HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: BlogDomain

Apa itu .io? Arti, Kelebihan, dan Kekurangan Domain .io

Memilih nama yang tepat dan Top-Level Domain (TLD) sangat penting untuk membuat website. Namun, prosesnya mungkin sulit karena tersedia lebih dari 1.500 TLD. Masing-masing domain tersebut memiliki tujuannya masing-masing. Misalnya .com cocok untuk website komersial, sedangkan .io adalah TLD yang cukup populer di dunia perusahaan teknologi.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas .io secara detail, mulai dari definisi dan sejarah singkatnya, hingga penggunaannya. Kami pun akan membahas kelebihan serta kekurangan domain .io agar dapat membantu anda memilih domain yang tepat. Yuk, baca sampai habis!

Pengertian Domain io

Domain io adalah kode domain negara atau ccTLD (TLD kode negara) untuk Kepulauan Chagos di Wilayah Samudra Hindia Britania. Namun, domain ini belakangan lebih populer di dunia teknologi, karena istilah IO atau I/O yang berarti input/output pada sistem komputasi. Itulah mengapa istilah i/o mulai familiar di telinga masyarakat.

Bagaimana bisa kode domain negara menjadi ekstensi domain yang menjanjikan dan menguntungkan? Tenang dulu, domain io memang termasuk ke dalam kode domain negara, tapi diakhir-akhir ini istilah io banyak dikaitkan dengan input/output.

Salah satu startup indonesia yang menggunakan domain io sebagai ekstensi domain adalah Nodeflux.

Nodeflux merupakan salah satu perusahaan industri yang berkecimpung di dunia teknologi. Nodeflux lebih fokus pada teknologi AI berbasis Computer Vision atau pemrosesan gambar.Nodeflux membuat aplikasi atau sistem yang dapat mendeteksi hanya dengan melalui gambar.

Awal mula domain .io

TLD .io pertama kali didelegasikan ke Internet Computer Bureau (ICB) oleh sebuah organisasi bernama Internet Assigned Numbers Authority (IANA), yang bertugas untuk menangani root zone Domain Name System (DNS).

Setelah itu, Levis Strauss mendaftarkan nama domain levi.io untuk kebutuhan lain yang tidak hanya terbatas pada identitas geografi.

Domain .io sekarang dioperasikan oleh Afilias, sebuah registry di Amerika Serikat yang juga mengelola domain .mobi dan .info.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Domain .io

Dibandingkan dengan top-level domain populer lainnya, .io sebenarnya jarang digunakan. Tapi, ekstensi domain ini sekarang makin populer di situs-situs teknologi dengan traffic yang tinggi.

Berikut contoh website .io yang cukup terkenal :

  • Opensea.io – marketplace non-fungible token (NFT) terbesar saat ini.
  • Etherscan.io – website ini digunakan untuk mencari transaksi blockchain Ethereum.
  • Greenhouse.io – software Applicant Tracking System (sistem pelacak pelamar kerja) dan rekrutmen.

Meskipun yang mendominasi segmen pengguna .io adalah industri teknologi, ekstensi ini sebenarnya tersedia untuk bisnis apa pun. Pengunjung cenderung tidak menganggap .io sebagai domain khusus negara.

Karena alasan inilah, Google memperlakukan .io sebagai salah satu generic country-code TLD, yaitu ccTLD yang diakui sebagai top-level domain generik.

Lain halnya dengan TLD .ly yang mungkin sering anda jumpai juga karena banyak bisnis yang menggunakan ekstensi ini, seperti Bit.ly dan Ow.ly. TLD ini masih dianggap sebagai country-code top-level domain untuk negara Libya.

Akhirnya, .io pun menjadi salah satu trik yang digunakan sejumlah perusahaan global agar bisa memiliki nama brand yang mudah diingat. Mereka tidak harus berada di Kepulauan Chagos untuk bisa menggunakannya, atau mengorbankan upaya SEO karena domain tidak sesuai negara.

Salah satu contohnya adalah Marco Rubio, yang berhasil menggunakan rub.io pada saat kampanye presiden AS. Bricklink, platform penjualan dan pembelian kepingan LEGO, menggunakan stud.io untuk mengarahkan pengunjung ke halaman software studionya.

Lalu, ada juga para penutur bahasa Italia dan Esperanto yang menggunakan .io untuk membuat domain yang relevan secara geografis dan keyword. Dalam bahasa Italia, ‘io’ berarti ‘saya’ dan bisa digunakan sebagai plesetan nama resmi daerah dan negara.

Contohnya, esperant.io mengarah ke website Libera Folio, sebuah buletin online yang ditulis dalam bahasa Esperanto.

Apa Hubungan .io dan Perusahaan Teknologi?

Perusahaan lainnya dalam dunia teknologi menggunakan .io sehubungan dengan topik input/output. Perusahaan-perusahaan ini meliputi organisasi open-source dan pelaku sektor layanan finansial, seperti perusahaan mata uang crypto.

Berbagai proyek video game juga menggunakan domain .io karena istilah ini sudah lumayan dikenal untuk game berbasis browser berkomponen multiplayer dan grafik yang minimalis.

Kelebihan dan Kekurangan Domain .io

Setelah menjelaskan konsep dasar tentang apa itu .io, kami akan membahas kelebihan dan kelemahan penggunaan ekstensi ini pada alamat web anda.

1. Kelebihan domain .io

Berikut adalah kelebihan domain .io untuk website anda :

  • Persona seputar teknologi

.io sudah cukup dikenal di dunia teknologi dan komunitas startup. Domain ini pun cukup efektif untuk komunikasi eksternal, membantu orang-orang mengetahui pada industri apa bisnis anda bergerak.

  • Ketersediaan yang luas

Dibandingkan dengan domain lain, seperti .com dan .net, domain .io hanyalah sekitar 0,6% dari semua domain yang ada di dunia. Jadi, ketersediaan TLD ini bisa lebih tinggi daripada opsi lainnya apabila anda membeli nama domain untuk brand anda.

  • Dikenali dengan baik oleh mesin pencari

Google tidak mengaitkan .io dengan Wilayah Samudra Hindia Britania, yang berarti mesin pencarinya tidak secara spesifik menyasar area geografis tersebut saat menampilkan website-website .io di halaman hasil pencarian.

  • Kreativitas nama

Gunakan .io untuk meringkas URL anda dan membuat domain yang gampang diingat.

2. Kekurangan domain .io

Meski memiliki sejumlah manfaat, ekstensi domain .io juga memiliki kekurangan :

  • Harga yang lebih mahal

Harga nama domain bergantung pada ekstensi, ketersediaan, dan popularitas. Domain .io lebih mahal daripada .online atau .com, sebagian karena sudah cukup populer dan laris di kalangan industri teknologi dan startup.

  • Masih kurang tepercaya dan sedikit sulit diingat

Di bandingkan dengan domain populer seperti .com dan .org, domain .io kurang dapat di andalkan dan kurang di ingat. Ini memiliki peringkat kepercayaan hanya 3.0, dan merupakan salah satu ekstensi nama domain yang paling sulit di ingat, dengan skor 28%. Alasannya mungkin domain .io cenderung baru dan tidak memiliki kredibilitas dan reputasi yang sama dengan .com.

  • Sejarah yang kontroversial

Ada masalah geopolitik di Kepulauan Chagos antara Inggris, Mauritius, dan Amerika Serikat. Masalah ini dapat menghentikan BIOT (kode negara ISO-3166 untuk IO) dan domain .io, karena bisnis di Inggris Raya tidak akan dapat mendaftarkan atau memperbarui domain .eu setelah Brexit.

Alasan Menggunakan Domain .io

Setelah mengetahui penjelasan terkait domain io, sekarang saatnya anda memahami alasan mengapa harus menggunakan domain io. Berikut alasannya :

1. Nama domain yang unik

Dalam membuat website, diusahakan memilih nama domain yang unik dan mudah diingat oleh user.

Domain .io adalah salah satunya. Karena domain .io belum banyak digunakan, maka kesempatan anda untuk memberikan nama website tidak terbatas dan lebih mudah.

2. Memiliki kesempatan membuat nama domain lebih besar

Seperti yang anda ketahui, hingga saat ini domain .com masih menjadi langganan bagi bisnis yang ingin membuat website. Namun, jangan salah. Domain .com semakin menipis ketersediaannya dan akan membuat sulit dalam memikirkan nama domain.

Misalnya sebelum memilih domain .io, anda berencana menggunakan domain .com dengan nama domain comprasnow.com. Saat mendaftarkan dengan nama domain comprasnow.com, ternyata domain tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

Anda sebagai pemilik bisnis bingung ternyata nama yang akan menjadi branding bisnis sudah digunakan oleh orang lain. Itu artinya anda harus memikirkan kembali branding bisnis anda.

Berbeda jika anda mengunakan domain .io. Karena domain io adalah domain yang tergolong baru, jadi pemilihan nama domain masih memungkinkan.

3. Apabila bisnis anda industri teknologi, gunakan domain .io!

Sudah banyak industri teknologi yang menggunakan domain io sebagai ekstensi domain.

Salah satunya adalah nodeflux.io. Nodeflux merupakan salah satu perusahaan industri yang berkecimpung di dunia teknologi yang berfokus pada pengembangan teknologi AI berbasis Computer Vision atau pemrosesan gambar.

Nodeflux membuat aplikasi atau sistem yang dapat mendeteksi hanya dengan melalui gambar. Sudah banyak produk yang dikeluarkan oleh Nodeflux dan semua produknya dijamin bikin speechless!

4. Berpengaruh dalam peningkatan SEO website

Sebenarnya domain io adalah termasuk kode domain negara. Itu artinya apabila anda menggunakan domain io dalam website anda maka berkemungkinan akan berpengaruh pada SEO.

Mengapa? Hal ini karena Google menganggap kode domain negara sebagai wilayah khusus. Maksudnya, ketika kode domain negara digunakan maka user yang dituju merupakan user yang ada di negara tersebut.

Misalnya, Indonesia memiliki kode domain negara yaitu domain .id. Domain .id cocok digunakan bagi website yang memiliki target pasar yang ada di Indonesia. SEO website anda akan bagus ketika target user adalah masyarakat Indonesia.

Berbeda dengan domain io. Walaupun domain io merupakan kode domain negara, Google tidak menganggap domain .io sebagai wilayah khusus. Google menganggap domain .io sebagai gTLD, artinya situs web dengan domain .io mendapatkan perlakuan yang sama seperti domain gTLD (.com, .net, dll).

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

21 hours ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

22 hours ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

4 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

4 days ago