HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rugi Kalau Kamu Gak Tahu! 8 Website Ini Bisa Bikin CV Kamu Semakin Menarik

Curriculum vitae (CV) adalah dokumen penting tentang diri kamu yang mencakup pengalaman kerja dan akademis. CV ini biasanya mencakup informasi, seperti riwayat kerja, prestasi, penghargaan, beasiswa, kursus, proyek penelitian, dan publikasi pekerjaan.

CV terdiri dari 2 sampai 3 halaman, namun mungkin akan lebih panjang untuk pelamar tingkat menengah atau senior karena memberikan gambaran tentang pencapaian karir seseorang.

Dalam membuat CV, pastikan CV tersebut memenuhi standar Applicant Tracking System, atau biasa dikenal dengan ATS. Pasalnya, saat ini sudah banyak karyawan yang menggunakan software ini untuk membantu melakukan proses rekrutmen karyawan.

Ada banyak website pembuat CV online gratis, jadi kamu tidak perlu lagi membuat CV ATS friendly secara manual.

Rekomendasi Website Pembuat CV Online Gratis

Berikut ini beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV online gratis, diantaranya:

1. Canva

Saat ini, website terpopuler untuk membuat CV online gratis adalah Canva. Canva tidak hanya gratis untuk digunakan, namun juga menawarkan ratusan templaet desainer yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV.

Dengan pilihan template yang beragam dan unik, kamu dapat menyesuaikan CV kamu sesuai minat dan kebutuhan. Template CV ini memudahkan pembuatan CV karena kamu hanya perlu memasukkan informasi pribadi ke dalam format yang sudah disediakan.

Meski Canva tidak dirancang khusus untuk pembuatan CV, namun website ini menawarkan beragam template, tata letak, dan desain menarik untuk dipilih. Selain itu, kamu dapat memilih beberapa format unduhan agar CV kamu terlihat dan dapat diakses oleh ATS.

2. Indeed

Website pembuatan CV online gratis selanjutnya adalah Indeed. Website ini memungkinkan kamu membuat CV dengan cepat, mudah, dan simple.

Kamu tidak hanya dapat membuat CV dengan mudah, namun juga dapat secara langsung membagikan atau mengirimkannya ke beberapa recruiter secara otomatis di Indeed. Jadi, setelah kamu membuat CV di Indeed, kamu bisa segera mengunggahnya ke situs agar bisa diekspos langsung ke para recruiter.

Meski template yang dapat dipilih tidak sebanyak Canva, namun keuntungan membuat CV di Indeed adalah kamu dapat terhubung langsung dengan para recruiter. Dan kamu tidak perlu login atau mendaftar terlebih dahulu untuk membuat CV online gratis di Indeed. Kamu dapat langsung mengisi formulir informasi yang tersedia.

Selain itu, tabel informasi tambahan lainnya cukup lengkap, mulai dari penghargaan, sertifikasi, link, dan grup. Setelah kamu memasukkan semua data, kamu dapat memilih beberapa template desain dari 10 kategori yang sederhana dan minimalis.

3. Zety

Zety juga merupakan salah satu website terbaik untuk membuat CV online gratis karena memiliki beragam template untuk dipilih. Dengan menggunakan Zety, kamu dapat memasukkan informasi ke dalam format CV dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Zety hadir dengan petunjuk langkah demi langkah untuk setiap prosesnya sehingga mudah digunakan bahkan untuk pemula. Untuk membuat CV dari website Zety, cukup masukkan informasi diri kamu dan CV akan langsung dibuat.

Jika kamu ingin mendapatkan CV gratis, silakan klik “download” pada tools di sebelah kiri. Saat kamu mencapai langkah terakhir, pilih plain text (.txt).

Zety juga menawarkan tips dan petunjuk tentang mengisi kontennya, serta terdapat opsi penyesuaian untuk melihat apakah CV tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu atau belum.

4. Resume.com

Dengan menggunakan Resume.com, kamu dapat membuat CV online gratis hanya dalam hitungan menit. Resume.com menawarkan template populer untuk berbagai kategori pekerjaan sehingga kamu dapat membuat CV yang lebih menonjol dari pesaing saat melamar pekerjaan.

Kamu bisa menggunakannya secara gratis pada tahap akhir pembuatan CV. Jika muncul pop-up pembuatan akun, klik “skip for now“. Selanjutnya tinggal klik tombol download yang ada di pojok kanan atas.

5. Venngage

Berikutnya, ada website CV online gratis bernama Venngage. Venngage memiliki banyak tools pengeditan sehingga memudahkan kamu untuk mengatur atau mengubah tata letak desain CV.

Selain itu, kamu dapat menambahkan grafik, diagram lingkaran, dan berbagai ikon ke CV kamu. Kamu dapat mengunduh CV dalam format PDF atau PNG. Sayangnya, untuk mengaksesnya secara online gratis, kamu harus membuat akun terlebih dahulu.

6. Bikin CV

Website untuk membuat CV online gratis dari Indonesia adalah Bikin CV. Hingga saat ini, lebih dari enam puluh ribu pengguna telah membuat CV online gratis melalui website ini. Banyak orang lebih memilih website ini untuk membuat CV karena antarmukanya yang ramah pengguna.

Selain itu, proses alur pembuatan CV di website ini juga sangatlah mudah, bahkan untuk pemula. Sayangnya, website Bikin CV ini tidak memiliki banyak template desain. Dalam penggunaanya, pengguna cukup mengisi informasi penting pada tabel, memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan, dan langsung mendownload filenya.

7. Standard Resume

Standard Resume juga merupakan salah satu website pembuat CV online gratis terbaik karena mengambil beberapa informasi langsung dari LinkedIn sehingga lebih menghemat waktu kamu.

Selain itu, kamu akan mendapatkan latar belakang putih dan beberapa fitur minimalis sehingga kamu dapat lebih fokus pada hal penting saat mengisi konten. Kamu juga dapat mengganti opsi penulisan dan gaya serta melihat pratinjau file CV terlebih dahulu sebelum mengunduhnya sebagai PDF.

Keuntungan lain dari website pembuat CV gratis ini adalah responsif seluler sehingga kamu dapat dengan mudah melihat dan mengaksesnya dari smartphone kamu.

8. CV Maker

Websitr pembuatan CV online yang terakhir adalah CV Maker. Dengan menggunakan website ini, kamu akan menemukan template dengan desain sederhana. Selain itu, proses pembuatan CV juga mudah digunakan dan ramah pengguna.

Proses pembuatannya hanya perlu mengisi formulir informasi, memilih desain, dan langsung mengunduh file CV kamu. CV Maker menawarkan berbagai format file, seperti PDF, HTML, dan TXT. Oleh karena itu, CV kamu akan lebih ramah ATS.

Nah, itulah delapan rekomendasi website pembuat CV online gratis. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Domain .SITE dan .SPACE! Cocok Buat Kamu yang Ingin Bangun Website Perusahaan Startup

Apakah kamu termasuk anak muda yang kreatif? Punya banyak impian dan ambisi untuk memajukan Indonesia?…

14 hours ago

Ingin Belajar Coding? Ini Dia Rekomendasi Website Belajar Coding Gratis

Belajar coding saat ini menjadi salah satu bidang yang banyak digemari masyarakat, terutama kaum milenial.…

15 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Menggunakan Ping di Windows, Linux, dan Mac

Pernahkah kamu mendengar kata PING? Jika kamu pernah menggunakan handphone bermerek BlackBerry, istilah tersebut mungkin…

1 day ago

SSH vs Telnet! Mana yang Lebih Baik?

Perkembangan teknologi digital berbasis internet terus memukau semua orang. Ini adalah semacam keajaiban yang didasarkan…

2 days ago

Manfaat dan Keuntungan Berbisnis Dengan Akun Pinterest Business

Pinterest masih menjadi salah satu platform berbagi gambar terbesar yang digunakan oleh banyak orang. Sama…

2 days ago

Website Kamu Sepi Pengunjung? Begini Cara Meningkatkan Pengunjung Website dengan Cepat

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap blogger atau pemilik website pastinya ingin mendapatkan banyak pengunjung untuk…

2 days ago