HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

10 Teknologi Sederhana Yang Bermanfaat Untuk Kehidupan

Untuk mengenali banyak teknologi yang digunakan setiap hari,tidaklah sulit.Namun,apa kita benar-benar tahu persis bagaimana teknologi sehari-hari bekerja untuk kita ? Lalu bagaimana dengan teknologi sederhana yang digunakan dengan senang tanpa menyadarinya?

Kita akan membahas beberapa kegunaan teknologi yang dapat membantu kegiatan sehari-hari kalian dan juga membahas bagaimana teknologi ini bekerja.Berikut ini penjelasannya :

 

Teknologi Laser

Laser merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation.Laser merupakan perangkat yang memancarkan sinar cahaya yang koheren melalui proses amplifikasi optik.Ada banyak jenis laser termasuk laser gas,laser serat,laser solid state,laser pewarna, laser dioda dan laser excimer.

Laser ini lebih pada sebuah teknologi yang bisa dibilang termasuk teknologi sederhana di tengah persaingan di dunia digital seperti sekarang ini. Bahkan bisa dibilang laser adalah bagian kehidupan sehari-hari yang mungkin tidak kalian sadari sering kalian gunakan.Misalnya pada alat scan yang ada di supermarket yakni menggunakan laser,lalu ada laser yang digunakan pada DVD player.

Radar

Kita pasti sering mendengar kata radar dalam kehidupan sehari-hari,tentunya masih banyak dari kita yang belum mengerti bagaimana radar itu bekerja.Misal,ketika radar cuaca yang mengindikasikan bahwa hari ini akan turun hujan.

Radar menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengukur jarak dan mendeteksi kecepatan serta lokasi dan bisa mendeteksi banyak hal dengan menggunakan radar ini.Industri maskapai penerbangan menggunakan radar,tentunya untuk mengidentifikasi pesawat terbang atau memperingatkan bahaya yang mendekat.Di dunia militer juga menggunakan radar untuk mendeteksi ranjau darat di negara-negara bekas perang atau mereka juga mulai menggunakan radar untuk mengidentifikasi bom dan pembom bunuh diri.

Menggunakan pistol radar,gelombang ditembak ke dan memantul dari seseorang.Ada database besar sinyal “normal” yang dikeluarkan oleh orang-orang;jika ada pembacaan “tidak normal” dari radar,alarm berbunyi dan ransel itu akan dicari.Radar juga digunakan di sekitar Anda jika Anda berada di zona gempa atau gunung berapi.Ahli geologi mengandalkannya untuk mendeteksi perubahan pada lapisan Bumi yang dapat memberikan sistem peringatan dini untuk bencana alam.

Giroskop

Giroskop merupakan sebuah teknologi sederhanana yang tidak terlalu mencolok.Giroskop yakni roda yang berputar di sekitar sumbu yang memiliki kemampuan untuk bergerak.Karena hukum gerak pertama Newton,sebuah benda yang bergerak dalam garis lurus akan terus bergerak kecuali jika ditindaki oleh suatu gaya.Giroskop digunakan di sejumlah perangkat yang menjaga objek besar tetap stabil,contohnya menjaga perahu agar tidak terbalik,ada juga pada drone dan robot.

Radio

Teknologi radio memerlukan pemancar,penerima dan antena untuk menerjemahkan, menerima, dan mengirimkan informasi.Teknologi sederhana itu ditambahkan dan dibuat lebih rumit untuk membuat sesuatu seperti ponsel kalian bekerja.

Tahukah kalian,kabel kalian juga menggunakan radio?Memang,meskipun kabel secara fisik dihubungkan ke antena,kalian masih menerima sinyal radio,hanya saja bukan sinyal radio yang dikirim melalui udara tetapi melalui kabel serat optik yang dipasang ke kotak kabel kalian.

Alat Pengiris Bawang

Alat yang dirakit secara sederhana untuk memudahkan dalam mengiris bawang.Di dalam mesin ini terdapat pisau pengiris yang berfungsi memotong bawan merah maupun bawang putih dengan menghasilkan ketebalan hasil irisan yang sama.Jika kalian memiliki usaha warung makan,teknologi ini akan sangat membantu pekerjaan kalian menjadi lebih cepat dalam memotong bawang.

Mesin Penetas Telur

Mesin penetas telur ini bisa kalian buat dengan menggunakan barang bekas yaitu kertas kardus.Cara membuatnya juga sangat sederhana dan mudah.Bahan yang diperlukan adalah sekam padi,perekat atau lem,tempat air,lampu kuning 5 watt dan kabel.

Proses pembuatan mesin penetas telur :

  • pertama-tama lubangi kardus pada setiap bagian kardus dengan masing-masing bagian terdiri dari 4 lubang yang berdiameter 1 Cm.
  • Setelah itu pasang lampu tadi di bagian atas kardus.
  • Selanjutnya,lapisi kardus dengan menggunakan sekam padi,ini berfungsi sebagai alas.
  • Kemudian letakkan wadah air kecil di salah satu pojok kardus yang berfungsi untuk menjaga kelembaban di dalam kardus tersebut.
  • Letakkan mesin ini di bidang yang datar.
  • Mesin pengeram telur pun siap digunakan.

Komposter Sampah Organik

Sampah organik bisa dibuat sebagai pupuk kompos untuk tanaman.Namun,memerlukan waktu yang cukup lama untuk menjadikannya sebagai pupuk.Nah,dengan adanya alat untuk mengubah sampah organik menjadi pupuk kompos ini,menjadi salah satu teknologi tepat yang bisa kalian coba untuk membuatnya sendiri.

Yang perlu disiapkan : ember bekas,pipa paralon yang besar,pipa paralonyang kecil dan papan fiber yang keras sebagai alas dan saringan yang terbuat dari bahan kompos.

Caranya membuat Komposter sampah organik :

  • Lubangi seluruh bagian paralon dan fiber.
  • Kemudian langkah selanjutnya yakni membuat lubang dibagian samping ember sampai menembus ke bagian sisi lainnya,masukkan pipa paralon kecil ke lubang tersebut.Lalu kembali lubangi bagian bawah ember, di sini kalian bisa masukkan paralon yang berukuran besar kedalamnya sampai menembus bagian bawah ember untuk tempat air hasil kompos mengalir.
  • Selanjutnya letakkan alas fiber tadi kedalam ember.
  • Buat beberapa lubang pada bagian dasar ember maka teknologi sederhana penghasil kompos kalian siap digunakan.

Pengukur Kesuburan Tanah

Teknologi ini sangat membantu kalian dalam bekerja,khususnya di pertanian.Banyaknya faktor yang membuat petani gagal.salah satunya kurang pengetahuan petani tentang unsur kesuburan dalam tanahnya.Namun,jangan khawatir,adanya teknologi pengukur kesuburan tanah sederhana yang bisa digunakan bahkan dibuat sendiri oleh kalian untuk mengukur tingkat kesuburan tanah.

Untuk membuat alat ukur kesuburan tanah,kalian hanya perlu menyiapkan pipa paralon,kabel listrik,piting lampu,cok jantan dan plat logam seperti paku.

Cara membuat alat pengukur tanah :

  • Sambungkan salah satu ujung piting lampu pada ruji sepeda sementara ujung lainnya dihubungkan pada kabel sepanjang dua meter, ujung satunya lagi disambungkan pada jack listrik.
  • Jika dirasa sambungan sudah aman untuk digunakan,pasang lampu bohlam berukuran 100 watt.
  • Alat pengukur siap digunakan.

Cara pakainya sangat mudah,ambil satu genggam tanah yang ingin diukur kesuburannya,lalu dicampur dengan air mineral.Tancapkan ujung alat ukur kesuburan tanah ini pada wadah,hasilnya yakni semakin terang nyala lampu bolham ini,artinya semakin subur kondisi tanah yang sedang diuji tersebut.

Alat Penyaring Air

Teknologi alat untuk menyaring atau filter air dapat berguna untuk menyaring air kotor agar menjadi air bersih yang layak untuk dikonsumsi.Jika di daerah kalian sangat minim air bersih,maka alat ini tentunya sangat berguna bagi daerah kalian untuk bisa mendapatkan air bersih.

Untuk membuat alat penyaring ini harus menyiapkan bahan-bahan : ember,kerikil untuk penyaring tingkat pertama,sabut kelapa untuk penyaring tingkat kedua,ijuk untuk penyaring tingkat selanjutnya,arang untuk penyaring keempat dan sebagai penyaring terakhir adalah spon.Lalu siapkan juga sebatang pipa paralon serta bak penampung untuk wadah air bersih yang sudah berhasil disaring.

Langkah pembuatannya sebagai berikut :

  • Lubangi ember dibagian dasar kemudian pasang pipa paralon sebagai jalur keluar air.
  • Kemudian masukkan secara berurutan spon,ijuk,arang,sabut kelapa dan kerikil dengan komposisi yang sama.
  • Tuangkan air kotor yang akan disaring dari atas ember dan kalian bisa melihat air bersih siap pakai mengalir keluar dari pipa tersebut.
  • Untuk hasil air bersih yang maksimal,penyaringan dapat dilakukan berulang kali hingga air benar benar bersih dan layak untuk digunakan.

Penyedot Debu Dari Botol Bekas

Alat penyedot debu bukan lagi benda asing yang susah untuk ditemukan di masyarakat.Namun untuk memilikinya,kadang kalian perlu mengeluarkan dana yang lumayan.Nah,guna menyiasati itu,ternyata kalian bisa membuat vacum cleaner lebih sederhana dengan menggunakan bahan botol plastik bekas.

Bahan-bahan yang harus disiapkan : botol bekas,kaleng makan bekas,dinamo,lem,aki motor dan juga kain secukupnya.Cara membuatnya mudah sekali :

  • Potong botol yang sudah kalian siapkan menjadi dua bagian.
  • Lubangi botol pada bagian bawahnya.
  • Potong kaleng menjadi lingkaran yang berdiameter lebih kecil dari botol kemudian buat menjadi seperti baling–baling.
  • Rekatkan baling baling tersebut dengan kaleng dan ke dinamo
  • Letakkan di bagian bawah botol yang telah dilubangi dan rekatkan dengan menggunakan lem.
  • Rekatkan kain yang berfungsi sebagai saringan kotoran yang tersedot.
  • Satukan bagian atas botol serta tambahkan pegangan untuk memudahkan kalian menggunakan alat penyedot debu dari botol bekas ini.

 

Ada juga teknologi lainnya yang dapat memudahkan kalian dalam kehidupan sehari-hari.Kita hanya memberikan beberapa contoh teknologi yang berkembang.Sekian artikel kali ini,semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

2 hours ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

4 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

2 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

2 days ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

3 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

3 days ago