HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tips Jitu Melindungi Website Bisnis Di WordPress 2021

Sesungguhnya memang tidak ada website bisnis online yang aman 100% dari ancaman hack.Namun dibandingkan website jenis lain,website WordPress memang paling banyak digunakan untuk berbisnis.Hal ini membuat hacker senang menjadikan website WordPress sebagai target serangan.Tetapi kalian tidak perlu khawatir lagi,sebab pada artikel kali ini,kita akan menjelaskan solusinya.Mari simak artikel ini untuk mengetahui cara mengamankan WordPress bisnis kalian dengan mudah.

Tips Mengamankan WordPress Bisnis Dengan Mudah 2021

Bagi kebanyakan orang,memakai WordPress adalah cara membuat website bisnis online paling sederhana.Dengan WordPress,siapapun bisa mempraktekkan cara-cara membuat website bisnis online sendiri.Tidak perlu pengetahuan khusus di bidang IT lagi,kalian hanya perlu mengakses https://wordpress.com/ ,lalu kalian sudah bisa membuat website bisnis online semudah mendaftarkan e-mail aktif dan membuat username.

Kemudahan cara membuat website bisnis dengan WordPress disisi lain dapat membawa masalah dari segi keamanan.WordPress adalah salah satu media yang sering diserang hacker.Jadi ketika kalian membuat website dengan WordPress,maka jangan lupa untuk mengaplikasikan cara mengamankan WordPress bisnis berikut ini :

  • Mengaktifkan Plugin Keamanan Milik WordPress

Salah satu cara untuk mengamankan WordPresss yakni dengan mengaktifkan plugin keamanan yang sudah disediakan pihak Wordpres sendiri.Plugin adalah alat bantu tambahan yang dapat dipasang ke website untuk melaksanakan berbagai tugas.Contoh seperti melindungi website dari serangan hacker,mempermudah transaksi di website dan lainnya.Plugin bisa kalian dapatkan langsung di akun WordPress kalian pada menu “Plugin”.

Sebenarnya,tim WordPress sudah menyadari bahwa ancaman serangan dari hacker dan virus dapat menyerang kapan saja.Karena itu,kalian disarankan untuk menggunakan plugin keamanan gratis dari WordPress seperti : WordFence,All in One WP Security,Ninjafirewall dan lainnya.

Dari semua jenis plugin keamanan yang tersedia,plugin WordFence dan All in One WP Security yang paling banyak digunakan untuk melindungi website bisnis.Kedua plugin ini membantu mendeteksi adanya ancaman serangan terhadap website ataupun virus dan malware.Ketika plugin mendeteksi ancaman,kalian akan langsung mendapat notifikasi.Jadi bisa segera mengambil langkah cepat.

  • Jangan Menggunakan Tema Atau Plugin Bajakan Dan Ilegal

Selanjutnya,jangan pernah menggunakan tema atau plugin WordPress illegal dan bajakan.Seperti aneka template tema dan plugin yang disediakan gratis dari pihak luar atau bukan WordPress.Semua orang tentu menginginkan tampilan website mereka cantik dan unik.Apalagi untuk website bisnis.Website bisnis,umumnya memiliki tema yang cantik dan bagus demi menarik minat pengunjung untuk berbelanja.

Pihak WordPress sudah menyediakan ratusan tema dan plugin gratis serta berbayar untuk menunjang seluruh aktivitas bisnis.Jadi kalian tidak harus mencari tema atau plugin yang disediakan gratis oleh pihak ketiga.Sebab bukan tidak mungkin tema gratis yang diunduh dari luar WordPress diam-diam mengandung virus dan malware.

Beda cerita jika kalian membeli tema WordPress yang dikembangkan oleh perusahaan pengembang website.Ada cukup banyak perusahaan website profesional berkualitas yang menjual aneka tema WordPress cantik dan plugin fungsional untuk menunjang kualitas website bisnis kalian.Namun sebelum membeli,ada baiknya kalian cek kembali riwayat bisnis dan kredibilitas penjual tema.

  • Aktifkan Fitur Update Otomatis

Saat membuat website WordPress kalian,ingat untuk mengaktifkan fitur update otomatis.Buka bagian“Advanced Options”,lalu beri tanda centang pada tiga pilihan : “Auto Upgrade”, “Auto Upgrade WordPress Theme” dan “Auto Update WordPress Plugin”.

Mengaktifkan fitur update otomatis,menjadi hal yang penting agar hacker sulit menembus sistem keamanan website kalian.Tim WordPress sudah secara berkala melakukan update tema dan plugin untuk memperbaiki celah-celah rentan pada website yang bisa disusupi hacker.Tugas kalian sekarang hanya rajin update sistem WordPress kapanpun update terbaru sudah tersedia.

Lebih praktis lagi,disarankan untuk mengaktifkan fitur update otomatis.Setelah mengaktifkan fitur ini,maka tema dan plugin WordPress yang kalian gunakan untuk web bisnis akan otomatis terbarui jika ada update.Jadi kalian tidak perlu mengecek ketersediaan update secara berkala.

  • Lacak Malware Di Website

Luangkan waktu untuk cek malware atau virus yang diam-diam bersembunyi di website kalian.Seringkali kita tidak menyadari bahwa website sudah terjangkit oleh malware dan virus.Apalagi kalau serangannya tidak langsung terlihat begitu saja.

Seorang hacker bisa menyelipkan malware dan virus buatan mereka ke celah-celah tema dan plugin website bisnis kalian.Karena itu,sulit sekali bagi kita untuk menyadari bahwa website sudah diserang diam-diam.Jadi, penting sekali bagi kalian untuk melakukan pelacakan (scanning) website secara berkala.

Ada banyak plugin yang bisa dimanfaatkan untuk melacak malware dan virus tersembunyi di seluruh halaman website bisnis,seperti :

  1. WordFence : bisa melacak seluruh halaman website,mengamankan malware dan virus serta mengembalikan aneka file yang telah terinfeksi seperti semula.
  2. Sucuri Security : plugin keamanan yang melindungi website bisnis kalian dari serangan hacker DOS,men-scan malware dan mengirimkan notifikasi sesegera mungkin ketika mendeteksi hal mencurigakan pada website kalian.
  3. BulletProof Security : bermanfaat untuk langsung mengamankan data-data penting di website secara otomatis setelah terpasang.Akan tetapi plugin ini tidak bisa melakukan scan per halaman website seperti plugin-plugin lengkap.
  • Mengaktifkan Verifikasi Login Dua Langkah

Dengan mengaktifkan verifikasi login dua langkah : mungkin kalian sudah pernah mendengar verifikasi login 2 langkah,fitur keamanan ini sudah banyak digunakan pada berbagai media seperti WhatsApp,e-mail dan layanan m-banking.Cara ini ampuh untuk menambah perlindungan pada website bisnis kalian,khususnya untuk fitur login ke halaman admin pengelola web.

Mengaktifkan fitur verifikasi login 2 langkah sebenarnya sangat mudah.Kalian hanya perlu menggunakan aplikasi verifikasi login dua langkah yang banyak tersedia di Google Play atau Apple Store, seperti misalnya Google Authenticator.Aktifkan aplikasi dan pasangkan fiturnya ke website WordPress kalian.

Penyebab Utama WordPress Bisnis Mudah Dihack

Sekarang mari kita lihat apa saja yang menjadi penyebab utama website bisnis di WordPress mudah di-hack.Mengetahui penyebab website bisa dihack akan mempermudah kalian untuk menghindari melakukan beragam kesalahan yang beresiko bagi bisnis.

  • Malas Update Tema dan Plugin WordPress

Kebiasaan yang mengakibatkan website bisnis mudah di-hack yakni tidak update tema dan plugin WordPress yang dipakai.Tema dan plugin yang jarang diupdate akan memberi celah besar bagi hacker untuk menyisipkan beragam virus ke website kalian dan merusaknya.

