HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

SpamAssassin : Tips Jitu untuk Mencegah Email Spam

Fitur layanan dari email hosting ini yang sangat berguna untuk mengantisipasi masalah SPAM pada email. Pada panduan ini, kami akan berbagi informasi tentang apa itu email SPAM hingga cara mengantisipasi email SPAM melalui fitur SpamAssassin. Berikut informasi selengkapnya.

Apa itu Email SPAM?

Sebelum membahas tentang fitur SpamAssassin di cPanel, perlu diketahui tentang apa itu email spam. Spam adalah tindakan penyalahgunaan layanan pesan elektronik yang dilakukan secara massal, yang didalamnya terkandung konten dengan maksud dan tujuan negatif.

Isi dari email spam tersebut bisa bermacam-macam, ada yang berisi promosi, iklan, undian, pesan kosong, phishing (tindakan penipuan untuk mendapatkan informasi data pribadi), bahkan bisa saja berisikan URL/link yang apabila klik bisa menyebarkan malware.

Apa Itu SpamAssassin?

SpamAssassin adalah sebuah tool untuk mengelola email yang masuk agar terhindar dari email spam. Jadi, fungsi SpamAssassin adalah menyaring email spam sebelum masuk ke inbox.

Nah, cara kerja SpamAssassin adalah mengecek elemen yang ada di email, mulai dari subject dan isi email, alamat DNS, dan lain sebagainya. Ketika terindikasi merupakan sebuah spam, tool ini akan menolak email tersebut masuk ke inbox. Nantinya juga bisa membuat email yang tidak lolos filter spam agar masuk ke dalam folder khusus. Dengan SpamAssassin, makin mudah untuk terhindar dari upaya spam yang dikirimkan orang lain.

Selain itu fungsi Spam Assassin adalah menyaring berbagai macam email yang masuk, bahkan dapat menambahkan nama akun email yang dirasa mencurigakan kedalam daftar blacklist. Sehingga akun email tersebut tidak dapat mengirimkan email apapun ke akun email yang digunakan. Sebagai contoh, auto delete email spam, melakukan whitelist untuk memilih domain email yang diizinkan, melakukan blacklist pada domain email tertentu, dan sebagainya.

Nah, sudah mengetahui apa itu SpamAssassin dan cara kerjanya, bukan? Sekarang, mari pelajari langkah memanfaatkan SpamAssassin.

Cara Menggunakan SpamAssassin

SpamAssassin dapat memberikan tanda dengan mengubah subject e-mail atau langsung menghapus e-mail SPAM yang masuk. Berikut beberapa fitur utama dalam SpamAssassin :

  • Header tests.
  • Body phrase tests. Lihat di SpamAssassinRules.
  • Bayesian filtering (BayesFaq).
  • Automatic address whitelist/blacklist (AutoWhitelist).
  • Automatic sender reputation system (TxRep).
  • Manual address whitelist/blacklist (ManualWhitelist).
  • Collaborative spam identification databases (DCC, Pyzor, Razor2); See UsingNetworkTests.
  • DNS Blocklists, also known as “RBLs” or “Realtime Blackhole Lists”. See DnsBlocklists.
  • Character sets and locales.

Konfigurasi SpamAssassin bisa dilakukan melalui cPanel pada menu Spam Filters. Pada panduan ini, kami akan berbagi cara setting SpamAssassin berupa spam score serta cara whitelist dan blacklist email. Berikut informasi selengkapnya :

1. Mengaktifkan SpamAssassin di cPanel

  • Login ke cPanel hosting.
  • Klik menu Spam Filters seperti gambar berikut :

  • Aktifkan fitur Process new emails and mark them as spam.

2. Mengatur Spam Threshold Score

  • Klik link “Spam Threshold Score” untuk mengatur nilai Spam Score.

  • Pilih spam score, sesuai dengan kebutuhan. Semakin kecil nilainya, maka akan semakin agresif.

3. Mengaktifkan fitur Auto Delete

Setelah mengatur nilai spam score, selanjutnya kita dapat mengatur fitur Auto Delete atau Disable Auto Delete email Spam.

Pada saat “Auto-Delete” diaktifkan maka email dengan spam score lebih tinggi dari nilai threshold secara otomatis akan dihapus, tetapi jika “Auto-Delete” tidak aktif email hanya ditandai sebagai spam di subject-nya.

4. Additional Configurations

Menu additional configurations berfungsi untuk melakukan whitelist atau blacklist email. Apabila menambahkan email pada Whitelist, maka email yang ditambahkan tersebut tidak akan terfilter oleh SpamAssassin.

Sebaliknya, email yang dimasukkan pada daftar blacklist tidak akan diijinkan masuk atau langsung ditolak.

  • Cara Whitelist Email

Bisa memasukkan alamat email atau domain pada daftar whitelist, sehingga alamat email atau domain tersebut akan diloloskan pada pangecekan spam filter.

  • Cara Blacklist Email

Blacklist email bisa memasukkan alamat email atau domain pada daftar blacklist sehingga alamat email atau domain pada daftar blacklist akan langsung terfilter.

Catatan :

Perhatikan cara penulisan email maupun domain yang akan di whitelist atau di blacklist. Bagi yang memasukkan nama domain, maka gunakan format *@namadomain pada kolom whitelist/blacklist email. Jangan hanya memasukkan nama domainnya saja.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

10 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

11 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago