HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Website Royalty-Free Stock Photo Gratis

Ada berbagai website yang menyediakan stok foto bebas royalti. Berikut di antaranya :

1. Kaboompics

Karolina, seorang web designed dari Polandia, adalah sosok kreatif di balik website foto berkualitas tinggi ini. Website foto yang satu ini menawarkan berbagai macam stok foto gratis dengan kualitas tinggi.

Kategori yang ditawarkan disini memang cukup luas. Mulai dari abstrak sampai fashion, kemungkinan besar akan bisa menemukan apa yang dicari dan mau. Foto-foto di Kamboompics boleh digunakan untuk tujuan komersial, tetapi tidak boleh dijual atau di-distribusi ulang. Selain itu, Karolina juga meminta untuk memasukkan kredit dengan backlink ke Kaboompics jika memungkinkan.

Dengan begini akan membantunya untuk mengembangkan websitenya dan Kaboompics dapat terus menyediakan foto-foto berkualitas tinggi untuk semua orang.

2. Negative Space

Negative Space menawarkan foto stok baru setiap minggu. Semua foto yang ada di website ini bebas hak cipta (Creative Commons CC0) yang berarti bebas menggunakan foto-fotonya sesuka hati.

Negative Space juga memiliki kategori yang luas. Mulai dari arsitektur sampai tekonologi, koleksi foto mereka yang terus bertambah akan mengundang pengguna untuk terus kembali ke website ini.

Mencari foto di galeri Negative Space juga mudah. Bisa mencari foto berdasarkan category, copy space position, dan bahkan warna.

3. New Old Stock

Jika mencari foto-foto hitam putih, ini adalah website yang tepat bagi pengguna. Koleksi foto-foto vintage yang ada di website ini diambil dari arsip publik melalui Flickr Commons. Menurut website ini, foto-foto yang disediakan di website ini bebas untuk digunakan tanpa batasan hak cipta.

Jika ingin memastikan bahwa mereka benar-benar aman dan bebas untuk digunakan untuk blog post atau kegiatan marketing dan komersial lainnya bisa membaca tentang lisensinya di website New Old Stock.

4. Death to the Stock Photo

Pemilik website, Allie dan David, membuat website ini setelah mereka melihat bahwa mencari foto dengan kualitas tinggi untuk bisnis, blog, dan kegiatan kreatif lainnya sangatlah sulit. Dari situlah Death to the Stock Photo akhirnya lahir.

Untuk mendapatkan foto dari website ini hanya perlu memasukkan email dan nikmati foto-foto yang dikirim langsung ke inbox email setiap bulannya. Jika bersedia untuk membayar, Death to Stock juga menawarkan Premium membership untuk $15/bulan atau $180/tahun.

Dalam hal lisensi jika menggunakan foto dari website ini, pastikan bahwa memberi credits dengan meletakkan backlink ke Death to Stock Photo. Juga tidak diizinkan untuk mendistribusikan ulang foto-foto yang dapat dari website ini.

5. Burst (by Shopify)

Busrt adalah website resource yang didirikan oleh Shopify. Tujuan dari pembuatan website ini adalah menyediakan stok foto untuk para entrepreneurs. Semua foto yang tersedia di Burst di lisensi dengan Creative Commons CC0 yang berarti bisa menggunakan foto-foto ini secara bebas; termasuk tujuan komersial.

Burst dibuat dengan tujuan untuk membantu para entrepreneurs yang baru membuka bisnis online baik dalam membuat website, campaign marketing, dan produk yang lebih menarik. Kebanyakan foto ini diambil oleh tim Burst dan Shopify sendiri.

Gambar yang tersedia juga memiliki tema yang berhubungan dengan niche bisnis yang sedang trending, mulai dari produk-produk DIY sampai perhiasan. Meskipun begitu juga bisa menemukan fotografi yang lebih umum di website ini.

6. PicJumbo

Dengan gambar baru setiap harinya, ada banyak pilihan gambar dengan kualitas tinggi untuk setiap topik yang sesuai dengan website. Jika menggunakan gambar dari PicJumbo, jangan lupa untuk memberi credits kepada PicJumbo dan meletakkan backlink ke websitenya.

7. Stockpic

Fotografer Ed Gregory mengeluarkan 10 foto baru setiap dua minggu yang dapat digunakan di situs, sebagai bagian dari template, dalam iklan, dan dimana saja yang diinginkan.

Untuk mencari gambar dengan mudah dapat melihat 100 foto terakhirnya atau melihat-lihat kategori seperti pemandangan, orang, dan teknologi sampai menemukan gambar yang dicari.

Semua foto di Stockpic menggunakan lisensi Creative Commons CC0 sehingga bebas menggunakan foto-foto ini baik untuk website, blog post, marketing, dan kegiatan komersial lainnya.

8. Startup Stock Photos

Sesuai dengan nama websitenya, tema-tema foto yang ada di website ini memang lebih ditujukan untuk perusahaan-perusahaan startup. Foto yang ada di Startup Stock Photos memiliki lisensi Common Creative CC00 sehingga bebas menggunakan foto ini untuk tujuan komersial sekalipun. Jika memungkinkan, berikan credits dan backlinks.

9. Freerange

Semua foto di situs Freerange berasal dari kumpulan fotografer internal, serta komunitas penyumbang eksternal yang bersedia berkontribusi untuk Freerange. Tidak hanya banyak yang bisa dipilih, tapi foto yang ada di website ini juga memiliki kualitas yang tinggi.

Menurut penjelasan, gambar yang disediakan oleh fotogragfer internal Freerange Stock diambil menggunakan dua kamera. Foto-foto itu dipotret secara digital di kamera DSLR Canon adalah resolusi tinggi (4000 dpi) hasil scan dari Nikon dengan lensa 35 mm.

Mengenai lisensi bebas menggunakan gambar-gambar ini untuk segala tujuan, baik komersial maupun tidak komersial. Selain itu juga tidak perlu memberi kredit kepada Freerange.

Tetapi tidak boleh menjual dan mendistribusi ulang gambar-gambar. Juga diminta untuk tidak menggunakan gambar-gambar ini sebagai bagian dari produk yang bisa di kostumisasi seperti Zazzle, Cafepress, dan sebagainya.

10. Gratisography

Dengan foto baru setiap minggu, Gratisography adalah salah satu website terbaik dalam menawarkan gambar-gambar dengan resolusi tinggi di bawah lisensi Creative Commons CC00.

Dengan lisensi tersebut bisa menggunakan foto dengan sesuka hati untuk proyek pribadi dan komersial.

Dapat menyesuaikan dan memodifikasikan gambar dan mendapatkan bayaran untuk pekerjaan yang memanfaatkan gambar. Ini termasuk kampanye iklan, menambahkan logo atau teks ke gambar, dicetak dalam ukuran cetak apa pun (misalnya, sampul buku, majalah, poster, dll), di situs web, blog, atau media digital lainnya, dan pada barang dagangan selama gambar itu sendiri bukanlah barang dagangannya.

Selain itu juga dapat menggunakan gambar dengan orang-orang yang dapat dikenali dalam proyek komersial karena Gratisography memiliki beberapa foto yang mereka rilis dengan menggunakan model.

Semua foto di website ini diambil oleh Ryan McGuire, seorang visual artists yang kreatif di Ithaca, New York. Saat mengunjungi websitenya bisa melihat bahwa foto-foto yang diambil oleh Ryan terlihat lebih unik dibanding dengan foto-foto di website lain.

Untuk mempermudah bisa mencari foto berdasarkan kategori atau masukkan keyword ke dalam search box yang disediakan.

11. ISO Republic

Misi ISO Republic adalah untuk menyediakan gambar berkualitas tinggi untuk digunakan oleh designer, developer, blogger, marketing, dan social media team.

Dan semua yang diperlukan adalah satu kunjungan cepat ke situs web ini untuk mengetahui bahwa mereka berhasil melakukan hal itu. ISO Republic menyediakan begitu banyak gambar sehingga susah dipercaya bahwa ini semua bisa didapatkan dan digunakan tanpa membayar biaya apapun.

Bagi yang mencari akses ke stok foto gratis yang lebih eksklusif, ISO Republic mengundang untuk mendaftar ke daftar email dan menerima foto langsung ke kotak masuk.

12. StyledStock

StyledStock menawarkan stok foto gratis bertema feminim untuk setiap pengusaha atau blogger. Koleksi ini benar-benar gratis untuk karya komersial dan pribadi.

Diperbolehkan menggunakan gambar untuk tujuan komersial atau pun nonkomersial. Namun, hak cipta gambar tetap menjadi milik fotografer.

Bebas untuk mengedit dan menggunakannya untuk tujuan komersial tanpa meminta izin fotografer atau sumber aslinya. Meski tidak harus, link kembali ke Styledstock.com akan sangat dihargai oleh mereka.

13. SplitShire

SplitShire menawarkan sangat banyak stok foto gratis yang mengagumkan untuk digunakan tanpa batasan. Didukung oleh fotografer Italia Daniel Nanescu, semua gambar yang tersedia di situs web diambil dengan sungguh-sungguh dan ini bisa terlihat dari hasil-hasil yang tersedia.

Dari potret yang menakjubkan sampai surface yang mudah diakses tidak akan memiliki masalah dalam menemukan foto yang sempurna untuk proyek atau blog post berikutnya. Selain foto, juga bisa menemukan beberapa video gratis untuk para pengunjung SplitShire.

Bisa menggunakan foto-foto di SplitShire dengan bebas, misalnya untuk desain web atau kegiatan marketing bisnis. Tetapi tidak diperbolehkan menjual dan mendistribusikan foto-foto ini.

14. Stocksnap

Stocksnap dengan bangga mengklaim bukanlah situs stok foto yang jelek dan bisa melihat bahwa mereka berkata jujur. Bisa memilih foto yang di inginkan dengan mencari berdasarkan kategori. Kategori yang dimiliki pun sangat luas. Bisa memilih berdasarkan objek foto, kegiatan, mood, dan musim.

Mengenai lisensi tidak perlu khawatir karena semua foto di Stocksnap ada di bawah lisensi Common Creative CC0, yang berarti bebas menggunakan foto-foto ini untuk kegiatan marketing dan desain dari web.

15. FoodiesFeed

Bagi para food blogger atau pemilik bisnis makanan website yang satu ini mungkin bisa dapat membantu.

Di website ini, fotografer makanan dari seluruh dunia berbagi foto untuk mencapai tujuan FoodiesFeed, yaitu untuk membuat sebuah ruang online yang menyediakan foto-foto makanan yang lebih indah. Semua gambar di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0). Dengan lisensi ini bebas menggunakan foto ini tanpa harus member credits dan atribusi kepada fotografer aslinya.

Jika seorang fotografer profesional atau blogger makanan, memiliki passion tentang makanan, atau memiliki beberapa foto makanan di memory yang bisa digunakan oleh individu kreatif modern lainnya, juga bisa bergabung dengan komunitas dan berbagi karya.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

3 hours ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

21 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

1 day ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago