HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Android Oreo : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Android Oreo

Android O atau dikenal Android Oreo secara resmi diperkenalkan oleh Google pada tanggal 22 Agustus 2017 yang lalu. Android 8.0 merupakan versi Android terbaru yang secara resmi siap meluncur ke lapangan. Nama “Oreo” sendiri sudah terendus sejak Android O pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2017 pada Mei 2017 lalu.

Pada Android Oreo terdapat beberapa tambahan fitur, layanan dan pembaharuan lainnya yang mungkin tidak dimiliki oleh Android Nougat. Peluncuran Android Oreo tentu membuat kebanyakan pengguna Android Nougat meng-upgrade sistem operasi android mereka ke Android Oreo.

Fitur Android Oreo

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi fokus dan juga fitur terbaru dari versi Android terbaru ini, yaitu :

  • Peningkatan pada ketahanan baterai

Android Oreo akan diperbaharui dengan meningkatkan kualitas pada baterai, melalui fitur Google Vital, baterai akan lebih hemat dengan adanya batasan wajar untuk membuat aplikasi yang berat akan tutup secara otomatis dengan fitur ini. Batasan ini akan membatasi penggunaan layanan di background aplikasi serta pembaruan lokasi yang berlebihan, sehingga aplikasi tidak dapat melakukan terlalu banyak kerusakan pada baterai saat menggunakannya.

  • Adanya fitur notification Dots

Android Oreo memungkinkan pengguna melihat pemberitahuan yang mereka lewatkan tanpa menarik menu drop-down dari bagian atas layar. Hal ini tentunya akan membuat pengguna lebih efektif dan efisien dalam menggunakan perangkat tanpa harus membuka aplikasi.

  • Kinerja lebih cepat

Proyek Vitals yang menggerakkan pengembangan Android Oreo juga akan membawa kinerja yang lebih cepat dan lebih besar ke perangkat Android. Hal ini tentunya akan membuat perangkat yang digunakan akan lebih smooth dan cepat pada saat digunakan.

  • Adanya fitur Picture-in-Picture video

Pada Android Oreo dapat mengambil video YouTube atau video call saat beralih dari aplikasi ke aplikasi, karena Android Oreo akan menawarkan dukungan picture-in-picture (PiP) di seluruh OS.

  • Adanya fitur Auto-enable Wi-Fi

Fitur terbaru yang tidak kalah canggih dari Android Oreo adalah dapat mengubah Wi-Fi perangkat secara otomatis berdasarkan lokasi. Dengan cara ini, perangkat dapat terhubung ke jaringan rumah saat pengguna tiba. Menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna yang tentunya dapat mempermudah dan menghemat penggunaan paket internet.

  • Fitur Pinned shortcuts and widgets

Android Oreo mengambil kemampuan untuk menyesuaikan layar awal lebih jauh lagi dengan pintasan dan widget tersemat. Jika lama menekan ikon aplikasi akan melihat tombol yang berbeda yang masing-masing memiliki deskripsi tentang apa yang akan dilakukan pintasan saat dipatok pada layar rumah.

  • Android Oreo akan mengotomatisasi suatu formulir yang kosong

Fitur autofill baru ini memungkinkan pengembang membuat layanan yang bisa langsung memasukkan informasi ke dalam formulir yang kosong. Sehingga akan mempercepat dan mempermudah ketika mengisi suatu informasi.

  • Keamanan yang ditingkatkan dengan Google Play Protect

Keamanan pastinya menjadi alasan utama menggunakan smartphone, dengan fitur Google Play Protect, Google dapat memindai aplikasi pengguna karena ancaman dan terus-menerus memeriksa risiko terbaru, yang akan ditemukan dan terdeteksi.

  • Fitur Smart Text Selection yang dapat menghemat waktu

Fitur ini tentunya dapat membantu dalam melakukan pengetikkan pada ponsel. Fitur ini memudahkan untuk menarik keluar alamat, nama bisnis dan pilihan lainnya secara otomatis memilih seluruh jumlah teks dengan mengetuknya.

  • Adanya emoji baru

Hal ini tentunya akan membuat lebih ekspresi dalam menyampaikan pesan dengan adanya emoji yang baru untuk kebutuhan.

  • Ikon (Icon) dan variasi warna yang diupdate

Layar akan berasa hidup dengan fitur dari Android Oreo sehingga tidak akan bosan menggunakan perangkat yang super responsive dan interaktif. Tidak hanya icon, warna yang diberikan pada Android Oreo juga dikenal dengan kemampuan yang sangat enak dilihat.

  • Peningkatan pada koneksi Bluetooth audio

Headphone Bluetooth menawarkan kebebasan koneksi nirkabel, namun terkadang harganya terjangkau. Android Oreo terlihat mengubahnya dengan mendukung koneksi Bluetooth berkualitas tinggi, seperti codec LDAC Sony untuk audio hi-res.

  • Adanya keyboard shortcuts yang baru

Google mengatakan Android Oreo akan menampilkan versi perbaikan dari shortcut keyboard untuk tombol tab dan panahnya. Ini bisa membuat lompatan Google Doc jadi lebih mudah.

  • Peningkatan pada kualitas suara

Hal ini dilakukan dimana kualitas suara menjadi salah satu hal yang diperhatikan mulai dari bagaimana nantinya sistem dapat mengeluarkan suara yang jernih dan baik.

  • Android TV mendapat update Android Oreo

Perangkat Android TV mendapatkan update yang juga banyak sekali peningkatan dengan menggunakan OS Android Oreo.

  • Bagian halaman Setting yang lebih baik

Google telah membersihkan menu Settings agar lebih mudah menemukan bagian yang berbeda. Sehingga pengguna tidak akan kesulitan dalam melakukan setting pada perangkat mereka.

  • Peningkatan pada Aksesibilitas

Tombol aksesibilitas di panel navigasi menyediakan akses cepat ke fitur seperti pembesaran dan layanan termasuk Select to Speak. Audio Oreo juga akan dioptimalkan dengan aksesibilitas, dengan kontrol terpisah untuk aksesibilitas dan volume media.

  • Update yang super cepat dibandingkan pendahulunya

Hal ini diungkapkan Google secara langsung dimana pengguna akan mendapatkan update Android Oreo untuk banyak perangkat android dengan cepat.

  • Memangkat aplikasi yang besar

Hal ini akan membuat perangkat semakin ringan atau bisa dibilang aplikasi yang di install tidak membutuhkan space yang besar. OS yang diperbarui tidak memaksa pembuat aplikasi untuk menggabungkan font khusus dengan perangkat lunak mereka sehingga akan mengurangi ukuran file.

Kelebihan Android Oreo

Berikut ini beberapa kelebihan android oreo, yaitu :

  1. Bisa Log-In ke semua akun aplikasi yang ada di smartphone android oreo tanpa memasukkan username dan sandi hanya dengan klik Log-In.
  2. Bisa menonton video tanpa diganggu sembari membuka aplikasi lainnya dalam satu smartphone.
  3. Bisa membaca suatu notifikasi baru yang belum dibaca tanpa membuka aplikasi itu melainkan hanya membacanya di menu kecil di atas aplikasi itu yang memberi suatu keterangan notifikasi dari aplikasi itu.
  4. Bisa mencopy suatu kalimat di smartphone dengan mudah hanya beberapa ketukan karena ini didukung oleh fitur Smart Text Selection.
  5. Bisa mendengarkan musik dengan headset bluetooth dengan kualitas yang tinggi dan jernih.
  6. Bisa berbagi data via wifi tanpa aplikasi tambahan melainkan fitur sistem seperti aplikasi shareit.
  7. Bisa menetapkan batasan waktu untuk mematikan notifikasi dari suatu aplikasi.
  8. Bisa membuat grup yang bisa diberi nama untuk semua notifikasi pada aplikasi smartphone.

Kekurangan Android Oreo

Berikut ini beberapa kekurangan android oreo, yaitu :

  1. Android Oreo masih memiliki beberapa bug meskipun tidak terlalu mengganggu kenyamanan pengguna.
  2. Tidak semua smartphone mendapatkan upgrade ke Android 8.0 “Oreo”.
  3. Smartphone android yang memiliki sistem operasi Android Lollipop dan juga versi bawahnya kemungkinan tidak bisa di-upgrade ke Android 8.0 “Oreo”.

Cara Update Smartphone ke OS Android Terbaru

Berikut ini merupakan cara update smartphone ke OS android terbaru, yaitu :

1. Update via OTA

Pertama bisa melakukan update sistem operasi Android via OTA alias Over The Air.

Ini berarti dapat langsung update ke versi Android terbaru, hanya melalui pengaturan smartphone Android secara langsung.

Namun yang patut diingat dengan menggunakan cara ini harus mengetahui apakah smartphone mendapatkan dukungan update langsung di developer atau tidak.

Untuk melakukan update via OTA, cukup pergi ke menu Setting » About Phone » System Update. Pastikan koneksi internet cepat dan stabil untuk proses update yang lebih baik.

2. Menggunakan Custom ROM

Jika HP memang tidak lagi mendukung untuk mendapatkan update sistem secara resmi bisa juga menggunakan custom ROM yang bertebaran di internet.

Forum-forum internet populer seperti XDA Developers juga memberikan banyak thread buat yang hendak melakukan kustomisasi pada perangkat Android.

Namun sayangnya, untuk melakukan custom ROM setidaknya harus memiliki pemahaman yang jelas, mulai dari proses unlock bootloader, membuka akses root dll.

3. Menggunakan Tema Android Oreo

Sangat mudah meng-update tampilan ke Android versi terbaru. Di sini cukup mengubah tampilan menggunakan tema Android Oreo ataupun versi di atasnya.

Caranya pun cukup mudah tinggal unduh aplikasi launcher yang tersedia di Google Play Store dan melakukan perubahan tampilan sesuai dengan keinginan.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

8 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

11 hours ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

4 days ago