HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Facebook Debugger, Tools Keren Pada Sosial Media Kekinian

Di era digital saat ini hampir semua orang menggunakan internet dan kebutuhan akan internet sudah menjadi kebutuhan yang utama. Dengan kemajuan teknologi komunikasi, platform media sosial semakin banyak bermunculan.

Dalam situasi sosial saat ini, kehadiran media sosial juga sangatlah penting. Jika Anda melihat semua platform media sosial yang tersedia saat ini, Facebook masih menjadi media sosial teratas yang paling banyak digunakan.

Tools Sharing Konten pada Facebook

Dimulai melalui website Techni Kompas, jumlah pengguna aktif situs jejaring sosial ini semakin meningkat setiap bulannya. Saat ini, 2,4 miliar akun mengakses Facebook setiap bulannya.

Karena banyaknya pengguna, tentu saja ada beberapa masalah saat menggunakan platform ini. Facebook sering dijadikan sebagai media periklanan karena memiliki pengguna yang lebih banyak dibandingkan platform media sosial lainnya.

Bukan rahasia lagi bahwa salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan traffic ke website Anda adalah dengan membagikan konten website Anda di Facebook. Dalam beberapa kasus, Facebook tidak menampilkan gambar yang benar untuk postingan yang dipublikasikan ke situs. Namun, tidak perlu panik karena Anda dapat meminimalkan masalah tersebut dengan menggunakan alat atau tools.

Penjelasan Facebook Debugger

Anda mungkin berulang kali menghapus postingan di Facebook jika postingan tersebut tidak sesuai dengan yang ada di situs web atau blog Anda. Anda mungkin perlu tahu tentang debugger Facebook.

Facebook Debugger adalah alat yang memungkinkan Anda melihat apa yang dilakukan Facebook di situs web atau halaman blog Anda. Dengan kata lain, Facebook Debugger membantu Anda menganalisis apakah ada kesalahan yang dapat diatasi atau diperbaiki.

Alat ini juga digunakan untuk melihat pratinjau tautan situs web saat membagikannya di Facebook. Facebook Debugger mengurai script open graph yang dipasang di templat Anda dan memungkinkan Anda menampilkan informasi yang terkandung dalam artikel yang Anda buat di halaman Facebook sesuai dengan informasi situs web Anda.

Cara Menggunakan Facebook Debugger

Menggunakan Facebook Debugger sangat mudah karena tidak perlu membuat akun khusus. Yang Anda perlukan untuk menjalankan alat ini hanyalah akun Facebook.

Berikut beberapa langkah untuk memastikan postingan di halaman Facebook Anda cocok dengan postingan yang tercantum di situs web Anda.

  1. Pertama, kunjungi situs web Facebook Debugger (https://developers.Facebook.com/tools/debug/).
  2. Selanjutnya masukkan link dari website atau blog yang mengalami error pada kolom yang tersedia.
  3. Kemudian klik tombol “debug”.
  4. Anda kemudian akan diperlihatkan informasi yang ingin Anda publikasikan di halaman Facebook Anda. Alat ini tidak hanya menampilkan informasi yang ingin Anda posting di halaman Facebook Anda, namun juga menyediakan pratinjau gambar di artikel Anda untuk memastikan gambar diposting dengan benar.
  5. Jika semuanya sesuai harapan, Anda dapat memposting ulang tautannya.

Jika tidak, maka terjadi kesalahan (error). Facebook akan mengirimi Anda pemberitahuan yang mengatakan “Peringatan itu harus diperbaiki”. Silakan periksa dari bagian atas halaman. Jika Anda tidak dapat menemukan gambar yang Anda posting di Facebook, Anda mungkin belum membuat “Feature Image” di CSM.

Untuk mengatasi masalah ini, periksa kembali apakah Anda telah mengunggah gambar ke CSM. Tidak jarang orang mendownload gambar lama karena Facebook tidak bisa menampilkan foto baru. Hal ini disebabkan oleh masalah cache di browser pembuat atau sistem manajemen konten. Untuk mengatasinya, silakan hapus cache CSM, Facebook, dan browser Anda.

Pastikan Postingan Sudah Sesuai

Untuk memverifikasi dan memastikan bahwa postingan pada halaman Facebook Anda sesuai yang diharapkan, buka kembali situs debugger Anda dan klik “Scrape Again”. Ini akan memaksa Facebook untuk menyegarkan halaman di cache-nya.

Selanjutnya, periksa link pratinjau (preview) untuk memastikan postingan sesuai keinginan Anda. Khususnya, pastikan gambarnya benar. Jika tidak ada kesalahan lainnya, berarti postingan Anda siap dibagikan lagi di Facebook.

Memperbaiki postingan media sosial Anda adalah aspek penting dari strategi periklanan Anda di seluruh platform media sosial. Sebenarnya, selain menggunakan situs debugger, ada beberapa opsi yang bisa Anda coba untuk mengatasi gambar yang salah atau hilang di halaman Facebook Anda.

Anda dapat mencoba metode lain, seperti memposting gambar secara manual, atau Anda dapat menggunakan sesuatu seperti plugin Yoast SEO. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi anda.

5/5 - (2 votes)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Caddy: Web Server Modern dengan Konfigurasi Sederhana

Caddy Web Server merupakan platform server web andal yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan situs web.…

9 hours ago

Gunakan DNS Tercepat Dan Terbaik Untuk Websitemu

Halo Sobat Teko! Jika Anda familiar dengan dunia website, pastinya Anda sudah familiar dengan istilah…

10 hours ago

Perbandingan NGINX dan Lighttpd: Mana yang Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Ketika berbicara tentang web server yang efisien dan andal, NGINX dan Lighttpd sering dibicarakan. Kedua…

2 days ago

Lakukan Optimasi SEO YouTube Dengan Menggunakan Tools Ini

Sebenarnya ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO YouTube Anda dengan lebih…

2 days ago

Begini Caranya Mengoptimasi SEO YouTube

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Ini adalah cara agar konten Anda…

2 days ago

Apa itu Telnet? Yuk, Kenali Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya

Telnet itu apa? Istilah ini lebih dikenal sebagai protokol komunikasi Internet yang memungkinkan pengguna mengakses…

3 days ago