HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Startup Metrics : North Star Metric Membuat Bisnis Lebih Tertata

Apa itu North Star Metric?

North Star Metric (NSM) adalah sebuah konsep yang ramai digunakan di Silicon Valley untuk membantu pertumbuhan startup. Metrics ini dapat membantu sebuah tim untuk fokus dalam meningkatkan customer retention untuk jangka panjang.

Jadi, North Star Metric adalah sebuah metric yang mengukur apakah core value produk sampai kepada customer atau tidak. Mengoptimasi usaha untuk meningkatkan metric ini adalah salah satu kunci untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan di semua customer base.

North star metric setiap perusahaan bisa berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa contoh NSM yang digunakan oleh startup-startup besar di dunia :

  • Airbnb: Lamanya seorang customer mem-booking akomodasi.
  • Facebook: Jumlah user aktif setiap harinya.
  • Quora: Jumlah pertanyaan yang terjawab.
  • WhatsApp: Jumlah pesan yang dikirimkan oleh user.

Dengan menentukan apa north star metric yang tepat untuk perusahaan maka bisa lebih fokus dalam mengoptimasi usaha seluruh anggota perusahaan agar memiliki pertumbuhan yang berkelanjutan.

Bagaimana North Star Metric Dapat Membantu Bisnis?

Mengidentifikasi North Star Metric untuk bisnis dapat membantu untuk mengerti customer dan produk lebih dalam. Menurut Buckley Barlow, seorang growth advisor dan investor, NSM adalah satu faktor yang berperan dalam kegagalan MySpace dan kesuksesan Facebook.

MySpace menggunakan jumlah sign up sebagai NSM mereka sementara Facebook fokus pada jumlah pengguna aktif bulanan sebagai NSM mereka. Jumlah registrasi yang mereka dapatkan tidak menunjukkan pertumbuhan bisnis mereka karena metrics ini tidak memberi tahu mereka apakah pengguna yang sign up menggunakan platform mereka.

Penggunaan platform adalah metric yang memberitahu mereka apakah customer melihat value dari produk yang mereka tawarkan. Jika seseorang berhenti menggunakannya, berarti mereka tidak melihat value dari produk itu. Dengan memperhatikan pengguna aktif bulanan, Facebook bisa melihat berapa banyak orang yang melihat value dari social media mereka.

Selain itu, Facebook juga bisa melakukan optimasi feed mereka agar orang semakin betah menggunakan Facebook. Untuk mengidentifikasi NSM yang tepat untuk bisnis perlu memahami pelanggan; value apa yang didapatkan dari produk dan bagaimana menggunakan produk itu sampai mereka bisa merasakan value tersebut.

Dengan kedua informasi ini bisa mengoptimasi produk agar bisa memberikan value yang lebih lagi untuk pelanggan agar mereka tidak berhenti menggunakan produk. Jika customer terus menggunakan produk tentunya akan meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan.

Cara Menentukan North Star Metric

“Untuk menentukan North Star Metric untuk bisnis Anda, Anda harus mengerti value apa saja yang customer loyal Anda dapatkan dari produk Anda”.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk mengidentifikasi North Star Metric yang tepat untuk bisnis perlu memahami pelanggan. Untuk melakukan ini bisa memulai dengan melihat berapa banyak user aktif yang dimiliki serta berapa banyak customer loyal yang menggunakan dan engage dengan produk.

Memahami kedua poin ini dapat membantu mengidentifikasi metrics apa yang bisa membantu untuk melakukan growth hacking. Metric inilah yang akan menjadi NSM.

Jika baru pertama kali menggunakan NSM tidak perlu merasa khawatir jika tidak langsung mendapatkan NSM yang benar. Mungkin harus mencoba beberapa metrics yang berbeda sampai bisa menemukan metrics yang tepat untuk bisnis di saat itu.

Hila Qu, mantan Product Manager for Growth di GrowthHackers mengatakan bahwa ada lima poin yang bisa digunakan sebagai panduan dalam memilih north star metric, yaitu :

  1. Metric harus bisa memperlihatkan bahwa pengguna merasakan core value produk.
  2. Metric harus merefleksikan engagement dan level aktivitas pengguna.
  3. North Star Metric harus menjadi satu hal yang mengindikasi bahwa bisnis menuju ke arah yang tepat.
  4. Metrics harus mudah dimengerti dan dikomunikasikan ke seluruh tim.
  5. Jangan terbebani dengan merasa bahwa harus memiliki NSM yang sempurna. Yang ingin dicari adalah metric yang paling masuk akal untuk bisnis. Mungkin harus mencoba beberapa kali sampai ada yang menemukan NSM yang paling tepat.

North Star Metric Lebih dari Satu, Boleh atau Tidak?

Meskipun North Star Metric biasanya hanya satu metric, tetapi terkadang satu metrics tidak bisa digunakan untuk setiap departemen. Oleh karena itu, ada baiknya setiap departemen memiliki NSM mereka sendiri yang pada akhirnya mendukung NSM perusahaan. NSM yang tepat adalah NSM yang merepresentasikan hasil akhir dari upaya bersama setiap departemen, team dan karyawan di perusahaan.

Misalnya ingin melihat seberapa banyak orang yang menggunakan aplikasi setiap hari, maka juga tetap harus melihat metric lain seperti, sign-up baru, aktivasi pelanggan baru dan pengembangan engagement serta user retentions.

Dengan mengerti metric yang saling berhubungan ini serta conversion rate bisnis saat ini akan mendapatkan insight yang lebih dalam untuk mengoptimasi produk dan layanan. Setelah mengidentifikasi NSM cobalah untuk memahami tindakan apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota perusahaan untuk bergerak ke arah yang benar.

Setiap departemen harus mengidentifikasi NSM-nya sendiri untuk fokus dan mengidentifikasi metrik pendukung tambahan. Melakukan hal ini akan membantu setiap orang di perusahaan mengidentifikasi metrik mana yang harus mereka ikuti pada tingkat individual.

Meskipun sudah mengidentifikasi dan bekerja untuk mencapai NSM tetap harus melakukan tracking dan meningkatkan metric lainnya. Tetapi sebenarnya ini membantu untuk mencapai pertumbuhan dengan membantu semua orang di perusahaan fokus pada kegiatan-kegiatan yang tepat dan juga membuat keputusan yang tepat.

Apakah North Star Metric Akan Berubah?

Salah satu yang harus diingat adalah North Star Metrics mungkin akan berubah sesuai dengan perkembangan perusahaan dan industry. Facebook adalah contoh yang bagus untuk ini. Di awal berdirinya Facebook, NSM mereka adalah pengguna aktif bulanan. Dengan semakin berkembangnya Facebook dan industry social media, Facebook menyadari bahwa mereka juga harus mengubah metric mereka.

NSM baru mereka adalah pengguna aktif harian. Dengan semakin berkembangnya industry social media dan competitor Snapchat sudah memulai tracking pengguna aktif per jam, Facebook mungkin saja mengubah NSM mereka menjadi pengguna aktif per jam di masa yang akan datang.

Jadi, berdasarkan perkembangan perusahaan dan industry harus siap untuk mengubah North Star Metrics perusahaan agar bisa memenuhi tuntutan industry.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Mengenal Apache Tomcat: Server Aplikasi untuk Java Web

Apache Tomcat merupakan web server yang dipakai untuk menjalankan aplikasi berbasis Java di lingkungan server.…

19 hours ago

Optimasi Kinerja Web dengan Lighttpd: Cara Kerja dan Fungsinya

Lighttpd web server yaitu software yang bertindak sebagai server HTTP. Lighttpd didesain untuk menangani beban…

21 hours ago

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

2 days ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

2 days ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

2 days ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

2 days ago