HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Aplikasi WhatsApp GB ? Perbedaannya Dengan Aplikasi WhatsApp

Istilah WhatsApp GB (WA GB) muncul di kalangan umum.Aplikasi itu dinilai sejumlah netizen ilegal dan berbahaya bagi privasi pengguna WhatsApp.Pihak WhatsApp juga menyatakan bahwa pihaknya tidak mendukung aplikasi tersebut,dikarenakan mereka tidak dapat mem-validasi praktik keamanannya.

Lalu apa itu WhatsAppGB ? Mari simak pembahasannya :

Pengertian Aplikasi WhatsApp GB

WhatsAppGB merupakan WhatsApp MOD,sebuah aplikasi Android tidak resmi yang dibangun dengan fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki oleh aplikasi WhatsApp resmi.Meski demikian,aplikasi modifikasi ini dinilai tidak aman untuk digunakan,sekalipun menyediakan banyak fitur-fitur hebat yang tidak tersedia di aplikasi WhatsApp resmi.

Apa perbedaan WhatsApp resmi dengan WA GB ?

  • Aplikasi WhatsApp dapat menampung karakter hingga 139 karakter,namun WhatsApp GB dapat menampung lebih banyak lagi yakni 255 karakter.
  • WhatsApp resmi dapat berbagi Dok secara sekaligus yaitu 30 dok dan untuk WhatsApp GB 100 dok.
  • Dalam hal berbagi media,aplikasi WhatsApp resmi dapat mengirim media dengan ukuran hingga 15 MB sementara WhatsApp GB dapat mengirim media dengan ukuran hingga 50 MB.
  • WhatsApp asli mendukung bahasa hingga 45 bahasa,namun WhatsApp GB dapat mendukung lebih banyak hingga 130 bahasa.
  • WhatsApp resmi tidak memiliki fitur-fitur seperti menyalin status,sembunyikan terakhir dilihat,berbagi dokumen pdf dan txt mengirim pesan kosong dan mengubah tema.Namun WhatsApp GB bisa semua itu.

Bahaya Penggunaan Aplikasi WhatsAppGB Untuk Pengguna

Ada beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh aplikasi ini kepada penggunanya,berikut ini diantaranya :

  • Mudah Terserang Malware dan SpyWare

Seluruh aplikasi versi modifikasi WhatsApp rentan menyuntikkan Malware dan Spyware karena server yang di-hosting kurang aman,karena itu lebih rentan menyebabkan kerusakan data.

  • Menghalangi Privasi Pengguna

Sama seperti WhatsApp Plus,GBWhatsApp,OGWhatsApp atau versi WhatsApp modifikasi lain,aplikasi ini dapat menghalangi privasi pengguna karena pesan tidak disajikan dari server resmi seperti yang di-hosting oleh WhatsApp LLC dari Facebook.

  • Versi WhatsApp Modifikasi Tidak Ada Enkripsi

Seluruh versi modifikasi WhatsApp tidak dienkripsi,hal ini membuat pesan apapun yang dikirim dapat dibaca oleh orang ketiga,sehingga berbahaya saat digunakan untuk mengirim pesan berisi informasi rahasia,seperti kredensial perbankan,data pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat membahayakan penggunanya.

  • Bertentangan Kebijakan WhatsApp

Menggunakan aplikasi ini ataupun WhatsApp versi modifikasi lain memang tidak ilegal,namun bertentangan dengan kebijakan WhatsApp,memicu pihak resmi WhatsApp Inc,melarang penggunaan WhatsApp secara permanen.

  • Permintaan Izin Tidak Umum

WhatsApp versi modifikasi juga sering melakukan permintaan izin yang tidak umum untuk menjalankan aplikasi.Pengembang aplikasi dapat memanfaatkan informasi pribadi pengguna aplikasi yang dapat berbahaya bagi dirinya jika smartphone-nya digunakan untuk tujuan bisnis apapun.

Itulah ancaman-ancaman yang diberikan oleh aplikasi ini.Selain itu terdapat aplikasi lain sejenis aplikasi ini yang juga berbahaya.Berikut ini pembahasannya!

Aplikasi Sejenis WhatsApp GB Lainnya

  • GBWhatsApp Mini

GB WhatsApp Mini merupakan aplikasi WhatsApp versi modifikasi yang didesain agar berjalan di smartphone Android kelas bawah dengan RAM dan daya CPU yang kecil.Aplikasi ini menggunakan WhatsApp Skin resmi,meskipun ada opsi untuk mengubah warna dan temanya.GBWhatsApp Mini merupakan versi ringan dari GB WhatsApp yang populer dengan semua fitur penting disertakan dan beberapa fitur tidak terlalu penting dikecualikan.

  • OGWhatsApp

Aplikasi OGWhatsApp menawarkan banyak tema kepada penggunanya serta terdapat peningkatan batas jumlah huruf dalam status dan penggunanya tidak perlu khawatir dalam mengirim file video hingga audio berukuran besar,selain itu,gambar profil kontak pengguna aplikasi OGWhatsApp dapat diperbesar.

  • YoWhatsApp (YoWa)

Aplikasi YoWhatsApp (YoWa) memungkinkan pengguna mengunci WhatsApp-nya tanpa pengunci aplikasi pihak ketiga.Selain itu,aplikasi YoWhatsApp (YoWa) juga bisa membuat penggunanya menyembunyikan pesan terakhir yang terlihat untuk sejumlah kontak yang dipilih,sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh aplikasi modifikasi lainnya.

  • FMWhatsApp

Aplikasi yang menawarkan penyesuaian tema rendah,menyediakan opsi lain untuk obrolan,dapat menggunakan beberapa nomor sekaligus,merupakan fitur-fitur yang diberikan oleh aplikasi ini.Disini pengguna juga dapat mengirimkan file dengan size lebih dari satu GB,menawarkan lebih dari tiga jenis tanda centang dan gaya gelembung.

  • WhatsApp Indigo

Aplikasi yang menyajikan fitur gelembung dalam berbagai warna,Contoh : Crayon,Cyan,Grey,Pink dan lainnya.Di antara banyak fitur yang disediakan oleh WhatsApp versi modifikasi lainnya,aplikasi ini memungkinkan penggunanya mengirim file sebesar 72 mb dan mengirim gambar dalam kualitas aslinya,bukan seperti WhatsApp versi resmi yang memangkas kualitas.Meskipun menjadi ancaman bagi pengguna,aplikasi WhatsApp versi modifikasi memiliki keunggulan-keunggulan yang dapat diberikan kepada penggunanya.Seperti yang dipaparkan dalam pemaparan sebelumnya, juga oleh pihak aplikasi itu sendiri.

Kelebihan Aplikasi WhatsApp GB

  • Aplikasi WhatsApp GB sebagai alternatif terbaik daripada aplikasi WhatsApp resmi yang dibuat oleh WhatsApp Inc.
  • Aplikasi WhatsApp GB yang juga disebut sebagai versi MOD atau MODDED dari aplikasi WhatsApp resmi meng-klaim memiliki fitur dan fungsi tambahan dari aplikasi resmi WhatsApp untuk Android yang dirilis oleh WhatsApp. Inc.
  • Dari sisi pengaturan privasi,penggunanya dapat mengoptimalkan pengaturan privasi sesuai dengan kebutuhannya,Melalui pengaturan privasi pengguna aplikasi WhatsApp GB dapat melakukan beberapa hal sekaligus,misal meyembunyikan status online,mengatur status “… sedang menulis”,centang biru,centang biru untuk voice note,double centang sampai mengembalikan pesan yang dihapus.
  • Kelebihan lain,seperti dapat mematikan sambungan internet,mengganti font dan tema serta mengirimkan pesan terjadwal.

Mengirim Pesan Terjadwal

WhatsApp GB memiliki fitur khusus lain yakni pengiriman pesan secara terjadwal.Jadi apabila ada pengguna ingin mengirimkan pesan penting atau khusus dapat langsung melakukan pengaturan jadwal pengiriman pesan tersebut agar tidak lupa nantinya.Pengguna dapat langsung memilih tiga titik yang terletak di pojok kanan atas > pilih Message Scheduler > pilih lambang + yang terletak di pojok kanan atas > pilih nomor penerima > isi pesan yang diinginkan dan atur tanggal serta waktu pengiriman > pesan pun akan terkirim sesuai dengan tanggal dan waktu yang sudah ditentukan.

Mematikan Koneksi Internet

Sebuah smartphone tentunya mempunyai fitur untuk mematikan koneksi internet.Saat fitur ini dipilih,maka koneksi sebuah smartphone menjadi mati secara otomatis dan seluruh aplikasi yang membutuhkan koneksi internet akan mati.Namun dalam aplikasi WhatsApp GB terdapat fitur yang dapat mematikan koneksi internet hanya untuk WhatsApp.Fitur itu disebut dengan DND Mode dan fitur ini hanya dimiliki WhatsApp GB.

Memiliki Font Dan Tema Beragam

Aplikasi WhatsApp GB memiliki font beragam serta tema menarik yang juga dapat ditemukan.Berbeda dengan WhatsApp resmi dimana seseorang hanya bisa mengganti wallpaper,dikarenakan kelebihannya tersebut,pihak WhatsApp resmi sendiri sudah mengadaptasi beberapa fitur WhatsApp versi modifikasi ini.Contohnya, fitur “Terakhir Dilihat…” yang sudah diaptasi sejak 2016 kemudian fitur centang biru dan fitur untuk menyembunyikan nama saat melihat status orang lain.Namun, selebihnya,fitur-fitur lain masih dimiliki oleh aplikasi WhatsApp GB.

Meski aplikasi WhatsApp GB memberikan ancaman,kenyataannya aplikasi ini tetap memiliki keunggulan tersendiri.

Haruskah Menggunakan Aplikasi WhatsApp GB ?

WhatsApp resmi menyatakan dalam halaman resmi milik mereka bahwa pihaknya tidak mendukung aplikasi WhatsApp GB. Dikarenakan aplikasi WhatsApp GB merupakan aplikasi tidak resmi yang dikembangkan oleh pihak ketiga dan sama seperti WhatsApp Plus,WhatsApp menilai bahwa aplikasi ini melanggar ketentuan layanan.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak WhatsApp resmi akan melakukan pemblokiran sementara kepada akun penggunanya yang terdeteksi menggunakan aplikasi tersebut dan WhatsApp resmi akan melakukan pemblokiran secara permanen apabila penggunanya tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara.

Akun yang menggunakan aplikasi WhatsApp GB dan sejenisnya sering mendapatkan pesan yang menyebutkan bahwa akun mereka telah dicekal secara sementara,bahkan jika tidak langsung pindah ke aplikasi resmi WhatsApp,akun-akun ini akan terancam dihapus secara permanen.Namun, terdapat bantuan apabila pengguna aplikasi ingin beralih ke aplikasi WhatsApp resmi yaitu berupa informasi.Namun,WhatsApp sendiri tidak menjamin bantuan tersebut akan sukses dikarenakan WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang tidak resmi.

Apabila kalian ingin mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp GB,ada 2 hal lain yang harus dipertimbangkan.

  • Aplikasi ini tidak tersedia di Play Store,sehingga jika pengguna Android ingin menggunakan aplikasi WhatsApp GB harus melakukan instal aplikasi tersebut ke pihak ketiga melalui perangkatnya langsung dan pihak WhatsApp tidak bertanggung jawab atas tidak berfungsinya aplikasi WhatsApp GB di smartphone Android.
  • Apikasi WhatsApp GB juga tidak tersedia di App Store sehingga aplikasi tidak dapat digunakan di perangkat iOS seperti iPhone,iPad dan iPod.Kebijakan penerbitan aplikasi dan ketentuan iOS yang membuat aplikasi ini tidak dapat digunakan di produk-produk Apple tersebut.

Meskipun,pihak WhatsApp GB menyatakan bahwa akun penggunanya tidak diblokir.Hal ini yang membuat pihak WhatsApp GB menilai bahwa aplikasi modifikasi buatannya tidak melanggar nilai-nilai utama WhatsApp resmi.

Nah,meski aplikasi ini memiliki keunggulan,tetap saja kalian harus mempertimbangkan faktor-faktor lain,Contoh faktor keamanan,kenyamanan dan faktor lainnya.Jadi,kalian sendiri dapat memilih keputusan yang tepat,apakah akan menggunakan aplikasi WhatsApp GB atau tidak.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya,sehingga dapat lebih berhati-hati lagi serta dapat lebih mempertimbangkan lagi untuk menggunakan aplikasi WhatsApp GB.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

11 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

15 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago