HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Analisis Penyebab Tampilan Mercusuar Saat Akses Website dan Cara Mengatasinya

Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami situasi ini ketika mengunjungi sebuah website dan muncul halaman mercusuar info. Biasanya tampilan mercusuar website merupakan error tampilan yang disebabkan oleh pengguna yang terhubung ke beberapa penyedia Internet Telkom, seperti speedy atau indihome.

Berbeda dengan network error yang sering ditemui pengguna koneksi. Faktanya, ada beberapa kasus atau masalah di mana beberapa pengguna malah membuka mercusuar.info. Hal ini disebabkan adanya masalah routing yang terjadi pada DNS Telkom. Website Anda tidak down atau server sedang down, hanya saja access point yang digunakan untuk mengakses website Anda sedang error.

Penyebab Tampilan Mercusuar Saat Akses Website

Saat ini, website telah menjadi salah satu elemen branding yang sangat penting bagi suatu produk tertentu. Selain itu, website juga merupakan representasi citra suatu produk. Intinya, sebagus apapun produk Anda, orang tetap bisa meremehkan Anda jika Anda tidak memiliki website. Ini bukan lagi rahasia bagi siapa pun bila error sering terjadi di situs. Jika situs Anda terlalu sering dialihkan, berarti halaman yang dikunjungi dianggap tidak ada, tidak aktif, dianggap berbahaya, situs tidak dapat diakses dan melanggar pedoman internet meskipun dalam praktiknya tidak selalu demikian. Jadi bila Anda pemilik situs web tersebut, Anda mungkin panik. Apalagi jika jasa pembuatan website sulit dihubungi.

Padahal pada prinsipnya permasalahan yang muncul jika terjadi error saat mengakses website disebabkan oleh beberapa faktor. Terdapat juga pintu masuk ke halaman mercusuar sehingga Anda harus mengetahui cara berkeliling mercusuar. Secara umum, jika Anda mengalami kendala dalam mengakses suatu website, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Masalah konektivitas

Biasanya masalah koneksi adalah yang paling umum dan juga paling sering terjadi. Tanda utamanya adalah ketika website tidak bisa diakses dan muncul pesan bertuliskan “Tidak bisa mengakses website”. Sekarang, ketika Anda menerima pesan ini, coba lagi akses situs web menggunakan koneksi lain. Anda juga dapat menggunakan koneksi seluler dari ponsel Android Anda.

Jika upaya lainnya berhasil maka pasti ada masalah pada koneksi sebelumnya. Anda bisa langsung menghubungi layanan hosting yang Anda gunakan untuk menganalisa dan mencari solusi terbaik. Skenario paling umum adalah koneksi IP Internet Anda dalam keadaan diblokir di server perpisahan karena alasan tertentu. Tidak hanya itu, bisa juga disebabkan oleh masalah koneksi dari ISP (Internet Service Provider) yang Anda gunakan dengan server hosting Anda.

  1. Masalah domain

Sebenarnya masalah “Situs tidak bisa diketahui” bukan hanya disebabkan oleh masalah koneksi internet saja. Namun pesan error ini juga bisa disebabkan oleh masalah pada domain yang Anda gunakan. Tidak hanya muncul pesan “Website tidak dapat diakses”, namun juga terdapat masalah pada nama domain, bisa juga muncul “domain ini telah kadaluwarsa” dan kemudian menampilkan halaman unggulan.

Lebih khusus lagi, masalah pada nama domain tersebut disebabkan oleh konfigurasi DNS yang salah, nama domain yang ditangguhkan, uptime nama domain yang sudah kadaluwarsa atau kadaluwarsa. Untuk permasalahan yang timbul pada domain Anda, tentunya Anda dapat menghubungi penyedia domain Anda agar kami dapat memeriksa dan memberikan solusi yang lengkap. Sedangkan penyelesaian masalah domain ini memerlukan waktu propagasi 1-24 jam atau lebih. Hal ini biasanya terjadi ketika umur domain yang kadaluwarsa telah diperpanjang.

  1. Masalah pada Skrip Website

“Internet Server Error 500” adalah pesan kesalahan yang sangat umum yang menunjukkan adanya masalah dengan skrip situs web Anda. Jika masalahnya belum jelas, Anda bisa segera menghubungi dukungan teknis penyedia layanan hosting yang Anda gunakan. Tentu saja mereka akan membantu Anda menganalisis penyebab kesalahan tersebut dan kemudian menjelaskannya kepada Anda secara detail untuk mendapatkan dukungan yang optimal guna membantu website Anda tampil kembali dengan benar.

Cara Mengatasi Tampilan Mercusuar Saat Akses Website

Tampilan mercusuar yang Anda lihat sering dialami oleh pengguna yang menggunakan koneksi Internet berkecepatan tinggi Telkom atau indihome. Mulai sekarang, untuk pengguna Internet lainnya, pesan “kesalahan jaringan” akan muncul. Error ini biasanya disebabkan oleh gangguan DNS yang terjadi pada koneksi yang digunakan. Berikut cara mengatasi mercusuar di situs Anda:

  1. Clear Cache DNS

Cache adalah suatu sistem yang berfungsi menyimpan file dalam bentuk statis, yang kemudian akan dimuat jika pengguna mengakses atau mengeksekusinya. Jadi, jika pengguna mengunjungi situs web dan melaporkan kesalahan, lalu dialihkan ke suar, keadaan akan tetap seperti ini selamanya. Cara ini paling mudah dengan membersihkan cache di DNS.

Anda dapat mengklik tombol Start di Windows dan mengetik CMD dan tekan Enter. Kemudian pada CMD anda bisa mengetikkan ipconfig/flushdns dan tekan enter. Anda kemudian dapat memuat ulang browser Anda, yang juga akan menghapus cache dan cookie situs Anda terlebih dahulu. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat menggunakan cara kedua.

  1. Menggunakan VPN

Dengan menggunakan VPN, nantinya Anda dapat memperbaiki kesalahan DNS sebenanya yang disebabkan oleh beberapa pengguna yang mengakses situs web dialihkan ke halaman mercusuar. Anda juga dapat menggunakan ekstensi browser yang disertakan dalam browser Chrome untuk mendapatkan VPN gratis.

  1. Mengganti Koneksi Internet

Gunakan koneksi internet non-provider Telkom, karena jika masalah Anda tidak teratasi secara permanen Anda akan diarahkan ke halaman web peringatan error gateway Telkom. Karena blog orang ini banyak utilitas internetnya, memakai Mifi untuk jaringan 3, tidak kalah dengan jaringan telkom, jaringan ini sering limited , terlebih lagi jika blognya pula ada iklan google adsense/interstitial telkom yang tiba-tiba muncul

  1. Periksa Domain dan Server Website

Sebenarnya yang terpenting adalah verifikasi domain. Jadi Anda juga bisa melihat apakah masih aktif atau pengguna lupa memperbaruinya sehingga menyebabkan domain tersebut kadaluwarsa dan tidak dapat digunakan. Jika domain yang Anda verifikasi masih berfungsi, mungkin karena server situs web sedang down atau ada masalah dengan beberapa ISP. Atau bisa juga karena kesalahan otomatis yang terjadi pada sistem dan sistem lainnya. Anda juga dapat memeriksanya dengan customer service dari adanya layanan server.

  1. Alihkan Mercusuar Khusus Halaman yang Error

Beberapa masalah ini hanya terjadi jika pemilik situs tidak pernah membuat halaman error (kode 404). Jadi setiap kali Anda mengunjungi halaman yang tidak pernah ada, Anda akan langsung diarahkan ke halaman mercusuar. Dengan solusi yang sangat sederhana, Anda dapat membuat halaman error 404 pada website yang Anda kunjungi.

Jika error ini hanya terjadi di laptop teman anda dan anda sudah mencoba memperbaikinya namun tidak berhasil, sarankan saya untuk mencoba lagi besok dan lanjutkan download film ke laptop anda tanpa gangguan. Namun bila Anda berpikir membeli hosting dari situs ternama seperti Godaddy, Namecheap, berarti Anda tidak perlu check and recheck karena errornya pasti dari pihak penyedia telkom. Dengan menggunakan kelima cara diatas, harapannya dapat menyelesaikan permasalahan Anda dalam cara mengatasi mercusuar.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

9 hours ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

12 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

2 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

2 days ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

3 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

3 days ago