HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Blog

Apa Itu Backward Compatibility (Compatible)? Fungsi dan Contohnya

Pengertian Backward Compatibility

Backward compatibility adalah istilah yang mengacu pada sistem hardware (perangkat keras) atau software (perangkat lunak) yang berhasil menggunakan antarmuka dan data dari versi sistem sebelumnya atau dengan sistem lain.

Sebagai contoh misalnya seperti bahasa skrip programming Perl, dirancang agar kompatibel (memiliki kemampuan backward compatibility) dengan bahasa Awk, bahasa sebelumnya yang dirancang untuk diganti oleh Perl. Kompatibilitas ke belakang lebih mudah dicapai jika versi sebelumnya telah dirancang agar kompatibel ke depan atau forward compatibility (compatible) yang merupakan kebalikannya.

Atau ini juga dapat diperluas (extensible), dengan fitur bawaan seperti Hooks, plug-in, Application Interface atau API yang memungkinkan penambahan fitur baru.

Fungsi Backward Compatibility 

Setelah mengetahui arti dan apa itu backward compatibility di atas, maka adalah hal yang penting juga untuk menjelaskan sedikit terkait fungsinya. Kompatibel dengan versi sebelumnya atau backward compability berfungsi untuk menjelaskan sistem perangkat keras atau perangkat lunak yang dapat menggunakan antarmuka versi lama dari produk yang sama.

Produk atau model standar baru dianggap kompatibel dengan versi sebelumnya jika mampu membaca, menulis, atau melihat format lama. Backward compatibility memungkinkan teknologi yang lebih baru untuk maju tanpa menggantikan komponen saat ini.

Backward compatibility juga dikenal sebagai kompatibel ke bawah atau dengan jargon backward compabitible.

Platform atau library (pustaka) yang backward compatibility juga sering mengacu pada kerangka kerja atau application framework yang memungkinkan perangkat keras atau perangkat lunak (atau subprogram untuk perangkat lunak tersebut) berfungsi.

Contoh Backward Compatibility

Sekarang sudah mengetahui apa itu backward compatibility dan arti downward compatible. Kemudian, dalam subbagian ini akan menjelaskan terkait contoh dari penerapan istilah backward compatibility ini. Seperti yang sudah disinggung di atas, backward compatibility dapat merujuk ke program, sistem, atau platform.

Program yang kompatibel dengan versi sebelumnya adalah aplikasi baru yang mendukung fitur versi lama.

Contoh pada umumnya yang sering dipraktikkan yaitu adalah seperti Microsoft Word 2010, yang dapat membaca dan membuka versi lama kembali ke Word 2007. Sistem yang kompatibel dengan versi sebelumnya adalah hardware (perangkat keras) yang lebih baru yang kompatibel dengan versi perangkat keras yang lebih lama dari model yang sama.

Contoh lainnya misalnya, PlayStation 3 (PS3) kompatibel dengan PlayStation 1 (PS1) dan sebagian besar sistem PlayStation 2 (PS2).

Hardware atau perangkat keras yang backward compatibility dapat bervariasi dengan model dan versinya. Kompatibilitas mundur dengan perangkat keras juga dapat mencakup port USB, perangkat lunak format, kontrol periferal, dan drive hard disk.

Meskipun perangkat keras yang lebih baru dapat bekerja dengan sistem yang lebih lama, tingkat kinerja mungkin tidak optimal.

Contohnya misalnya, prosesor Intel 80486 kompatibel dengan program prosesor Intel 80386 dalam kontek komputer.

Perbedaan Backward Compatibility dengan Forward Compatible

Perlu dipahami bahwa backward compatibility adalah ketika sebuah perangkat keras dapat menjalankan perangkat lunak atau periferal dari perangkat keras yang lebih tua untuk kepentingan keturunan dan pemeliharaan.

Dalam konteks atau kasus game (permainan), sebagai contoh misalnya, hal itu berarti konsol yang lebih baru dapat memainkan game yang awalnya dirancang untuk konsol yang lebih lama. Ini tepatnya seperti konsol Xbox One yang bisa memainkan game Xbox Original.

Namun, hal ini berbeda dengan remaster atau remake port, dimana hal tersebut membangun kembali game dari bawah ke atas untuk platform baru.

Jadi, apa itu forward compatible (compatibility)? Forward compatible di sisi lain, melihat perangkat keras lama dapat mendukung perangkat lunak dan periferal yang dirancang untuk perangkat keras baru.

Jadi, misalnya, fitur pengiriman cerdas atau smart delivery dari Xbox Series X pada dasarnya adalah forward compatible karena akan memungkinkan game Xbox Series X bekerja di Xbox One.

Contoh lainnya yang berupa perangkat atau alat misalnya seperti pengenalan transmisi stereo FM memungkinkan backward compatibility karena penerima radio FM baru dapat menerima sinyal monofonik yang dihasilkan oleh pemancar lama.

Ini juga memungkinkan kompatibilitas maju, karena penerima radio FM monofonik lama masih dapat menerima sinyal dari pemancar baru.

Kenapa Backward Compatible Penting?

Terlepas daripada apa yang sudah Kami jelaskan di atas, dalam membahas mengenai arti backward compatibility, hal tersebut juga tidak terlepas dari pentingnya penggunaan dan penerapan dari istilah ini. Backward compatibility dalam pengembangan perangkat lunak atau software development merupakan konsep penting yang sering diabaikan, terutama dalam old atau sistem lama.

Hal ini menyebabkan update atau pembaruan perangkat lunak yang membuat stres dan kemungkinan mendapatkan bug regresi. Tetapi biasanya, tidaklah terlalu sulit untuk menghindari skenario horor ini. Kompatibel dengan model atau versi sebelumnya dari produk yang sama, versi baru suatu program dikatakan backward compatibility jika dapat menggunakan file dan data yang dibuat dengan versi lama dari program yang sama.

Komputer dikatakan backward compatibility jika dapat menjalankan perangkat lunak yang sama seperti model komputer sebelumnya. Backward compatibility terbilang sangat penting karena menghilangkan kebutuhan untuk memulai kembali (start over) saat meningkatkan ke produk yang lebih baru. Word processor atau aplikasi pengolah kata yang backward compatibility, misalnya, memungkinkan mengedit dokumen yang dibuat dengan versi program sebelumnya.

Secara umum, organisasi, perusahaan, pabrikan atau perorangan akan terus mencoba untuk menjaga agar semua produk mereka kompatibel ke belakang terutama di zaman serba online seperti tahun 2022 ini.

Namun terkadang, perlu mengorbankan beberapa fitur backward compatibility atau kompatibilitas ke belakang untuk memanfaatkan teknologi baru. Sisi lain dari kompatibilitas ke belakang adalah forward compatibility.

Forward compatibility sama dengan backward compatibility, kecuali dari sudut pandang model lama.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

20 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago