HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Komunikasi Data Full Duplex : Pengertian Serta Cara Kerja

Komunikasi menjadi salah satu hal penting untuk setiap manusia guna melakukan proses pertukaran informasi.Tidak hanya komunikasi secara fisik tetapi proses komunikasi juga terjadi pada bentuk data yang dikenal dengan istilah komunikasi data.

Komunikasi data merupakan suatu bentuk komunikasi yang terjadi antara 2 atau lebih data,dimana ketika terjadi komunikasi maka arus data dan informasi yang diberikan akan berguna dan bermanfaat.Pada dasarnya komunikasi data banyak dilakukan terutama ketika komputer yang dimiliki terhubung ke dalam suatu jaringan komputer.Baik itu untuk jaringan lokal maupun luas seperti jaringan internet.Saat terjadi proses komunikasi data,ada beberapa tipe dari komunikasi data yang bisa terjadi berdasarkan metode transmisinya.

Inilah tipe komunikasi data berdasarkan dari metode transmisinya :

1.Komunikasi Data Simplex

Komunikasi Data Simplex merupakan komunikasi data yang terjadi secara satu arah,dimana komputer penerima hanya berfungsi sebagai receiver dan tidak dapat melakukan proses pengiriman data.Komunikasi data simplex dapat terjadi ketika seseorang menyalakan radio dimana radio hanya berfungsi sebagai penerima saja.

2.Komunikasi Data Duplex

Apabila diartikan secara harafiah, komunikasi data duplex merupakan bentuk komunikasi data dua arah.Yang berarti setiap komputer dapat berperan ganda yakni sebagai penerima dan sumber data.

Tentang Komunikasi Duplex

Komunikasi data duplex seringkali dikenal dengan istilah komunikasi data full duplex yang artinya komunikasi yang terjadi pada kedua komputer atau lebih mampu melakukan proses transmisi data secara bolak balik. ini dapat menyebabkan kedua kompouter bisa berperan ganda, yaitu sebagai penerima dan juga sebagai pengirim data.

Dengan demikian, kedua komputer atau alat, bisa saling membantu usernya dalam melakukan komunikasi satu sama lain, tanpa perlu terbatas pada fungsi receiver ataupn transmitter saja.

Cara Kerja Komunikasi Data Full Duplex

Umumnya komunikasi full duplex memiliki proses transmisi data yang tergolong rumit apabila dibandingkan dengan metode transmisi data simplex ataupun half duplex.

Berikut ini gambaran garis besar dari prinsip dan cara kerja dari bentuk metode komunikasi data full duplex :

  • Sebuah alat ataupun device memiliki kemampuan untuk berperan sebagai transmitter yaitu device yang memiliki informasi tertentu untuk diteruskan ke receiver.
  • Data yang dikirmkan oleh transmitter kemudian ditransmisikan ke receiver dengan menggunakan metode komunikasi data tertentu. Seperti menggunakan jaringan komputer,internet dan berbagai macam metode lain.
  • Ada satu atau lebih device yang berperan sebagai receiver yaitu device yang berguna untuk menangkap sinyal dan data yang sudah ditransmisikan oleh transmitter melalui jaringan.
  • Device yang menjadi receiver kemudian memberikan respon timbal balik berupa pengiriman data lainnya.Dalam hal ini fungsi receiver akan berubah menjadi fungsi transmitter yaitu menjadi pengirim data dan informasi.
  • Sama seperti proses kedua,data dan informasi akan diteruskan dengan menggunakan jaringan komputer dan jaringan komunikasi data lainya.
  • Setelah data dan informasi berhasil ditransmisikan maka device atau alat yang tadinya berperan menjadi transmitter (pada proses pertama) akan berubah fungsinya menjadi receiver yang menerima data dan informasi.
  • Proses ini akan berlangsung terus menerus hingga komunikasi data berakhir atau salah satu dari perangkat tersebut dimatikan.

Pada dasarnya memang cukup rumit karena setiap device yang dimiiliki harus memilki 2 fungsi yaitu sebagai receiver dan transmitter.

Contoh Penggunaan Komunikasi Data Full Duplex

Ada baiknya mengetahui contoh komunikasi data full duplex yang biasa digunakan.Dari banyaknya jenis-jenis jaringan komputer yang ada, komunikasi data full duplex ini dapat menggunakan koneksi jaringan internet apa saja.

Berikut ini beberapa contoh Komunikasi Data Full Duplex :

  • Penggunaan telepon rumah.
  • Penggunaan email/surat elektronik.
  • Chatting menggunakan messenger.
  • Koneksi Peer to Peer LAN pada jaringan komputer.
  • Koneksi jaringan yang menggunakan topologi circle.
  • Semua bentuk implementasi jaringan komputer yang memungkinkan user melakukan komunikasi dengan servernya.

Kelebihan Penggunaan Komunikasi Data Full Duplex

Penggunaan metode komunikasi data full duplex memiliki beberapa keuntungan.Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan komunikasi data full duplex :

  • Komunikasi data berjalan dengan mudah dan lancar.
  • Informasi dan data dapat diterima dan diteruskan dengan mudah.
  • Terjadi suatu timbal balik antar device dalam satu proses komunikasi data.

Kekurangan Penggunaan Komunikasi Data Full Duplex

Meski memiliki kelebihan tetap saja komunikasi data full duplex memiliki kekurangannya.Kelemahan yang dimiliki metode komunikasi data full duplex yakni :

  • Kedua device harus dalam keadaan On dan terhubung dalam sebuah jaringan.Jika salah satu device mengalami kegagalan maka komunikasi data full duplex tidak dapat dijalankan.
  • Device yang digunakan dalam metode komunikasi data full duplex cukup rumit untuk dibuat sehingga memiliki harga cenderung lebih mahal dibandingkan device yang dirancang untuk penggunaan metode transmisi data simplex.

Sekian artikel kali ini,semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago