HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu E-learning? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Di masa serba digital saat ini, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah e-learning. Melihat ke belakang dimana saat pandemi Covid-19 memaksa kita untuk selalu beraktivitas dirumah menjadikan penggunaan e-learning semakin meroket dan menjadi sebuah kebutuhan bagi pelajar dan mahasiswa.

E-learning merupakan singkatan dari electronic learning. Seperti aktivitas online lainnya, e-learning ini tidak membatasi penggunanya dari segi lokasi, waktu, dan siapapun penggunanya. Jadi, kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Oleh karena itu, berikut ini sudah Hosteko rangkumkan semua hal mengenai e-learning, mulai dari pengertian e-learning, manfaat e-learning, dan lain sebagainya. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Pengertian E-learning

E-learing terdiri dari 2 kata, yaitu electronic dan learning. E-learning adalah metode proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam jaringan internet dengan memanfaatkan berbagai perangkat digital.

Dalam pelaksanaannya, website atau aplikasi mobile dapat dimanfaatkan menjadi sarana pengaplikasiannya. Berbagai jenis materi dapat disajikan, mulai dari video pembelajaran, materi dalam bentuk dokumen, dan bisa juga penjelasan dalam bentuk audio. Hal ini bisa menjadikan e-learning solusi untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

Jenis-jenis E-learning

Bagi Anda yang belum tahu, e-learning sendiri terdiri dari dua jenis metode pembelajaran, yaitu:

1) Asynchronous E-learning

Asynchronous E-learning merupakan metode pembelajaran online yang tidak mengharuskan pengajar dan pelajar untuk berinteraksi secara langsung. Misalnya, dengan memanfaatkan video untuk pembelajaran, LMS (Learning Management System), audio, dan lain semacamnya.

2) Synchronous E-learning

Synchronous E-learning merupakan metode pembelajaran online yang dilakukan dengn berinteraksi secara langsung. Misalnya, dengan memanfaatkan video conference, webinar, kelas online, dan lain semacamnya.

Manfaat E-learing

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dan rasakan saat Anda menggunakan e-learning. Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan, yaitu kemudahan.

Nah, berikut ini beberapa manfaat lain yang bisa Anda rasakan, baik dari sis pengajar, pelajar, hingga organisasi yang memanfaatkannya.

1) Menghemat Biaya Operasional

Dengan memanfaatkan e-learinng maka berbagai pertemuan dapat dilakukan melalui dunia maya atau daring. Dengan begitu, memanfaatkan e-learning bisa menghemat biaya operasional sebab biaya perawatan infrastruktur, biaya listrik, dan lain sebagainya bisa lebih kecil.

Karena yang menjadi kebutuhan utama untuk biaya e-learning adalah koneksi internet dan perangkat digital. Maka biaya operasional tersebut bisa dialihkan untuk biaya koneksi internet dan perangkat digital.

2) Waktu Pembelajaran Lebih Fleksibel

Adanya video pembelajaran pada e-learning bisa membantu Anda untuk belajar lebih fleksibel sebab materi pembelajarannya bisa dilihat dan didengarkan kapan saja dan dimana saja. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan atau mengatur sendiri waktu belajar Anda sehingga penyerapan materi akan lebih optimal juga.

3) Memiliki Jangkauan dan Akses yang Lebih Luas

Pembelajaran yang dilakukan secara daring tidak mengharuskan pengajar dan pelajar berada di satu tempat yang sama sehingga ini membuat e-learning memiliki jangkauan yang luas. Dengan kata lain, pengajar dan pelajar tetap berada di satu tempat yang sama tetapi secara virtual.

Jadi, e-learning ini merupakan metode pembelajaran yang tidak memiliki batasan dalam lokasi. Dimanapun Anda berada, Anda tetap bisa mengakses pembelajarannya dan mendapatkan materi sesuai kebutuhan Anda.

4) Pembelajaran menjadi Lebih Variatif dan Interaktif

Melalui e-learning, banyak jenis metode yang bisa digunakan pengajar untuk menyampaikan materi, seperti menggunakan video pembelajaran yang dikemas secara menarik, dokumen pembelajaran yang disajikan dengan lebih ringkas, gambar yang mewakili materi, audio untuk menjelaskan setiap materi, dan masih banyak lagi.

Selain menjadikan pembelajaran lebih variatif, e-learning juga bisa membantu peserta didik agar lebih aktif lagi. Karena tidak sedikit orang yang demam panggung jika harus bertanya atau mennyampaikan pendapat secara face to face, maka pembelajaran daring ini bisa menjadi salah satu solusi agar pembelajaran lebih interaktif.

5) Proses Pembelajaran Semakin Efisien

Dulu secara konvensional, dalam pembagian tugas, proses penilaian, pembagian materi, dan pengadaan ujian dilakukan secara manual. Namun, dengan kehadiran e-learning ini semua hal tersebut bisa dilakukan oleh sistem. Jadi, pengajar akan sangat terbantu sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efisien dan efektif.

6) Memantau Perkembangan dan Performa

Adanya e-learning dapat memudahkan pengajar untuk memantau perkembangan dan performa peserta didik. Sebab pengajar bisa melihatnya secara langsung melalui hasil analisis dan laporan yang sudah dirangkum oleh sistem. Dengan begitu, pengajar dapat mengetahui sejauh mana dan materi apa yang kurang dikuasai oleh peserta didik. Sehingga pengajar bisa mencari dan menemukan solusi yang tepat dan cepat.

Itulah pembahasan singkat mengenai E-learning. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

30 mins ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

24 hours ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

1 day ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

4 days ago