HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: BlogTips

Cara Menghasilkan Uang Melalui PlayStore dengan Mudah

Berikut adalah cara mendapatkan uang dari playstore dengan mudah, yaitu :

1. Menjadi Developer Aplikasi

Cara menghasilkan uang lewat Playstore bisa dilakukan dengan menjadi developer atau pengembang aplikasi. Jika memiliki keahlian di bidang programming dan pembuatan aplikasi, cara ini wajib dipertimbangkan.

Pasalnya, jumlah pengguna aktif Android yang mencapai hingga miliaran di seluruh dunia membuat aktivitas pengunduhan aplikasi di Playstore sangat menjanjikan bagi developer aplikasi.

Bisa memilih membuat aplikasi gratis atau yang berbayar.

Untuk aplikasi yang gratis bisa memperoleh uang dari adsense. Sebelum meluncurkan aplikasi, pasang iklan terlebih dahulu. Jadi, ketika pengguna mengunduh aplikasi yang dibuat bisa mendapat uang dari iklan-iklan yang bermunculan di dalamnya.

2. Mendaftar di aplikasi Freelancer

Aplikasi penyedia jasa secara freelancer tidak hanya dapat diakses melalui web, tetapi dapat diakses melalui Playstore.

Caranya unduh aplikasi freelancer yang diinginkan lalu daftar seusai dengan cara dan ketentuan yang berlaku.

Seperti membuat akun pada umumnya, hal yang diperlukan adalah foto, data diri, metode pembayaran yang digunakan dan skill apa yang dimiliki.

Jika memiliki akun Linkedin, dapat dihubungkan sehingga calon pengguna jasa dapat dengan mudah melihat kemampuan, pengalaman dan hasil kerja. Aplikasi semacam ini adalah cara yang sangat sering digunakan untuk seseorang yang tidak suka bekerja dengan aturan dan ingin bekerja sesuai hobi di kamar yang nyaman.

Pengalaman juga akan bertambah, karena akan mendapatkan pelanggan yang berasal dari luar negeri. Banyak sekali jenis jasa yang dapat ditawarkan di aplikasi freelancer ini.

Kemampuan seperti penerjemahan, content creator, IT developer, semua jenis design seperti jasa pembuat template presentasi, template microsoft, karikatur, data entry & admin, sales & marketing, transportation, engineering, dll.

Karena jenis yang ditawarkan banyak, hampir seluruh masyarakat dapat bergabung untuk bekerja secara freelance. dapat mengembangkan kemampuan dalam suatu bidang.

Jenis pembayaran yang dilakukan ketika berhasil menyelesaikan pekerjaan adalah menggunakan Kartu Kredit ataupun PayPal. Hal ini dapat disesuaikan dengan keinginan.

3. In-App Purchase

In-app purchase adalah ketika sebuah aplikasi menjual produk digital kepada penggunanya.

Contohnya dapat dijumpai pada aplikasi game, yang menjual berbagai jenis equipment untuk dipakai oleh karakter game di dalamnya. Misalnya, pakaian untuk karakter pada game, senjata dalam game, atau level tambahan. Hal itulah yang disebut dengan in-app purchase.

Harga yang dibanderol bisa bervariasi, tergantung fungsinya dalam game atau tingkat kelangkaannya. Bagi penggemar game, tentu ada saja yang melakukan pembelian item-item seperti ini di dalam aplikasi.

4. Melakukan In-App Advertising

Melakukan in-app advertising merupakan cara developer menghasilkan uang dari aplikasi gratis yang dibuatnya pada Playstore. Melalui iklan yang terpasang dalam aplikasi, dapat memperoleh sejumlah uang tambahan menggunakan Google Adsense.

Namun, tetap pastikan ketika menampilkan iklan, hal tersebut tidak mengganggu pengguna aplikasi. Jangan sampai para pengguna segera melakukan uninstall aplikasi yang dibuat karena terganggu iklan.

5. Menyediakan Sistem Subscription di Aplikasi

Cara lain mendapatkan uang dari Playstore yaitu dengan menyediakan sistem subscription. Contoh sederhananya, ketika download aplikasi video editor, kemudian aplikasi tersebut memiliki opsi agar penggunanya bisa mengakses fitur premium dengan berlangganan bulanan atau membayar sejumlah biaya.

Selain mendapat akses yang lebih, pengguna yang berlangganan subcsription dapat menikmati aplikasi tanpa terganggu iklan. Jika sebuah aplikasi dirasa bagus dan bermanfaat bagi penggunanya, bukan tidak mungkin banyak orang melakukan berlangganan aplikasi tersebut. Dengan begitu bisa memperoleh uang dari Playstore.

6. Sponsorship

Bagi para developer aplikasi bisa mendapat uang dari bentuk kerja sama dengan perusahaan yang ingin mempromosikan bisnisnya. Kerja sama seperti ini biasanya dalam bentuk memunculkan gambar, karakter, logo, atau elemen-elemen grafis yang ada dalam aplikasi.

Para developer nantinya akan mendapat bayaran sesuai perjanjian selama kampanye atau kerja sama tersebut berlangsung. Bentuk sponsorship bisa dibilang sebagai kerja sama dalam bentuk pembiayaan dari pihak ketiga untuk pembuatan sebuah aplikasi.

7. Menggunakan aplikasi penghasil uang

Jika tidak tertarik dengan cara di atas, bisa coba opsi lainnya untuk mendapat uang dari Playstore. Salah satu caranya, dengan menggunakan aplikasi penghasil uang yang bisa diunduh di Google Playstore. Apa saja aplikasinya, dan bagaimana cara memperoleh uangnya?

Tentu saja tidak akan mendapat uang hanya dengan mengunduhnya. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki misi yang harus diselesaikan oleh penggunanya untuk memperoleh poin. Poin tersebut yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang bila sudah terkumpul.

8. Mengisi survei online lewat aplikasi

Banyak cara untuk menghasilkan uang dari Playstore. Selain menggunakan aplikasi penghasil uang juga bisa mengisi survei online lewat aplikasi yang di unduh di Playstore. Bagi yang mau penghasilan tambahan, cara ini bisa dimanfaatkan selagi mengisi waktu luang.

Perusahaan biasanya membutuhkan pendapat masyarakat terhadap produknya untuk melakukan inovasi. Survei online ini digunakan untuk mengumpulkan opini masyarakat luas untuk berbagai keperluan.

Kebanyakan di antaranya bahkan membayar sejumlah uang setelah mengisi survei. Contoh aplikasi survei online yang bisa dicoba adalah YouGov, Google Opinion Rewards, Swagbucks, dll.

9. Menjual stok foto

Cara menghasilkan uang dari Playstore yang bisa dicoba selanjutnya adalah dengan menjual stok foto. Jika punya hobi fotografi, tidak ada salahnya mencoba keberuntungan dengan cara ini.

Ada beberapa aplikasi untuk menjual stok foto, seperti Contributor by Getty Images, Shutterstock Contributor, dan sebagainya.

Foto yang dihasilkan tentunya harus berkualitas dengan resolusi yang baik. Manfaatkan kamera yang dimiliki untuk mengambil foto, kemudian bisa lakukan pengeditan sedikit agar foto semakin menarik.

Terapkan pengetahuan teknik dalam fotografi supaya gambar yang dihasilkan jadi lebih berkualitas. Sebab, foto-foto yang dihasilkan nantinya akan dibeli oleh pihak lain untuk berbagai keperluan.

10. Main game yang menghasilkan uang

Siapa yang tidak mau mendapatkan uang dengan bermain game? Tentunya ini merupakan impian bagi banyak orang. Para gamers profesional bisa menghasilkan uang dengan mengikuti kompetisi bermain game dengan hadiah jutaan rupiah.

Beberapa game populer di Playstore kini banyak ditandingkan dalam Turnamen Esport, atau olahraga elektronik. Contoh game yang sering ditandingkan dalam kompetisi resmi adalah Mobile Legends, PUBG, RO: Idle Poring, Fortnite, dan sebagainya.

11. Menghasilkan uang melalui sosial media

Masih kurang dengan cara di atas? Kamu juga bisa mendapat uang menggunakan sosial media yang kamu unggah dari Playstore. Aplikasi media sosial, seperti TikTok, Instagram, Facebook, dll bisa menjadi ladang untuk menghasilkan uang.

Caranya bisa berbagai macam, mulai dari berjualan online, menjadi influencer atau selebgram, menjadi content creator, dll.

12. Menghasilkan uang dari podcast

Podcasters yang menyediakan konten audio secara online. Podcast memang sedang digandrungi oleh milenial. Melalui profesi ini bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber mulai dari sponsor, donasi, iklan, afiliasi, dan sebagainya. Topik untuk podcast juga beragam, bisa soal asmara, gaya hidup, politik, dan sebagainya. Selain itu, membuat podcast tidak melulu harus mengeluarkan biaya besar, karena bisa membuatnya di situs Anchor.fm atau menggunakan aplikasi Anchor.

13. Jadi penulis dan mendapatkan monetisasi

Cara dapat uang gratis dari internet bermodalkan kreativitas dan imajinasi dengan menjadi penulis fiksi. Sekarang ini sudah banyak berbagai platform menulis daring yang membuat karya yang dibaca banyak orang. Entah itu melalui situs maupun aplikasi. Berbagai platform online ini sebut saja Storial, Joylada, Novelme, Dreame, Wattpad, dan sebagainya. Bila novel dibaca puluhan ribu atau ratusan ribu pembaca, bukan tidak mungkin bisa diterbitkan dan diangkat ke layar lebar. Bisa langsung dicoba cara mendapatkan uang dari Google Playstore melalui aplikasi menulis fiksi, salah satunya Storial.

14. Menggunakan aplikasi peminjaman uang online

Playstore tidak hanya sebagai tempat menghasilkan uang, melainkan juga tempat meminjam uang. Bila hendak mencari modal untuk usaha bisa mempertimbangkan berbagai aplikasi pinjaman uang online yang ada di Playstore. Biasanya pengajuan pinjaman online lebih mudah dibanding meminjam uang di bank. Soal kisaran bunga bisa membandingkannya sendiri antar aplikasi pinjaman online.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago