HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Yuk Kenali, Program Anti Malware Service Executable pada Windows

Semua sistem di semua perangkat digital pasti memiliki kekurangan dan tidak 100% aman. Jika kamu pengguna sistem operasi Windows, kamu pasti tahu aplikasi apa saja yang sedang digunakan, kan?

Nah, selain aplikasi yang sedang kamu gunakan, kamu juga bisa melihat aplikasi di sistem operasi Windows yang berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan kamu. Untuk mengetahuinya, kamu bisa buka Task Manager di Windows dan kamu akan melihat semua aplikasi yang berjalan. Namun, apakah aplikasi yang ditampilkan di Task Manager benar-benar aman dan bebas risiko?

Windows Defender

Banyak pengguna Windows mengeluh bahwa Task Manager menjalankan program Anti-malware Service Executablee. Program ini berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan pemiliknya. Parahnya, program ini kadang-kadang dapat menggunakan begitu banyak sumber daya CPU sehingga komputer berjalan lambat dan cepat panas.

Lantas, apa itu program Anti-malware? Apa hubungannya dengan Windows Defender? Nah, untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, pada kali ini Hosteko akan menjelaskan apa itu Windows Defender dan Anti-malware Service Executable pada sistem operasi Windows.

Pada windows 10 terdapat program Windows Defender, yang merupakan aplikasi antivirus bawaan Windows. Jadi, anti-malware service executable adalah program yang dijalankan oleh Windows Defender. Program ini merupakan bagian dari sistem operasi itu sendiri.

Windows Defender adalah program antivirus gratis seperti penerus Microsoft Security Essentials di Windows 7. Windows Defender diperuntukkan untuk pengguna Windows 10 dan berfungsi seperti program antivirus pada umumnya.

Hanya saja, Windows Defender bisa mengetahui pengguna Windows menginstal aplikasi antivirus tepercaya dan terbaru. Jika tidak, Windows Defender akan menonaktifkan program antivirus yang dianggap berbahaya dan langsung mengaktifkan fitur antivirus milik Windows Defender sendiri.

Anti-malware Service Executable

Jika Windows Defender adalah keseluruhan program, anti-malware adalah program yang terdapat dalam Windows Defender. Program ini selalu berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan penggunanya.

Tugasnya adalah untuk memeriksa apakah file yang kamu akses mengandung malware, memindai aplikasi berbahaya, menginstal pembaruan antivirus, dan melakukan tugas lainnya selain mengamankan aplikasi seperti yang dilakukan oleh Windows Defender.

Di Task Manager, aplikasi ini bernama Anti-Malware Service Executable, namun namanya berubah menjadi MsMpEng.exe di kolom detail. bisa membuka Windows Defender Security Center yang ada di shortcut untuk melakukan pengaturan. Seperti kinerja pemindaian, pengecekan riwayat virus dan ancaman malware lainnya.

Mengapa Memakan Banyak Penggunaan CPU?

Saat Anti-malware Service Executable berjalan, program ini menghabiskan banyak sumber daya CPU atau memori. Ini karena program ini memindai seluruh sistem komputer untuk memastikannya terlindungi dari malware. Seperti kebanyakan program antivirus, Windows Defender berjalan di latar belakang dan prosesnya memerlukan banyak daya sehingga menghabiskan banyak sumber daya CPU.

Selain itu, program ini juga memindai file yang sedang berjalan dan memperbarui informasi tentang malware secara berkala. Proses pembaruan inilah yang dapat meningkatkan penggunaan CPU. Atau jika kamu membuka aplikasi yang berukuran cukup besar, penggunaan CPU akan meningkat karena Windows Defender membutuhkan waktu lebih lama untuk menganalisis aplikasi yang terbuka.

Secara umum, Windows Defender sebenarnya berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian saat komputer dalam keadaan idle dan tidak digunakan. Namun, mungkin saja ada program yang berjalan saat kamu menggunakan komputer, seperti melakukan pembaruan terkini secara otomatis.

Tidak ada yang salah dengan prosesnya dan semuanya normal seperti produk antivirus pada umumnya. Tentu saja tujuan pemrosesan program tersebut adalah untuk memperkuat sistem keamanan komputer.

Apakah Bisa Dinonaktifkan?

Windows Defender bisa dinonaktifkan, namun tidak disarankan untuk menonaktifkan program tersebut. Karena meskipun Windows Defender bisa memberatkan CPU, namun Windows Defender sangat berguna dalam memperkuat sistem keamanan komputer. Kecuali jika kamu memiliki program antivirus terbaru lainnya.

Untuk menonaktifkannya, buka aplikasi Windows Defender Security dari menu Start, kemudian arahkan ke Virus & proteksi > Virus & Threat Protection Settings. Kemudian nonaktifkan “Real-time protection” dengan menyetelnya menjadi “off”.

Sayangnya, Windows Defender hanya akan tidak aktif untuk sementara waktu. Oleh karena itu, jika komputer kamu tidak terdeteksi menginstal atau memperbarui program antivirus, program tersebut akan diaktifkan kembali secara otomatis.

Cara Non-aktifkan / Disable Anti Malware Service Executable di Windows 10

  1. Buka aplikasi Windows Setting, dengan menekan tombol Windows + I,
  2. Pilih ikon menu Update and Security,
  3. Pilih kembali menu di samping kiri Windows Security,
  4. Selanjutnya klik “Virus & Threat protection”,
  5. Lalu matikan proses Real-time protection tersebut.

Adapun cara yang lebih mudahnya, sebagai berikut:

  1. Klik Windows + R dan ketik ‘regedit’
  2. Cari Folder regedit: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender
  3. Klik kanan pada folder –> new –> DWORD
  4. Buat sebuah DWORD baru dengan klik kanan dan pilih ‘Choose New”
  5. tuliskan ini: DisableAntiSpyware dengan value 1.

Nah, itulah apa yang dimaksud dengan program Anti Malware Service Executable pada Windows. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

1 day ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

1 day ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago