HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Baseband Dan Broadband? Apa Saja Perbedaan Keduanya

Pengertian Baseband

Baseband atau dinamakan pita baris merupakan sebuah metode di dalam menggunakan media komunikasi di mana frekuensinya melewati suatu pembawa atau carrier untuk mentransmisikan data.Maka dari itu,di dalam satu media tersebut hanya memiliki satu sinyal yang berisi komunikasi.Salah satu penggunaan baseband adalah ethernet.Baseband juga diartikan sebagai salah satu jenis LAN atau Local Area Network di mana satu pesan akan disalurkan atau dikirimkan dalam bentuk digital terhadap saluran transmisi di antara mesin-mesin yang dikoneksikan menggunakan kabel coaxial ataupun kabel twisted pair. Sementara itu,untuk transmisi yang digunakan yakni bidirectional dan hanya digunakan untuk topologi jaringan untuk jarak pendek.

Bila ingin menyalurkan frekuensinya agar dapat digunakan sebagai media komunikasi,bisa melalui carrier untuk menghantarkannya.Pada proses transmisi data juga harus dilakukan dengan satu kanal saja.Cara penyalurannya,digambarkan seperti berikut :

  • Memanfaatkan sinyal digital.
  • Bisa juga menggunakan media transmisi kabel dan jenis kabelnya adalah coaxial.
  • Transmisinya bersifat bidirectional.
  • Pengiriman data kadang sedikit terganggu.
  • Tidak bisa memakai jenis topologi lain,karena yang diandalkan adalah topologi bus.

Media Transmisi Baseband

Media transmisi yang digunakan oleh baseband adalah kabel Coaxial maupun kabel twisted pair. Untuk kabel koaxial memiliki frkuensi 50 ohm dengan spesifikasi yaitu IEEE 802.3 (ethernet).Jika inti pada kabel koaxial tersebut memiliki diameter 0,4 inci dengan data rate mencapai 10 Mbps, maka dengan perangkat tersebut kalian bisa menjangkau dengan jarak 500 meter.Ini yang kemudian dikenal dengan sebutan 10BASE5. Sementara itu,jika ingin menghubungkan atau menjangkau jarak yang lebih jauh,harus menggunakan repeater atau penguat sinyal.Setiap perangkat yang ada di dalam baseband akan saling berbagi saluran yang sama.Pada saat ada satu node yang mentransmisikan data ke saluran baseband,seluruh node lain yang ada di dalam jaringan tersebut perlu menunggu sampai pengiriman berakhir sebelum mereka nanti bisa mengirim data.

Keuntungan Sistem Baseband

Keuntungan dari sistem baseband ini,yakni:

  • Biayanya murah, karena dalam sistem ini tidak diperlukan modem.
  • Bentuk topologinya sederhana.
  • Mudah dalam instalasi dan maintenance.

Kekurangan Sistem Baseband

  • Kapasitas pengiriman data sangat terbatas karena hanya terdapat satu lintasan data,
  • Jarak pengiriman sinyal listriknya terbatas.
  • Untuk area yang luas diperlukan biaya instalasi yang banyak.

Pengertian Broadband

Merupakan istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet dengan mengunakan teknologi broadband.Dalam arti harfiah,berarti jangkauan frekuensi luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Sebelumnya, proses akses internet dial-up sangatlah lambat, kecepatan koneksi dial-up terlalu lambat karena saluran telepon tetap sibuk saat mengakses internet. Faktor-faktor inilah membuat metode koneksi broadband ini disukai untuk akses internet.

Broadband umumnya mengacu pada koneksi bandwidth  internet.Istilah bandwidth digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data,dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet,transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps).Dalam koneksi internet broadband,kecepatan transfer sangat tinggi dibandingkan dengan koneksi dial-up internet.Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada kecepatan, biaya dan ketersediaan.

Jenis Teknologi Broadband

Gelombang elektromagnetik yang bersifat kontinu bahkan bisa disebarkan dengan media berdasarkan dari spektrum atau frekuensinya.Dalam teknik penyaluran sinyal,broadband biasanya menggunakan sinyal analog dengan FDM (Frequency Division Multiplexing).Sementara itu,teknologi dari broadband,ada dua jenis,yaitu :

  • Teknologi DSL : kumpulan dari beberapa teknologi yang dapat memanfaatkan bandwidth.Untuk tipe-tipe teknologinya sebagai berikut :
    • Asynmetric.
    • Symmetric.
    • G. SHDSL.
    • Integrated Service Digital Network DSL.
    • Very high data rate.
    • Dan high data rate.
  • Teknologi Cable : adanya teknologi broadband untuk tipe kabel, pada dasarnya karena kebutuhan masyarakat akan penyiaran televisi dengan kualitas terbaik. Biasanya,kalian menyebut sebagai cable TV atau TV kabel.Meluasnya penggunakan TV kabel dan internet menjadi trend teknologi broadband masa kini yang digemari oleh masyarakat era modern.

Perbedaan Baseband Dan Broadband

Berikut ini perbedaan antara Baseband dan Broadband dilihat dari sudut komunikasi,teknologi,kapasitas dan aplikasi  :

  • Komunikasi

-Komunikasi baseband : komunikasi bersifat 2 arah,artinya saluran sama digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal dan setiap perangkat berbagi saluran yang sama.Ketika satu node mentransmisikan data,semua node lain di jaringan harus menunggu sampai transmisi berakhir sebelum mereka dapat mulai mengirim data.

-Komunikasi broadband : komunikasi searah yang berarti 2 saluran berbeda diperlukan untuk mengirim dan menerima sinyal,satu untuk mengirim dan yang lain untuk menerima.Melalui frequency division multiplexing (FDM),beberapa saluran independen dapat membawa informasi analog atau digital, tergantung pada antarmuka.

  • Teknologi

– Transmisi baseband : sinyal tetap tunggal menggunakan seluruh bandwidth yang tersedia dan menggunakan media transmisi sebagai perangkat saluran tunggal yang berarti hanya satu stasiun yang mentransmisikan pada satu waktu dan semua stasiun harus mentransmisikan dan menerima jenis sinyal yang sama.

– Transmisi broadband : adalah transmisi listrik digital di mana sinyal dimodulasi sebagai gelombang analog frekuensi radio yang menggunakan rentang frekuensi berbeda. Setiap transmisi diberi bagian dari total bandwidth yang dialokasikan,karena itu,beberapa transmisi dapat dimungkinkan saat bersamaan.

  • Kapasitas

-Baseband : sistem digital saluran tunggal yang membawa informasi dalam paket atau bingkai yang ditentukan oleh standar LAN yang digunakan.LAN baseband tidak mahal dan tidak terlalu rumit.Kabel twisted-pair berpelindung menawarkan kapasitas lebih dari baseband twisted-pair,tetapi lebih mahal. Masalah dengan LAN baseband adalah kapasitas mereka yang terbatas pada jarak terbatas yang tidak lebih dari beberapa mil.

-Broadband : LAN menjangkau jarak yang jauh lebih panjang daripada baseband tetapi sistem broadband umumnya lebih mahal karena adanya perangkat keras tambahan yang terlibat.

  • Aplikasi

-Standar baseband yang banyak digunakan adalah jaringan area lokal berbasis kabel Ethernet,menyumbang sekitar 85% dari basis LAN yang diinstal. Dalam Ethernet,setiap perangkat di jaringan dapat mentransmisikan melalui kabel,namun hanya satu perangkat pada satu waktu.

Contoh terbaik dari transmisi broadband adalah TV kabel,yang membawa setidaknya 25 kali lebih banyak data daripada sistem baseband biasa.Aplikasi lain dari teknologi broadband termasuk radio dan telekomunikasi, jaringan komputer, broadband internet,dan lainnya.

Kelebihan Broadband

  • Teknologi Cable yang melewatkan koneksi internet dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan koneksi VPN ke kantor pusat secara non-stop,sehingga pengguna bagaikan memiliki jalur pribadi sendiri dengan koneksi tanpa henti.
  • Kecepatan transfer relatif tinggi dipadukan dengan harga yang tidak terlalu mahal memungkinkan pengguna yang berkantor di rumah dapat menikmati Internet cepat.

Kekurangan Broadband

  • Area coverage dari teknologi ini memang belum bisa terlalu luas karena memang ada keterbatasan teknis. Di sinilah nilai plus dan minusnya produk Internet broadband.

Komunikasi baseband digunakan untuk jaringan area lokal karena mandiri dalam satu lokasi,di mana lalu lintas jaringan dapat dengan mudah dipantau dan dikendalikan.Baseband mengacu pada sistem digital saluran tunggal dan bahwa saluran tunggal digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat di jaringan.Jika Broadband,di sisi lain,adalah transmisi data bandwidth luas yang menghasilkan frekuensi pembawa analog,yang membawa banyak sinyal digital atau beberapa saluran.Format transmisi broadband menggunakan media penghubung sebagai perangkat multichannel.

sekian artikel kali ini semogpa bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

5/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

20 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago