HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Digital Marketer: Profesi Dunia Digital Marketing Banyak Peminat

Digital marketer adalah sebuah profesi di dunia digital marketing. Apakah Anda ingin menjadi seorang digital marketer? Jika iya, keputusan Anda sudah tepat. Mengapa? Pasalnya, posisi digital marketer saat ini banyak diminati oleh kalangan startup maupun perusahaan mapan.

Dengan berkembangnya teknologi, banyak konsumen yang lebih memilih berbelanja online dibandingkan offline. Oleh karena itu, permintaan terhadap digital marketer semakin meningkat seiring dengan banyaknya bisnis yang beralih dari offline ke online.

Oleh karena itu, perlu Anda ketahui juga bahwa profesi digital marketer ini bisa dipelajari oleh siapa saja tanpa terkecuali. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bagi seseorang yang bergelar non-marketing.

Jika Anda ingin mempelajarinya, Anda telah membaca artikel yang tepat. Kali ini Hosteko akan menjelaskan semuanya mulai dari pengertian jobdesk digital marketer hingga skill digital marketer yang harus Anda ketahui. Yuk simak pembahasannya!

Digital Marketer Adalah

Sebelum kita berbicara tentang digital marketer, kita harus memahami digital marketing terlebih dahulu. Digital marketing adalah proses memasarkan produk dengan menggunakan media digital atau internet. Dengan kata lain, digital marketer adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap pemasaran online di berbagai platform.

Platform apa yang bisa saya gunakan? Biasanya digital marketing dilakukan melalui situs web, blog, media sosial, email, periklanan, dan mesin pencari. Digital marketer merupakan profesi yang sangat penting dalam dunia digital marketing. Cari tahu apa saja tugas digital marketer dan digital marketer jobdesk.

Apa Saja Tanggung Jawab Digital Marketer?

Setelah Anda memahami apa yang dimaksud dengan istilah “digital marketer”, mari kita bahas tugas dan tanggung jawab atau jobdesk seorang digital marketer. Digital marketer merupakan sebuah profesi yang membutuhkan seseorang yang mampu menarik pelanggan dan calon pelanggan melalui jalur online.

Karena platform digital beragam, Hosteko akan menjelaskan job desk untuk digital marketer berbasis platform digital. Jika Anda penasaran dan tertarik, yuk simak tugas bagi seorang digital marketer.

1. Sosial Media Marketing

Pertama, tugas seorang digital marketing adalah membuat konsep, merancang distribusi, dan menyediakan konten berkualitas tinggi, dengan tujuan untuk memudahkan para pengguna untuk memperoleh informasi dari produk dan jasa yang ditawarkan. Konten media sosial sangat penting dalam pemasaran digital.

Tugas seorang digital marketer adalah menjangkau target pasar kita melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok, serta meningkatkan brand awareness terhadap produk dan jasa yang kita tawarkan di media sosial. Agar konten dapat mencapai engagement yang tinggi, maka konten yang dibuat harus sesuai dengan audiens yang ditentukan.

2. Search Engine Optimization

Selanjutnya, tugas seorang digital marketer adalah membangun brand awareness melalui blog dan website. Oleh karena itu, tugas seorang digital marketer adalah membuat konten blog, mengoptimalkan kinerja website, melakukan penelitian terhadap istilah pencarian mesin pencari, dan meningkatkan peringkat halaman dan produk perusahaan yang dibuat di mesin pencari.

3. Iklan Online

Terakhir tugas seorang digital marketer adalah mempromosikan suatu produk. Bertanggung jawab atas semua tugas yang berkaitan dengan pemasaran dan branding produk kepada pelanggan secara digital.

Oleh karena itu, digital marketer juga bertanggung jawab untuk mempromosikan berbagai produk dan layanan melalui platform digital yang tersedia, seperti google ads, facebook ads, instagram ads, tiktok ads, dll. Tujuannya adalah untuk menjangkau pelanggan dengan presisi tinggi.

Inilah beberapa tanggung jawab seorang digital marketer. Pada dasarnya, job desk digital marketer bertanggung jawab penuh atas segala permasalahan terkait digital marketing, baik dari segi website, blog, SEO, periklanan, hingga media sosial.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang dilakukan seorang digital marketer, ada baiknya Anda juga mengetahui keterampilan digital marketer yang Anda butuhkan jika Anda tertarik dengan karir ini. Keterampilan apa yang dibutuhkan?

Skill Digital Marketer yang Harus Anda Ketahui

1. Project Management

Peran digital marketer memerlukan skill project management. Pasalnya, tugas seorang digital marketer adalah bernegosiasi dengan banyak pemangku kepentingan, sehingga skill digital marketer ini sangat berguna.

Contoh sederhananya seperti ini, saat Anda memulai pemasaran di media sosial, Anda memerlukan banyak pemangku kepentingan, seperti desainer, copywriter, editor konten, dan banyak lainnya. Manajemen tim yang buruk dapat berdampak buruk pada kinerja perusahaan.

2. Keterampilan Menulis

Selanjutnya keterampilan seorang digital marketer adalah mampu menulis dan bercerita. Keterampilan menulis dan bercerita yang baik akan menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas, yang tentu saja akan menggugah minat banyak orang, yang membacanya atau bahkan membeli produk Anda.

Jika Anda merasa menulis dan bercerita cocok untuk Anda, mengapa tidak mempertimbangkan untuk menjadi Content Writer?

3. Memahami SEO dan SEM

SEO dan SEM merupakan bagian penting dalam digital marketing. Mengingat semakin kompetitifnya website, maka skill sebagai digital marketer ini sangat dibutuhkan. Kemampuan SEO dan SEM memungkinkan website Anda mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google, sehingga secara otomatis menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda.

Semakin banyak pengunjung yang Anda miliki, semakin mudah menjangkau pelanggan yang ingin membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda memiliki pengetahuan teoritis dan pengalaman di bidang SEO, Anda bisa memulai karir Anda di dunia pemasaran digital sebagai spesialis SEO.

4. Mampu Berkomunikasi yang Baik

Salah satu soft skill yang harus dimiliki seorang digital marketer adalah komunikasi publik. Keterampilan ini diperlukan untuk menjelaskan dan meyakinkan calon pelanggan tentang produk yang ditawarkan.

Jika Anda sering menggunakan Instagram, Shopee, atau Tiktok, kemungkinan besar Anda akan menemukan akun yang aktif untuk mempromosikan produk. Konten siaran langsung biasanya mencakup interview dengan pakar, public figure, Q&A, dan banyak lagi. Oleh karena itu, public speaking merupakan soft skill yang wajib dimiliki oleh para digital marketer.

5. Memahami Data Analytics

Selanjutnya, keahlian seorang digital marketer adalah memahami dan memahami data analitik. Pasalnya, digital marketing memiliki keunggulan dalam mempermudah analisis data. Tapi jangan khawatir Sobat Teko, tools ini sudah tersedia dan Anda dapat memanfaatkannya seperti Google Analytics.

Google Analytics dapat memberikan berbagai informasi tentang aktivitas di website Anda. Dengan Google Analytics, Anda dapat menemukan data tentang session duration, pages per session, bounce rate dan berbagai informasi lainnya.

Dengan data yang disajikan, Anda dapat memahami kebiasaan pengunjung website Anda dan menyusun strategi yang tepat untuk calon pelanggan. Mengolah data bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka yang benar-benar tertarik. Jadi, jika Anda tertarik, Anda bisa menjadi seorang Data Analys.

6. Menguasai Media Sosial

Dalam digital marketing, website Anda bukanlah satu-satunya media yang bisa Anda gunakan untuk pemasaran. Pemasaran melalui media sosial adalah suatu keharusan bagi para digital marketer. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Anda dapat menggunakan media sosial untuk mengembangkan pasar Anda.

Oleh karena itu, digital marketer harus memiliki kemampuan menguasai berbagai fitur dan algoritma media sosial, khususnya untuk pemasaran. Selain itu, Anda harus dapat menentukan audiens target Anda untuk mencocokkan profil media sosial calon pelanggan dengan penawaran produk Anda. Jika teknologi media sosial atau teknologi pemasaran cocok untuk Anda, mengapa tidak mempertimbangkan untuk menjadi Social Media Specialist.

Minat Terhadap Digital Marketer Semakin Meningkat Bukan?

Digital marketer adalah profesi yang bertanggung jawab atas pemasaran online. Saat ini, digital marketer merupakan profesi yang menjanjikan. Jika Anda benar-benar tertarik menjadi seorang digital marketer, Anda perlu belajar banyak, mulai dari job desk digital marketer hingga keterampilan yang dibutuhkan.

Sebagai digital marketer, Anda melakukan banyak tugas, sehingga memerlukan keterampilan yang tepat. Namun, Anda dapat mempelajari keterampilan digital marketer ini satu per satu. Jangan takut untuk mencoba!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Caddy: Web Server Modern dengan Konfigurasi Sederhana

Caddy Web Server merupakan platform server web andal yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan situs web.…

9 hours ago

Gunakan DNS Tercepat Dan Terbaik Untuk Websitemu

Halo Sobat Teko! Jika Anda familiar dengan dunia website, pastinya Anda sudah familiar dengan istilah…

10 hours ago

Perbandingan NGINX dan Lighttpd: Mana yang Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Ketika berbicara tentang web server yang efisien dan andal, NGINX dan Lighttpd sering dibicarakan. Kedua…

2 days ago

Lakukan Optimasi SEO YouTube Dengan Menggunakan Tools Ini

Sebenarnya ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO YouTube Anda dengan lebih…

2 days ago

Begini Caranya Mengoptimasi SEO YouTube

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Ini adalah cara agar konten Anda…

2 days ago

Apa itu Telnet? Yuk, Kenali Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya

Telnet itu apa? Istilah ini lebih dikenal sebagai protokol komunikasi Internet yang memungkinkan pengguna mengakses…

3 days ago