HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Pingback WordPress serta Kelebihan Kekurangannya

Jika kalian salah satu pengguna sosial media,kalian pasti pernah mention atau mendapatkan tag dari teman kemudian ada notifikasi yang masuk.Notifikasi yang masuk ini memang bermanfaat sekali untuk mengetahui isi dari mention yang dikirimkan.Jika memang mention yang isinya bagus kalian dapat membiarkannya.Namun,mention postingan yang kurang baik,maka kalian bisa menghapusnya.

Pingback secara garis besar bekerja seperti itu,namun yang membedakan satunya di platform sosial media satunya ada di WordPress.Tetapi fitur ini perlu diaktifkan terlebih dahulu di pengaturan WordPress.

Berikut ini penjelasan mengenai Pingback,Kelebihan dan kekurangan dan serta cara menonaktifkannya,mari kita simak bersama :

Pengertian Pingback 

Pingback merupakan tipe komentar yang dibuat saat ada postingan dari website lain yang memberikan link ke postingan kalian.Misal si A yakni seorang blogger teknologi dengan nama domain siAtekno .com,saat itu dia membuat postingan tentang “Tips Simple Membuat Website Di WordPress”.Si A mengambil sumber artikel dari blogger ternama dengan domain siBtekno .com dari postingan “Rahasia Sukses Membuat Website”.

Saat artikel si A di publish,maka secara otomatis siBtekno .com akan mendapatkan notifikasi Pingback karena ada link baru yang masuk.Namun harus dipastikan bahwa fitur Pingback pada WordPress sudah diaktifkan,jika belum maka tidak akan ada notifikasi yang masuk pada menu komentar.Fitur ini memang menjadi standar dari WordPress,tetapi opsional kalian bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Kelebihan Penggunaan Pingback

Penggunaan Pingback memang membawa beberapa kelebihan pada WordPress.Berikut pembahasannya :

  • Menambah relasi baru

Menggunakan pingback yang masuk ke website,kalian bisa bertegur sapa dengan pembuat konten.Mungkin selanjutnya dapat bekerja sama untuk content placement atau kerjasama lain yang saling menguntungkan.

  • Notifikasi untuk filter backlink

Keuntungan lainnya pingback yakni selalu mendapatkan notifikasi saat ada link baru yang mengarah ke website kalian.Dengan notifikasi ini kalian juga bisa mengetahui apakah backlink masuk berkualitas atau berisi spam.

  • Backlink meningkat

Pingback akan memberikan backlink menuju website kalian,selain itu juga bisa memberikan sumbangan trafik baru menuju website.

  • Website lebih dikenal

Semakin banyaknya pingback yang masuk,maka popularitas website kalian juga akan semakin meningkat lebih dikenal oleh para pengunjung.

  • Konten lebih terpercaya

Konten yang dibuat semakin terpercaya karena banyak dari blogger dan website yang merekomendasikannya.

Kekurangan Penggunaan Pingback

Meski ada beberapa kelebihannya,tentunya penggunaan Pingback ini ada kekurangannya,apa saja ? Berikut ini penjelasannya :

  • Keamanan website

Resiko pertama yakni masalah keamanan website,kalian harus mengecek satu persatu link yang masuk apakah berisi spam atau tidak.

  • Rawan akan spam

Pingback banyak dimanfaatkan oleh para spammers untuk mendapatkan backlink komentar pada blog kalian.

  • Load halaman lambat

Karena banyaknya komentar yang masuk pada setiap post,otomatis load website kalian juga semakin bertambah.Kalian bisa memfilter komentar yang berisi spam untuk dihapus.

  • Komentar terlalu banyak

Kolom komentar kalian akan menjadi sangat banyak sekali.Dari segi estetik memang kurang menarik karena ini merupakan postingan website bukan sosial media.

Fungsi Pingback

Fungsi utama Pingback yakni memberi tahu kalian bahwa konten yang ada pada website kalian sudah disebut,dibahas atau dijadikan referensi dalam bentuk link di website lain.Melalui fitur ini kalian akan mendapatkan notifikasi segera setelah link website di posting di konten website lain.Pingback hanya dapat bekerja dengan baik jika kalian dan website yang menyimpan link website kalian mengaktifkan fitur pingback dan trackback.

Informasi yang didapat dari fitur Pingback :

  • anchor text dan URL dari postingan yang dipingback,
  • judul website atau postingan konten yang di pingback.
  • URL konten yang dipingback.
  • kutipan dari konten yang dipingback.

Pingback merupakan fitur yang bermanfaat bagi SEO (Search Engine Optimization).Meski begitu,tidak sedikit orang yang merekomendasikan pingback untuk dinonaktifkan.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Pingback WordPress ?

Fitur Pingback WordPress sekarang bisa kalian aktifkan atau nonaktifkan sesuai keperluan.

Mengaktifkan atau Menonaktifkan Pingback

  • Buka Setting>Discussion dan silakan beri atau hilangkan tanda centang dari kotak aktivasi (activation box).

  • WordPress mengirimkan permintaan satu kali yang meminta persetujuan kalian untuk menerima atau tidak menerima pingback yang dikirimkan oleh blogger lain atau tidak.Untuk menjawab permintaan persetujuan ini,buka Discussion Settings dan cari Comment Moderation> Moderation queue.

Sekali pingback diterima,maka di lain hari saat blogger mengirimkan fitur ini,mereka tidak akan lagi meminta persetujuan dari kalian.Pingback akan aktif dan muncul secara otomatis.

Lalu bagaimana menonaktifkannya?

Cara untuk menonaktifkannya pun tidak sulit.Cukup kalian memiliki akses administrator pada website WordPress.Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Lakukan login terlebih dahulu ke website WordPress kalian.
  • Pada panel dashboard WordPress,silahkan kalian pilih menu Settings.
  • Silahkan scroll ke bawah dan pilih pada Discussion.
  • Di bagian Default post settings silahkan kalian hilangkan centang pada Attempt to notify any blogs linked to from the post dan Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks) on new posts”.
  • Jika sudah silahkan scroll ke bawah dan pilih tombol “Save Changes”.

Mudah sekali bukan? Ada opsi lain jika kalian gagal dalam melakukan setting diatas,kalian bisa menggunakan plugin Disabler.Berikut ini penjelasannya :

Menonaktifkan Pingback Menggunakan Plugin Disabler

Plugin yang bisa digunakan untuk menonaktifkan pingback WordPress yakni Disabler,berikut ini caranya :

  • Install dan aktifkan Plugin Disabler.
  • Pasca aktivasi,klik Settings.
  • Akses halaman Disabler.
  • Disabler akan menyediakan opsi untuk menonaktifkan beragam fitur WordPress,tidak terkecuali pingback.
  • Cari seksi Back End Setting.
  • Apda seksi tersebut cek kota Disable self pings (i.e. trackbacks/pings from your own domain).
  • Kemudian, klik tombol save changes untuk menyimpan settings.
  • Proses selesai dan pingback telah dinonaktifkan.

Baguskah Pingback Untuk SEO ?

Lantas sebenarnya Pingback bagus untuk SEO atau tidak? Jika kita lihat dari keuntungan menggunakan pingback memang ada beberapa keuntungan,tetapi kita juga harus lihat pada bagian kekurangannya.Jika ditimbang-timbang maka potensinya lebih besar pada kekurangannya, jadi rekomendasi dari kami pingback tidak perlu diaktifkan.Jika terlalu banyak spam maka SEO website kalian menjadi kurang bagus.Ada banyak para webmaster yang tidak merekomendasikan untuk menonaktifkan pingback.Alasannya kebanyakan adalah riskan dari spam dan bahaya lainnya.

Untuk masalah backclink,kalian bisa mengeceknya lewat tools SEO yang sering digunakan.Untuk menjalin relasi dengan blogger lain,kalian bisa bergabung dengan komunitas atau berkomunikasi lewat kontak yang tersedia pada blog.

Bagaimana sudah jelas penjelasan tentang pingback ?Sekian artikel ini,semoga dapat bermanfaat 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

11 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

15 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

3 days ago