Bahasa pemrograman sangat banyak dan memiliki tingkatnya kesulitan dan kemudahan tersendiri. Sama halnya dengan Java. Anda pernah mendengar Java? Atau dapat mengoperasikan Java? Sebelum menuju pencarian kelebihan dan kekurangan Java akan lebih baik jika membahas terlebih dahulu pengertian dari Java.

Pengertian Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang multiplatform dan multi device.  Java menurut Wikipedia adalah bahasa pemrograman yang dijalankan diberbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini dibuat oleh James Gosling.

Java dirilis tahun 1995 dan memiliki popularitas di kalangan pemrograman dan masyarakat, karena teknologi baru yang dikenalkan oleh Sun Microsystem yaitu Java Virtual Machine yang dapat menajalankan platform apa saja sepanjang perangkat dipasang dengan JVM.

Jika menuliskan sebuah program maka Anda dapat menjalankan hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya.

Program java berbentuk applet yaitu aplikasi dengan bentuk kecil yang bisa berjalan di atas web browser, serta aplikasi mandiri yang dijalankan di program Java Interpreter. Sebagai contoh yaitu HotJava.

Karakteristik Java yaitu berorientasi obyek murni, sehingga berasa di sebuah stuktrur kelas dan obyek. Pada dasarnya sintaks bahasa Java berupa bahasa C atau C++. Java bertipe kuat (strongly-typed) sehingga tipe data teriikat dengan statis di asosiasikan dengan tipe sata tunggal yang diketahui saat kompilasi.

Ciri utama dari Java adalah JMV (Java Virtual Machine), Garbage Collection dan Code Security.

Java memiliki slogan “Tulis sekali dan jalankan dimana saja”

Setelah mengetahui pengertian dari Java, mari kita bahas yang utama yaitu kelebihan dan kekurangan Java.

Kelebihan Java

  1. Bersifat Dinamis

Java dirancang agar beradaptasi dengan lingkungan yang berkembang. Java bersifat dinamis pada tahap linking.

Java dinamis karena pengalokasian memori dalam Java lebih dinamis. Pengalokasian dan penghapuasan memori dilakukan secara otomatis tanpa harus membuat pointer terlebih dahulu.

 

  1. Berorientasi Objek

Yang dimaskud dengan berorientasi pada objek adalah semua aspek yang ada dalam Java adalah objek. Java dapat membagi suatu program ke dalam objek yang memiliki sifat dan tinggah laku khusus untuk menyelesaikan masalah tertentu.

Segala data yang disebut objek tersebuat memudahkan pemrogram untuk membuat, mendesain, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan program yang berbasis Java dengan cepat, mudah dan teratur.

Multiple inheritance tidak diizinkan dalam Java karena dapat membuat bingung complier serta merusak kinerja aplikasi secara keseluruhan.

 

  1. Multiplatform

Aplikasi berbasis Java dapat dijalankan di hampir setiap operating system (Windows, Linux, unix, Solaris dan sebagainya), dan di aplikasi Android dibuat pula.

Menggunakan Java dapat membuat aplikasi desktop, web bahkan mobile. Hal tersebut yang membuat Java menajadi sangat populer atau multiplatform. Java dapat bekerja di beberapa platform yang membuat pemrogram hanya menulis program Java serta di kompilasi ke bahasa manusia dan diubah menjadi bahasa mesin (bytecode) dan kemudiaan perolehannya dapat dikerjaan si seluruh platform tanpa perubahan.

 

  1. Multithreading

Bahasa pemrogaman Java dapat menjalakan beberapa task sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Tread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi processor apabila OS didukung multi processor.

 

  1. Perpustakaan Kelas Lengkap

Dengan keunggulan ini akan memudahkan pemrogram untuk membuat aplikasi. Terdapat komunitas yang besar dan menghadirkan perpustakaan baru unutk mencakup segala keperluan dalam pembuatan aplikasi.

Java memiliki library rutin yang lengkap yang dirangkai pada protocol TPC/IP seperti HTTP dan FTP dengan mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah diguakan sehinga memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses sebuah soket koneksi. Java dapat mempermudah pembuatan CGI (Common Gateway Interface).

 

  1. Pengumpulan sampah otomatis

Terdapat fasilitas pengaturan pemakaian memori, jadi pemrogram tidak harus memalukan pengaturan memori dengan langsung.

 

  1. Bergaya C++

Terdapat sintaks seperti bahasa C. Banyak bahasa C yang pindah ke Java dan membuat pengguna semakin banyak.

 

 

Kekurangan Java

  1. Slogan Java

Tulis sekali, perbaiki dimana saja. Slogan tersebut tidak kompatiel dengan platform satu dengan yang lain.

Contohnya untuk J2SE, SWT-AWT bridge sampai saati ini tidak bekerja di Mac OS X.

 

  1. Mudah di Dekompilasi

Dekompilasi adalah proses pembalikan kode jadi menjadi kode sumbernya. Kode dalam Java adalah bytecode yang membenarkan banyak kode dengan tingkat tinggi seperti nama kelas, metode atau tipe data. Pada Microsoft .NET Platform juga terjadi, sehingga perhitungan yang dipakai menjadi leih sulit dirahasiakan dan gampang di bajak atau di reverse-engineer.

 

  1. Penggunaan Memori Banyak

Penggunaan memori lebih banyak dibandingkan dengan bahasa tingkat generasi yang terlebih dahulu seperti C/C++ dan Pascal (Delphi dan Object Pascal). Bagi pengguna tekonologi terbaru mungkin bukan menjadi masalah namun untuk yang masih harus berkecimpung dengan mesin computer yang berumur lebih dari 4 tahun.

 

Diatas adalah sedikit penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Java. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda.

Terimaksasih

 

Semoga Bermanfaat 😀