi router atau firewall.

Selain adanya dukungan untuk video, panggilan suara dan chatting, TeamViewer juga memungkinkan transfer file, mendukung wake-on-LAN (WOL), dan bahkan dapat melakukan reboot PC secara remote dan kemudian terkoneksi kembali secara otomatis.

Sisi Host

  • Komputer yang ingin dihubungkan dengan TeamViewer bisa berupa komputer Windows, Mac, atau Linux.
  • Versi full dengan installer menjadi pilihan yang baik untuk di install pada sisi host dan merupakan pilihan yang aman jika tidak yakin apa yang harus dilakukan.
  • Sebuah versi portabel yang disebut TeamViewer QuickSupport juga pilihan yang baik jika ingin melakukan remote hanya sekali atau jika tidak memungkinkan menginstall TeamViewer pada komputer host tersebut.
  • Opsi terakhir adalah TeamViewer host dan ini merupakan versi terbaik jika sering dan berkelanjutan melakukan remote pada komputer host tersebut.

Sisi Klien

  • TeamViewer memiliki sejumlah pilihan untuk terhubung ke komputer yang ingin dikontrol.
  • Aplikasi yang dapat di install maupun versi portablenya tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux, serta aplikasi mobile untuk iOS, BlackBerry, Android, dan Windows Phone yang berarti dapat menggunakan ponsel atau tablet untuk terhubung ke komputer host dari jarak jauh saat bepergian.
  • TeamViewer juga memungkinkan juga menggunakan web browser untuk mengakses komputer host.
  • Sejumlah fitur lainnya juga termasuk, seperti kemampuan untuk berbagi satu jendela aplikasi dengan orang lain (bukan keseluruhan desktop) dan pilihan untuk print file secara remote ke printer lokal.

Sistem operasi yang didukung TeamViewer termasuk Mac, Linux, Windows 10, 8, 7, Vista, XP, 2000, Windows Server 2012/2008/2003, Chrome OS, dan Windows Home Server.

6. Remote Utilities

Remote utilities merupakan aplikasi remote desktop dengan beberapa fitur yang sangat baik. Remote utilities bekerja dengan menghubungkan dua komputer dengan apa yang mereka sebut “Internet ID“. Dapat mengontrol hingga 10 PC dengan aplikasi ini.

Sisi Host

  • Install bagian dari remote utilities yang disebut host pada PC windows untuk memiliki akses permanen ke komputer tersebut.
  • Memiliki pilihan untuk hanya menjalankan Agent yang menyediakan dukungan secara instan tanpa harus menginstall apapun, bahkan dapat menjalankannya dari flash disk.
  • Komputer host diberikan sebuah Internet ID yang nantinya digunakan klien untuk membuat sambungan ke komputer tersebut.

Sisi Klien

  • Install bagian dari Remote Utilities yang disebut Viewer yang digunakan untuk terhubung ke komputer Host atau Agent.
  • Viewer dapat didownload secara terpisah atau mendownload kombinasi Viewer + Host. Dapat download versi portabel dari viewer jika lebih suka untuk tidak menginstall apapun.
  • Menghubungkan viewer ke host atau agen dilakukan tanpa melakukan perubahan router seperti port forwarding, menjadikan setup remote utilities sangat mudah.
  • Klien hanya perlu memasukkan nomor Internet ID dan password. Ada juga aplikasi klien yang dapat di download secara gratis untuk pengguna iOS dan Android.
  • Modul yang sedikit berbeda pada viewer sehingga benar-benar dapat mengakses komputer dari jarak jauh tanpa melihat layar.

Berikut merupakan beberapa modul remote utilities yang diizinkan : remote task manager, transfer file, kontrol daya untuk remote rebooting atau WOL, remote terminal (akses ke Command Prompt), remote file launcher, text chat, remote registry access, system information manager, dan remote webcam viewing. Selain fitur tersebut, remote utilities juga mendukung print jarak jauh dan melihat beberapa monitor. Sayangnya, mengkonfigurasi remote utilities jauh membingungkan pada komputer host, karena ada banyak pilihan yang berbeda.

Remote utilities dapat di install pada Windows Server 2012, 2008, dan Windows XP, 10, 8, 7, dan Vista.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

1 day ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

4 days ago