HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

10 Rekomendasi Desain Situs Berita Terbaik

Situs web berita menarik jutaan pengunjung setiap bulan. CNN, misalnya, mendapat 399,4 juta kunjungan bulanan pada Desember 2021. Karena mereka mendapatkan begitu banyak pengunjung, situs berita harus menampilkan konten mereka sebanyak mungkin dengan cara yang mudah dibaca dan diakses, dan membuat sisanya mudah ditemukan. Ini berarti tipografi yang dapat dibaca di semua jenis perangkat, menu navigasi terperinci  yang dengan jelas menampilkan semua kategori dan subkategorinya, dan tata letak yang bersih dengan banyak ruang kosong.

Di bawah ini akan melihat beberapa situs web berita modern dan sederhana terbaik yang mencentang semua kotak ini dan banyak lagi.

Desain Situs Web Berita Terbaik

Di bawah ini merupakan beberapa situs web berita, yaitu :

1. Beautiful News

Beautiful News adalah situs berita sederhana yang menerbitkan satu cerita video setiap hari. Kisah-kisah ini dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan, kelegaan, dan motivasi. Selain irama penerbitan dan konten video eksklusifnya, Beautiful News juga unik karena menggunakan latar belakang hitam, teks putih, dan aksen warna pink neon.

Apa yang disukai : Latar belakang hitam dari Beautiful News membuat gambar mini video, formulir keikutsertaan buletin, dan elemen lainnya menonjol.

2. De Morgen

De Morgen adalah surat kabar Flemish yang mencakup politik, ekonomi, sains, opini, olahraga, dan kategori lainnya. Situs webnya menggabungkan tipografi tebal dengan gambar berkualitas tinggi untuk keterbacaan maksimum. Itu juga menggunakan font dan label berwarna yang berbeda untuk iklan untuk membedakannya dengan jelas dari artikel.

Apa yang disukai : De Morgen menggunakan tipografi yang berbeda untuk iklannya untuk membedakannya secara halus dari artikel berita tanpa mengganggu tata letak.

3. Healthline Transform

Healthline Transform adalah situs web interaktif yang didedikasikan untuk menyediakan cakupan terobosan inovasi dan teknologi yang membentuk masa depan kesehatan. Desain situs webnya sama modernnya dengan inovasi dan teknologi yang ditulisnya, menggunakan animasi dan warna untuk melibatkan dan menyenangkan pengguna.

Apa yang disukai : Transformasi Healthline mengundang pengunjung untuk membaca artikel unggulan mereka dengan mengklik dan menahan kursor animasi atau mengklik ikon berikutnya.

4. The Art Newspaper 

The Art Newspaper menyediakan berita dan acara internasional yang berkaitan dengan dunia seni visual. Situs webnya menggunakan desain hitam-putih sederhana dengan warna aksen merah marun untuk kategori dan tautan saat dilayangkan. Skema warna ini melengkapi tata letak minimalis yang menggunakan spasi untuk memisahkan dengan jelas bagian dan artikel yang berbeda satu sama lain.

Apa yang disukai : Art Newspaper menggunakan banyak ruang putih untuk memaksimalkan keterbacaan.

5. Badische Neueste Nachrichten

Badische Neueste Nachrichten (BNN) adalah surat kabar regional di Karlsruhe, Jerman. Desain hitam-putihnya dilengkapi dengan ikon warna-warni. Satu lencana kuning menunjukkan artikel untuk pelanggan yang membayar. Yang lain menggambarkan sebuah buku terbuka dan menarik perhatian pada waktu membaca setiap artikel.

Apa yang disukai : BNN menggunakan ikonografi untuk secara jelas menunjukkan waktu membaca setiap artikel, dan yang eksklusif untuk pelanggan.

6. The New York Times

Beranda The New York Times menampilkan menu navigasi utama mereka tepat di bawah tajuk dan di atas konten, seperti kebanyakan situs web berita. Tetapi juga menyertakannya di sudut kiri atas setiap halaman. Jika mengklik tombol hamburger di sudut, menu vertikal akan muncul. Jika mengarahkan kursor ke salah satu tautan navigasi ini, seperti Seni, menu tarik-turun sekunder akan muncul. Ini memudahkan pengunjung untuk menavigasi ke bagian yang sangat spesifik atau menjelajah.

Apa yang disukai : The New York Times menampilkan menu navigasi vertikal untuk pengunjung yang ingin melompat ke subbagian tertentu dan bagi mereka yang ingin menjelajah.

7. Fast Company

Fast Company memiliki desain yang lebih modern daripada situs berita tradisional seperti NYT. Ini menggunakan beberapa font dan warna, dan gambar yang menampilkan elemen ilustrasi dan desain grafis. Bagian pahlawannya mencakup penggeser animasi yang berputar melalui empat artikel, dengan menu navigasi gelap yang sedikit transparan dihamparkan di atasnya.

Apa yang disukai : Fast Company menampilkan empat artikel dalam penggeser animasi di paruh atas untuk segera menarik perhatian pembaca.

8. Los Angeles Times

Los Angeles Times adalah sumber utama berita, hiburan, sains, olahraga, dan banyak lagi. Situs webnya memiliki tata letak yang bersih yang memanfaatkan tipografi, spasi, gambar, dan garis pemisah secara strategis untuk mengatur bagian-bagiannya yang berbeda. Misalnya, bagian Sains dibagi menjadi berita utama terbaru, artikel yang paling banyak dibaca, dan subkategori utama.

Apa yang disukai : Los Angeles Times menggunakan hierarki visual dan garis pemisah untuk membuat tata letak yang rapi dan teratur.

9. Blavity News

Blavity News menyediakan berita, wawasan, dan komentar yang relevan secara budaya oleh dan untuk milenium Hitam. Bagian pahlawannya dirancang untuk menarik pengunjung: artikel unggulan ditampilkan dalam bilah geser dengan gambar lebar penuh, judul besar, dan sembulan warna. Untuk pembaca yang tidak tertarik dengan artikel unggulan, mereka dapat menavigasi ke bagian lain menggunakan bilah navigasi di bagian atas layar atau mereka dapat mengklik salah satu tajuk utama yang ditampilkan di spanduk bergulir di bawah.

Apa yang disukai : Blavity News segera menarik perhatian pembaca dengan bilah geser artikel unggulannya dengan gambar lebar penuh.

10. TIME

TIME menyediakan liputan berita terkini dan analisis dalam politik, sains, kesehatan, hiburan, dan banyak lagi. Desain hitam dan putihnya menggabungkan warna merah. Ini tidak hanya selaras dengan identitas mereknya, seperti yang ditunjukkan oleh logo di sudut kiri atas tetapi juga secara halus menarik perhatian pembaca ke elemen di halaman, seperti tombol CTA masuk dan berlangganan.

Apa yang disukai : TIME menggunakan warna merah sebagai aksen warna untuk memperkuat identitas mereknya dan secara halus menarik perhatian pembaca ke tombol CTA dan elemen lainnya.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago