HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Proxy Telegram : Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Proxy Telegram saat ini menjadi topik yang sedang ramai diperbincangkan. Sebab, hal ini menjadi salah satu tech hack yang paling berguna bagi pengguna setia aplikasi Telegram.

Saat ini, Telegram menjadi salah satu aplikasi media sosial yang cukup populer. APK ini punya banyak fitur yang membebaskan penggunanya karena tidak membatasi konten-konten yang tersebar. Apalagi juga bisa nonton drama korea atau film lain di Telegram.

Meski bebas, aplikasi ini tetap punya kelemahan. Dalam beberapa kesempatan, kecepatan upload atau download-nya tidak sekencang aplikasi medsos lain. Maka dari itulah proxy Telegram hadir sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini.

Pengertian Proxy Telegram

Sebagian besar pengguna internet mungkin sudah tahu apa itu proxy. Namun, pasti ada juga yang belum paham dan bakal jelaskan semuanya di bawah ini. Bagi yang belum tahu, Proxy adalah sebuah server atau program komputer bagian dari server gateway yang memisahkan jaringan lokal dan luar. Sederhananya, proxy adalah jembatan untuk mengakses jaringan internet.

Bagi yang menggunakan proxy di browser internet akan browsing di server independen. Artinya tidak akan terkena blokir karena semuanya sudah dilakukan di browser lain yang telah diatur sejak awal. Alamat IP pengguna pun bisa disembunyikan.

Maka dari itulah, proxy Telegram bisa didefinisikan sebagai server proxy yang digunakan secara khusus di Telegram untuk menerobos pembatasan yang dilakukan operator. Proxy ini juga bisa memfokuskan koneksi ke server Telegram dengan efektif.

Dalam penggunaannya dapat memilih dua tipe proxy Telegram, yaitu :

1. SOCKS5

Versi proxy Telegram yang pertama adalah SOCKS5. Proxy tipe ini merupakan sebuah versi terbaru dari protokol SOCKS. Dengan kata lain, pada versi proxy Telegramyang satu ini telah mendapatkan peningkatan kecepatan dari versi sebelumnya yaitu proxxy tipe SOCKS4. Selain iu, tipe ini juga mendukung UDP dan TCP, dan menawarkan lebih banyak metode otentikasi. SOCKS5 sendiri bisa dikatakan cepat ketimbang versi sebelumnya.

2. MTProto Proxy

Versi proxy Telegram yang pertama adalah MTProto Proxy. Tipe ini MTProto ini sebelumnya merupakan sebuah sistem keamanan tingkat tinggi yang digunakan oleh Telegram dalam melakukan enkripsi pesan penggunanya. Maka dari itu, MTProto Proxy ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan akun saat mengakses Telegram.

Fungsi Proxy Telegram

Mungkin pernah tidak bisa mengakses sebuah situs (biasanya situs-situs terlarang seperti situs dewasa) saat browsing internet. Tidak cuma yang terlarang, situs-situs dari negara lain juga kadang tidak bisa diakses karena dibatasi oleh regulasi.

Dari isu inilah hadir solusi bernama proxy yang bisa mengatasi semua hal tersebut. Artinya akan bisa membuka akses ke semua situs yang dilarang setelah menggunakan proxy. Hal yang sama pun berlaku saat menggunakan Telegram.

Hal tersebut merupakan satu dari beberapa fungsi proxy Telegram. Fungsi dan manfaat lainnya bisa dicek pada poin-poin di bawah ini :

1. Akses lebih luas dan terbuka

Seperti yang sudah disebutkan di atas, proxy Telegram punya fungsi yang salah satunya adalah membuka akses ke konten di Telegram atau situs yang diblokir oleh provider. Sebab, proxy yang dipasangkan pada APK Telegram dapat menerobos pembatasan yang dilakukan operator.

2. Privasi data pribadi yang lebih terjamin

Selain membuka akses lebih luas, adanya proxy Telegram juga melindungi data pengguna. Sebab, semuanya sudah terenkripsi dengan protokol MTProto.

Maka dari itu, potensi penyalahgunaan data pribadi pengguna bisa dihindari. Dengan segala pesan atau konten yang dikirim oleh pengguna ke pengguna lainnya. Selain itu juga tidak perlu takut data atau isi pembicaraan terbongkar.

3. Koneksi yang lebih lancar

Salah satu fungsi paling penting dari proxy Telegram adalah memperlancar koneksi. Dengan menggunakan proxy, mendapat “hak khusus” pada server tertentu. Hasilnya, koneksi saat menggunakan Telegram jadi lebih lancar tanpa terganggu koneksi lain.

Hal inilah yang diincar oleh banyak pengguna. Sebab jadi bisa nonton dan download film di Telegram lebih cepat. Begitu juga saat menggunakan bot Telegram.

Cara Menggunakan Proxy Telegram

Setelah membaca penjelasan di poin-poin sebelumnya akan dianggap sudah mengerti cara kerja serta fungsi proxy pada aplikasi Telegram. Maka dari itu, sekarang saatnya kita lanjut ke cara menggunakan proxy Telegram.

1. Cara Mengaktifkan Proxy Telegram

Tenang aja tidakperlu khawatir semuanya bakal ribet. Justru sebaliknya bisa menggunakan proxy Telegram dengan mudah lewat panduan step-by-step yang telah disiapkan di bawah ini :

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Klik menu ikon garis tiga di pojok kanan atas.
  3. Klik menu Pengaturan.
  4. Masuk ke opsi Data dan Penyimpanan.
  5. Scroll ke bawah, lalu klik Pengaturan Proxy.
  6. Geser toggle button hingga ON untuk aktifkan proxy.
  7. Pilih proxy yang ingin digunakan.
  8. Isi detail proxy yang ingin dihubungkan.
  9. Klik ceklis untuk mengaktifkan proxy Telegram.

2. Cara Mematikan Proxy Telegram

Setelah mengaktifkannya, mungkin berpikiran untuk mengganti atau mematikan proxy tersebut. Berikut ini cara mematikan proxy Telegram, yaitu :

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Klik menu ikon garis tiga di pojok kanan atas.
  3. Klik menu Pengaturan.
  4. Masuk ke opsi Data dan Penyimpanan.
  5. Scroll ke bawah, lalu klik Pengaturan Proxy.
  6. Tap atau geser toggle button hingga OFF untuk mematikan proxy.

Sementara itu juga menghapus proxy yang ada di menu pengaturan Telegram. Caranya juga mudah hanya tinggal menekan proxy yang ingin dihapus selama beberapa detik. Setelah itu akan muncul pop-up konfirmasi. Tinggal pilih opsi hapus untuk menghapus proxy tersebut.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

13 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

14 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

4 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

4 days ago