HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penjelasan Lengkap Tentang Virtex dan Cara Mengatasinya

Bagi beberapa orang, istilah virtex mungkin terdengar asing dan dianggap bukan suatu hal yang perlu untuk dikhawatirkan. Padahal, virtex adalah kepanjangan dari virus text yang memiliki potensi membuat beberapa aplikasi mengalami gangguan. Salah satu aplikasi yang sering mengalami serangan virtex ialah WhatsApp.

Biasanya, WhatsApp yang sudah terserang virtex akan mengalami lag atau frozen dalam waktu yang cukup lama. Jika sudah terjadi seperti itu, korban sulit untuk bisa mengaksesnya kembali. Jalan satu-satunya yang dapat dilakukan adalah mematikan ponsel dan menginstall ulang aplikasi WhatsApp.

Supaya memahami lebih jelas tentang virtex, mulai dari pengertian, jenis-jenis, hingga cara mengatasinya, simak penjelasan lengkapnya seperti yang sudah Hosteko rangkum di bawah ini.

Pengertian Virtex

Virtex adalah kepanjangan dari virus text yang berisikan kumpulan karakter hingga simbol unik dalam jumlah banyak dan sulit untuk dibaca. Biasanya virtex akan menyerang apabila terus-menerus disebarkan kepada banyak orang melalui suatu aplikasi, seperti WhatsApp dan lainnya.

Sederhananya apabila menerima sebuah pesan singkat di WhatsApp yang berisikan berbagai macam karakter unik dan cukup panjang, lalu tidak lama setelah itu WhatsApp sulit untuk diakses dan mengalami gangguan. Nah, hal tersebut menandakan bahwa WhatsApp sudah terserang virus akibat dari teks yang didapatkan.

Meskipun di tahun 2021 saat ini nama virtex sudah jarang terdengar seperti dulu lagi, namun masih banyak loh orang yang masih menggunakan cara ini untuk menjahili WhatsApp milik orang lain. Maka dari itu harus tetap waspada terhadap pesan WhatsApp mencurigakan yang dikirimkan oleh nomor tidak dikenal.

Cara kerja virtex WA sama halnya seperti mengirimkan sebuah pesan WhatsApp biasa ke satu nomor namun dalam jumlah yang sangat banyak. Semakin banyak pesan yang dikirimkan, bukan tidak mungkin WhatsApp tersebut akan error.

Tapi, mengirimkan pesan yang banyak pastinya akan membuat kita capek. Nah, hadirnya virtex WhatsApp inilah yang sering dijadikan sebagai jalan pintas untuk melakukan hal itu. Jadi, kesimpulan dari fungsi virtex yang paling utama hanyalah untuk membuat WhatsApp menjadi lag. Virtex juga tidak berbeda jauh dengan yang namanya spam.

Untuk memperbanyak virtex, pelaku biasanya melakukan cara dengan meng-copy agar semakin mudah untuk dilipat gandakan.

Jenis-Jenis Virtex

Lebih lanjut, virtex WhatsApp terbagi menjadi beberapa macam, mulai dari virtex easy, sedang, hingga ganas. Untuk membedakan jenis-jenis virtex tersebut, simak penjelasannya di bawah ini :

  • Virtex easy

Virtex easy adalah jenis virus text yang memiliki efek ringan dan tidak menimbulkan risiko yang berarti. Bahkan efek yang ditimbulkan dari virtex easy ini hanyalah lag atau frozen saja dan itu pun bersifat sementara.

  • Virtex sedang

Virtex sedang adalah jenis virus text lainnya yang memuat kurang lebih 66.000 karakter. Jenis virtex sedang ini yang cukup sering dikirimkan ke beberapa target. Adapun efek yang ditimbulkan dari kejadian ini adalah aplikasi WhatsApp yang tidak beroperasi dengan baik.

  • Virtex ganas

Virtex ganas adalah jenis virus text yang memiliki tingkatan paling tinggi dan bersifat ganas. Jenis inilah yang memiliki risiko merusak sistem operasi pada ponsel jika dibuka. Tidak hanya itu, ponsel akan terasa lebih berat saat dioperasikan bahkan error total. Sementara itu, jumlah karakter yang dimuat dari jenis virtex terlebih dari 66.000 karakter.

Apa Virtex Berbahaya?

Virtex bisa dikatakan sebagai virus yang berbahaya, tetapi bisa juga tidak. Kondisi ini tergantung dari seberapa besar kasus virtex yang dialami. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, virtex terbagi menjadi beberapa macam, yakni virtex easy, sedang, dan ganas.

Virtex dapat dikatakan berbahaya jika virus tersebut sudah menyerang aplikasi lainnya, sehingga kamu tidak bisa mengoperasikan ponsel dengan semestinya. Sedangkan dalam kasus ringan, virtex hanya membuat WhatsApp atau aplikasi yang diserang lag untuk sementara waktu.

Cara Terhindar dari Virtex WhatsApp

Meski virtex bukan sesuatu yang tidak perlu ditakutkan, bukan berarti kamu menjadi lengah dan tidak melakukan pencegahan. Oleh karena itu, berikut beberapa cara supaya terhindar dari virtex WhatsApp, di antaranya :

  • Jangan sembarang memberi nomor WhatsApp

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk terhindar dari virtex adalah hindari pemberian nomor WhatsApp secara sembarangan. Pasalnya tidak pernah tau nomor tersebut akan digunakan untuk kepentingan seperti apa. Baiknya untuk memberikan nomor WhatsApp kepada orang-orang yang sudah dipercaya.

  • Hindari pesan dari nomor yang tidak dikenal

Tidak jarang virtex menyerang melalui pesan dari nomor yang tidak dikenal. Maka itu, jika mendapatkan pesan WhatsApp dari nomor yang mencurigakan dengan isi pesan berupa karakter-karakter unik, sebaiknya hapus pesan tersebut dan jangan membukanya.

Apabila ingin mengetahui isi pesan dari nomor yang tidak dikenal tersebut, bisa memanfaatkan fasilitas widget yang ada di ponsel. Dengan begitu, bisa melihat pesan yang diberikan tanpa harus membuka aplikasinya.

  • Menggunakan WA Immune

Cara lain yang bisa dilakukan supaya terhindar dari virtex yakni menggunakan WhatsApp Immune. Sebagai informasi, WhatsApp Immune adalah aplikasi MOD WhatsApp yang sifatnya kebal terhadap virtex. Jika menggunakan aplikasi ini, tidak perlu khawatir apabila mengalami lag yang diakibatkan oleh virtex.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Terkena Virtex

Lantas, bagaimana jika WhatsApp sudah terpapar virtex? Apa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi WhatsApp yang terkena virtex? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi di bawah ini :

  • Hapus pesan dari pengirim virtex

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi WhatsApp yang terkena virtex adalah menghapus pesan dari pengirim virtex tersebut. Namun pastikan bahwa tidak membuka pesan tersebut dan langsung menghapusnya.

  • Paksa berhenti aplikasi WhatsApp

Jika sudah terlanjur membuka pesan virtex tersebut, hal pertama yang bisa dilakukan adalah memaksa berhenti aplikasi WhatsApp. Jika sudah memaksa berhenti aplikasi tersebut, bisa kembali masuk ke WhatsApp dan hapus pesan virtex tersebut.

  • Hapus data aplikasi WhatsApp dan Instal Ulang

Apabila kondisi lag yang diakibatkan oleh virtex semakin parah, bisa menghapus data aplikasi tersebut. Langkah ini dilakukan untuk menghindari efek virtex yang semakin berkembang. Menghapus data aplikasi ini juga bisa dilanjutkan dengan mematikan ponsel, lalu menginstall ulang WhatsApp.

 

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

57 mins ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 hours ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

23 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

1 day ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

3 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago