HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

3 Cara Membuat Ukuran Thumbnail YouTube Yang Sesuai

Mengenal Apa Itu Thumbnail YouTube ?

Thumbnail YouTube merupakan gambar pratinjau yang mewakili video.Mereka memberi petunjuk kepada pemirsa tentang apa yang diharapkan dari video sebelum mereka mengkliknya.Thumbnail tidak boleh berupa foto acak dari video kalian karena ini harus dipilih dengan hati-hati untuk menarik perhatian pemirsa potensial.

Disisi lain,thumbnail yang baik dapat membantu mengumpulkan ribuan tampilan.Sementara tampilan yang buruk akan memastikan video kalian tetap tidak terlihat.Untungnya,YouTube memungkinkan kalian untuk menyesuaikan gambar mini video kalian.Saat mengunggah video,YouTube akan secara otomatis mengambil tiga gambar diam dari video kalian yang dapat digunakan sebagai thumbnail.Meski ada opsi mudah itu,selalu yang terbaik adalah membuat thumbnail YouTube khusus untuk setiap video kalian.

Kiat atau tips yang harus diketahui sebelum membuat thumbnail YouTube,yakni :

  • Hindari gambar tidak relevan

Tidak ada yang suka clickbait,itulah mengapa penting untuk memastikan thumbnail YouTube kalian secara akurat menggambarkan apa yang akan ditemukan pemirsa di video kalian.Jika tidak,kalian dapat merusak reputasi atau brand dan lebih buruk lagi,YouTube berpotensi berhenti menampilkan video kalian di hasil pencarian jika rasio pentalan kalian terlalu tinggi.

Tujuan thumbnail yakni untuk memberikan konteks,jadi menggunakan gambar yang tidak menggambarkan apa yang sebenarnya akan dilihat pemirsa tidak akan menguntungkan kalian.Sebaiknya temukan poin terpenting dari video dan soroti dengan membuat thumbnail di sekitarnya.Yang terbaik adalah menyeimbangkan pembuatan penggoda visual tanpa mengungkapkan terlalu banyak.Hanya tampilkan cukup untuk membuat pengguna ingin mengklik dan melihat apa yang ada didalamnya.

  • Sederhana

Thumbnail YouTube kecil dan mereka bahkan lebih kecil jika dilihat di perangkat seluler yang umum karena YouTube sering ditonton di ponsel.Faktanya,rata-rata hari ada 1 miliar tampilan seluler.Itu sebabnya kalian harus mencoba untuk menghindari menambahkan terlalu banyak teks atau sesuatu yang terlalu kecil dan ramai.Orang tidak akan dapat membacanya dan dengan demikian membuang-buang hasil thumbnail yang berharga.Untuk memastikan thumbnail tetap sederhana,hindari menambahkan seluruh judul video kalian ke gambar.Judul video kalian akan muncul tepat di sebelah thumbnail kalian.

Cobalah untuk mempersingkat judul menjadi beberapa kata pendek atau jika memungkinkan cukup menggunakan hanya gambar diam dengan logo.Gambar diam sangat cocok untuk thumbnail karena dengan cepat memberikan gambaran tentang apa yang akan ditemukan pemirsa di video kalian tanpa harus membuat gambar sepenuhnya dari awal.

  • Kontras

Mungkin pernah melihat kesalahan fatal,misal teks putih di latar belakang terang atau teks hitam di latar belakang gelap.Hal seperti ini sama saja membuat thumbnail tidak berguna.Kalian harus menonjolkan konten,jadi jika pemirsa tidak dapat dengan mudah membaca teks di thumbnail kalian,kemungkinan besar video kalian akan dilewati.

Menambahkan logo ke thumbnail YouTube dapat membantu dengan brand awareness,bagaimanapun di mana kalian menempatkan logo pada thumbnail kalian adalah penting.

Pertama,pastikan logo tidak terlalu besar.Kalian tidak ingin mengalihkan perhatian dari keseluruhan pesan thumbnail,tetapi jika terlalu kecil tidak ada gunanya menambahkannya.Maka caranya dengan menambahkan logo ke sudut thumbnail dan ini akan berfungsi dengan baik,terutama jika memiliki teks lain di thumbnail kalian,tetapi hindari sudut kanan bawah.Mengapa? Karena di situlah YouTube menampilkan durasi video Anda untuk pemirsa. Jika Anda meletakkan logo Anda di sana, itu akan tertutup dan membuat video Anda terlihat tidak profesional.

  • Menambahkan teks

Sebagian besar thumbnail YouTube menyertakan teks karena membantu pemirsa mengidentifikasi tentang apa video nantinya. Jenis,ukuran dan warna font juga penting.Buat cukup besar sehingga mudah dibaca dan gunakan warna menonjol di latar belakang.Lalu pilih font sesuai dengan konten.Misalnya,gunakan font yang terlihat menyenangkan jangan yang formal jika kalian membuat video untuk anak-anak.

Ukuran Thumbnail YouTube

Supaya thumbnail YouTube memiliki dampak yang baik,ukurannya harus benar.Berikut ini Dimensi thumbnail YouTube yang ideal :

  • Rasio Aspek : 16:9
  • Ukuran File Maks : 2MB
  • Resolusi : 1280×720 (dengan lebar minimum 640 piksel)
  • Format gambar yang diterima : JPG,GIF dan PNG.

Jika sudah memahami ukuran ideal dari thumbnail untuk konten YouTube kalian,ada beberapa hal yang harus dihindari dalam membuat thumbnail diantaranya :

  • Jangan biarkan YouTube memilihkan thumbnail

Saat mengupload video,kalian harus klik Thumbnail kustom untuk juga mengupload desain.Jika tidak melakukan ini atau  tidak memiliki desain,YouTube akan menarik sesuatu dari video kalian untuk digunakan sebagai thumbnail.Hal ini tidak direkomendasikan karena akan selalu lebih baik untuk memiliki kontrol atas apa yang dilihat pemirsa kalian terlebih dahulu.

Perlakukan thumbnail YouTube seperti magnet utama.Ini adalah titik masuk bagi orang-orang untuk mengklik video dan berlangganan saluran kalian.

  • Rancang thumbnail dengan baik

Rancang thumbnail khusus kalian sendiri.Berikan citra yang baik terhadap brand dan jangan sampai salah dalam menggunakan strategi thumbnail,jika masih ragu kalian juga dapat membaca serta melihat tutorial dalam pembuatan thumbnail yang baik dan benar.

  • Jangan memadati gambar

Lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik,jadi cek kembali brand,tentu kalian menginginkan sesuatu yang beresonansi dan menunjukkan kepada orang-orang siapa kalian.

Gunakan thumbnail untuk memancing orang agar mau melihat konten yang disajikan dengan mengisinya secara elegan tanpa harus memasukkan seluruh elemen gambar yang bahkan tidak terlalu penting dan meningkatkan rasio klik secara signifikan.

 

Semoga artikel ini membantu menghilangkan keraguan kalian tentang thumbnail video YouTube.Menggunakan gambar mini khusus atau thumbnail dapat secara dramatis meningkatkan rasio klik-tayang, jadi pastikan mulai menggunakannya sekarang juga.Ingat bahwa mungkin perlu waktu untuk menemukan gaya yang tepat yang sesuai dengan brand kalian dan menarik lebih banyak pengikut.Coba beberapa pilihan berbeda,analisis data penayangan dan buat perubahan jika tidak berkinerja baik.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

4 days ago