HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ubersuggest: Definisi, Jenis, dan Fitur Utama

Bagi pakar SEO, analisis keyword, ide konten, dan backlink adalah elemen terpenting untuk strategi pengoptimalan konten yang sukses di search engine. Dan di antara sekian banyak alat penelitian yang tersedia, Ubersuggest adalah salah satu alat terbaik yang patut Anda coba, terutama jika Anda baru mengenal SEO. Tentu saja, alat Neil Patel ini didukung oleh banyak fitur canggih yang membuatnya efektif untuk riset keyword dari pemula hingga digital marketer profesional.

Bagi yang baru memulai karir atau tertarik dengan optimasi SEO, Ubersuggest adalah jawaban agar mudah bersaing dengan kompetitor lainnya. Artikel berikut akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang Ubersuggest dan cara menggunakannya dengan benar dan efektif. Ayo mulai!

Apa Itu Ubersuggest?

Dari pendahuluan diatas mungkin anda sudah mempunyai gambaran apa itu Ubersuggest. Namun, berdasarkan definisi perangkat, Ubersuggest adalah alat SEO gratis yang membantu Anda saat mencari ide keyword baru. Anda dapat menggunakan fitur-fiturnya untuk meningkatkan atau memperluas strategi pemasaran konten Anda melalui riset keyword.

Alat ini awalnya dikembangkan untuk menghilangkan persyaratan Google Suggest. Namun, sejak Neil Patel mengambil alih, perangkat tersebut mulai memperluas kemampuannya sebagai alat SEO.

Alat SEO ini menawarkan paket uji coba gratis 7 hari dengan fitur dasar untuk pengguna baru. Jika Anda ingin menjelajahi fitur yang lebih lengkap atau berencana menggunakannya lagi dalam jangka waktu yang lebih lama, Anda dapat berlangganan layanan bulanan. Layanan ini dikelompokkan menjadi tiga paket Ubersuggest:

  • Individual (bagi pengusaha website dan pemilik usaha kecil): US$12
  • Business (untuk website bisnis kecil dan menengah): US$20
  • Enterprise/Agency (untuk situs web bisnis dan agensi besar): US$40

Jenis dan Penggunaan Fitur Utama Ubersuggest

Sebelum Anda mulai menggunakan Ubersuggest secara langsung, Anda dapat memperoleh gambaran umum tentang berbagai fitur dan penggunaan Ubersuggest di bawah ini.

Keyword Ideas

Kekuatan tools Ubersuggest adalah Keyword Ideas. Fitur ini berfungsi sebagai alat riset keyword yang dapat Anda akses tanpa login ke akun Anda di https://neilpatel.com/ubersuggest/.

Untuk menggunakannya, masukkan keyword atau kata yang mewakili topik utama konten artikel/blog yang ingin Anda buat. Kemudian jangan lupa untuk mengatur bahasa dan wilayah pencarian data keyword Anda. Selanjutnya klik “Search” untuk mulai mencari data ide keyword.

Saat Anda menggunakan fitur search di Ubersuggest, Anda akan diarahkan ke halaman Keyword Overview, ini akan dijelaskan sebentar lagi. Alternatifnya, Anda dapat langsung fokus pada fitur keyword ideas dengan memilih menu “Keyword Ideas” di sisi kiri halaman web seperti berikut. Menampilkan tabel dengan ide long tail keyword dan tipe data untuk setiap kata kunci dimulai seperti ini:

  • Volume: atau search volume, menunjukkan jumlah pencarian kata kunci per bulan.
  • CPC: atau Cost-Per-Click, mewakili rata-rata biaya per klik yang harus dibayar pengiklan kepada pemilik platform setiap kali pengguna Internet mengklik konten iklan.
  • Paid Difficulty: perkiraan kompetisi pada paid search. Semakin tinggi nilai PD maka semakin kompetitif keyword tersebut.
  • SEO Difficulty: perkiraan kompetisi pada organik. Semakin tinggi skor SEO difficulty, semakin kompetitif keyword tersebut.

Seperti yang Anda ketahui, halaman tabel Keyword Ideas Ubersuggest menampilkan jenis keyword Suggestions secara default. Jenis keyword Suggestions sangat cocok untuk memastikan topik tertentu yang dibahas.

Namun, content creator yang ingin brainstorming keyword baru dan mencari ide konten baru dapat menggunakan jenis kata kunci lain yang ada di menu:

  • Related: mencakup keyword yang terkait dengan seed keyword, tetapi dengan topik yang semakin beragam.
  • Questions: berisi keyword berupa pertanyaan yang memberikan ide untuk subtopik baru untuk konten Anda.
  • Prepositions: berisi keyword yang memiliki konsep yang berkaitan dengan unsur lain. Misalnya, keyword “SEO tools” menyertakan prepositions keyword “SEO tools untuk Excel”.
  • Comparisons: dengan konsep membandingkan seed keyword dengan yang lain menggunakan frasa “vs”, “atau”, dan “dan”.

Keyword Overview

Seperti disebutkan, ketika Anda memasukkan keyword di halaman utama Ubersuggest, Anda akan diarahkan ke halaman Keyword Overview. Keyword Overview Ubersuggest adalah halaman fitur yang menampilkan semua data penting tentang keyword Anda, termasuk Keyword Ideas. Halaman overview memberikan informasi kata kunci terperinci, termasuk:

  • Overview dan Grafik Trend Search Volume

Bagian ini mencakup informasi dasar tentang data keyword seperti Search Volume, CPC, Paid dan SEO Difficulty. Ada juga grafik yang menunjukkan volume trend search keyword selama 12 bulan terakhir.

  • Rata-Rata Nilai Backlink dan Domain Authority

Bagian “Overview” menampilkan Neil Patel dan sepertinya bisa memberi tahu Anda berapa banyak backlink yang dimiliki situs web Anda di halaman pertama search engine. Anda juga akan melihat skor domain authority, yang menunjukkan skor kepercayaan situs web Anda di search engine.

  • SEO Result dan Age Range

Iklan terbaru Ubersuggest menyertakan tabel yang menunjukkan persentase orang yang mengklik hasil SEO dan grafik rentang usia orang yang mencari kata kunci tersebut di search engine.

  • Keyword Ideas

Bagian ini memberikan ikhtisar singkat tentang ide long tail keyword dan daftar tipe datanya. Termasuk grafik trend, search volume, CPC, Paid dan SEO Difficulty.

  • Content Ideas

Bagian ini berisi daftar konten tentang topik, jumlah trafik, backlink, dan share media sosial. Selanjutnya, mari jelajahi bagian Content Ideas lebih detail.

Content Ideas

Fitur Content Ideas keyword Ubersuggest adalah cara terbaik untuk bersaing dengan pesaing sekaligus meningkatkan peringkat SEO situs web Anda. Fitur ini menampilkan judul blog atau postingan media sosial terkait dengan kata kunci yang sedang dilihat pengguna. Lihat berapa banyak share yang dilakukan pengguna Anda di berbagai platform media sosial.

Anda juga dapat melihat berapa banyak backlink yang dimiliki postingan dan blog Anda dan jenis lalu lintas yang diterima situs web Anda. Hal ini memengaruhi domain authority dan skor domain.

Content Ideas Ubersuggest adalah solusi hebat untuk menemukan ide topik konten yang ingin Anda buat dengan mudah. Anda dapat memasukkan atau mengecualikan keyword menggunakan fitur filter pada halaman content ideas. Kini Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengidentifikasi secara akurat jenis postingan dan blog yang paling sering dicari pelanggan Anda.

Traffic Analyzer Overview

Tiga fitur utama Ubersuggest, yang sebelumnya terletak di menu keyword, memungkinkan Anda menavigasi ke menu Traffic yang terkait dengan domain situs web Anda. Dua fitur utama ditampilkan di sana, yaitu Traffic Overview dan Top Pages by Traffic. Mari kita mulai dengan fitur “Traffic Overview”.

Fitur Traffic Overview memungkinkan Anda “melihat” apa yang dilakukan pesaing Anda untuk meningkatkan SEO situs web. Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk memverifikasi domain situs web Anda.

Di bagian atas laman Traffic Overview, Anda biasanya dapat melihat kinerja situs Anda dalam hal domain score, keyword, dan backlink. Untuk informasi lebih lanjut tentang tipe data untuk fitur Traffic Overview Ubersuggest, lihat di bawah.

  • Organic Keywords

Bagian ini menjelaskan jumlah total keyword yang dapat membantu Anda mengoptimalkan peringkat situs web Anda di organic search Google. Jumlah organic keyword yang tinggi menunjukkan tingginya traffic search engine untuk domain ini.

Mengklik bagian organic keyword akan mengarahkan Anda ke fitur Keywords, yaitu Keyword by Traffic. Di sini Anda dapat melihat kata kunci mana yang paling banyak digunakan di domain website Anda untuk meningkatkan peringkat website Anda. Dari sini terlihat jelas keunggulan Ubersuggest dengan informasi seperti search volume, peringkat website di Google Search, trafik website bulanan, dan SEO difficulty.

  • Organic Monthly Traffic

Bagian ini menjelaskan perkiraan jumlah pengunjung yang diterima situs web Anda dari Google setiap bulannya. Jika Anda menekan ini, Anda akan diarahkan ke fitur berikutnya, top Pages by traffic. Kami akan membahasnya sebentar lagi.

  • Domain Authority

Bagian ini menjelaskan skor peringkat search engine situs web, yang memperkirakan seberapa baik peringkat situs web pada Search Engine Result Pages (SERPs). Tingginya skor domain authority dipengaruhi oleh banyaknya backlink berkualitas yang digunakan sebuah website.

  • Backlinks

Bagian ini menjelaskan jumlah link konten dari luar website utama yang membantu mendukung peningkatan SEO website utama.

  • Grafik Traffic Trend

Bagian ini menampilkan grafik traffic berdasarkan organic traffic trend bulanan untuk visualisasi yang lebih terukur.

  • SEO Keyword Ranking

Tidak dapat disangkal bahwa Ubersuggest adalah alat yang user friendly karena menampilkan sejumlah besar data dalam format grafis. Lihat bagian SEO keyword ranking ini. Di halaman hasil pencarian Google, Anda dapat melihat detail bagaimana peringkat website Anda berdasarkan penggunaan kata kunci tertentu.

Top Pages by Traffic

Fitur di Ubersuggest ini seperti harta karun di mana Anda dapat melihat dengan tepat jenis konten SEO apa yang diperingkat pesaing Anda dari perspektif SEO. Halaman unggulan ini terdiri dari daftar situs web dengan search engine traffic tertinggi.

Lihat grafik blog terpopuler, kunjungan situs web bulanan, jumlah total backlink, dan jumlah shares yang diterima situs web Anda di media sosial tertentu. Alat ini memberi Anda banyak ide tentang konten apa yang boleh dan tidak boleh Anda buat.

Site Audit

Kegunaan lain dari Ubersuggest adalah auditing website. Fitur audit ini tersedia dari menu fitur Site Audit. Fitur ini memungkinkan Anda menganalisis kinerja situs web Anda dan apakah strategi SEO Anda tepat dalam menghasilkan SEO traffic yang lebih baik.

Selain itu, fitur Site Audit membantu Anda memahami area mana dari SEO Anda yang perlu ditingkatkan. Untuk menggunakan fitur Site Audit, Anda harus memasukkan domain situs web yang ingin diaudit atau crawl. Selanjutnya Anda akan melihat berbagai data yang dikumpulkan oleh Ubersuggest, antara lain:

  • On-Page SEO Score

Bagian ini berisi skor keseluruhan setelah mengaudit 150 halaman website. Menurut kami, Ubersuggest mampu meraih skor tersebut berdasarkan penggunaan keyword pada judul blog, struktur URL yang SEO Friendly, dan penggunaan LSI keyword.

  • Organic Monthly Traffic, Organic Keyword, Backlink

Bagian informasi ini hampir sama dengan apa yang dapat Anda lihat di fitur Traffic Analyzer Overview.

  • Page Status

Bagian ini memungkinkan Anda melihat status setiap halaman web yang berhasil dicrawl. Terdiri dari status successful, redirected, broken, dan blocked.

  • SEO Issues

Bagian ini menampilkan jumlah total dan rincian masalah SEO situs web yang teridentifikasi, dikategorikan ke dalam critical errors, warnings, dan recommendations.

  • Site Speed

Bagian ini memberikan nilai seberapa cepat halaman situs Anda dimuat saat digunakan oleh pengguna Anda.

Disini kita membahas site speed berdasarkan load time (berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk loading konten utama halaman web), interaktivitas (berapa lama waktu yang dibutuhkan halaman web untuk merespon pengaksesan user click), dan stabilitas website akan ditampilkan.

Backlink

Seperti namanya, fitur Ubersuggest ini dirancang khusus untuk memantau penggunaan backlink, dimulai dengan authority-nya, referring domain (sejauh mana domain Anda berhasil menggunakan backlink ke situs web utama Anda), dan backlink yang masuk ke domain website utama dari website luar.

Anda juga dapat melihat grafik seperti evolusi backlink dari waktu ke waktu, grafik jumlah backlink baru dan hilang, dan grafik domain perujuk berdasarkan domain authority. Tapi bukan itu saja. Ini juga menunjukkan daftar rinci format backlink milik domain situs web, beserta domain authority, page authority, dan bahkan anchor text yang digunakan.

Pikirkan Riset Keyword, Ingat Ubersuggest!

Inilah dasar-dasar dan cara menggunakan Ubersuggest yang perlu Anda ketahui untuk mendukung riset strategi keyword Anda. Meskipun Anda dapat menemukan dan menggunakan alat riset kata kunci dan analisis SEO lainnya seperti Google Trends, Google Search Console, Moz, Ahrefs, dan SEMrush, Ubersuggest adalah alat online yang beginner friendly dan powerful.

Selain itu, Anda dapat mencoba paket free trial sebelum Anda benar-benar memutuskan apakah akan berinvestasi dalam analisis kata kunci dan riset strategi melalui Ubersuggest. Namun menurut kami, berlangganan paket Ubersuggest berbayar merupakan langkah tepat untuk bersaing maksimal dengan kompetitor lainnya.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Begini Cara Install Laravel Di Ubuntu dengan Mudah Menggunakan Composer

Menginstal Laravel di Ubuntu mudah dilakukan menggunakan Composer. Composer adalah alat untuk mengelola dependensi PHP…

20 hours ago

Yuk Promosikan Bisnismu Lewat Tiktok, dan Ini Tips Terbaiknya!

Apa Itu TikTok? TikTok adalah media sosial berbasis video pendek berdurasi 15 hingga 60 detik,…

24 hours ago

Kamu Harus Tahu! 3 Tips Ini Dapat Membantu Kamu dalam Memilih Lokasi Server yang Tepat

Pernahkah kamu bingung dalam memilih lokasi server, baik untuk Hosting maupun Virtual Server? Mulai sekarang…

3 days ago

Berikut Contoh Copywriting Kreatif yang Bisa Kamu Tiru!

Salah satu profesi yang paling populer di industri digital saat ini adalah copywriter. Bagi yang…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Ini Dia 4 Jenis Database yang Sangat Penting dalam Pengembangan Software

Salah satu elemen penting dalam pengembangan software adalah database. Database merupakan kumpulan data yang disimpan…

4 days ago

Penasaran Apa Itu Referral Marketing? Yuk Simak Penjelasannya Di Sini!

Ada banyak strategi pemasaran yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah referral marketing. Ini adalah…

4 days ago