Bahkan menurut data penelitian dari WordFence,hampir lebih dari 50% kasus hack website WordPress terjadi karena tema dan plugin yang bermasalah akibat tidak diupdate.Tema yang tidak pernah diupdate otomatis masih menggunakan versi dan sistem keamanan lama juga bisa saja sistem keamanan tersebut sudah kadaluarsa sehingga mudah dijebol.Untuk mencegah hal ini terjadi,kalian wajib mengupdate tema dan plugin WordPress yang digunakan.Maksimal lakukan update selama 2 atau 3 bulan sekali.

  • Tidak Pernah Update Sistem WordPress

Tidak hanya malas mengupdate tema dan plugin,malas update sistem WordPress juga menjadi penyebab website bisnis kalian rentan di-hack.Kurang lebih sama seperti pada kasus tema dan plugin,website WordPress yang tidak pernah diupdate akan memberi celah bagi hacker untuk masuk.Seiring berjalannya waktu,sistem keamanan website WordPress bisa mengalami kadaluarsa.Jadi,ada baiknya untuk rajin mengupdate sistem WordPress website bisnis kalian.

Website bisnis yang rajin diupdate otomatis akan menyulitkan hacker untuk membobol sistem keamanannya.Hal ini dikarenakan website bisnis kalian selalu terupdate menggunakan sistem keamanan terbaru yang sulit dimengerti cara kerjanya oleh para hacker.

  • Memilih Layanan Hosting Website Yang Kurang Meyakinkan 

Jika membuat sebuah website bisnis,umumnya kalian akan memerlukan jasa hosting.Termasuk saat membuat website bisnis dengan WordPress. Sederhananya,hosting adalah pihak yang menyediakan tempat bagi website untuk beroperasi.Ibaratnya,hosting adalah rumah bagi website. Sebuah jasa hosting bisa menyediakan berbagai layanan untuk kalian agar website bisnis bisa bekerja dengan lancar.Itulah juga alasan mengapa wajib memilih layanan hosting terbaik dan berkualitas agar website kalian terhindar dari masalah keamanan.Sebuah layanan hosting yang baik pasti akan membantu kalian agar website tidak mudah diserang hacker.

Begitu juga sebaliknya,memilih layanan hosting abal-abal bisa berakibat fatal karena layanan yang diberikan bisa saja tidak bagus untuk website bisnis kalian.Misal mereka tidak mau bertanggung jawab ketika website kalian mengalami masalah.Jangan juga cepat tergiur dengan berbagai penawaran murah meriah dari jasa hosting online.Cek dahulu reputasi bisnis dan testimoni pengguna lainnya untuk meyakinkan bahwa layanan yang disediakan memang asli berkualitas.

  • Memakai Password Yang Mudah Ditebak

Menurut hasil studi dari perusahaan keamanan Verizon,80% masalah hack website terjadi karena password yang digunakan untuk login ke akun admin mudah ditebak.Aksi hack dengan membobol password ini dikenal dengan nama brute force.

Saat melaksanakan serangan brute force,hacker akan mencoba menebak password yang mungkin dipakai.Jika berhasil,maka akan otomatis masuk ke halaman admin website bisnis kalian dan mengacak-acak isinya.Lebih parah lagi,hacker bisa saja mencuri informasi penting dari bisnis kalian seperti data-data pengunjung dan informasi kartu kredit.Mulai sekarang,cobalah untuk menggunakan password yang cukup sulit ditebak.

Contoh password yang mudah ditebak biasanya password berupa tanggal lahir atau password yang tidak pakai kombinasi angka dan huruf.Sedangkan password website yang sulit ditebak sering menggunakan banyak karakter,tidak menyelipkan informasi personal seperti nama kalian sendiri,menggunakan kombinasi karakter,simbol dan kapital serta menghindari pola-pola klasik seperti “abcxyz”,“abc123” atau “qwerty”.

Selain menggunakan password yang rumit,kalian juga bisa mengamankan fitur login di website dengan fitur autentikasi login 2 faktor.Dengan begini website bisnis kalian akan semakin aman dan sulit dijebol hacker.

 

Sekian artikel kali ini,seputar cara membuat website bisnis yang aman dengan WordPress.Semoga pembahasannya bermanfaat bagi kalian, khususnya untuk melindungi bisnis dari ancaman hacker 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago