HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Diketahui

Bagi yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah apa saja kelebihan dan kekurangan shared hosting?

Nah, artikel ini akan menjelaskan secara singkat semua kelebihan shared hosting dan kekurangannya. Sehingga akan tahu apakah shared hosting cocok untuk kebutuhan.

Apa Itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah layanan web hosting di mana berbagi server dengan pengguna lainnya. Oleh karena itu, sumber daya hosting, termasuk penyimpanan, memori, dan bandwidth, digunakan bersama pengguna lainnya.

Meski berbagi sumber daya, shared hosting tetap menawarkan performa yang optimal. Alasannya, konfigurasi server diatur penyedia hosting sesuai kebutuhan website secara umum. Karena servernya sudah diatur, pengoperasian shared hosting itu mudah sehingga bisa langsung digunakan. Itulah mengapa layanan hosting ini cocok untuk pengguna yang masih awam tentang website dan pengelolaannya.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Untuk memahami shared hosting lebih dalam, inilah kelebihan dan kekurangan shared hosting, yaitu :

1. Kelebihan Shared Hosting

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan shared hosting, yaitu :

  • Harganya terjangkau

Jika dibandingkan dengan jenis layanan web hosting yang lain, layanan shared hosting menjuarai harga paling murah dari yang lainnya. Jadi tidak salah jika layanan ini sangat direkomendasikan untuk para pengelola website yang baru saja merintis.

  • Mudah digunakan

Kelebihan shared hosting yang selanjutnya adalah kemudahan penggunaan. Sebab tidak perlu melakukan pengaturan server ketika pertama kali membeli layanan hosting ini. Jenis hosting lain, seperti VPS, mengharuskan untuk melakukan pengaturan awal.

Selain itu, shared hosting juga mudah digunakan karena performa dan keamanan server dikelola oleh penyedia hosting. Sehingga tidak perlu belajar pengelolaan server untuk bisa menggunakan shared hosting.

  • Maintenance lebih mudah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika mengelola website dan server dikelola oleh penyedia jasa web hosting, tidak perlu repot lagi mengelola masalah server. Hanya perlu duduk tenang dan mengelola website agar semakin bagus dan berkembang tanpa khawatir masalah server.

  • Cocok untuk blog dan website bisnis

Layanan shared hosting harganya sangat murah, maka layanan ini sangatlah cocok bagi yang baru memulai membuat Blog atau website yang baru merintis bisnis. Selain itu layanan ini juga sangat pas di anggaran bagi yang bisnisnya masih berskala kecil namun ingin mulai mengelola website bisnis.

  • Akses ke control panel 

Saat menggunakan layanan shared hosting, maka pengelolaan website atau blog kamu tentunya akan lebih mudah lagi karena akan diberikan akses control panel. Dengan control panel ini dapat memanfaatkan banyak fitur yang disediakan, seperti Install CMS, upload file, mengelola email, dan banyak lagi yang lain.

  • Fokus mengelola website

Secara keseluruhan, shared hosting akan dikelola oleh provider dari hosting tersebut. Dengan begitu anda tidak perlu takut akan segala hal yang berhubungan dengan sistem kinerja hosting.

Disini, tidak akan kerepotan dalam mengurusi kinerja server serta menghemat biaya. Sebagai seorang pengguna akan diuntungkan dikarenakan dapat lebih fokus untuk mengelola blog atau website saja, lebih fokus pada hal-hal prioritas dan pada pembuatan konten.

2. Kekurangan Shared Hosting

Ini beberapa kekurangan shared hosting yang perlu diketahui :

  • Kontrol server terbatas

Penyedia layanan shared hosting ternyata tidak memberikan banyak ruang untuk akses ke server. Sehingga kontrol sebagai pengguna akan sedikit terbatas. Hal tersebut terjadi sebab pada shared hosting akses penuh dikuasai penuh oleh penyedia layanan hosting, jadi pengelolaan seluruhnya diambil alih oleh penyedia server.

Selain itu karena digunakan bersama-sama, ketika ada 1 pengguna yang memiliki traffic tinggi atau overload, pengguna lainnya bisa ikut terdampak. Akibatnya ini bisa menghambat kinerja website.

  • Keamanan kurang terjamin

Karena shared hosting memberikan ruang yang lumayan luas dalam satu server, pastinya hal tersebut berpotensi terjadinya penyalahgunaan akses fitur yang lain. Jika hal tersebut terjadi, maka itu akan sangat mempengaruhi server, terlebih lagi sangat rentan keamanannya.

  • Berpotensi crash 

Crash bisa terjadi sewaktu-waktu disebabkan karena jenis layanan shared hosting ini ada banyak pengguna di dalam satu server. Maksudnya adalah ada banyak website atau aplikasi lain yang berjalan di server yang sama seperti yang digunakan.

Hal ini bisa menyebabkan overload sehingga crash. Beban berat yang paling sering ditemukan adalah ketika ada traffic tinggi. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja server yang potensial terjadi crash.

  • Pemakaian aplikasi lain yang terbatas 

Jika menggunakan shared hosting tentu tidak dapat menjalankan aplikasi atau software lainnya dalam waktu yang sama. Berbeda hal jika aplikasi tersebut telah ditawarkan oleh provider hosting.

Tips Memilih Penyedia Hosting

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan dari shared hosting, tips untuk memilih hosting diantaranya :

  • Memilih penyedia hosting

Perusahaan hosting kini semakin ramai dengan semakin bertambahnya jumlah masyarakat. Setiap perusahaan selalu berlomba untuk menawarkan layanan paling baik menggunakan harga tebraik dan kompetitif.

  • Cek siapa usernya 

Guna memastikan kualitas layanan dari sebuah provider hosting bisa mengecek siapa saja yang sudah menggunakan layanannya. Dengan mengetahui siapa-siapa saja yang telah menjadi penggunanya, kita bisa tahu kualitas bisnisnya.

Tapi ingat, daftar klien yang tercantum di website mereka atau testimoni yang diberikan jangan langsung percaya 100% begitu saja. Jika memang memungkinkan, coba cek ulang dan pastikan bahwa apa yang ditampilkan di sana bukanlah fiktif atau palsu.

  • Data storage dan bandwidth

Dapat mengecek penyimpanan data atau bandwidth yang telah disediakan oleh penyedia hosting. Yang pastinya harus lebih menyesuaikan diri antara kapasitas yang telah tersedia di paket layanan.

  • Cek harga 

Sebelum membeli pastikan menentukan harga yang sesuai budget. Dapat memilih penyedia hosting dengan harga wajar. Beberapa kelebihan dan kekurangan shared hosting dapat bermanfaat bagi yang ingin membuat website.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

24 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

4 days ago