HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Password Manager Terbaik 2021

Pengertian Password Manager

Password Manager adalah tools untuk menyimpan semua password akun yang digunakan secara online. Mulai dari password email, media sosial, aplikasi e-commerce, m-banking dll.

Password manager tersedia dalam bentuk extension pada browser maupun aplikasi yang bisa di install pada perangkat. Bisa digunakan komputer atau smartphone.

Semua kata sandi aplikasi yang dienkripsi dan disimpan dalam “brankas” yang dilindungi oleh “kata sandi utama”. Hal ini berarti sebuah password manager memungkinkan untuk membuat kata sandi yang berbeda pada setiap akun kamu dengan kuat dan aman. Tidak harus mengingat banyak password karena semua password akan disimpan pada brankas.

Dengan password manager harus membuat dan mengingat satu kata sandi utama yang digunakan untuk membuka atau login pada software Password manager.

Password Manager Terbaik 2021

Di bawah ini akan diberikan beberapa rekomendasi password manager terbaik yang bisa dicoba, yaitu :

1. LastPass

LastPass merupakan salah satu pelopor password manager dengan lebih dari 25 juta pengguna di seluruh dunia. LastPass bisa digunakan dalam bentuk ekstensi browser dan aplikasi untuk Windows, Mac, Android dan iOS.

Daya tarik utama LastPass adalah melimpahnya fitur di versi gratis. Bisa menyimpan password dengan jumlah tidak terbatas, sinkronisasi dengan banyak perangkat sekaligus dan keamanan tambahan melalui scan sidik jari atau wajah dengan Multi-Factor Authentication (MFA).

Hebatnya lagi, banyaknya fitur tidak membuat tampilan LastPass kurang intuitif. Bahkan, bisa dikatakan versi extension-nya memiliki UI dan UX yang sangat baik. Sayangnya, tampilan di versi aplikasinya masih perlu perbaikan agar lebih ramah pengguna.

Harga 

  1. Gratis.
  2. Premium: $3/bulan.
  3. Families: $4/bulan.
  4. Business: mulai $3-$8/pengguna.

Keunggulan

  1. Versi gratis mempunyai fitur yang melimpah: password tidak terbatas, sinkronisasi banyak perangkat dan MFA.
  2. Bisa login menggunakan sidik jari dan face recognition.
  3. Tampilan versi ekstensinya ramah pengguna.

Kekurangan

Tampilan versi aplikasi kurang intuitif.

2. 1Password

1Password juga merupakan pelopor password manager di pasaran. Bedanya, 1Password hanya tersedia dalam versi berbayar dengan free trial selama 14 hari.

1Password memiliki beberapa fitur canggih yang mampu menjamin keamanan password. Contohnya Watchtower yang bisa memberitahu apabila data pribadi bocor di jagat maya. Lalu, ada Travel Mode yang menghapus sementara data pribadi ketika sedang bepergian sehingga lebih aman jika perangkat hilang.

1Password cocok digunakan untuk keluarga yang membutuhkan sebuah password manager. Tidak hanya mendukung hingga lima anggota keluarga akan leluasa untuk mengatur brankas pribadi, brankas keluarga dan hak akses masing-masing orang.

1Password menyertakan banyak sekali fitur keamanan yang sangat bagus, seperti :

  • Watchtower

Memindai web gelap dan basis data umum untuk pembobolan login dan informasi finansial, mengaudit penyimpanan kata sandi untuk keamanan dan menghasilkan kata sandi yang sangat tangguh.

  • Autentikator bawaan

Menghasilkan kata sandi satu kali untuk memperkuat login web yang kompatibel dengan 2FA.

  • 2FA

Sinkronkan dengan aplikasi kata sandi satu kali seperti Authy, kunci USB seperti YubiKey dan Fido, serta pemindai biometrik (wajah, sidik jari dan mata) untuk Windows, Android dan iOS.

  • Mode perjalanan

Menyembunyikan kata sandi sensitif dari penyimpanan sehingga pemeriksaan perbatasan yang mengganggu tidak dapat mengakses data pribadi.

  • Opsi penyimpanan data lokal

Sinkronkan komputer dengan perangkat Android atau iOS pada jaringan nirkabel lokal menggunakan peladen WLAN.

Harga

  1. Personal: $2.99/bulan.
  2. Families: $4.99/bulan.

Keunggulan

  1. Fitur Watchtower yang memberitahu apabila data pribadi bocor.
  2. Travel Mode yang bisa menghapus sementara data pribadi ketika bepergian.

Kekurangan

Tidak ada versi gratis.

3. Bitwarden

Bitwarden memiliki fitur standarnya cukup lengkap, mulai dari penyimpanan password tidak terbatas, sinkronisasi berbagai perangkat, hingga penyimpanan password secara offline yang terenkripsi.

Selain itu ada fitur unggulan lain seperti kode OTP enam digit, 2FA, laporan kesehatan brankas dan masih banyak lainnya. Tidak hanya dari fitur, pilihan versi Bitwarden cukup menarik. Selain menyediakan versi gratis, versi premium adalah salah satu yang termurah.

Harga

  1. Basic: Gratis.
  2. Premium: $0.83/bulan.
  3. Family: $3.33/bulan.

Keunggulan

  1. Harga versi premium yang murah.
  2. Versi gratis memberikan banyak fitur standar seperti penyimpanan password tidak terbatas, sinkronisasi berbagai perangkat, two factor authentication dan penyimpanan password secara offline.

Kekurangan

  1. Fitur autofill yang cukup ribet dan mengharuskan klik beberapa kali.
  2. Tidak adanya fitur di aplikasi sehingga harus mengunjungi website Bitwarden dulu.

4. NordPasspenjelasan 

Walaupun terhitung password manager baru, tapi NordPass tidak boleh diragukan. Sebab, NordPass memiliki tingkat keamanan yang cukup canggih.

Berbeda dengan password manager lain yang menggunakan metode enkripsi AES, NordPass memilih menggunakan XChaCha20. Metode ini dianggap lebih aman dan lebih mudah untuk diimplementasikan. Bahkan, perusahaan sekelas Google pun juga menggunakan metode ini.

Selain itu, NordPass menggunakan Zero-Knowledge Protocols sehingga data tidak dapat diakses siapapun kecuali diri sendiri. Sebagai pelengkap keamanannya, NordPass juga menerapkan MFA melalui sidik jari, face recognition, hingga Touch ID.

Harga

  1. Gratis.
  2. Premium: $1.49/bulan.
  3. Family: $3.99/bulan.

Keunggulan

  1. Keamanan super canggih dengan XChaCha20 dan Zero-Knowledge Protocols.
  2. Pilihan MFA yang lengkap, mulai dari sidik jari, face recognition, hingga TouchID.
  3. Tampilan ciamik yang ramah untuk pemula.

Kekurangan

  1. Versi gratis hanya bisa digunakan di satu perangkat aktif.
  2. Fitur berbagi password yang tidak mengizinkan mengedit folder.

5. RoboForm

RoboForm adalah salah satu password manager terbaik dengan kemampuan autofill yang pantas diacungi jempol. Tidak hanya autofill password, RoboForm juga bisa melakukan autofill berbagai form kompleks.

Ketika sering mengisi formulir secara online terkait data diri, penggunaan RoboForm bisa cukup membantu. Sebab, dalam sekali klik, formulir tersebut akan terisi otomatis sesuai data yang telah disiapkan. Selain itu, RoboForm memungkinkan untuk membuat beberapa identitas form dalam delapan kategori berbeda. Mulai dari login media sosial, paspor, kartu kredit, hingga info kendaraan.

Password manager ini juga mempunyai fitur bernama Manage Bookmark untuk mensinkronkan bookmark ke berbagai browser dan perangkat yang digunakan. RoboForm juga dilengkapi dengan :

  • Opsi banyak 2FA.
  • Audit keamanan kata sandi.
  • Berbagi kata sandi dan catatan yang terjamin.
  • Penyimpanan penanda yang aman.

Harga

  1. Gratis.
  2. Premium: $1.99/bulan.

Keunggulan

  1. Kemampuan autofill password dan berbagai formulir online.
  2. Fitur Manage Bookmark untuk kemudahan sinkronisasi bookmark ke berbagai perangkat.

Kekurangan

Tidak tersedianya 2FA dan sinkronisasi data ke berbagai perangkat.

6. Sticky Password

Sticky Password adalah password manager sederhana dengan beberapa fitur unik. Selain penyimpanan offline, tersedia juga versi portable untuk Windows yang bisa disimpan di flashdisk.

Sayangnya, meski Sticky Password sudah dibekali AES 256 bit, tapi hal tersebut tak berlaku untuk versi portable-nya. Jadi harus ekstra hati-hati saat menggunakan versi tersebut.

Harga

  1. Pribadi: Gratis.
  2. Premium: $2.50/bulan.

Keunggulan

  1. Penyimpanan offline.
  2. Memiliki versi portable sehingga bisa disimpan di flashdisk untuk akses lebih muda.
  3. Adanya fitur autofill form.

Kekurangan

Tampilan yang kurang intuitif.

7. Keeper

Keeper adalah salah satu password manager yang hanya tersedia dalam versi berbayar. Patut dimaklumi mengingat fitur lengkap dan keamanan tinggi yang ditawarkan.

Keeper juga mempunyai beberapa fitur tambahan mulai dari fitur standar seperti penyimpanan password dan sinkronisasi tidak terbatas, AES 256 bit, Zero-Knowledge Protocols dan MFA hingga aplikasi bertukar pesan bernama KeeperChat.

KeeperChat merupakan salah satu aplikasi yang dianggap teraman di dunia. Hal itu berkat enkripsi end-to-end, brankas digital yang bisa hancur dengan sendirinya jika diserang, dan galeri yang privat. Jika mengandalkan PIN untuk mengelola password, Keeper bukanlah pilihan yang tepat. Sebab, password manager ini hanya bisa dibuka lewat sidik jari atau face recognition saja.

Harga

  1. Personal: Mulai dari $2.91/bulan, free trial 30 hari.
  2. Family: Mulai dari $6.24/bulan.

Keunggulan

  1. Menawarkan keamanan yang baik dengan proteksi AES 256 bit, Zero-Knowledge Protocols dan MFA.
  2. KeeperChat yang bisa menjadi alternatif aplikasi bertukar pesan aman.

Kekurangan

  1. Tidak tersedia versi gratis.
  2. Opsi pengaturan PIN yang dihilangkan.

8. Dashlane

Dirilis pada tahun 2012 silam, Dashlane dengan cepat merangkak ke tangga password manager terbaik di pasaran. Tidak lain karena adanya fitur untuk mengganti banyak password sekaligus. Bahkan, tidak terbatas hanya untuk website terkenal seperti Facebook dan Netflix.

Dashlane menawarkan kualitas keamanan yang terhitung sangat baik. Seperti AES 256 bit, Zero-Knowledge Protocols dan 2FA. Dengan fitur ini,  akan memastikan orang lain tidak bisa mengakses data pribadi.

Dashlane juga dilengkapi dengan :

  • Pengubah kata sandi otomatis.
  • VPN (dengan data tak terbatas).
  • Monitor web gelap.
  • Berbagi kata sandi.
  • Audit kekuatan kata sandi.
  • Akses darurat.
  • Penyimpanan berkas terlindung (1 GB).

Harga

  1. Gratis.
  2. Premium: $3.33/bulan.
  3. Family: 4.99/bulan.

Keunggulan

  1. Fitur untuk mengganti banyak password sekaligus.
  2. Menawarkan VPN unlimited.
  3. Tampilan yang sangat intuitif.

Kekurangan

Paket termurah lebih mahal dibanding kompetitor.

Manfaat Password Manager

Selain fungsi utama untuk menyimpan password, berikut manfaat password manager yang lain :

  1. Tidak hanya menyimpan password.
  2. Membantu membuat password yang susah dibajak.
  3. Mencegah dari serangan Phising.
  4. Terhubung dengan berbagai perangkat.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago