HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
pengetahuan umum

Rekomendasi Website Builder Terbaik 2021

Pengertian Website Builder

Website builder adalah sebuah platform atau program yang dapat membantu dalam membangun website. Tidak hanya itu, website builder juga dapat mempermudah publikasi website.

Pada umumnya, cara kerja website builder terdiri dari tiga langkah mudah :

  • Pilih template website.
  • Edit websitenya sesuai dengan keinginan.
  • Publikasi websitenya.

Ada dua jenis website builder yang bisa digunakan, yaitu :

  • Online : Online website builder mesti diakses via internet.
  • Offline : Offline website builder harus di install di komputer.

Website Builder Terbaik di 2021

Beberapa website builder populer yang bisa jadi memenuhi kriteria yang dibutuhkan, yaitu :

1. Zyro

Web builder Zyro dirancang untuk membantu pengguna membuat situs atau toko online hanya dalam hitungan menit.

Zyro memiliki semua fitur yang komplit untuk membangun website. Selain itu, ada beberapa fitur tambahan lainnya untuk membangun situs yang profesional. Seperti logo maker, resize photo, AI slogan creator, AI business name generator, AI writer, privacy policy dan terms and conditions generator.

Optimalisasi situs di search engine juga bisa dilakukan dengan tools SEO dari Zyro. Sayangnya Zyro tidak menyediakan free trial, segala kelebihan itu dapat digunakan dengan membayar sejumlah biaya.

Fitur unggulan Zyro

  • Template Lengkap

Template website profesional untuk semua bisnis – terdapat berbagai jenis template.

  • Fitur eCommerce

Tersedia berbagai fitur mulai dari mengelola stok produk, pesanan, melacak pengiriman, membuat laporan, hingga melayani pelanggan.

  • Free Domain & Hosting

Paket yang didapatkan sudah termasuk gratis domain dan hosting.

  • Optimasi mesin pencari

Website dengan loading cepat, optimasi perangkat mobile, meta tag otomatis, cloud hosting dan fitur keamanan SSL.

  • Optimasi perangkat mobile

Desain website Zyro responsif dan bisa mengelolanya dari mobile.

Harga : Bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp 27.200 /bln diskon layanan hingga 87%.

2. SquareSpace

SquareSpace adalah salah satu aplikasi untuk membuat website gratis yang menawan. Bisa membuat situs untuk blog pribadi, toko online atau event dengan berbagai template-template pilihannya. Tampilan dashboard juga sangat memudahkan bagi pemula.

Aplikasi pembuat website ini banyak diandalkan oleh pengguna Android dan iOS karena bisa di-download di HP. Hal ini memudahkan pengguna mengelola website dari mana saja. Selain itu, tersedia juga tools SEO dan email marketing di dalamnya.

Squarespace menyediakan unlimited bandwidth dan storage, SSL security dan gratis custom domain. Tetapi hanya bisa menikmati fitur di Squarespace secara gratis selama 14 hari. Setelah itu harus berlangganan ke salah satu paketnya.

Fitur unggulan Squarespace

  • Blogging tools

Fitur ini mempermudah untuk posting konten di blog. Selain itu  juga dapat dengan mudah dalam kategorisasi konten dan menjadwalkan publikasinya.

  • Analytics

Dapat mengawasi perkembangan jumlah pengunjung, kinerja konten, hingga daftar produk yang paling laku. Semua datanya disajikan dalam bentuk grafik atau tabel.

  • Email marketing tools

Buat kampanye email marketing yang lebih menarik melalui fitur email layout yang bervariasi, kemudahan dalam mengedit konten email dan juga fitur analytics untuk mengawasi efektivitas kampanye.

  • Social media tools

Bisa menghubungkan website dengan akun sosial media, seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Sehingga konten bisa lebih mudah dibagikan ke sosial media.

  • Mobile editing

Squarespace memiliki aplikasi yang bisa didownload di iOS atau Android. Sehingga bisa mengelola website dari mana saja.

Harga : Ada free trial selama 14 hari, dengan tambahan 7 hari. Setelah itu harus berlangganan ke paket yang harganya berkisar dari $12/bulan (Personal plan) hingga $40/bulan (Advanced Commerce plan). Harga tersebut berlaku jika melakukan pembayaran tahunan.

3. Shopify

Shopify adalah website builder terbaik untuk membuat toko online. Jika ingin menjual produk lewat website maka ini adalah pilihan yang tepat. Hampir seluruh fitur yang dibutuhkan untuk membuat dan mengelola toko online bisa didapatkan di Shopify.

Selain itu juga bisa menikmati beberapa alat gratis, seperti alat pembuat nama bisnis dan alat pembuat logo. Untuk bisa menggunakan Shopify harus berlangganan ke salah satu paket berbayarnya. Tapi  bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari.

Fitur unggulan Shopify

  • Intuitive dashboard

Bisa mengelola order, shipping dan pembayaran dalam satu dashboard.

  • Fitur lengkap untuk membangun toko online

Dapat mencari produk lewat Oberlo, mencari berbagai tema toko dan menjual produk di mana saja dengan Shopify point-of-sale (POS) hardware.

  • Alat branding gratis

Bisa menggunakan business name generator dan logo maker untuk membangun brand.

Harga : Ada free trial selama 14 hari. Setelah itu harus berlangganan ke paket yang harganya berkisar dari $29/bulan (Basic Shopify) hingga $299/bulan (Advanced Shopify). Harga tersebut berlaku jika melakukan pembayaran tahunan.

4. Wix

Wix adalah website builder yang sangat ramah pengguna, khususnya bagi pemula. Bisa gunakan Wix untuk membuat website gratis.

Website builder ini juga dilengkapi berbagai fitur menarik seperti drag-and-drop builder, lebih dari 500 template website dan desain yang mobile-friendly. Akan tetapi, layanan gratisnya memiliki beberapa batasan. Contohnya, harus menggunakan .wixsite di dalam alamat website, seperti  “www.namadomain.wixsite.com”. Selain itu, akan ada iklan-iklan Wix di dalam website.

Fitur unggulan Wix

  • Wix Editor

Fitur ini dapat membantu mempercantik website. Nikmati berbagai tools desain menarik seperti unlimited fonts, scroll effects dan media galleries.

  • Wix ADI

Dapat membangun website dalam waktu yang sangat singkat. Jadi, fitur ini akan memberi beberapa pertanyaan, lalu menciptakan website secara otomatis berdasarkan jawaban yang diberikan.

  • Corvid by Wix

Corvid adalah platform open development yang berguna untuk membangun aplikasi web. Fitur ini sangat cocok untuk web developer.

  • Free hosting

Tidak usah khawatir soal publikasi website. Karena dapat menikmati web hosting secara gratis.

  • Fitur Toko Online

Wix juga menyediakan berbagai fitur toko online yang menarik seperti Wix Stores untuk membangun toko online. Ada juga Wix Bookings untuk membantu proses booking order.

Harga : Gratis, tapi dapat melakukan upgrade. Harga paketnya berkisar US$ 4.50/bulan (Connect Domain plan) hingga US$24.50/bulan (VIP plan).

5. Weebly

Weebly adalah website builder yang bisa digunakan secara gratis. Meski begitu, Weebly menyediakan tiga paket member berbayar yang bisa dipilih jika ingin mendapat fitur yang lebih lengkap.

Dengan menggunakan fitur drag and drop, Weebly sangat mudah digunakan. Bahkan tersedia juga beberapa efek animasi yang bisa dipilih untuk melengkapi tampilan website agar lebih memikat. Berbagai pilihan desain templatenya sangat elegan dan tentunya customizable.

Tidak hanya itu, fitur Weebly dilengkapi dengan analytics yang terintegrasi ke mobile app untuk memudahkan melakukan tracking performa website di mana saja.

Fitur unggulan Weebly

  • Powerful editor

Fitur editornya sangat lengkap. Ada banyak elemen yang bisa dimasukkan ke dalam kontennya.

  • Fitur eCommerce

Bisa membuat toko online dengan mudah melalui berbagai fitur tambahan. Mulai dari shopping cart dan halaman checkout, hingga inventory tracking.

  • Responsive design

Ada banyak template gratis yang bisa digunakan. Terlebih lagi, seluruh templatenya telah dioptimasi untuk perangkat mobile.

Harga : Gratis, tapi dapat melakukan upgrade. Harga paketnya berkisar $5/bulan (Connect plan) hingga $25/bulan (Business plan).

6. WordPress

Menurut survey W3Techs 65% dari keseluruhan website yang ada di internet menggunakan website builder WordPress. Ini menjadikan WordPress sebagai CMS paling populer dan banyak digunakan untuk membuat website.

Selain karena sifatnya yang open source, dashboard-nya cukup simpel juga mudah digunakan. WordPress adalah opsi yang bagus bagi para pemula dalam membuat website. Pengguna tidak harus menguasai coding untuk menggunakan WordPress. Terlebih, layanan yang disediakan gratis.

Meski disediakan secara gratis, website builder WordPress banyak digunakan oleh perusahaan besar ternama, hingga ke pemerintahan. Untuk menjaga keamanan situs, WordPress menyediakan banyak plugins security untuk menghindari peretasan yang sering terjadi.

Fitur unggulan WordPress

  • Ratusan tema

Ada ratusan tema gratis dan lebih banyak lagi tema premium yang bisa membuat website terlihat lebih professional.

  • Built-in social sharing

Bisa dengan mudah membagikan konten ke akun sosial media.

  • Mobile and desktop apps

WordPress menyediakan aplikasi yang memudahkan untuk mengedit konten dari mana saja.

Harga : Gratis, tapi harus mengeluarkan biaya untuk hosting dan domain. Selain itu juga bisa mengeluarkan biaya untuk tema dan plugin (opsional).

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

18 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

22 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 days ago